keluyuran web banner

7 Tempat Belanja Oleh-Oleh yang Populer di Banda Aceh

Ditulis oleh Erfah Nanda SW - Diperbaharui 1 Februari 2021

Banda Aceh adalah ibu kota dari Provinsi Aceh. Masih teringat betul peristiwa tsunami pada tahun 2004 silam. Air laut yang tiba-tiba meninggi menghantam rumah penduduk. Tidak sedikit korban berjatuhan dan menyisakan luka yang membekas bagi penduduk Aceh.

Meski demikian, perlahan tapi pasti. Bangunan yang tadinya luluh lantah kini sudah mulai berdiri kembali. Perekonomian sudah terlihat membaik. Setelah kejadian itu semakin banyak wisatawan yang datang menyaksikan peristiwa besar itu.

Kehadiran wisatawan tentu tidak lepas dengan pusat perbelanjaan oleh-oleh. Membawa buah tangan kepada keluarga dan sanak saudara, merupakan tradisi yang masih terjaga dengan baik. Lalu, di mana saja tempat belanja oleh-oleh yang populer di Banda Aceh? Yuk, simak infonya berikut ini.

1. Pusat Belanja Oleh-Oleh Galery Wisata Banda Aceh

Pusat Belanja Oleh-Oleh Galery Wisata Banda Aceh

* sumber: 2pos.asia

  • Alamat : Jl. Rama Setia, Deah Baro, Kec. Meuraxa, Kota Banda Aceh, Aceh
  • Jam Operasional : Setiap hari, 09.00 – 22.00 WIB
  • Estimasi Harga : Mulai dari Rp10.000

Gallery Wisata Banda Aceh tempat belanja oleh-oleh yang populer di daerah Aceh. Letaknya berada di pusat kota sehingga mampu dijangkau oleh semua orang. Udaranya sejuk karena dekat dengan pesisir pantai. Kamu bisa berbelanja sambil menikmati matahari tenggelam yang indah dan eksotis di sini.

Tempatnya memang tidak terlalu besar, tapi koleksinya lumayan lengkap. Semua barangnya tersusun rapi di atas meja yang sudah disediakan. Masing-masing meja berbeda jenis oleh-olehnya. Menu yang tersedia, yaitu kue bhoi, kopi aceh, bakpia aceh, kue adee meureudu, kembang loyang, kue keukarah, dan batik Aceh.

2. Pusaka Souvenir Gallery

Pusaka Souvenir Gallery

Sumber: https://web.facebook.com/pusakasouvenirgallery/photos/765074010587171

  • Alamat : Jl. Sri Ratu Syafiatuddin No.78, Peunayong, Kec. Kuta Alam, Kota Banda Aceh, Aceh 24415
  • Jam Operasional : Setiap hari, 07.00 – 23.00 WIB
  • Telepon : +6282370038844
  • Estimasi Harga : Mulai dari Rp5.000

Pusaka Souvenir Gallery merupakan tempat belanja oleh-oleh khas Banda Aceh yang wajib dikunjungi. Termasuk pusat perbelanjaan souvenir terbesar di daerah Aceh. Tidak heran setiap harinya selalu ramai pengunjung. Rata-rata pelanggannya berasal dari luar kota dan mancanegara.

Ada berbagai koleksi souvenir yang unik dan menarik. Tempatnya cukup luas, pengunjung bisa bebas memilih barang yang diinginkan. Di sini kamu bisa menemukan souvenir, seperti gelang, tas batik Aceh, dompet, bros dengan bentuk Pintu Aceh, gantungan kunci, dan kopi aceh. Jika lapar bisa mampir ke toko sebelah yang menyediakan kuliner sate khas Aceh.

3. Souvenir Putroe Aceh Ahmad Dahlan

Souvenir Putroe Aceh Ahmad Dahlan

  • Alamat : Jl. KH Ahmad Dahlan No.67, Merduati, Kec. Kuta Raja, Kota Banda Aceh, Aceh 23116
  • Jam Operasional : Setiap hari, 08.00 – 23.00 WIB
  • Telepon : +628126935792
  • Estimasi Harga : Mulai dari Rp10.000

Souvenir Putroe Aceh tempat satu ini memang cocok buat kamu yang doyan belanja. Berbagai souvenir tersusun rapi dalam rak. Pengunjung bisa bebas memilih barang favorit. Jika butuh bantuan jangan segan meminta tolong kepada petugas di sana.

Berbagai koleksi tas unik dengan corak batik Aceh paling populer di tempat ini. Khususnya untuk kaum hawa bisa langsung jatuh hati dan ingin membelinya. Tersedia souvenir lainnya, yaitu gelang, sendal, sepatu, kain, baju batik, dan aneka makanan khas Banda Aceh.

4. Atjeh Collection

Atjeh Collection

  • Alamat : Jl. Pangeran Diponegoro No.76, Kp. Baru, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh
  • Jam Operasional : Setiap hari, 08.00 – 22.00 WIB
  • Telepon : +628126907660
  • Estimasi Harga : Mulai dari Rp10.000

Atjeh Collection memiliki letak yang strategis, yaitu di pinggir Jalan Pangeran Diponegoro. Kawasan tersebut ramai lalu-lalang kendaraan karena termasuk jalan utama Banda Aceh. Tidak jauh dari lokasi terdapat objek wisata populer Masjid Raya Baiturrahman.

Bangunannya besar dengan corak warna-warni pada dinding. Berbagai aksesori maupun souvenir tersedia di tempat ini. Atjeh Collection juga menjual aneka makanan khas Banda Aceh. Di antaranya, yaitu bakpia Aceh, kue bhoi, kopi Aceh, sulam kasab, dan dendeng Aceh.

5. Tradisi Aceh

Tradisi Aceh

* sumber: blog.titipku.com

  • Alamat : Peunayong, Kec. Kuta Alam, Kota Banda Aceh, Aceh
  • Jam Operasional : Setiap hari, 08.00 – 23.00 WIB
  • Telepon : +628116870606
  • Estimasi Harga : Mulai dari Rp15.000

Tradisi Aceh merupakan tempat belanja oleh-oleh yang recommended di Banda Aceh. Lokasinya cukup strategis berada di antara hotel ternama. Tempatnya memang tidak begitu besar. Namun menyediakan koleksi oleh-oleh yang cukup lengkap.

Di sini kamu tidak akan merasa panas karena tersedia pendingin udara. Kondisi tempatnya bersih dan semua barang tertata rapi. Menu populer Tradisi Aceh, yaitu pisang sale kualitas super dan pisang sale goreng. Rasanya renyah dan gurih bisa membuatmu ketagihan dalam gigitan pertama.

Menu lainnya yang dapat kamu temukan, yaitu kopi ulele kareng asli, bakpia, kue bhoi, dendeng Aceh. Kemudian, dodol nangka sabang, asam kana, biji kopi khas Aceh, dan aneka keripik. Harganya cukup terjangkau dengan kualitas makanan terbaik.

6. Angurah Souvenir Banda Aceh

Angurah Souvenir Banda Aceh

  • Alamat : Jl. Sri Ratu Syafiatuddin, Peunayong, Kec. Kuta Alam, Kota Banda Aceh, Aceh
  • Jam Operasional : Setiap hari, 09.00 – 22.00 WIB
  • Estimasi Harga : Mulai dari Rp 10.000

Jika kamu mencari souvenir khas Banda Aceh, bisa mampir ke Anugrah Souvenir. Salah satu tempat yang menyediakan berbagai macam souvenir terlangka di Banda Aceh. Tempatnya mudah dijangkau karena berada di pusat kota.

Barang-barang di tempat ini terbuat dari bahan terbaik. Meski demikian, harganya cukup murah tidak membuat dompet kering. Tas dengan corak batik Aceh yang paling populer di tempat ini. Corak batiknya tidak tanggung-tanggung, yakni meliputi semua bagian tas.

Selain itu, masih banyak barang yang tersedia. Kasab, tas rajut, baju, kopi, dendeng, rencong, dan aneka keripik. Harganya cukup terjangkau untuk semua orang. Pelayanannya ramah, tempatnya nyaman, dan pengunjung bisa memilih sendiri barang kesukaannya.

7. Pasar Aceh

Pasar Aceh

  • Alamat : Kp. Baru, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh
  • Jam Operasional : Setiap hari, 08.00 – 22.00 WIB
  • Estimasi Harga : Mulai dari Rp5.000

Pasar Aceh merupakan tempat pusat perbelanjaan masyarakat Aceh. Tidak hanya menyediakan alat kebutuhan rumah tangga. Tempat ini juga menjual aneka oleh-oleh khas Banda Aceh. Bangunannya besar dapat menampung ratusan gerai toko.

Pusat perbelanjaan satu ini memang selalu ramai setiap harinya. Bahkan tidak sedikit wisatawan yang datang untuk membeli oleh-oleh. Harganya sangat terjangkau dengan pilihan yang sangat banyak. Lalu, parkirannya luas nyaman untuk kendaraan besar.

Banda Aceh memiliki tempat belanja oleh-oleh yang cukup banyak. Terbuat dari kualitas terbaik dengan model, bentuk, dan corak yang unik. Harganya pun murah tetapi dengan kualitas yang tidak murahan. Rata-rata toko berada di pusat kota sehingga mudah dijangkau oleh kendaraan angkutan umum. Tempat belanja oleh-oleh Banda Aceh favoritmu yang mana? Tulis di kolom komentar ya!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram