keluyuran web banner

Yuk Kunjungi 5 Tempat Belanja Oleh-Oleh Khas Jakarta Ini!

Ditulis oleh Anggie Warsito - Diperbaharui 17 Mei 2019

Hai, sobat Keluyuran! Apa kabar? Semoga baik-baik saja, ya! Seperti biasa, Keluyuran bakal memberikanmu beberapa rekomendasi tempat wisata, kuliner, dan/atau tempat belanja oleh-oleh. Untuk artikel kali ini, Keluyuran bakal memberimu sejumlah rekomendasi tempat belanja oleh-oleh di Jakarta.

Jadi, kalau kamu mau membeli oleh-oleh saat di Jakarta, artikel kali ini cocok untuk kamu simak. Sejumlah rekomendasi itu bisa kamu simak selengkapnya di bawah ini.

1. Toko Dodol Betawi Gurih Rasa

Yuk Kunjungi 5 Tempat Belanja Oleh-Oleh Khas Jakarta Ini! 1

Salah satu oleh-oleh khas Jakarta yang harus dibeli adalah Dodol Betawi. Tak seperti dodol khas Garut, dodol satu ini terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan santan kelapa dari kelapa tua, serta gula Jawa. Bentuk dodol khas Betawi ini biasanya lonjong (lonjor) atau bulat besar (besek).

Bila kamu hendak membeli Dodol Betawi, maka Toko Dodol Betawi Gurih Rasa adalah tempat yang tepat untuk disambangi. Di sini, ada enam produk Dodol Betawi yang bisa kamu beli. Dodol Lonjor Ketan Putih; Dodol Lonjor Ketan Hitam; Dodol Besek Ketan Putih Biasa; Dodol Besek Ketan Hitam; Dodol Besek Ketan Putih Durian; dan Dodol Lonjor Ketan Putih Durian adalah enam produk tersebut.

Kalau kamu membeli salah satu atau semua produk Dodol Betawi tersebut, kamu bisa datang ke alamat lengkapnya yang tertera di bawah ini:

  • Alamat : Jalan Damai No. 6, RT 9/RW 5, Pejaten Timur, Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Jakarta 12510.
  • No. Telepon : 0895-0577-0573.
  • Jam Buka : Setiap hari pukul 06.00-21.00.
  • Harga : Rp 25.000 - Rp 100.000

2. Toko Bir Pletok Alifah

Yuk Kunjungi 5 Tempat Belanja Oleh-Oleh Khas Jakarta Ini! 2

Selain Dodol Betawi, Bir Pletok adalah oleh-oleh khas Jakarta lainnya yang harus dibeli. Meskipun mengandung kata “bir”, minuman ini bukanlah bir pada umumnya yang bisa bikin mabuk. Ini hanyalah sebuah minuman berbahan dasar jahe; daun pandan; batang serai; dan sejumlah rempah-rempah lainnya.

Toko Bir Pletok Alifah adalah tempat yang tepat untuk membeli minuman khas Betawi tersebut. Di toko ini, kamu bisa mendapatkan bir pletok dalam berbagai bentuk; mulai dari kemas (sachet), botol mineral kecil, botol sirup, hingga kemasan toples. Khusus kemasan kemas dan toples, bir pletok yang dijual tidaklah berbentuk cair, melainkan berbentuk serbuk.

Kalau kamu tertarik, sila datang langsung ke alamat lengkapnya yang tertera di bawah ini:

  • Alamat : Jalan Adhi Karya No. 1, RT 7/RW 5, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Ibukota Jakarta 11521.
  • No. Telepon : (021) 5809205.
  • Jam Buka : Setiap hari pukul 08.00-21.00.
  • Harga : Kurang lebih sekitar Rp 12.000 - Rp 70.000

3. Toko Romlah Oleh-Oleh Jakarta

Yuk Kunjungi 5 Tempat Belanja Oleh-Oleh Khas Jakarta Ini! 3

Ingin berbelanja di tempat yang menyediakan beragam macam buah tangan Jakarta/Betawi? Kalau ya, maka Romlah Oleh-Oleh Jakarta adalah tempat belanja yang cocok buatmu. Beragam oleh-oleh khas Jakarta bisa kamu temukan di sini. Kue Biji Ketapang; Geplak; dan Pencok adalah tiga di antarnya.

Kalau kamu jadi berbelanja di sini, jangan lupa membeli oleh-oleh signature toko ini: Sambal Mpok Romlah. Sesuai namanya, ini adalah buah tangan berupa sambal yang dibuat langsung oleh pihak Mpok Romlah. Kelebihan sambal ini adalah taburan ikan teri di bagian atasnya. Adanya bahan itu membuat cita rasa sambal ini begitu khas, dan tentu saja lezat.

Semua oleh-oleh ini bisa kamu beli secara satuan, di mana tiap buah tangannya dikemas ke dalam toples. Kalau mau hemat, kamu bisa membeli oleh-oleh di sini dalam format Paket Box. Di tempat ini, ada tiga pilihan Paket Box yang tiap paketnya berisi tiga buah toples oleh-oleh.

Kalau kamu berminat, sila datangi alamat lengkapnya di bawah ini:

  • Alamat : Jalan Swadaya II No. 20 B, RT 7/RW 5, Tanjung Baru, Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530.
  • No. Telepon : (021) 7814342.
  • Jam Buka : Setiap hari pukul 09.00-20.00.
  • Harga : Rp 15.000 - Rp 65.000 (harga oleh-oleh pertoples); Rp 130.000 - Rp 150.000 (untuk harga Paket Box).

4. Toko Suka Hati

Yuk Kunjungi 5 Tempat Belanja Oleh-Oleh Khas Jakarta Ini! 4

* sumber: kumparan.com

Rekomendasi yang keempat ini sangat cocok untukmu yang ingin membeli kue lebaran. Apalagi, jika betul-betul menjadikan kue lebaran sebagai buah tanganmu nanti. Mayoritas kue yang dijual di sini adalah kue kering yang jumlahnya mencapai 130 jenis. Kuping Gajah; Semprit; dan Kastangel adalah tiga di antaranya.

Kue-kue di sini tak bisa kamu beli per toples. Kamu harus membelinya per kilogram. Atau, setidaknya seperempat kilo saja. Walau dijual kiloan, bukan berarti kue-kue di sini tidak dikemas dengan baik atau hanya dikemas dalam kantung plastik. Kue-kue di sini justru dikemas dengan baik di dalam toples atau kaleng besar.

Soal kualitas, tak perlu kamu ragukan lagi. Kue-kue di toko ini punya kualitas yang baik. Bahkan, beberapa di antaranya termasuk kue dengan kualitas premium. Kamu tertarik? Datang saja ke alamat lengkapnya yang ada di bawah ini:

  • Alamat : Pasar Jatinegara Blok Eks Unit 116-117, Jalan Jatinegara Barat, Jatinegara RT 10/RW 01, Bidara Cina, Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310.
  • No. Telepon : (021) 8196951.
  • Harga : Rp 40.000 - Rp 200.000 (per kilogram)

5. Marquerite Nougat Kelapa Gading

Yuk Kunjungi 5 Tempat Belanja Oleh-Oleh Khas Jakarta Ini! 5

* sumber: hello-pet.com

Kalau kamu mau membeli buah tangan yang kekinian, maka tempat belanja ini laik dikunjungi. Di tempat ini, kamu bakal menemukan oleh-oleh kekinian berupa nougat. Bagi yang belum tahu, nougat adalah sebuah permen yang terbuat dari campuran gula/madu, kacang panggang, dan beberapa buah kering.

Permen ini lazimnya dipakai sebagai batang permen atau bisa dikonsumsi langsung. Khusus untuk tempat oleh-oleh satu ini, nougat bisa kamu konsumsi langsung.

Di Tempat ini, nougat dijual dalam berbagai rasa. Ada rasa stroberi almond; keju almond; cranberry almond; dan ada pula rasa susu almond.  Semua rasa nougat tersebut punya tingkat kemanisan yang pas, serta dibuat dari bahan-bahan yang aman di perut.

Selain nougat, tempat ini juga menjual beberapa buah tangan lainnya. Cream Cheese Pound Cake; Lapis Legit; dan Japanese Cheese Cake adalah tiga di antaranya.

  • Alamat : Gading Arcadia Blok I no. 19 RT/RW 8/22, RW 3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.
  • No. Telepon : 0813-8112-2228.
  • Jam Buka : Senin s.d. Jumat pukul 09.00-18.00; Sabtu pukul 09.00-17.00.
  • Harga : Rp. 55 ribu – Rp. 90 ribu (nougat); Rp. 20 ribu – Rp. 275 ribu (oleh-oleh lainnya)

Itulah beberapa rekomendasi tempat belanja di Jakarta buatmu yang mau beli oleh-oleh. Semoga kamu bisa menemukan oleh-oleh yang kamu mau di Jakarta, ya! Kunjungi artikel tempat belanja murah di Jakarta untuk mencari oleh-oleh lain selain barang-barang di atas.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram