keluyuran web banner

Sebelum Pulang, Yuk Mampir ke 8 Toko Oleh-Oleh di Wonosobo!

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 11 Januari 2021

Wonosobo merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang terletak di dataran tinggi, sehingga memiliki suhu udara yang dingin. Wonosobo dikenal dengan Dataran Tinggi Dieng yang merupakan desa tertinggi di Pulau Jawa. Kabupaten Wonosobo menjadi jalur yang menghubungkan Semarang dan Purwokerto.

Adanya Dataran Tinggi Dieng, membuat Wonosobo semakin dikenal sebagai destinasi wisata yang menarik. Ditambah lagi setiap tahunnya diadakan Dieng Culture Festival yang semakin menggiring wisatawan untuk berkunjung ke Wonosobo. Saat liburan ke Wonosobo, belum lengkap jika belum membeli oleh-oleh khasnya. Inilah 8 toko oleh-oleh di Wonosobo yang bisa kamu singgahi.

1. Toko Oleh-Oleh Khas Wonosobo “Kanaya”

Toko Oleh-Oleh Khas Wonosobo “Kanaya”

Toko pertama yang bisa kamu kunjungi di Wonosobo adalah Toko Oleh-Oleh Khas Wonosobo “Kanaya”. Tempat belanja oleh-oleh satu ini letaknya tak jauh dari Alun-Alun Wonosobo dan jalur utama menuju Banjarnegara. Sangat mudah dijangkau dari dalam maupun luar kota Wonosobo.

Toko Oleh-Oleh Khas Wonosobo “Kanaya” menyediakan beragam makanan khas Wonosobo yang cukup lengkap. Ada juga Carica yang merupakan oleh-oleh khas Dieng. Meski toko ini tidak terlalu besar, produk yang dijual cukup lengkap dan harganya terjangkau.

  • Alamat : Jl. Pemuda No.8, Wonosobo Timur, Wonosobo, Kabupaten Wonosobo
  • Operasional : 09.00 – 20.00 WIB
  • Kontak : 0813-2751-9519

2. Seleraku Pusat Oleh-Oleh Wonosobo

Seleraku Pusat Oleh-Oleh Wonosobo

Seleraku Pusat Oleh-Oleh Wonosobo merupakan salah satu toko oleh-oleh yang menyediakan beragam makanan dan souvenir khas Wonosobo. Toko ini cukup besar dan produk yang dijual sangat lengkap. Tak hanya sebagai tempat berbelanja oleh-oleh saja, ada juga peta wisata ke Dieng yang bisa kamu pelajari.

Di sini, kamu bisa mencoba beragam makanan khas Wonosobo dan Dieng sebelum membawa oleh-oleh khasnya. Seleraku Pusat Oleh-Oleh Wonosobo terletak di jalur utama Wonosobo menuju Dieng. Toko ini sangat mudah diakses bagi wisatawan yang akan menuju ke Dieng ataupun sebaliknya.

  • Alamat : Jl. Pangeran Diponegoro No.70-92, Argopeni, Kalianget, Wonosobo, Kabupaten Wonosobo
  • Operasional : 08.00 – 20.00 WIB
  • Kontak : (0286) 324 105

3. Murni Sari Oleh-Oleh Wonosobo

Murni Sari Oleh-Oleh Wonosobo

Carica merupakan salah satu oleh-oleh khas Dieng yang wajib kamu bawa ketika liburan ke Wonosobo. Ternyata, tak hanya itu saja. di Murni Sari Oleh-Oleh Wonosobo juga ada keripik paru sapi khas Wonosobo yang bisa kamu bawa pulang.

Toko ini merupakan tempat produksi dan penjualan kripik paru sapi Murni Sari. Jika kamu mencari oleh-oleh khas Wonosobo yang unik, lengkap, dan murah bisa mampir ke Murni Sari Oleh-Oleh Wonosobo.

  • Alamat : Jl. Kyai Muntang No.70A, Jaraksari, Wonosobo, Kabupaten Wonosobo
  • Operasional : 09.00 – 20.00 WIB
  • Kontak : 0853-2913-1313

4. Maknohan Oleh-Oleh Khas Dieng Wonosobo

Maknohan Oleh-Oleh Khas Dieng Wonosobo

Sudah mau meninggalkan Wonosobo, tapi lupa beli oleh-oleh? Mampir saja ke Maknohan Oleh-Oleh Khas Dieng. Toko ini terletak di jalur utama Wonosobo – Temanggung. Jika kamu dari Wonosobo menuju ke Semarang maka akan melewati jalur ini. Singgah sejenak untuk membeli oleh-oleh khas Dieng untuk kerabat di kota asal.

Maknohan Oleh-Oleh Khas Dieng menyediakan beragam oleh-oleh khas Wonosobo dan Dieng yang sangat lengkap. Tak hanya itu saja, di sini juga tersedia rumah makan. Cocok dijadikan sebagai tempat istirahat untuk menikmati kuliner khas Wonosobo, sambil berbelanja oleh-oleh.

  • Alamat : Sudungdewo, Kertek, Kedewan, Sudungdewo, Kertek, Kabupaten Wonosobo
  • Operasional : 09.00 – 21.00 WIB
  • Kontak : 0811-261-182

5. Toko Bintang Pusat Carica

Toko Bintang Pusat Carica

Ingin belanja oleh-oleh dalam jumlah banyak? Mampir saja ke Toko Bintang Pusat Carica. Toko oleh-oleh ini bukan hanya menjadi tempat belanja oleh-oleh dalam jumlah kecil, melainkan bisa melakukan pembelian dalam jumlah yang besar. Toko ini merupakan salah satu supplier oleh-oleh khas Wonosobo.

Toko Bintang Pusat Carica tak hanya menjual carica, tetapi juga menjual cemilan khas Wonosobo seperti opak singkong, sagon Wonosobo, teh Tambi, hingga Purwaceng yang merupakan teh herbal asli dari Pegunungan Dieng Wonosobo. Toko yang terletak di jalur utama Wonosobo – Temanggung ini bisa disinggahi sebelum meninggalkan Wonosobo.

  • Alamat : Jl. Raya Kertek – Wonosobo No.33, Krakal, Kertek, Karangluhur, Wonosobo, Kabupaten Wonosobo
  • Operasional : 06.00 – 21.00 WIB
  • Kontak : (0286) 3329 539

6. Yunda Mandala Pusat Oleh-Oleh Khas Wonosobo

Yunda Mandala Pusat Oleh-Oleh Khas Wonosobo

Yunda Mandala merupakan toko oleh-oleh terlengkap di Kabupaten Wonosobo yang letaknya persis di seberang Terminal Bus Mendolo Wonosobo. Toko oleh-oleh ini sangat mudah dijangkau karena tidak jauh dari pusat kota. Jika kamu pergi dan pulang dari Wonosobo menggunakan bus, maka belanja oleh-oleh di sini akan lebih memudahkan.

Yunda Mandala Pusat Oleh-Oleh Khas Wonosobo menjual beraneka ragam oleh-olehdan souvenir khas Wonosobo. Beragam olahan carica, kripik jamur kuping, kacang Dieng, combro, purwaceng, hingga sirup terong Belanda bisa kamu dapatkan di sini. Toko oleh-oleh yang satu ini memang sudah dikenal oleh wisatawan.

  • Alamat : Jl. Mayjend S. Parman KM.3, Bumireso, Mendolo, Wonosobo, Kabupaten Wonosobo
  • Operasional : 07.00 – 20.00 WIB
  • Kontak : 0813-9127-2199

7. Toko Oleh-Oleh Amalia

Toko Oleh-Oleh Amalia

Toko Oleh-Oleh Amalia merupakan salah satu pusat oleh-oleh di Wonosobo yang melayani pembelian grosir. Jika kamu ingin membeli carica, opak, atau purwaceng dalam jumlah banyak, Toko Oleh-Oleh Amalia bisa menjadi pilihan. Wisatawan bisa mendapatkan harga grosir yang lebih mudah dibandingkan membeli satuan.

Toko Oleh-Oleh Amalia dikenal sebagai pusat carica, kamu bisa mendapatkan carica yang lengkap di sini. Berada di jalur utama Wonosobo – Temanggung, Toko Oleh-Oleh Amalia mudah diakses dan dilalui oleh bus antar kota.

  • Alamat : Jl. Wonosobo – Purworejo No.41, Karangluhur, Kertek, Pandansari, Kertek, Kabupaten Wonosobo
  • Operasional : 08.00 – 20.00 WIB
  • Kontak : 0856-4367-4778

8. IGM Shop Pusat Carica dan Oleh-Oleh Khas Dieng Wonosobo

IGM Shop Pusat Carica dan Oleh-Oleh Khas Dieng Wonosobo

Liburan ke Dieng? Sebelum pulang, sempatkan untuk mampir ke IGM Shop Pusat Oleh-Oleh Khas Dieng Wonosobo yang menjual beraneka ragam carica dan oleh-oleh lainnya. Tak hanya makanan saja, IGM Shop juga menjual souvenir dan merchandise berupa topi, ataupun kaos.

IGM Shop Pusat Oleh-Oleh Khas Dieng Wonosobo terletak tak jauh dari Pos Pendakian Gunung Prau via Patak Banteng dan Kawah Sikidang. Toko ini sangat mudah diakses karena berada di jalur utama Jalan Dieng. Jadi bukan hanya di Wonosobo kota, oleh-oleh khas bisa kamu dapatkan juga di Dataran Tinggi Dieng.

  • Alamat : Parikesit, Kejajar, Kabupaten Wonosobo
  • Operasional : 08.00 – 20.00 WIB
  • Kontak : 0821-3500-9912

Itulah 8 toko oleh-oleh di Wonosobo yang bisa kamu singgahi ketika liburan ke Dieng atau sekadar melintasi Wonosobo. Berbelanja oleh-oleh masih menjadi tradisi di Indonesia ketika berkunjung ke satu tempat.

Ada banyak oleh-oleh khas yang bisa kamu bawa pulang untuk dinikmati bersama keluarga atau dibagikan ke rekan kerja. Saat liburan ke Wonosobo, jangan lupa mampir ke toko oleh-olehnya, ya!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram