6 Tempat Belanja Oleh-Oleh di Samarinda yang Lengkap

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 17 Februari 2021

Yang seru dari berlibur adalah berburu oleh-oleh. Setiap kota yang mempunyai objek wisata biasanya mempunyai tempat belanja oleh-oleh yang sengaja dibangun agar wisatawan tidak kesulitan mencari buah tangan untuk dibawa ke rumah, termasuk Samarinda. Kota dengan populasi penduduk terbesar di Pulau Kalimantan ini punya tempat khusus oleh-oleh.

Manfaat yang bisa didapatkan dari dibangunnya tempat oleh-oleh di Samarinda ini dapat dirasakan baik oleh wisatawan dan oleh penjual sendiri. Wisatawan menjadi terbantu untuk mencari oleh-oleh khas yang bisa dibawa pulang ke rumah, sementara bagi penjual membantu meningkatkan perekonomian.

Nah, biar tidak bingung dimana mencari oleh-oleh, ini dia tempat belanja oleh-oleh di Samarinda yang lengkap. Simak ulasannya berikut ini ya!

1. UMKM Center Samarinda

UMKM Center Samarinda

* sumber: kulinerkota.com

  • Alamat: Jl. Gatot Subroto 2 No.77, RT.25 Kec. Sungai Pinang, Kota Samarinda
  • Jam buka: Senin-Minggu 07.30-22.45
  • Telepon: +62541201394

UMKM merupakan pelaku bisnis yang jumlahnya cukup banyak di Samarinda. Ide-ide kreatif mereka yang diwujudkan dengan produk jualan berupa oleh-oleh khas kerap ditampung di sebuah perbelanjaan yang disebut dengan UMKM Center Samarinda. 

Tempat ini merupakan surganya belanja makanan khas Samarinda dan souvenirnya. Sarung tenun, batik, kerajinan, dan lain-lain dijual di pusat belanja ini. Kreasi para pengusaha rumahan dari berbagai wilayah di Samarinda dapat kamu temukan di sini. 

2. Barra’s Kitchen Samarinda 

Barra’s Kitchen Samarinda 

* sumber: kulinerkota.com

  • Alamat: Ruko Sentra Eropa AA5 no.33 Damai Balikpapan Kota Samarinda Kalimantan Timur 76114
  • Jam buka: Senin-Minggu, 09.00-20.00
  • Telpon: 0812-5630-4941

Salah satu tempat belanja oleh-oleh yang bisa kamu datangi adalah Barra’s Kitchen cream puff & cinnamon roll. Toko kue yang berada di bilangan jalan Jenderal Ahmad Yani ini menyajikan kue-kue khas Samarinda. 

berbagai kue-kue lezat tersaji di display toko yang membuat orang tergiur. Kue sus dari Barra’s Kitchen adalah andalan di toko kue ini. Terdapat macam-macam rasa isian kue sus. Ada isian rasa coklat, green tea, rasa original dan rasa lainnya. 

Toko kue yang dikelola oleh sepasang suami istri ini mengaku sebagai seorang pencinta kue sus dan ingin menciptakan kue sus khas sendiri dengan resep unik yang istimewa. Toko kue yang awalnya hanya menjual kue dengan system pre-order ini semakin berkembang sehingga bisa mempunyai outlet sendiri.

Kini toko kue ini dikenal sebagai toko oleh-oleh yang kuenya wajib dibeli ketika berlibur di Samarinda. Rasanya enak, dijamin kamu tidak akan menyesal mencicipinya. 

3. Roti Durian Panglima Samarinda

Roti Durian Panglima Samarinda

* sumber: kulinerkota.com

  • Alamat: Jalan Ir. H. Juanda No.55a Sidodadi, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda 
  • Harga: original Rp25.000 topping keju Rp28.000
  • Jam buka: Senin-Minggu 06.30-21.00
  • Telpon: 0822-2000-2237
  • Cabang lainnya: Jalan P Antasari No.1 Tlk. Lerong Ulu Kec. Samarinda Ulu Kota Samarinda

Samarinda punya olahan makanan berbahan dasar durian yang lezat. Buat kamu para pencinta durian, wajib mencicipi Roti Durian Panglima Samarinda. Lembutnya roti dipadukan dengan selai durian yang legit. 

Roti Durian Panglima awalnya merupakan salah satu produk dari Panglima Roti Dudruk. Perusahan roti ini awalnya menjual roti manis dan cake batubara. Ide awal terciptanya Roti Durian Panglima terinspirasi dari banyaknya durian di sekitar Samarinda. 

Roti Panglima kemudian melakukan inovasi baru dengan mengkreasikan roti lembut khas roti Panglima dengan selai manis durian. Kelembutan dan rasa roti yang lezat berhasil menarik minat para pembeli. 

Satu kotak Roti Durian Panglima terdiri dari delapan potong roti yang berjejer. Di tengah roti terdapat selai durian. Roti Durian Panglima memiliki dua varian rasa, yaitu isian selain durian original dan isi selai durian yang diberi topping atau taburan keju. 

Roti Durian Panglima dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet. Daya tahannya hanya 24 jam jika disimpan di suhu ruangan dan jika disimpan di kulkas bisa bertahan 3 hari. Jadi, roti yang dijual di outlet ini sudah dipastikan selalu segar sebab roti tidak bisa disimpan lama. 

4. East Kalimantan Center 

East Kalimantan Center 

  • Alamat: Jl. P. Antasari No.1 Air Hitam, Kec. Samarinda Ulu Kota Samarinda Kalimantan Timur 75120
  • Jam buka: Senin-Minggu 08.00-23.00
  • Telpon: 0813-4733-3337

Oleh-oleh khas Samarinda berupa kerajinan dan souvenir lainnya ada di East Kalimantan Center. Barang yang dijual di tempat ini merupakan yang terlengkap di samarinda dimana kamu dapat menemukan berbagai oleh-oleh mulai dari kaos, kerajinan bambu, gantungan kunci, sampai amplang tersedia di sini. 

Tidak hanya itu, di tempat ini pun tersedia aneka menu makanan. Jadi, kamu tidak perlu pindah-pindah tempat untuk berwisata kuliner dan berbelanja. 

5. Kampung Amplang

Kampung Amplang

Nah, ini dia makanan khas Samarinda yang wajib kamu jadikan oleh-oleh untuk orang di rumah ketika mengunjungi Samarinda. Di Samarinda, toko amplang tersebar di sudut-sudut kota. Dari toko kecil sampai mall besar kamu dapat menemukan kerupuk berbahan dasar ikan belida ini. 

Di kota ini amplang merupakan makanan yang selalu tersedia saat acara-acara khusus seperti lebaran. Sama seperti rengginang di daerah Jawa Barat yang pasti selalu ada di setiap lebaran.  Saat momen tersebut biasanya amplang dijadikan suguhan kepada tamu yang hadir bersilaturahmi. 

Hampir bisa dipastikan bahwa amplang tersedia di setiap rumah. Pasalnya camilan renyah ini adalah makanan yang pas untuk setiap momen. Mengobrol dengan teman, suguhan untuk tamu dan hantaran di hari-hari istimewa. 

Amplang bagi warga Samarinda punya sejarah yang mengakar kuat. Saking kuatnya kerupuk gurih yang telah ada sejak tahun 70-an ini identik dengan kota Samarinda. Padahal kota ini punya makanan lain yang tak kalah lezat. Tapi amplang lah yang menjadi primadona. 

Karena citra amplang yang melekat pada kota ini, kerupuk amplang pun dianggap sebagai oleh-oleh wajib bagi siapapun yang mengunjungi Samarinda. Rasanya kurang pas jika berkunjung ke ibukota Kalimantan Timur tanpa membeli amplang. 

6. Jukut Samarinda

Jukut Samarinda

Yogya punya kaos khas Dagadu, Bandung punya C59, dan Samarinda punya kaos Jukut. Kaos yang mempunyai motif unik khas suku Dayak ini adalah salah satu item yang biasa dijadikan buah tangan. 

Keunikan kaos Jukut adalah adanya desain yang mencantumkan kata-kata unik dan celetukan khas warga Samarinda. Kaos etnis dengan desain menarik dan bahan yang nyaman dipakai menjadikan kaos ini terkenal dan menjadi item oleh-oleh Samarinda. 

Untuk mengimbangi perkembang pasar distributor kaos khas Samarinda ini mulai merambah pasar daring. Mereka membuka toko daring di beberapa platform belanja online besar yang ada di Indonesia. Dengan begitu mereka dapat memperbesar jangkauan pasar yang lebih luas. 

  • Alamat: Jl. A.M Sangaji No.123, Bandara, Kec. Sungai Pinang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75117
  • Jam buka: Selasa-Minggu 09.00-17.00
  • Harga kaos: mulai dari Rp75.000-Rp150.000
  • Harga souvenir: mulai dari Rp10.000-Rp50.000
  • Telpon: 0813-4637-6921

Sudah menentukan oleh-oleh apa yang akan kamu beli untuk orang tersayang di rumah? Jangan biarkan kamu pulang dengan tangan kosong ya, sebab di Samarinda ini begitu banyak item menarik yang sayang jika dilewatkan. 

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram