10 Tempat Berenang dengan Hiu untuk Para Penyuka Tantangan

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 1 Oktober 2021

Bagi sebagian orang, berhadapan dengan makhluk buas mungkin sangat menakutkan, tapi bagi para penyuka tantangan, ini merupakan sesuatu yang menarik. Pernah punya keinginan untuk berenang bersama hiu? Begitu mendengar hiu, sebagian orang akan langsung teringat buasnya makhluk air ini. Namun sebagian orang justru tertarik untuk bisa berenang bersama mereka.

Dari banyaknya spesies di lautan, hiu merupakan makhluk yang banyak disalahpahami oleh orang-orang. Selain itu hewan ini juga sangat terancam karena penangkapan hiu yang dijadikan santapan. Walaupun berisiko, berenang atau menyelam dengan predator ini di lingkungannya adalah kesempatan yang luar biasa.

Untuk kamu yang menyukai tantangan, berikut ini tempat berenang dengan hiu di dunia yang bisa kamu kunjungi!

1. Isla Guadalupe, Meksiko

  • Lokasi: terletak 241 kilometer di lepas pantai barat Semenanjung Baja California di Meksiko

Pulau yang terletak di lepas pantai Baja California ini merupakan pilihan utama bagi mereka yang ingin menyelam di dalam sangkar ditemani oleh hiu putih besar yang berseliweran di luar. Mereka akan bermigrasi melalui perairan ini dari Juli sampai September. Sangkar yang terbuat dari baja tersebut menggantung di buritan kapal dan kamu bisa melompat ke dalamnya kapan pun kamu mau.

Pemandu menghindari memberikan umpan pada hiu sehingga membiarkan ikan mengambang bebas di permukaan air agar bisa ditemukan oleh hiu di sepanjang rute migrasi alami mereka. Pemberian umpan bisa mengarahkan hiu keluar jalur migrasinya.

Cara ini juga dianggap sebagai praktik yang baik agar bisa memastikan hiu tidak mengasosiasikan manusia dan perahu sebagai sumber makanan mereka. Untuk bisa mencapai Pulau di Meksiko ini, sebagian besar perusahaan tur akan memulai perjalanan dari San Diego. Disambung dengan berkendara melintasi perbatasan ke Ensenada, lalu mengantar turis ke pulau menggunakan kapal selam khusus.

2. Sipadan, Malaysia

  • Lokasi: Di lepas pantai timur Sabah, Malaysia

Karang-karang yang berada di Laut Sulawesi ini merupakan lokasi yang ideal sebagai tempat berenang dengan hiu. Sipadan yang dulu pernah menjadi pulau sengketa antara Indonesia dan Malaysia ini merupakan rumah bagi sejumlah besar spesies hiu di antaranya hiu karang sirip putih dan hiu karang abu-abu, macan tutul, hiu karang sirip hitam, hiu thresher dan hiu martil.

Di sini juga dapat ditemukan kumpulan besar jackfish dan barakuda serta penyu sisik dan penyu hijau. Selain itu ada juga gua-gua bawah air yang membuat tempat ini menjadi pilihan terbaik untuk tujuan menyelam.

Untuk merasakan pengalaman terbaik menyelam scuba bersama hiu, waktu terbaik untuk berkunjung adalah dari bulan April sampai Juni atau September sampai November agar terhindar dari keramaian liburan musim panas. Meski sulit untuk bisa tinggal di Sipadan, ada beberapa pilihan akomodasi yang tersedia di pulau-pulau terdekatnya, seperti Kapalai serta Mabul.

3. Fuvahmulah Atoll, Maladewa

Fuvahmulah Atoll, MaladewaSumber: youtube.com
  • Lokasi: Di Selat Khatulistiwa antara Atol Huvadhu dan Atol Addu

Maldives atau Maladewa tak hanya dikenal sebagai tempat wisata pantai yang indah, tapi juga sebagai salah satu tempat berenang dengan hiu di dunia. Salah satu tujuan utama tersebut adalah Fuvahmulah Atoll. Yang menjadi daya tarik besar di sini adalah hiu harimau yang bisa ditemui setiap hari.

Meski lokasinya terpencil, tempat ini mempunyai populasi hiu martil dan hiu perontok yang banyak. Lokasi ini juga merupakan tempat terbaik untuk mereka yang ingin mencoba berenang dengan hiu yang lebih besar, seperti hiu macam yang panjangnya bisa mencapai 4 meter. Kalau hiu perontok dan hiu martil panjangnya bisa mencapai hingga 6 meter.

Berenang di sini, pengunjung bisa menjumpai barakuda, tuna sirip kuning, paus pilot serta mola (sunfish). Untuk berenang bersama hiu di sini waktu berkunjung terbaik yaitu pada bulan Desember sampai Maret.

Walaupun lokasi Favahmulah berada di tempat terpencil, terletak di laut terbuka, terdapat berbagai akomodasi di pulau atol yang bisa dicapai melalui penerbangan satu jam 10 menit dari Malé, ibu kota Maladewa.

4. Great Barrier Reef, Australia

  • Lokasi: Queensland, Australia

Australia memiliki Great Barrier Reef yang terkenal. Tempat ini penuh dengan kehidupan bawah lautnya. Selain itu, tempat ini juga terkenal dengan scuba diving-nya. Banyaknya hewan-hewan yang bisa menjadi mangsa di sini tentunya membuat hiu untuk berenang ke atas dan ke bawah hamparan karang ini.

Umumnya, hewan-hewan ini ukurannya kecil sehingga hiu-hiu di sini pun ukurannya lebih kecil, seperti hiu karang sirip hitam dan putih, serta hiu macan pasir, hiu gosong, hiu wobbegong, hiu perawat, dan hiu lemon.

Untuk berenang dengan hiu di Great Barrier Reef, waktu terbaiknya yaitu Juni sampai Oktober, selama bulan-bulan musim panas. Hal ini karena saat itu laut lebih tenang sehingga membuat berenang jadi lebih nyaman.

5. Kepulauan Bimini, Bahama

Kepulauan Bimini, Bahama
  • Lokasi: Sekitar 80 kilometer di sebelah timur Miami

Hiu martil besar tiap musim dingin, mulai dari Desember sampai Maret, berkumpul di sekitar Kepulauan Bimini. Mereka berkumpul dalam jumlah besar. Sifat alami dari mahluk ini pemalu dan pendiam. Dengan wajahnya yang aneh dan ukurannya yang besar, mereka terlihat penasaran melihat para penyelam dan lalu berenang mendekatinya.

Pemberian makan hiu diperbolehkan tapi dikontrol dengan ketat mengingat statusnya sebagai taman laut di kawasan tersebut. Saat berkunjung ke tempat ini, penyelam juga akan mendapati hiu perawat, hiu banteng ataupun hiu karang Karibia.

Meskipun Pulau Bimini merupakan bagian dari Bahama, berada hanya 50 mil dari Miami di Amerika Serikat, tempat ini memungkinkan untuk dikunjungi hanya dalam waktu tiga jam dari kota Amerika dengan menaiki perahu.

6. Fakarava, Polinesia Prancis

  • Lokasi: Lautan Pasifik

Untuk bisa menikmati berenang bersama hiu, salah satu tempat yang bisa wisatawan kunjungi adalah Tuamotu Atolls yang letaknya terpencil di Polinesia Prancis. Tempatnya sangat indah dan terletak di sebelah timur Tahiti sehingga jauh dari keramaian turis yang sedang berbulan madu di Bora Bora.

Ketika air pasang, operator kapal selam akan membawa penyelam scuba terlatih ke perairan yang jernih ini. Seperti magnet, ratusan hiu karang abu-abu akan tertarik ke sisi timur celah Tetamanu dan berpatroli di arus tersebut. Para penyelam yang berada di dasar laut akan memandang takjub tontonan yang terbentang di hadapan mereka sambil duduk.

7. Teluk Triton, Papua Barat, Indonesia

  • Lokasi: Kaimana Kota, Kaimana, Kabupaten Kaimana, Papua Barat 98654
  • Jam Buka: 24 jam
  • Website: https://tritonbaydivers.com/

Pada tahun 2008, lokasi terpencil ini ditetapkan sebagai Kawasan Konservasi Laut Maimana. Teluk Triton terkenal dengan hiu paus. Selain itu, tempat berenang dengan hiu di dunia ini juga adalah rumah bagi hiu wobbegong. Di sini bahkan memiliki spesies hiu berjalan sendiri.

Untuk berenang bersama hiu, pengunjung bisa datang antara Oktober sampai Desember karena saat itu suhu yang lebih sejuk. Para pengunjung bisa menginap di resort Triton Bay Divers agar bisa menikmati pantai yang indah serta tempat menyelam yang tenang.

8. Oahu, Hawaii

  • Lokasi: Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat

Di tempat berenang dengan hiu di dunia ini, pengunjung bisa memilih paket snorkeling dan menyelam di perairan terbuka atau berenang di dalam sangkar. Pada hari tertentu, mungkin penyelam bisa bertemu dengan hiu martil, hiu gosong, hiu Galapagos, hiu macan atau bahkan hiu mako yang aneh.

Terkadang penyelam dapat melihat ikan terbesar di lautan, yaitu hiu paus. Mereka muncul memberi kejutan kepada penyelam dengan penampilan mereka yang besar tersebut.

9. Bora Bora, Polinesia Prancis

Bora Bora, Polinesia PrancisSumber: tahiti.com
  • Lokasi: Di barat laut Tahiti

Pengunjung yang datang ke tempat ini bisa melihat kehidupan laut di kedalaman lebih dari 30 m karena perairan hangat Bora Bora jernih sekali. Maka tak mengherankan kalau tempat ini menjadi salah satu tempat berenang dengan hiu di dunia yang sempurna. Pengunjung bisa ber-snorkeling bersama hiu juga ikan pari.

Di taman karang ini menampung sekitar 700 spesies ikan. Saat menjelajahi bawah lautnya, pemandu akan membawa pengunjung untuk melihat hiu karang ujung hitam serta hiu lemon. Hiu karang sirip hitam memiliki panjang sekitar 1,8 m. Sementara hiu lemon bisa tumbuh dua kali ukuran itu dan bisa hidup selama kurang lebih 27 tahun.

10. Pulau Cocos, Kosta Rika

  • Lokasi: Di Pasifik Tropis Timur

Pulau tak berpenghuni ini berada sekitar 300 mil di lepas Pantai Pasifik Kosta Rika. Untuk sampai ke tempat ini bisa diakses dengan kapal liveaboard. Di dunia yang berada di atas laut diselimuti dengan hutan hujan hijau, bermacam-macam spesies tumbuhan dan hewan dan air terjun yang mengalir. Namun kehidupan yang berada di bawah laut sungguh berbeda.

Saat musim panas, perairan pulau ini dipenuhi diantaranya oleh hiu karang sirip putih, hiu martil serta pari. Di tempat ini, penyelaman menyelam masuk ke kedalaman sekitar 31 meter. Hanya penyelam yang benar-benar ahli dan berani yang menyelam di sini karena arus yang kuat, air yang dingin serta lokasinya yang terpencil.

Bagaimana? tempat-tempat berenang dengan hiu di dunia yang dibahas tadi menarik tidak? Beberapa tempat ada yang bisa dikunjungi oleh para perenang atau penyelam pemula, tapi ada juga yang khusus untuk yang sudah ahli seperti di Pulau Cocos, Kosta Rika.

Ada pula yang menawarkan berenang di dalam sangkar baja seperti yang dilakukan di Baja, Meksiko. Apakah kamu tertarik untuk mencoba berenang langsung dengan makhluk yang dikenal buas ini?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram