keluyuran web banner

10 Taman Nasional di Sumatera Penjaga Flora & Fauna

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 22 April 2021

Taman Nasional di Sumatera tak hanya menyimpan keindahan alamnya saja, tetapi rumah bagi satwa-satwa yang hampir punah. Taman nasional juga menjadi rumah dan sumber kehidupan dari suku-suku yang hidup di dalamnya. Berikut ini ulasan tentang taman nasional di Sumatera yang menjadi pelindung dari keanekaragaman hayati alam Indonesia.

1. Taman Nasional Gunung Leuser (Aceh)

Taman Nasional Gunung Leuser (Aceh)

TNGL merupakan singkatan dari Taman Nasional Gunung Leuser, sebuah tempat pelestarian alam dengan luas sekitar 1.094.692 Ha. Letak dari TNGL sendiri berada di di Provinsi yaitu DI Aceh, dan Sumatera Utara. TNGL  memiliki dua status internasional yaitu Cagar Biosfer dan Situs Warisan Dunia.

Nama taman nasional ini berasal dari Sebuah Gunung di Aceh dengan nama yang sama. TNGL menjadi rumah bagi spesies langka yang dilindungi seperti Orangutan Sumatera, harimau Sumatera, Badak Sumatera dan yang lainnya. TNGL juga menjadi lokasi tumbuhnya bunga langka Rafflesia.

  • Alamat : Kong Paluh, Kutapanjang, Kab. Gayo Lues. Prov. DI Aceh
  • Website : https://gunungleuser.or.id/ 
  • Jam Buka : 24 Jam 
  • HTM : Weekday WNI Rp5.000, WNA Rp150.000, Weekend WNI Rp7.500, WNA Rp225.000

2. Taman Nasional Way Kambas (Lampung)

Taman Nasional Way Kambas (Lampung)

Saat mendengar Taman Nasional Way Kambas, mungkin hal pertama yang terlintas adalah gajah. Tetapi selain dari gajah, taman wisata ini juga merupakan tempat konservasi untuk Badak Sumatera. Sumatera Rhino Sanctuary merupakan program pengembangbiakan badak yang sangat langka.

Way Kambas juga memiliki keanekaragaman hayati pada empat ekosistem yang dimilikinya. Selain sebagai tempat konservasi Taman Nasional Way Kambas juga memiliki wahana wisata yang dapat kamu kunjungi. Selain dari melihat gajah dari dekat kamu juga dapat menyusuri sungai juga hutannya.

  • Alamat : Kec. Labuan Ratu Timur, Kab. Lampung Tengah & Lampung Timur. Provinsi Lampung 
  • Website : https://waykambas.org/ 
  • Telepon/Fax : 0725-7645024 / 0725-7645090
  • Jam Buka : 24 Jam 
  • HTM : Weekday WNI Rp5.000, WNA Rp150.000, Weekend WNI Rp7.500, WNA Rp225.000
  • Parkir : Motor Rp5.000, Mobil Rp10.000, Bus Rp10.000

3. Taman Nasional Berbak (Jambi)

Taman Nasional Berbak (Jambi)

Taman Nasional Berbak atau yang biasa disingkat dengan TNB merupakan taman nasional yang berada di Provinsi Jambi. Taman Nasional ini memiliki kawasan pelestarian yang unik, perpaduan antara hutan rawa gambut dengan hutan rawa tawar. Berbak memiliki fauna yang populasinya sangat sedikit.

TNB merupakan kawasan konservasi hutan rawa yang terluas di Asia Tenggara, dan daerahnya yang masih perawan. Lanskap dari TNB sering dianggap orang mirip dengan lanskap dari hutan Amazon. Pemandangan dari sungainya yang di pagari mangrove mengingatkan orang pada hutan Amazon.

Tempat ini memiliki beragam spesies, terutama untuk pencinta burung, kamu dapat melakukan pengamatan pada beragam burung yang terdapat di kawasan ini. Selain itu kamu juga dapat melakukan susur sungai di sungai Air Hitam yang airnya berwarna hitam yang berasal dari gambut.

  • Alamat : Kab. Tanjung Jabung, Provinsi Jambi 
  • Website : https://waykambas.org/ 
  • Telepon : (0741) 667983
  • Jam Buka : 08.00 – 22.00 WIB 
  • HTM : Rp10.000

4. Taman Nasional Siberut (Sumatera Barat)

Taman Nasional Siberut (Sumatera Barat)

Taman Nasional Siberut merupakan sebuah kawasan konservasi yang berada di Pulau Siberut di Kabupaten Mentawai di Provinsi Sumatera Barat. Luas dari taman nasional ini sekitar 190.500, dan merupakan rumah bagi primata yang terancam punah seperti siamang dan monyet Mentawai.

TN Siberut merupakan satu diantara beberapa taman nasional yang ditetapkan sebagai cagar biosfer di Indonesia oleh UNESCO. Kawasan ini masih minim sentuhan manusia sehingga habitat dari flora dan faunanya jauh lebih baik.  Kawasan ini juga memiliki  potensi sebagai wahana wisata.

Wisata di TN Siberut ini tentunya bagi orang-orang yang senang berpetualang. Wisatanya berupa menyusuri atau trekking  hutan dan sungai, atau bermain di pantainya. Selain dari wisata alam kamu juga dapat mengenal kearifan lokal yang khas dari masyarakat di sekitar TN Siberut ini.

  • Alamat :  Siberut Utara, Kab. Kepulauan Mentawai. Provinsi Sumatera Barat  
  • Telepon : (061) 761-2517
  • Jam Buka : 07.00 – 18.00 WIB
  • HTM : Rp95.000 – Rp300.000 (Biaya penyebrangan kapal fery)

5. Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (Riau & Jambi)

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (Riau & Jambi)

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh atau yang biasa disingkat TNBT merupakan taman nasional yang melintasi dua provinsi dan juga kabupaten. TNBT berada di Provinsi Riau dan juga Jambi dengan luasnya sekitar 143.143 hektar, dengan ekosistem hutan hujan tropis dataran rendah.

Ekosistem yang dimiliki oleh TNBT menjadikan hutannya kaya akan keragaman flora dan fauna. Kawasan ini juga merupakan rumah bagi satwa-satwa yang terancam punah. Tak hanya rumah bagi satwa langka, TNBT juga rumah bagi Orang Rimba dan Talang Mamak, suku asli dari kawasan ini.

  • Alamat :  Rantau Langsat, kec. Batang Gangsal, Kab. Indragiri Hulu. Provinsi Riau 
  • HTM : WNI Rp5.000, WNA Rp150.000 

6. Taman Nasional Kerinci Seblat (Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu)

Taman Nasional Kerinci Seblat (Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu)

Taman Nasional Kerinci Seblat yang disingkat TNKS merupakan taman nasional terluas di Sumatera dengan luasnya sekitar 1.424.650 ha. Luas dari taman nasional ini meliputi hingga 20 kota dan 4 provinsi, diantaranya adalah Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu.

Taman nasional ini memiliki hampir 30 gunung dan bukit, dengan gunung tertingginya adalah Gunung Kerinci. Ketinggian dari Gunung Kerinci tersebut 3.805 mdpl, dan memiliki flora dan fauna endemik. TNKS juga termasuk taman nasional yang masuk ke dalam Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Pendakian menuju Gunung kerinci merupakan satu dari beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan di TNKS. Selain tempat pendakian, di TNKS ini kalian juga dapat melihat keindahan dari danau yang berada di ketinggian. Satu diantaranya adalah Danau Gunung Tujuh, danau tertinggi di Asia Tenggara.

  • Alamat :  Jl. Basuki Rahmat No.11 Kec. Pesisir Bukit, Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi
  • Website : https://tnkerinciseblat.or.id/ 
  • Telepon : +62 822 8939 4947
  • Jam Buka : 24 Jam
  • HTM : WNI Rp22.000, WNA Rp250.000 

7. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (Lampung & Bengkulu)

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (Lampung & Bengkulu)

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan yang biasa disingkat dengan TNBBS merupakan kawasan pelestarian yang ditujukan untuk melindungi hutan hujan tropis di daerah Sumatera. UNESCO pun telah memasukan TNBBS ke dalam Situs Warisan Dunia pada tahun 2004. 

Taman Nasional ini membentang di antara dua provinsi yaitu Lampung dan Bengkulu, dengan luas sekitar 355.511 hektar. Kawasan ini merupakan rumah bagi, gajah, harimau, dan badak sumatera yang terancam punah. TNBBS memiliki pesona alam yang luar biasa, yang membuatmu terpesona.

Kamu dapat melihat marga satwa liar di habitat aslinya di alam liar, dan juga dapat melihat keindahan dari bunga Rafflesia arnoldii. Kamu juga dapat melihat serunya gajah yang sedang mandi atau menyusuri sungai dan hutan yang memiliki pepohonan raksasa yang berusia ratusan tahun.

  • Alamat :  Jl. Ir. H. Juanda No. 19 KM 1 Tanggamus, Kota Lampung, Provinsi Lampung
  • Website : https://tnkerinciseblat.or.id/   
  • Telpon : (0722) 21064
  • Jam Buka : Senin- Jumat 07.30 – 16.00 WIB, Sabtu-Minggu Tutup
  • HTM : Weekday WNI Rp20.000, WNA Rp310.000, Weekend WNI Rp25.000, WNA Rp460.000

8.  Taman Nasional Bukit Dua Belas (Jambi)

Taman Nasional Bukit Dua Belas (Jambi)

Taman Nasional Bukit Dua Belas (TNBD) merupakan taman nasional yang memiliki ukuran cukup kecil, hanya sekitar 54.780,41 Hektar. Taman nasional ini juga merupakan rumah bagi suku asli yang telah mendiami tempat ini. Mereka adalah Suku Anak Dalam, yang biasa disebut dengan orang rimba.

TNBD tak hanya menjaga dari kelestarian keragaman hayati dari dari flora dan faunanya, tetapi juga menjaga hutan sebagai ruang hidup dari Suku Anak Dalam. Hutan di Bukit Dua Belas merupakan sumber kehidupan bagi orang rimba, sehingga penting untuk menjaga kelestarian dari hutannya.

  • Alamat :  Jl. Lintas Sumatera KM 4,  Sarolangun, Provinsi Jambi
  • Website : https://www.tnbukitduabelas.id/ 
  • Telpon : (0722) 21064
  • Jam Buka : 24 Jam 
  • HTM : WNI Rp5.000, WNA RP150.000

9. Taman Nasional Batang Gadis (Sumatera Utara)

Taman Nasional Batang Gadis (Sumatera Utara)

Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) merupakan taman nasional yang namanya berasal dari sebuah sungai yang bernama Batang Gadis. Taman nasional ini dibentuk untuk menyelamatkan flora dan fauna yang dikelola dengan kearifan lokal dari masyarakat sekitar yaitu dengan lubuk larangan.

Lubuk larangan atau hutan larangan merupakan satu kearifan lokal untuk menjaga hutan agar tetap lestari. Kerifan lokal tersebut dibuat untuk menghentikan laju kerusakan dari hutan ini yang kian memprihatinkan. TNBG juga merupakan rumah bagi harimau Sumatera dan juga Kucing Emas Asia.

  • Alamat :  Jl. Willem Iskandar No.Kel, Pidoli Dolok, Panyambungan, Kab. Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara
  • Website : http://tnbatanggadis.com 
  • Jam Buka : Senin-Jumat 08.00 – 16.30 WIB, Sabtu-Minggu Tutup 
  • HTM : WNI Rp5.000, WNA RP150.000

10. Taman Nasional Tesso Nilo (Riau)

Taman Nasional Tesso Nilo (Riau)

Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) merupakan taman nasional yang memiliki luas sebesar 36.578 hektar. TNTN sesungguhnya merupakan kawasan bekas Hak Pengusahaan Hutan (HPH) yang berada di daerah Riau, tepatnya berada di Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Indragiri Hulu.

TNTN merupakan tempat konservasi untuk hewan endemik yaitu gajah Sumatera, tapir, beruang, dan yang lainnya. Perambahan hutan dan juga kebakaran hutan yang sering terjadi, mengancam keberlangsungan dari satwa-satwa endemik di kawasan Taman Nasional Tesso Nilo ini.

  • Alamat :  Jl. Raya Langganan KM 4, Pelalawan, Kab. Pelalawan, Provinsi Riau
  • Website : https://tntessonilo.com/ 
  • Telpon : +62 761 494728
  • Jam Buka : Senin-Jumat 08.00 – 16.30 WIB, Sabtu-Minggu Tutup 
  • HTM : WNI Rp1.000, WNA RP10.000
  • Parkir : Motor Rp1.000, Mobil Rp2.000

Taman Nasional yang berada di Sumatera merupakan rumah dan benteng terakhir untuk perlindungan flora dan fauna endemik di Indonesia. Saat berkunjung ke Taman nasional ini kamu mematuhi setiap peraturan yang telah diterapkan oleh pengelola agar penjelajahan tetap aman dan tidak merusak lingkungan alam sekitar. Sehingga keindahan alam ini dapat dinikmati oleh generasi selanjutnya.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram