keluyuran web banner

Yuk, Belanja di Tempat Oleh-Oleh di Kupang Berikut Ini!

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 20 Januari 2021

Oleh-oleh dari tempat wisata atau tempat yang telah kita kunjungi bisa jadi sebuah bukti bahwa kita benar-benar mendatangi tempat tersebut. Selain itu, memberikan oleh-oleh kepada orang di rumah, teman atau kerabat dianggap sebagai sebuah bentuk perhatian dan kasih sayang. Buat kamu yang berencana berlibur ke Kupang, ada rekomendasi tempat-tempat oleh-oleh di Kupang yang lengkap nih. 

Ada banyak makanan, kerajinan tangan yang biasanya paling banyak diburu oleh para wisatawan, sampai baju dan benda-benda lainnya banyak tersaji di kota Ini. Inilah rekomendasi  toko atau tempat oleh-oleh di Kupang yang bisa kamu datangi. Yuk, simak daftarnya berikut ini!

1. Kios Ibu Soekiran

Kios Ibu Soekiran

* sumber: ae89crypt5.wordpress.com

  • Alamat: Jl. Amabi No.79, Oebufu, Kec. Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur 85111
  • Harga: mulai dari Rp30.000-Rp200.000
  • Jam buka: setiap hari 08.00-20.30
  • Telepon: 0812-3700-8786

Salah satu tempat belanja oleh-oleh di Kupang yang paling terkenal adalah Kios Ibu Soekiran. Tempat oleh-oleh yang menjual makanan khas Kupang ini menjadi tempat yang selalu diburu oleh setiap wisatawan yang berkunjung ke Kupang. 

Kios Ibu Soekiran menawarkan berbagai oleh-oleh khas NTT yang dikemas rapi dan menarik. Produk paling laris dari Kios Ibu Soekiran adalah makanan olahan daging sapi seperti abon dan sei sapi. Sei dan abon sapi yang dijual di kios ini diproduksi sendiri. 

Sei sapi dikemas dalam plastik putih transparan yang divakum dan dipajang dalam freezer. Jika kamu ingin membeli sei sapi sebagai oleh-oleh sebaiknya beli sehari sebelum keberangkatan pasalnya daging sapi diolah tanpa menggunakan bahan pengawet. Daging sapi yang diiris tipis ini hanya bertahan tiga hari. 

Kios Ibu Soekiran sudah berdiri sejak tahun 1961. Toko kecil ini terletak di pinggir jalan raya dan satu-satunya toko yang tidak membuka cabang. Nama Kios Ibu Soekiran sudah sangat terkenal di seluruh kota Kupang. Tapi yang unik dari kios ini adalah pemilik toko ini bukanlah orang Kupang asli. 

Kios Ibu Soekiran ini dikelola oleh sepasang suami istri yang berasal dari Yogyakarta yang merantau dan telah lama tinggal di tanah Kupang. Identitas Jawa terlihat dari logat bicara kedua orang ini. 

Kios ini adalah pilihan terbaik kala kamu ingin mencari makanan khas Kupang yang langka. Misalnya saja  keripik berbahan dasar jagung. Camilan jagung yang disebut dengan jagung titi ini termasuk langka di Kupang, jadi bakalan sayang jika dilewatkan. 

Jagung titi dimasak dengan cara disangrai Jagung yang telah disangrai kemudian ditumbuk halus dan dipadatkan. Setelah itu jagung digoreng menggunakan minyak. Ada pula permen khas Kupang yang terbuat dari gula dan kacang. Orang Kupang menyebutnya permen Hela. 

Jangan lewatkan pula camilan kue rambut, kue kenari, kacang bawang dan sambal manalagi khas Kupang. Melihat deretan camilan yang dipajang di display Kios Ibu Soekiran bikin nafsu belanja bangkit. 

2. Toko Oleh-Oleh Mama Ana

Toko Oleh-Oleh Mama Ana

Sumber: https://m.facebook.com/oleholehkupang.mamaana

  • Alamat: Jl. Johanis Fanggi Bimopu, Lasiana, Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur
  • Harga: Rp19.500-Rp950.000
  • Jam buka: Senin-Sabtu 08.00-16.00
  • Telepon: 0813-9849-4835

Mencari oleh-oleh berupa camilan atau makanan ringan khas Kupang? Kamu bisa menemukannya di Toko Oleh-oleh Mama Ana. Produk-produk UMKM kota Kupang ini menyajikan olahan sehat yang kaya vitamin dan kental dengan budaya lokal. 

Toko Mama Ana menggunakan bahan-bahan berkualitas agar cita rasa dan nutrisinya tetap terjaga. Kemasan penganan ini pun dibuat secantik mungkin. Cocok dijadikan sebagai oleh-oleh khas dari Kupang yang menarik. 

Produk andalan dari Toko Oleh-Oleh Mama Ana adalah berbagai varian tart dan kacang panggang khas Kupang. Kamu harus coba tart susu dan tart kelapa kenari dari Mama Ana. Rasanya tak bakal bikin kamu menyesal. 

Produk lain yang dijual di toko ini adalah camilan dari sagu dan gula semut Timor.  Kue-kue ini selalu laris diburu wisatawan karena rasanya yang enak dan produknya yang berkualitas. 

3. Kaos Kupang 

Kaos Kupang 

* sumber: www.zonalinenews.com

  • Alamat: Jl. Frans Seda No.88, Fatululi, Kec. Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Tim
  • Harga: Rp80.000-Rp175.000
  • Jam buka: setiap hari 09.00-21.00, Minggu 11.00-21.00
  • Telepon: 0812-4637-7138

Kaos khas suatu daerah selalu menarik untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Kota-kota besar seperti Bandung, Surabaya, Yogya, Jakarta dan kota-kota lain dengan objek wisata popular biasanya mempunyai kaos khas buat oleh-oleh. Tak terkecuali di Kupang. 

Kota ini punya kaos khas juga dan bisa dibikin oleh-oleh menarik nan cantik. Desain kaos ini sederhana tapi unik. Desainnya berupa motif khas NTT, motif tenun atau plesetan produk dan kata-kata yang menarik lainnya. 

Awalnya, kaos Kupang menampilkan gambar objek wisata beserta alamat atau keterangan tempat. Terlihat biasa dan tidak ada yang istimewa. 

Namun, belakang kaos Kupang menjadi lebih bervariasi dan ‘lebih nakal’ dengan kalimat-kalimat menggelitik pada kaosnya. Ada pula gambar karikatur, kartun dan lain-lain. Perubahan ini membuat kaos lebih ceria dan penuh semangat. 

Kaos Kupang kini bukan hanya sebagai kaos cinderamata sebagai bukti bahwa kamu telah berkunjung kek Kupang, kaos ini kini adalah sebuah media promosi karya dan kekayaan adat budaya Kupang agar dikenal oleh masyarakat luas. 

4. Toko Jula Huba 

Toko Jula Huba 

* sumber: m.tribunnews.com

  • Alamat: Jl. Frans Seda, Fatululi, Kec. Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur
  • Harga: Rp25.000-Rp100.000.000
  • Jam buka: setiap hari 07.00-21.00
  • Telepon: 0813-7837-2409

Banyaknya penjual dan gelari tenun ikat di kota Kupang pastilah membuat bingung yang manakah tempat terbaik untuk membeli tenun ikat khas Kupang yang berkualitas. Tapi kamu tak usah khawatir sebab ada satu penjual yang menawarkan produk berkualitas dengan harga yang murah. 

Adalah toko Jula Huba, toko kain tenun yang berada di Jalan Frans Seda kota Kupang ini mempunyai koleksi tenun ikat yang sangat lengkap. Toko milik wanita yang bernama lengkap Welmince Lulu Ratu ini adalah pemenang lomba kategori khusus pemanfaatan potensi lokal lomba wanita wirausaha 2012.

Toko yang dirintis dari nol ini menjadi salah satu toko yang termasyhur di Kupang. Kepopuleran kain tenun dan pemiliknya tidak hanya disebabkan oleh kainnya yang bagus, melainkan upaya-upaya pemberdayaan yang dilakukan sang pemilik dalam bidang kain tenun. 

Mince, sapaan akrab pemilik Toko Jula Huba adalah seorang yang aktif melatih dan membina penenun-penenun Kupang. Tujuannya beliau melakukan upaya pembinaan dan memberdayakan para penenun adalah agar para penenun dapat hidup dengan lebih baik. 

 Kain tenun dari Toko Jula Huba begitu terkenal. Produk dari toko ini adalah langganan para selebritis dan pejabat pemerintahan. Desainer Indonesia pun membeli kain dan menjadi pelanggan tetap kain tenun toko Jula Huba seperti Oscar Lawalata, Ida Royani dan stephanus Hamy. 

Ibu Ani Yudhoyona pun diketahui menjadi langganan beliau. Kebijakan pemerintah Kupang yang menerapkan para pegawai untuk memakai kain tenun sebagai seragam menguntungkan toko Jula Huba. Toko ini ikut kecipratan untung dari kebijakan tersebut, yaitu berupa ikut melonjaknya omzet. 

Nah, selesai sudah penjelasan mengenai tempat belanja oleh-oleh di Kupang yang menarik dan wajib kamu kunjungi. Kira-kira kapan ke Kupang? Oleh-oleh tersebut menunggu kamu untuk dibawa pulang. Yuk, tentukan tanggal dan nikmati keindahan Kupang dengan oleh-oleh khasnya yang lezat dan menarik!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram