10 Tempat Bermain Anak di Bandung yang Edukatif dan Kekinian

Ditulis oleh Syuri

Tahu kenapa indeks kebahagiaan warga Kota Bandung bisa melebihi angka 70%? Salah satunya adalah karena di Bandung tersedia fasilitas yang cukup memadai untuk warganya. Contoh nyatanya adalah banyaknya tempat bermain anak di Bandung.

Di Kota Kembang ini, anak-anak dapat bermain di taman tematik yang tersebar di seluruh penjuru kota; bermain air di kolam renang, danau, dan di air mancur layaknya di jalanan Korea; bermain ice skating di mall; atau jika Anda sekedar berjalan-jalan di mall pun Anda dapat mengajak buah hati untuk bermain di game center. Keluyuranpunya 10 rekomendasi tempat bermain anak di Bandung, Anda tinggal pilih yang paling cocok untuk anak Anda.

1. Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung (Copy)

Kebun Binatang Bandung tentu bisa jadi tempat bermain sekaligus belajar yang seru bagi si kecil. Ya, di sini, anak bisa mempelajari beragam jenis binatang. Mulai dari yang lucu seperti beragam jenis burung, monyet, unta, rusa sampai tapir. Sampai yang buas seperti buaya, harimau dan juga singa.

Di Kebun Binatang Bandung juga si kecil dapat bermain di wahana permainan yang disediakan pengelola. Kebun Binatang Bandung berlokasi di Jalan Kebun Binatang No. 6, tak jauh dari kampus Institut Teknologi Bandung. Harga tiket masuknya hanya Rp 40 ribu per orang.

  • Alamat: Jl. Kebun Binatang No.6, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-16.00 WIB
  • Kisaran Harga Tiket Masuk: Sekitar Rp 40.000 per orang

2. Dago Dream Park

Dago Dream Park (Copy)

Siapa bilang Dago Dream Park hanya cocok untuk orang dewasa saja? Tempat wisata ini juga suitable untuk si kecil, lho. Mengapa? Karena bukan hanya wahana karpet Aladin yang dikhususkan untuk remaja serta orang dewasa saja, di sini ada beberapa wahana untuk anak.

Di antaranya ada Mini ATV, Uncle's Barn yang memungkinkan anak untuk berinteraksi dengan beragam hewan ternak, Geared Up yang merupakan wahana permainan sepeda, kemudian ada wahana Pine House yang memuat beberapa wahana seperti slider atau seluncuran.

Anda perlu membayar biaya lagi sekitar Rp 30 ribu sampai dengan Rp 35 ribu agar si kecil bisa menikmati wahana-wahana tersebut. Sementara harga tiket masuk ke area Dago Dream Park-nya sendiri adalah sebesar Rp 25 ribu saat weekdays dan Rp 35 ribu saat weekends. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi nomor kontak yang tersedia, atau kunjungi langsung website Dago Dream Park dengan cara klik link ini.

  • Alamat: Jalan Dago Giri Km 2,2 Mekarwangi, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Nomor Telepon: 0812-2230-068
  • Jam Operasional: Senin-Jumat, 09.00-17.00 WIB, Sabtu-Minggu 08.00-20.00 WIB
  • Kisaran Harga Tiket Masuk: Sekitar Rp 25.000 s/d Rp 35.000 per orang

3. De' Ranch

De’ Ranch

Nah, kalau si kecil punya cita-cita menjadi atlet olahraga berkuda, atau bahkan cowboy, coba datang saja ke tempat wisata yang keren ini. Yup, ada De' Ranch!

Anda hanya perlu menyewa kostum dan membayar sewa untuk menunggangi kuda, si kecil dapat merasakan sensasi menjadi cowboy sungguhan. Tenang, selama anak Anda menaiki kuda, seorang petugas akan menjadi pendampingnya agar si kecil tetap aman.

Untuk bisa menunggangi kuda, Anda hanya perlu menyiapkan dana sebesar Rp 25 ribu saja per satu putaran. Sementara untuk kuda poni, tarifnya pun serupa. Namun, si kecil dapat menungganginya hingga 2 putaran.

Tidak hanya menunggangi, si kecil juga bisa memberi makan dan bermain dengan para kuda yang ada. Seru banget, kan?

  • Alamat: Jl. Maribaya No.17, Kayuambon, Lembang, Kabupaten Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 2785865
  • Jam Operasional: Selasa-Jumat 09.00-17.00, Sabtu-Minggu, 08.00-18.00, Senin tutup
  • Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp 10.000 per orang

4. Lactasari Mini Farm

Lactasari Mini Farm

Kebun sayuran dan peternakan mini di mall? Memangnya ada? Tentu saja ada, letaknya ada di Sky Level (roof top) Paris Van Java mall, Jalan Sukajadi No. 137-139. Lactasari Mini Farm ini dekat dengan area ice skating yang telah di bahas di atas. Mereka beroperasi dari Senin-Jumat jam 10 pagi-7 malam, dan Sabtu-Minggu jam 10 pagi-10 malam.

Di sana terdapat 4 area terpisah yang masing-masing berisi kambing, domba, sapi, dan kelinci. Selain itu, terdapat juga area Bird Park yang berisi macam-macam jenis burung yang indah. Harga tiket masuk Lactasari Mini Farm adalah Rp 60 ribu/anak, itu sudah termasuk 1 botol susu dan 1 keranjang sayuran.

  • Alamat: Paris Van Java Mall Jl. Sukajadi no.131-139, Kota Bandung.
  • Nomor Telepon: (022) 6621007
  • Jam Operasional: Senin-Jumat 10.00-19.00, Sabtu-Minggu 10.00 – 22.00
  • Kisaran Harga Tiket Masuk: Bird Park Rp 29.000, Lactasari Mini Farm Rp 60.000

5. Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution

YouTube video

Tak hanya bisa digunakan untuk berwisata atau bersantai, Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani juga menyediakan jalur-jalur yang dilengkapi dengan rambu lalu lintas. Sehingga si kecil bisa sekaligus mempelajari berbagai peraturan lalu lintas. Misalnya, dengan mengendarai sepeda, mengelilingi jalur lintasan yang ada.

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution berada di Jl. Belitung No.1, Bandung. Taman ini udaranya sejuk dan suasananya pun nyaman banget, lho. Harga tiket masuknya pun hanya Rp 7 ribu per orang. Murah banget, kan?

  • Alamat: Jl. Belitung No.1, Merdeka, Sumur Bandung, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 4201667
  • Jam Operasional: Senin-Sabtu 08.00- 15.00 WIB, Minggu 08.00-16.00 WIB, Jumat tutup
  • Harga Tiket Masuk: Rp 7.000 per orang

6. Kampoeng Tulip

kampoeng tulip

Kampoeng Tulip yang berlokasi di kawasan Ciwastra pun cocok untuk dikunjungi bareng si kecil. Sayangnya, di taman ini tidak ditemukan bunga tulip sungguhan. Namun, Anda dapat menggunakan beberapa spot foto untuk foto-foto sepuasnya di taman yang cantik ini.

Kunjungi Kampoeng tulip di Jalan Pasir Pogor Raya, Ciwastra, Kota Bandung. Oh ya, taman yang dibangun di atas lahan pribadi ini juga bisa jadi destinasi alternatif untuk liburan keluarga. Harga tiket masuknya sangat terjangkau, hanya 15 ribu per orang.

  • Alamat: Banyu Biru, Jl. Pasir Pogor Raya, Ciwastra, Mekarjaya, Kec. Rancasari, Kota Bandung
  • Nomor Telepon0815-7313-7808
  • Jam Operasional: Setiap hari 09.00-17.00 WIB
  • Kisaran Harga Tiket Masuk: Sekitar Rp 15.000 per orang

7. Taman Super Hero

taman super hero

Taman Super Hero, salah satu taman tematik keren di Bandung ini pun wajib Anda kunjungi bareng si kecil . Di sini, ada beberapa karakter super hero terkenal seperti Super Man, Batman, Spider Man hingga tokoh super hero nasional seperti Gatot Kaca.

Selain patung super hero favorit anak-anak, di sini juga terdapat wahana yang bisa digunakan seperti jungkat-jungkit dan juga ayunan. Tak jarang, ada beberapa orang yang ber-cosplay menggunakan kostum pahlawan super di taman yang suasananya sejuk dan nyaman, berkat adanya pepohonan rindang. Kunjungi Taman Super Hero di kawasan Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

  • Alamat: Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung

 8. Taman Kupu-kupu Cihanjuang

Taman Kupu-kupu Cihanjuang

Kalau Anda ingin mengajak si kecil untuk mengenal beragam jenis kupu-kupu, datang langsung saja ke Taman Kupu-Kupu. Taman seluas lebih dari satu hektar ini punya beragam jenis kupu-kupu yang bisa ditemui.

Ada berbagai macam bunga yang ditanam di taman ini, agar para kupu-kupu dapat tertarik dan hinggap di atasnya. Di Taman Kupu-kupu ini, Anda dan si kecil juga bisa melihat proses metamorfosis dari kupu-kupu yang ada disini. Mulai dari telur, ulat, hingga menjadi kepompong, bahkan kupu-kupu itu sendiri. Keren banget, kan?

  • Alamat: Jl. Cihanjuang, Cibaligo Permai Raya no. 58, Cihanjuang Parongpong, Kabupaten Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 60822222/ (022) 92952008
  • Jam Operasional: Setiap hari 08.00 – 17.00 WIB
  • Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp 10.000 per orang

9. Centrum Millions Ball

YouTube video

Bukan seperti mandi bola biasa yang berwarna-warni, tempat bermain mandi bola di sini hanya berwarna oranye. Ukuran luas kolam bola-bola ini juga sangat besar sehingga orang dewasa pun bisa leluasa untuk ikut menemani bermain di sini. Dengan fasilitas yang lengkap dan banyak spot foto yang instagramable membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi, bukan hanya oleh keluarga yang membawa anak, tetapi juga oleh kalangan anak muda.

Berlokasi di tengah kota Bandung yaitu di Jl. Belitung No.10, jangan lupa untuk menyiapkan budget untuk membeli tiket masuk sebesar 50 ribu rupiah untuk weekdays, dan 65 ribu rupiah untuk weekend. Catat juga jam operasionalnya yang dibuka mulai dari jam 9 pagi (weekend), dan jam 10 pagi (weekdays) sampai di tutup pada pukul 8 malam setiap harinya.

  • Alamat: Jl. Belitung No.10, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 4202168
  • Jam Operasional: Senin-Jumat 09.00-20.00 WIB, Sabtu-Minggu 10.00-20.00 WIB
  • Kisaran Harga Tiket Masuk: Sekitar Rp 50.000 s/d Rp 65.000 per orang

10. Rabbit Town

YouTube video

Begitu mendengar nama Rabbit Town, jangan berfikir bahwa tempat ini hanya dipenuhi oleh sekumpulan kelinci, ya!  Seperti halnya tempat yang didesain untuk wisata keluarga khususnya anak-anak, Rabbit Town ini khas sekali dengan warna-warni cerah dan dipenuhi patung-patung besar bertema kelinci.

Instagramable? Sudah pasti. Hanya foto-foto saja? Tentu tidak! Anda dan anak-anak dapat juga memberi makan sekumpulan merpati, bahkan ada monyet juga, lho!

  • Alamat: Jl. Rancabentang No.30-32, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 64404848
  • Jam Operasional: Senin-Jumat 10.00-20.00 WIB, Sabtu-Minggu 09.00-20.00 WIB
  • Kisaran Harga Tiket Masuk: Sekitar Rp 35.000 s/d Rp 45.000 per orang

Jangan biasakan anak Anda bermain dengan gadget saja, tapi ajak anak Anda untuk lebih dekat dengan alam, berkreasi, dan bersosialisasi dengan banyak orang. Selain 10 tempat di atas, Anda juga dapat mengajak anak Anda ke tempat wisata anak yang ada di Bandung. Bagaimana, Anda tertarik untuk mendatangi 10 tempat bermain anak di Bandung di atas dengan buah hati Anda?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram