10 Tempat Bermain Anak di Jogja Favorit Buah Hati Anda

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 14 April 2020

Liburan adalah saat yang tepat untuk mengajak si kecil berwisata. Beragam tempat wisata anak di Jogja menanti kunjungan Anda dan si kecil. Buah hati Anda pasti tak akan bosan saat berlibur ke Jogja karena kota ini memiliki sejumlah tempat bermain yang pasti menjadi favorit mereka.

Keluyuran akan mengajak Anda mengenal 10 tempat bermain anak di Jogja yang pasti sangat disukai oleh si kecil. Ada taman bermain air, ada juga theme park, pokoknya dijamin lengkap deh! Yuk, simak ulasan lengkapnya di sini.

10 Tempat Bermain Anak di Jogja

1. Kids Fun Parcs

Kids Fun Parcs Tempat Bermain Anak di Jogja

* sumber: www.justgola.com

Sebuah tempat bermain anak di Jogja ini sangat cocok untuk anak-anak, remaja, hingga dewasa. Adalah Kids Fun yang berada di Jalan Wonosari, Sleman. Tempat bermain ini menyediakan 21 wahana khusus anak-anak. Bahkan, yang membuat tempat ini jadi semakin istimewa adalah keberadaan water park bernama Aquasplash di dalamnya.

Jika si kecil merupakan anak yang pemberani, ada wahana outbound flying fox yang aman bagi anak-anak. Tak perlu repot mencari makan keluar karena Kids Fun Parcs juga menyediakan restoran untuk para pengunjungnya. Ajak si kecil bermain di Kids Fun Parks agar ia mendapatkan pengalaman yang menyenangkan saat liburan.

2. Taman Pintar

Taman Pintar

Di sini, si kecil tidak hanya disuguhkan dengan wahana permainan saja, tetapi secara tidak langsung si kecil akan belajar mengenai banyak hal yang belum pernah ia ketahui sebelumnya. Taman Pintar Yogyakarta ini memiliki sejumlah wahana permainan yang edukatif, seperti parabola berbisik, air menari, pipa bercerita, dan masih banyak lainnya.

Tanpa mereka sadari, anak-anak akan belajar mengenai ilmu pengetahuan sambil bermain di tempat ini. Ruang Sains dan Teknologi yang dimiliki Taman Pintar ini juga ramah kepada anak-anak sehingga mereka dapat lebih mudah memahami ilmu yang mereka lihat. Taman Pintar berada di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Gondomanan.

3. Grand Puri Water Park

Grand Puri Water Park

* sumber: tourjogjamasjo.com

Menyenangkan anak-anak tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Dengan mengajak anak ke Grand Puri Water Park, si kecil bisa bermain air sepuasnya. Bahkan, harga tiket masuk ke taman bermain air terbesar di Bantul ini juga cukup terjangkau.

Grand Puri Water Park menyediakan kolam batita khusus anak-anak usia di bawah 3 tahun. Jadi, Anda tidak perlu khawatir membiarkan si kecil bermain di kolam renang, meskipun Anda tetap harus mengawasinya.

Untuk anak-anak yang usianya lebih besar bisa berenang di kolam penerima yang kedalamannya 60 – 90 cm dan memiliki papan seluncur setinggi 12 meter. Anda pun dapat mengajak si kecil bersantai di kolam arus. Lokasi Grand Puri Water Park berada di Jalan Parangtritis KM 9,5, Gabusan, Bantul.

4. Desa Wisata Brayut

Desa Wisata Brayut

* sumber: www.slemanonline.com

Ada yang berbeda dengan tempat bermain anak di Jogja yang satu ini. Pasalnya, Desa Wisata Brayut ini akan membawa anak agar lebih menyatu dengan alam sekitar. Tentu saja desa wisata yang satu ini akan sangat menarik bagi anak-anak modern yang biasanya bermain gadget.

Di sini, anak-anak dapat belajar sambil bermain. Mereka bisa menanam padi secara langsung sambil turun ke dalam lumpur. Selain itu, ada sejumlah aktivitas menarik lainnya seperti menangkap ikan, bermain gamelan, sampai dengan belajar tarian adat. Si kecil akan memperoleh pengalaman yang seru dan tak terlupakan saat bermain di Desa Wisata Brayut.

5. Balong Water Park

Balong Water Park

* sumber: kanvas-angan.blogspot.co.id

Satu lagi taman bermain air yang terletak di Bantul, namanya adalah Balong Water Park. Untuk anak-anak berusia 10 tahun ke atas bisa mencoba papan seluncur setinggi 9 meter yang menawarkan kecepatan seluncur hingga 60 KM/jam. Akan tetapi, jika anak-anak ingin sesuatu yang lebih menantang ada papan seluncur lain yang tingginya 12 meter.

Bagi anak-anak yang berusia di bawah 10 tahun sebaiknya bermain di kolam khusus anak-anak sambil menggunakan ban renang. Namun, bila usia anak-anak sudah cukup tak ada salahnya mengajak mereka berseluncur di family slide yang memungkinkan Anda sekeluarga meluncur bersama-sama. Balong Water Park beralamatkan di Jalan Pleret KM 1,5, Bantul.

6. Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka

* sumber: seputarjogjakarta.com

Anak-anak pasti sangat bersemangat bila diajak berwisata melihat satwa di kebun binatang. Jika Anda sedang berlibur di Jogja, jangan lupa mengajak si kecil untuk bermain dan berwisata di Kebun Binatang Gembira Loka. Koleksi satwa di kebun binatang seluas 20 hektar ini cukup lengkap.

Yang paling penting, di kebun binatang ini terdapat taman bermain yang memiliki fasilitas ayunan, papan seluncur, dan jungkat-jungkit. Di sini juga ada wahana kolam tangkap yang memungkinkan si kecil untuk turun langsung ke kolam dangkal untuk menangkap ikan-ikan kecil.

7. Jogja Bay Waterpark

Jogja Bay Waterpark

Di antara berbagai tempat bermain anak di Jogja yang terkenal, Jogja Bay Waterpark adalah taman wisata air yang paling populer di Yogyakarta. Taman bermain air seluas 11 hektar ini berada di kawasan Sleman sehingga tidak terlalu jauh dari pusat kota.

Uniknya, waterpark bertema pirates ini menyediakan beberapa jenis seluncuran panjang, seperti Volcano Roll Coaster, Timo Raider, Brand Bumeranggo dan Bekti Adventure. Anak-anak pasti merasa senang jika diajak bermain kemari. Apalagi khusus anak-anak ada wahana yang lebih aman, seperti Hip Playground, Mimi Family dan Donte Wild River.

8. Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark

Taman hiburan khusus anak-anak dan dewasa ini menjadi salah satu tempat wisata di Jogja yang bisa dikunjungi pada malam hari. Sindu Kusuma Edupark merupakan outdoor theme park yang memiliki beragam wahana permainan menarik. Ajak buah hati Anda kemari agar mereka dapat menikmati liburan yang lebih menyenangkan.

Adapun wahana yang tersedia di Sindu Kusuma Edupark adalah Dino Park, Sepur Cilik, Roti Puter, Komidi Puter, Montor Tumbur, Cakra Manggilingan, dan sebagainya. Kunjungi Sindu Kusuma Edupark di Jalan Magelang KM 2 (Jalan Jambon), Sleman.

9. Water Byur Sumber Ponjong

Water Byur Sumber Ponjong

* sumber: royanggakusuma.blogspot.co.id

Mau mengajak anak-anak berenang di kolam renang yang berisi air dari sumber mata air alami? Datang saja ke Water Byur Sumber Ponjong yang berada di kawasan Gunung Kidul. Kolam renang ini bebas kaporit. Pemandangan sawah hijau di sekitar kolam menambah sejuk suasana di sini.

Meskipun papan seluncur yang ada di sini terlihat seadanya, tetapi air yang segar dan pemandangan yang menenangkan membuat si kecil betah berada di sini. Terlebih karcis masuk ke kolam renang ini juga cukup murah.

10. Taman Pelangi

Taman Pelangi

* sumber: pengalamanjalanmakantidur.blogspot.co.id

Si kecil belum puas setelah jalan-jalan seharian di Jogja? Ajak mereka untuk berkunjung ke Taman Pelangi di kawasan Ngaglik. Taman ini berisi lampion dengan bentuk yang unik dan tampak cantik di malam hari.

Selain bisa berfoto dengan latar belakang lampion, Taman Pelangi juga menawarkan wahana permainan untuk anak, seperti carousel, becak mini, trampolin, dan beberapa wahana lainnya.

Liburan ke Yogyakarta tak lagi membosankan bagi si kecil. Yuk, ajak buah hati tercinta untuk bermain di 10 tempat bermain anak di Jogja ini! Sudahkah Anda menentukan destinasi wisata yang seru bersama buah hati?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram