9 Taman Nasional di Sulawesi dengan Pesona Alamnya

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 16 Februari 2021

Sulawesi memang terkenal dengan keindahan bawah lautnya hingga ke mancanegara. Tetapi tak hanya alam bawah lautnya yang terkenal dari Sulawesi, tetapi beragam flora dan fauna endemiknya. Berikut ini ulasan beberapa taman nasional yang berada di Sulawesi yang menyimpan beragam keindahan bawah laut dan hutannya.

1. Taman Nasional Lore Lindu (Sulawesi Tengah)

Taman Nasional Lore Lindu (Sulawesi Tengah)

* sumber: pesonawisata.sultengprov.go.id

Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) adalah sebuah kawasan konservasi di Sulawesi Tengah dengan luas 2.180 km persegi. Walaupun wilayahnya kecil tapi kawasan ini memiliki beragam satwa endemik dari Sulawesi. Anoa merupakan satu diantara hewan endemik dari Sulawesi yang rentan punah.

Satu hal yang unik dari TN Lore Lindu adalah adanya peninggalan zaman megalitikum yang tersebar  hingga sekitar 350 situs. Patung tersebut dapat diklasfiikasikan menjadi 5 jenis, pertama adalah batu yang menyerupai manusia. Kedua, kalamba yaitu batu yang berbentuk menyerupai jambangan.

Ketiga adalah tutu’na dengan bentuk yang menyerupai piringan-piringan batu. Keempat adalah batu dakon dengan lubang yang tidak beraturan. Terakhir adalah patung patung yang tidak menyerupai keempat patung di atas tadi, bentuknya dapat seperti penyangga rumah dan bentuk lainnya.

  • Alamat : Kab. Donggala, Kab. Poso, Kec. Kulawi, Paolo, Lore Utara, Lore Selatan. Prov. Sulteng
  • Jam Buka : 24 Jam
  • HTM : Rp5.000

2. Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (Sulawesi Tenggara)

Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (Sulawesi Tenggara)

Sumber: https://twitter.com/enal_18/status/817685351435112448

Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TNRAW) merupakan kawasan konservasi yang didominasi oleh lahan basah. Hal tersebut membuat TN Rawa Aopa Watumohai ditetapkan sebagai situs Ramsar. Selain dari Lahan basah TNRAW juga memiliki topografi yang berbukit-bukit yang cukup menarik.

Pesona dari TN Rawa Aopa Watumohai adalah bukit Modus yang ditumbuhi rumput hijau. Tempatnya akan mengingatkan kamu pada bukit Teletubies. Dari atas bukit ini kamu dapat melihat hamparan sabana hijau yang indah. Rusa dan sapi biasa datang ke padang rumput ini, sebagai tempat favorit mereka.

  • Alamat : Kios Anggi, Tatangge, Tinanggea, Kab. Konawe Selatan, Prov. Sulawesi Tenggara
  • Website : https://rawaaopawatumohai.id/
  • Jam Buka : 08.00 – 18.00 WITA
  • HTM : Rp15.000

3. Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (Sulawesi Utara)

Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (Sulawesi Utara)

Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW) merupakan kawasan konservasi daratan terluas di Sulawesi dengan luas sekitar 282.008,757 hektar. TNBNW memiliki peran penting sebagai daerah tangkapan air. Kawasan yang didominasi oleh hutan dan rimba ini memiliki kekayaan yang berlimpah.

TNBNW memiliki beragam fauna endemik, satu diantaranya adalah Burung Maleo, yang menjadi ikon dari dari taman nasional ini. Taman nasional ini juga memiliki keindahan alam yang dijadikan destiansi wisata. Air terjun, sumber air panas dan goa batu, beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi.

  • Alamat : JL. AKD. Mongkonai Barat, Kotamobagu, Provinsi Sulawesi Utara
  • Website : http://www.boganinaniwartabone.org/
  • Telepon : (0434) 22548
  • Jam Buka : 08.00 – 17.00 WITA
  • HTM : Weekday WNI Rp5.000, WNA Rp150.000, Weekend  WNI Rp7.500 , WNA Rp175.000

4. Taman Nasional Bunaken (Sulawesi Utara)

Taman Nasional Bunaken (Sulawesi Utara)

* sumber: www.komentaren.net

Taman Nasional Bunaken (TNB) di Sulawesi utara ini merupakan taman nasional yang terkenal dengan keindahan pemandangan bawah lautnya. Kawasan ini memiliki luas sekitar 89.065 hektar dengan di dominasi oleh perairan sekitar 97%. Selain daerah perairan, kawasan ini juga terkenal dengan pulau-pulaunya.

Flora dan fauna dari taman nasional ini didominasi oleh tumbuhan dan satwa yang hidup diperairan. TNB memiliki 20 spot untuk menyelam, dan 12 diantaranya ada di Pulau Bunaken. Kondisi air yang jernih membuat jarak pandang di Bunaken dapat mencapai 20 meter, terkadang hingga 35 meter.

  • Alamat : Liang Beach Bunaken, Wori, Provinsi. Sulawesi Utara
  • Website : http://www.boganinaniwartabone.org/
  • Jam Buka : 24 Jam
  • HTM : WNI Rp50.000, WNA Rp150.000

 5. Taman Nasional Taka Bone Rate (Sulawesi Selatan)

Taman Nasional Taka Bone Rate (Sulawesi Selatan)

* sumber: tntakabonerate.com

Taman Nasional Taka Bone Rate (TNTBR) di Sulawesi selatan ini merupakan taman nasional yang memiliki kawasan atol terbesar ketiga di dunia. Luas total dari atol di TNBTR ini sekitar 220.000 hektar dengan sebaran terumbu karangnya mencapai 500 km2. TNTBR telah di calon menjadi Situs Warisan Dunia ke UNESCO.

TN Taka Bone rate merupakan surga bagi pencinta kegiatan bawah air. Keindahan dari terumbu karangnya yang cantik akan membuat kamu terpana. Ada 43 spot diving yang dapat kamu kunjungi. Tetapi yang terindah dan terkenal dari 43 itu yaitu Jinato Wall Paradise, dengan kedalaman 5-10 meter.

Di TN Taka Bone Rate tak hanya kegiatan snorkeling atau diving yang dapat kamu lakukan. Kamu dapat menyinggahi pulau-pulau atau  Island hopping  di kawasan TNTBR ini. Pulau-pulau yang dapat kamu kunjungi di TN Taka Bone Rate diantaranya adalah Pulau Lantigiang dan juga Pulau Rajuni.

  • Alamat : Jl. S. Parman No. 40 Benteng, Kab. Kepulauan Selayar. Prov. Sulawesi Selatan
  • Website : https://tntakabonerate.com/id/
  • Telepon : 62 414 – 21565
  • Call Center : 0811-418-481
  • Jam Buka : 24 Jam
  • HTM : Weekday WNI Rp50.000, WNA Rp150.000 (Hari libur naik 150%)
  • Biaya Kegiatan : Dapat dilihat di Website

6. Taman Nasional Waktobi ( Sulawesi Tenggara)

Taman Nasional Waktobi ( Sulawesi Tenggara)

* sumber: anekawisatanusantara.blogspot.com

Taman Nasional Waktobi (TNW) merupakan kawasan konservasi laut yang memiliki luas kawasan sekitar 1,39 Juta Hektar. Nama Wakatobi sendiri merupakan singkatan dari empat pulau utama yang berada di kawasan taman nasiona ini, yaitu Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko.

Keindahan dari Taman Nasional Wakatobi telah dikenal luas hingga ke mancanegara. TN Wakatobi diketahui memiliki 750 spesies koral dari 850 spesies koral yang ada di dunia. Tentunya kegiatan yang dapat kamu lakukan di taman nasional ini adalah kegiatan snorkeling dan juga menyelam.

Selain menjelajahi keindhan bawah lautnya kamu juga dapat  melihat keindahan dari pantainnya, puncak bukti, dan juga danaunya yang jernih. Tak hanya alam saja dapat kamu nikmati tetapi keragaman budaya yang biasa dipentaskan pada saat ada acara festival tahunan berlangsung.

  • Alamat : Lagiwae, Kaledupa, Ambeua, Kaledupa, Kab. Wakatobi, Prov. Sulawesi Tenggara
  • Telepon : (0402) 2826326
  • Jam Buka : 24 Jam
  • HTM : Rp160.000

7. Taman Nasional Kepulauan Togean (Sulawesi Tengah)

Taman Nasional Kepulauan Togean (Sulawesi Tengah)

* sumber: www.tripzilla.id

Taman Nasional Togean (TNKT) merupakan kawasan yang terdiri dari gugusan-gugusan pulau kecil. Keanekaragaman hayati yang dimiliki oleh taman nasional ini tentunya adalah terumbu karangnya. Keragaman terumbu karangnya terdiri dari 4 tipe, yaitu karang tepi, penghalang, tompok, dan cincin.

Kepulaun Togean yang merupakan jantung segitiga karang dunia karena keanekaragamannya yang tinggi. Keindahan dari terumbu karang di Togean tentunya akan membuat kamu terpesona. Tetapi keindahan ini terancam dengan adanya penangkapan ikan secara ilegal dengan menggunakan bom.

  • Alamat : Jl. Sungai Bongka, Kel. Uantanaga Atas, Kec. Ratolindo, Kab. Tojo Una-Una, AMPANA, Provinsi Sulawesi Tengah
  • Website : https://tnkepulauantogean.id/
  • Telepon : (0464) 22087
  • Jam Buka : 24 Jam
  • HTM : WNI Rp50.000, WNA Rp150.000

8. Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung (Sulawesi Selatan)

Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung (Sulawesi Selatan)

* sumber: travelinkmagz.com

Taman Nasional Batimurung (TN Babul) merupakan taman nasional yang terkenal oleh keragaman kupu-kupunya, bahkan mendapatkan julukan The Kingdom of Butterfly. Alfred Russel Walace seorang naturalis asal Inggris memperkirakan ada sekitar 250 spesies kupu-kupu di TN Babul ini.

Ada 20 jenis kupu-kupu yang dilindungi oleh pemerintah, dan kupu-kupu tersebut hanya dapat kamu temukan di TN Babul ini. Selain keindahan kupu-kupunya TN Babul juga menawarkan panorama yang  indah  dari dari lembah bukit kapur dengan vegetasi tropisnya, air terjun dan goa-goanya.

  • Alamat : Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkajene, Provinsi Sulawesi Selatan
  • Telepon : (0411) 3880252
  • Jam Buka : 06.00 – 18.00
  • HTM : Rp25.000

9. Taman Nasional Gandang Dewata (Sulawesi Barat)

Taman Nasional Gandang Dewata (Sulawesi Barat)

Taman Nasional Gandang Dewata (TNGD) merupakan taman nasional yang ke-53 yang relatif masih baru. TN Gandang Dewata ini terdapat di Provinsi Sulawesi Barat tepatnya di Kecamatan Tabulahan Kabupaten Mamasa. Taman nasional yang kental dengan mitos yang melingkupinya.

Mitos yang berkenaan dengan aman nasional ini adalah tentang adanya suara gendang di puncak gunung yang berbunyi disaat ada orang  yang meninggal  atau hilang di atas gunung. Suara gendang yang sering terdengar itu diyakini berasal dari sebuah batu besar yang menyerupai bentuk gendang.

Walupun kental dengan mitosnya, tetapi alam dari TN Gendang Dewata ini tidak kalah dari taman nasional lainnya yang terdapat di Sulawesi. Gandang Dewata di kacamata seorang ilmuwan merupakan sebuah laboratorium alam raksasa yang belum banyak diteliti.

  • Alamat : Gandang Dewata, Tabulahan, Kabupaten Mamasa,Provinsi Sulawesi Barat
  • Jam Buka : 08.00 – 18.00
  • HTM : -

Itulah beberapa kecantikan dari alam Sulawesi, dari keeksotisan bawah lautnya hingga hutannya yang dipenuhi dengan kupu-kupu cantik. Semuanya menarik untuk kamu eksplorasi. Keindahan ini juga menghadapi tantangan dari beragam kegiatan manusia yang dapat merusak keindahannya. Penting bagi setiap orang Indonesia untuk selalu menjaga kelestarian dari alam yang indah ini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram