10 Taman Terindah di Tokyo untuk Piknik dan Menikmati Sakura

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 17 Oktober 2021

Dalam budaya Jepang taman dan alam mempunyai tempat khusus. Tiap kastil hampir selalu mempunyai taman yang indah dan di banyak kuil, tanaman lanskap di sekitar kuil Jepang merupakan fitur utama. Maka tak heran jika negara ini mempunyai banyak taman yang indah, bahkan di kota metropolitan seperti Tokyo.

Salah satu kota tersibuk dan paling modern di dunia, Tokyo, penuh dengan dengan gedung pencakar langit dan fitur teknologi tinggi. Namun kota ini juga memiliki banyak taman dan kebun yang menakjubkan.

Taman terindah di Tokyo menawarkan pemandangan yang memukau dan tempat untuk beristirahat dari sibuknya kehidupan di perkotaan. Berikut ini adalah taman-taman di Tokyo.

Baca juga: Festival Musim Semi di Jepang

1. Shinjuku Gyoen

Shinjuku Gyoen
  • Alamat: 11 Naitomachi, Shinjuku City, Tokyo 160-0014, Jepang
  • Jam buka: 09.00-16.00, Senin Tutup
  • HTM: Gratis, 250 yen-500 yen
  • Telepon: +81 3-3350-0151

Shinjuku Gyoen merupakan salah satu taman terpopuler dan terbesar di Tokyo. Letak salah satu taman terindah di Tokyo ini hanya beberapa langkah saja dari Stasiun Shinjuku. Halaman rumput yang luas, jalan setapak yang berkelok-kelok serta pemandangan yang menenangkan menjadikan taman ini tempat pelarian untuk bersantai dari hiruk-pikuknya kota metropolitan.

Saat musim semi, Shinjuku Gyoen merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati pemandangan bunga sakura. Taman ini asalnya dari Periode Edo, yaitu tahun 1603-1867 dan merupakan tempat kediaman penguasa yang berada di Tokyo.

Kemudian taman tersebut diubah jadi kebun raya sebelum digunakan untuk rekreasi dan hiburan para tamu oleh Keluarga Kekaisaran pada tahun 1903. Selama Perang Dunia II taman ini hampir hancur seluruhnya, tapi akhirnya pada tahun 1949 dibangun dan dibuka kembali sebagai taman umum.

2. Taman Ueno

Taman Ueno
  • Alamat: Jepang, 110-0007 Tokyo, Taito City, Uenokoen,
  • Jam buka: 05.00-23.00
  • Telepon: +81 3-3828-5644

Taman Ueno merupakan taman umum yang besar yang berlokasi di distrik Taito. Distrik ini berada di pusat kota Tokyo. Awalnya taman ini adalah bagian dari Kuil Kaneiji, yang dulu di kota ini kuil tersebut merupakan salah satu kuil terbesar juga terkaya. Halaman kuil pada tahun 1873 diubah jadi salah satu taman pertama di Jepang yang menggunakan gaya Barat dan dibuka untuk umum.

Kolam Shinobazu berada di ujung barat daya taman. Ini merupakan salah satu dari banyak pengingat untuk kemegahan Kuil Kaneiji di masa lalu. Bentendo, aula kuil, berdiri di sebuah pulau yang terletak di tengah kolam. Bunga teratai menutupi beberapa bagian kolam. Bunga tersebut dalam budaya Buddha dihubungkan dengan kemurnian serta keindahan.

Dimulai pada akhir Maret sampai awal April, taman ini dipenuhi oleh pengunjung yang datang untuk menikmati bunga sakura. Di taman ini terdapat sekitar 1.000 pohon Sakura yang berdiri berjajar di jalur utama. Pengunjung datang membawa makanan dan minuman untuk dinikmati sambil melihat indahnya bunga sakura.

3. Taman Yoyogi

Taman Yoyogi
  • Alamat: 2-1 Yoyogikamizonocho, Shibuya City, Tokyo 151-0052, Jepang
  • Jam buka: Buka 24 jam
  • Telepon: +81 3-3469-6081

Terletak tak terlalu jauh dari Shinjuku Gyoen terdapat Taman Yoyogi. Jika ingin mengunjungi beberapa taman terindah di Tokyo, taman yang satu ini tidak boleh dilewatkan.

Ini merupakan salah satu taman yang terbesar yang berada di Tokyo. Meskipun taman ini tak memiliki banyak pohon Sakura, tapi Yoyogi masih menjadi tempat favorit untuk menyaksikan bunga Sakura saat musim semi.

Di musim gugur, taman yang terkenal dengan hutan gingkonya ini akan berubah warna jadi keemasan. Saat pepohonan di sana berubah warna menjadi warna-warni di musim gugur, taman ini banyak dikunjungi oleh turis juga penduduk lokal.

Lokasi taman ini bisa ditempuh dalam beberapa menit saja dengan berjalan kaki dari Stasiun Harajuku. Taman ini buka tiap hari dan masuk taman ini gratis.

4. Taman Showa Kinen

Taman Showa Kinen
  • Alamat: 3173 Midoricho, Tokyo 190-0014, Jepang
  • Jam buka: 09.30-16.30
  • HTM: 450 yen
  • Telepon: +81 42-528-1751

Terletak di Kota Tachikawa, Taman Showa Kinen didirikan pada tahun 1983. Taman ini merupakan bagian dari perayaan pemerintahan Kaisar Hirohito yang ke-50 tahun. Kaisar Hirohito adalah kaisar Periode Showa. Di dalam area taman yang luas pengunjung akan mendapati beramacam-macam ruang alami, museum, bunga musiman serta fasilitas rekreasi.

Terdapat halaman rumput yang luas di taman ini yang bisa digunakan untuk piknik dan bersantai. Ada juga taman bergaya Jepang dan barat, hutan dengan jalan setapak serta sebuah kolam besar. Museum Peringatan Kaisar Showa berada di sisi kanan taman. Di museum ini dipamerkan foto-foto serta barang-barang pribadi kaisar.

Pengunjung bisa berjalan di sekitar taman dengan berjalan kaki atau bisa juga menyewa sepeda seharga ¥420 untuk 3 jam dan ¥530 untuk sehari penuh. Selain itu, ada juga layanan “kereta jalan” reguler di dalam taman seharga ¥310 untuk sekali perjalanan.

5. Taman Shiba

Taman Shiba
  • Alamat: 4 Chome-10-17 Shibakoen, Kota Minato, Tokyo 105-0011, Jepang
  • Jam buka: Buka 24 jam
  • HTM: Gratis
  • Telepon: +81 3-3431-4359

Untuk para penyuka alam dan keindahan taman, pastikan untuk meluangkan waktu berjalan-jalan di Taman Shiba yang indah sekali. Taman Shiba yang berada di Kota Minato tersebut mengelilingi Kuil Zōjō-Ji yang ikonik. Tempat ini adalah salah satu atraksi di Tokyo yang paling banyak dikunjungi.

Seperti kebanyakan taman terindah di Tokyo, taman ini memiliki ciri khas berupa pepohonan yang rimbun, banyak flora, danau yang menakjubkan dan mempunyai pemandangan alam yang luar biasa dengan latar belakang pemandangan kota Tokyo.

6. Taman Kasai Rinkai

Taman Kasai Rinkai
  • Alamat: 6 Chome-2 Rinkaicho, Tokyo 134-0086, Jepang
  • Jam buka: Buka 24 jam
  • HTM: Gratis
  • Telepon: +81 3-5696-1331

Taman Kasai Rinkai yang berlokasi di Teluk Tokyo di daerah Edogawa, tepatnya di seberang Sungai Edogawa, ini lahannya merupakan salah satu yang terbesar di Tokyo dengan luas sekitar 810.000 m2. Taman ini dibuat pada tahun 1989 untuk melestarikan lingkungan Teluk Tokyo.

Area rumput yang dimiliki taman ini cukup luas. Ada juga pantai, kincir ria, akuarium dan gedung observasi. Kincir ria Diamond and Flowers merupakan landmark Taman Kasai Rinkai yang terkenal. Tinggi kincir ria tersebut sekitar 117 meter dan ini adalah kincir ria tertinggi kedua di Jepang yang menawarkan pemandangan Tokyo Disney Resort, Teluk Tokyo, bahkan Gunung Fuji di hari yang cerah.

Taman ini juga adalah tempat pengamatan burung yang populer. Kurang lebih sepertiga dari taman Kasai Rinkai ditetapkan sebagai suaka burung laut.

7. Taman Tepi Laut Odaiba

Taman Tepi Laut Odaiba
  • Alamat: 1 - chome, Odaiba, Minato-ku, Tokyo
  • Telepon: +81-3-55310852

Odaiba Kaihin Koen atau Taman Tepi Laut Odaiba merupakan sebuah taman pantai yang berada di sepanjang pesisir Pulau Odaiba. Taman ini menyajikan pemandangan Teluk Tokyo, kota metropolitan Tokyo dan Rainbow Bridge atau Jembatan Pelangi.

Taman yang luas ini juga memiliki beragam atraksi seperti jalur lari, olahraga laut, juga zona memancing. Ada juga fasilitas hiburan, sejumlah pusat perbelanjaan serta tempat makan di daerah Odaiba yang lokasinya tidak begitu jauh.

8. Taman Timur Istana Kekaisaran

Taman Timur Istana Kekaisaran
  • Alamat: 1-1 Chiyoda, Chiyoda City, Tokyo 100-8111, Jepang
  • Jam buka: 09.00-16.30, Senin & Jumat Tutup
  • Telepon: +81 3-3213-1111

Taman Timur Istana Kekaisaran yang sepenuhnya gratis ini terbuka untuk umum. Dahulunya taman yang merupakan situs Kastil Edo ini mengelilingi tempat tinggal kaisar serta keluarga kekaisaran. Pengunjung bisa berjalan-jalan di Taman Ninomaru yang merupakan taman tradisional Jepang dari zaman Edo. Saat musim gugur, momiji (daun maple) berubah warna dari hijau terang jadi merah.

Ada juga Taman Kitanomaru yang terletak di sebelah utara taman. Di sini dari bulan Maret hingga Desember pengunjung bisa menyewa perahu dayung dan mengayuh perahu di sepanjang Chidorigafuchi Moat, tempat bunga sakura bermekaran di musim semi.

Kitanomaru juga mempunyai halaman rumput yang luas yang bisa digunakan untuk piknik dan merupakan rumah untuk Museum Nasional Seni Modern Tokyo, Nippon Budokan dan Museum Sains.

9. Taman Inokashira

Taman Inokashira
  • Alamat: 1 Chome-18-31 Gotenyama, Musashino, Tokyo 180-0005, Jepang
  • Jam buka: Buka 24 jam
  • Telepon: +81 422-47-6900

Taman luas yang berlokasi di daerah Kichijoji/Mitaka, di barat Tokyo ini adalah salah satu taman terindah di Tokyo. Yang menjadi simbol taman yaitu Kolam Inokashira yang berada di tengah taman dan pengunjung bisa menyewa perahu sewaan.

Sekeliling taman ini terdapat pohon sakura yang memperlihatkan pemandangan menakjubkan pada musim semi. Taman yang luas ini memiliki sejumlah fasilitas serta tempat wisata di antaranya monumen bersejarah, kebun binatang dan Museum Studio Ghibli yang terkenal yang berada di barat daya taman.

10. Taman Rikugien

Taman Rikugien
  • Alamat: 6 Chome-16-3 Honkomagome, Bunkyo City, Tokyo 113-0021, Jepang
  • Jam buka: 09.00-17.00
  • HTM: 50 yen-300 yen
  • Telepon: +81 3-3941-2222

Taman terindah di Tokyo ini menawarkan tempat untuk beristirahat dari kehidupan kota yang sibuk. Asal taman ini dari dari Periode Edo dan didirikan antara tahun 1695 dan 1702. Taman ini mengikuti enam aturan Waka atau puisi Jepang. Ini adalah bentuk puisi dari periode Heian.

Di musim gugur Taman Rikugien jauh lebih indah dibandingkan di musim semi. Hal ini tidak begitu mengherankan karena tak semua taman itu populer untuk melihat bunga Sakura. Ada juga taman yang bagus untuk melihat dedaunan musim gugur. Taman ini merupakan spot untuk menyaksikan perubahan warna Momiji.

Deretan taman terindah di Jepang ini tentunya informasi yang menarik untuk wisatawan yang akan berlibur ke Jepang. Selain, shopping atau mengunjungi tempat wisata favorit lainnya, taman bisa jadi destinasi wisata alternatif yang sayang untuk dilewatkan.

Setelah lelah berjalan-jalan di sekitar pertokoan, wisatawan bisa “ngadem” di taman-taman terindah di Tokyo ini. Taman-taman ini bisa menjadi tempat untuk menyaksikan Sakura atau Momiji. Tertarik untuk berkunjung ke taman-taman tersebut?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram