5 Taman Nasional di Maluku & Papua yang Indan nan Eksotis

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Februari 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daerah Indonesia timur memang terkenal akan keindahan alamnya yang eksotis. Keindahan alam yang dimiliki oleh taman nasional di Indonesia Timur ini akan membuat kamu benar-benar terlena oleh kecantikannya.

Selain indah, taman nasional memiliki fungsi yang penting untuk kelestarian alam di Indonesia. Ada banyak flora dan fauna yang harus dilindungi keberadaannya karena hampir punah. Bentang alam Indonesia yang beragam, menjadikan Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang berlimpah.

Setiap kekayaan alam Indonesia ini mengalami banyak tantangan dalam menjaganya, Pencanangan taman nasional adalah satu cara untuk menjaga alam tetap lestari. Berikut ini ulasan beberapa taman nasional di Maluku dan Papua yang memiliki keragaman hayati yang  tinggi.

1. Taman Nasional Manusela (Maluku utara)

Taman Nasional Manusela (Maluku utara)

Taman Nasional Manusela (TNM) merupakan taman nasional yang  menjadi habitat satwa-satwa yang hampir punah.  TNM yang terletak di Kecamatan Seram ini memiliki kontur tanah yang bervariasi dari dari yang datar hingga menjulang tinggi. Iklimnya yang tropis membuat kawasannya basah dan lembap.

TNM merupakan satu taman nasional yang konon dikatakan sebagai taman nasional terindah di Indonesia. TNM menawarkan banyak kegiatan yang dapat kamu lakukan. Jika kamu senang kegiatan hiking kamu dapat mencoba mendaki gunung Binaiya, dengan jalurnya yang cukup bersahabat.

Jika kamu lebih senang kegiatan dengan air, maka kamu dapat  melakukan kegiatan snorkeling ataupun diving. TNM menyimpan keindahan ekosistem bawah lautnya. Siapapun yang berkunjung ke TNM akan terpesona oleh keindahan alamnya. Panorama yang ditawarkannya memang luar biasa.

  • Alamat : Jl. Kelang No. 1 Namaleo, Kota Masohi, Kab. Maluku Tengah, Provinsi Maluku
  • Website http://tnmanusela.menlhk.go.id/ 
  • Telpon : (0914) 22164
  • Jam Buka : Senin-Kamis 08.00 – 16.30 WIT, Jumat 08.00 – 17.00 WIT, Sabtu-Minggu Tutup
  • HTM : Rp5.000

2. Taman Nasional Wasur (Papua)

Taman Nasional Wasur (Papua)

Taman Nasional Wasur (TNW) merupakan taman nasional yang sering disebut dengan serenggetinya Papua. Luas dari TNW ini sekitar 413.810 hektar, dan merupakan lahan basah yang terluas di Indonesia. TNW juga menjadi tempat persinggahan bagi satwa migrasi, dan masuk ke dalam situs Ramsar.

TN Wasur adalah taman nasional yang memiliki dua kawasan koservasi. Pertama adalah kawasan Suaka Marga Satwa Wasur. Kawasan ini berfungsi sebagai tempat perlindungan satwa. Kedua adalah Cagar alam Rawa Biru yang berfungsi sebagai sumber air minum bagi masyarakat setempat.

Taman nasional ini memiliki kekayaan yang melimpah dari flora dan faunanya dari spesies endemik, dilindungi, hingga langka. Kekayaan ini  membuat TNW menjadi tempat yang tepat unutk melakukan kegiatan penelitian. Penelitian pun tak hanya soal flora dan fauna tapi juga budaya masyarakatnya.

  • Alamat : Jl. Garuda Lepro Seri No. 3, PO. BOX. 109 Merauke 99611, Papua 
  • Website http://www.tamannasionalwasur.com/  
  • Telpon/Fax : +62 971 324532 / +62 971 324532
  • Jam Buka : Senin-Jumat 08.00–16.00 WIT, Sabtu-Minggu 09.00–14.00 WIT (Hanya untuk wisata)
  • HTM : Rp20.000

3. Taman Nasional Lorentz ( Papua)

Taman Nasional Lorentz ( Papua)

Taman Nasional Lorentz (TNL) merupakan taman nasional terbesar di Asia Tenggara dengan luas kawasan 2,4 Juta Hektar. TN Lorentz juga masuk ke dalam Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1999. Di Kawasan TNL juga terdapat operasi pertambangan berskala besar yang masih aktif.

Nama taman nasionalnya sendiri berasal dari seorang penjelajah asal Belanda dengan nama Hendrikus Albertus Lorentz yang melewati kawasan ini pada tahun 1909 pada ekspedisi ke-10. Di Asia-Pasifik TN Lorentz merupakan kawasan konservasi dengan ekosistem yang terluas dan terlengkap.

Keunikan dari TN Lorentz ini adalah adanya glestser atau bongkahan salju di daerah tropis. Selain itu TN Lorentz merupakan kawasan yang jadi ruang hidup dari masyarakat Suku Dani, suku Lani, Suku Yani, dan Suku Asmat. Menyusuri TN Lorentz kamu akan disuguhi beragam pemandangan yang memukau.

  • Alamat : Puncak Pegunungan Cartenz hingga Tepi laut Arafura, Papua 
  • Jam Buka : 24 Jam
  • HTM : –

4. Taman Nasional Teluk Cendrawasih (Papua Barat)

Taman Nasional Teluk Cendrawasih (Papua Barat)

Taman Nasional Teluk Cendrawasih (TNTC) merupakan taman nasional terluas setelah Taman Nasional Lorentz, dengan luas kawasan 1.453.500 hektar. TN Teluk Cenrawasih memiliki topografi yang berbukit dan bergunung-gunung dan sebagian daerahnya landai, curam dan juga terjal.

TN Teluk Cendarawasih merupakan taman nasional dengan perairan lautnya terluas di Indonesia. Taman ini memiliki terumbu karang yang indah dan memukau mata yang memandangnya. Selain keindahan bawah lautnya, TNTC juga memiliki keindahan pada setiap jajaran pulau-pulaunya.

TNTC juga memiliki kawasan yang digunakan sebagai pusat penelitian dari hiu paus di dunia. Hiu paus merupakan jenis mamalia raksasa yang kedatangannya sering banyak di tunggu oleh para peselam dari mancanegara. Hiu paus itu biasanya akan dapat kamu lihat di bulan Mei hingga Oktober.

5. Taman Nasional Aketajawe-Lolobata (Maluku Utara)

Taman Nasional Aketajawe-Lolobata (Maluku Utara)

TN Aketajawe-Lolobata (TNAL) merupakan kawasan konservasi yang berada di Kepulaun Halmahera. Kawasan konservasinya memiliki luas sekitar  167.300 hektar, dengan bentangan alam yang beragam.  

Keragaman ini dihasilkan dari tabrakan dari dua buah pulau pada berjuta-juta tahun yang lalu. Taman Nasional Aketajawe-Lolobata merupakan taman nasional yang menawarkan kegiatan bagi pencinta petualang. Kamu dapat melakukan aktivitas hiking  menuju air terjun hingga mengamati kupu-kupu. Selain itu kamu dapat menikmati alam TN Aketajawe-Lolobata dengan kegiatan berkemah.

Taman nasional ini juga cocok untuk orang yang senang dengan kicauan burung atau indahnya sayap kupu-kupu. Selain wisata alam, TN Aketajawe-Lolobata memiliki tempat yang kerap dijadikan tempat tujuan wisata yaitu masyarakat Togutil yang memiliki pengetahuan besar tentang tanaman obat.

  • Alamat : Jl. Empat Puluh, Ds. Galala-Sofifi, Kec. Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara
  • Website: : https://aketajawe.com/wisatasemua 
  • Telpon : +62 813-5644-420
  • Jam Buka : 09.00 – 17.00 WIT
  • HTM : WNI Rp5.000, WNA Rp150.000

Itulah taman taman nasional yang terdapat di Provinsi Maluku dan juga Papua. Keindahan taman nasionalnya memang tidak main-main. Keindahannya alamnya akan membuat kamu menganga karena takjub.

Keanekaragaman hayati dari dari flora dan fauna yang terdapat di hutan dan lautnya memperlihatkan keesotisan dari alam Indonesia, yang memiliki potensi sebagai wahana berwisata. Keindahan dari setiap taman nasional ini tentunya memiliki tantangan tersendiri.

Ada keindahan alam yang harus kamu jaga demi generasi selanjutnya, sehingga saat berwisata diharapkan untuk tetap menjaga lingkungan dan tidak melakukan kerusakan dengan vandalisme. Selain itu juga kamu harus menghormati kearifan lokal yang dimiliki oleh masyarakat setempat agar alam tetap lestari.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. Maaf sedikit koreksi ya mbak, Taman Nasional Manusela terletak di Provinsi Maluku bukan Maluku Utara, Tepatnya di Pulau Seram Kabupaten Maluku Tengah dan Terbentang dari Kecamatan Seram Utara, Kecamatan Seram Selatan sampai ke Kecamatan Seram Timur. Memiliki 117 Species Burung di antaranya ada species endemik yaitu Burung Nuri Merah Kepala Hitam, Nuri Merah Telinag Biru, Kakatua Putih Jambul Oranye dll. Selain itu juga berbagai jenis Kupu-Kupu dan species endemiknya adalah Kupu-Kupu Raja dan Berbagai jenis angrek dilembah Piliana serta berbagai jenis satwa liar lainnya.
    Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *