10 Rekomendasi Tempat Buka Puasa Bersama di Jakarta Pusat

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 14 April 2021

Tinggal di kota besar seperti Jakarta, artinya Anda tidak perlu pusing mencari makanan untuk buka puasa. Hampir di setiap jalan Ibu Kota selalu terdapat warung kaki lima atau restoran yang bisa kita kunjungi untuk berbuka puasa. Hanya saja, tidak semua tempat makan tersebut menyajikan hidangan yang enak. Jadi, mau tidak mau kita harus lebih selektif dalam memilih.

Bagi Anda yang berada di Jakarta Pusat, Anda bisa menemukan beberapa spot makan yang enak untuk berbuka. Agar tidak bingung saat memilih, Keluyuran sudah merangkum 10 tempat buka puasa di Jakarta Pusat yang enak dan wajib untuk dicoba.

1. Washoku Sato Batu Tulis

tempat buka puasa di jakarta pusat_Washoku Sato Batu Tulis
  • Alamat: Jl. Batu Tulis Raya Jl. Pecenongan No.40 Jakarta Pusat
  • Jam Operasional: Setiap hari, 10.00 – 22.00 WIB
  • Kisaran Harga: Rp100.000 - Rp200.000 / orang

Selain menyediakan menu all you can eat aneka hot pot dan sushi roll, Washoku Sato juga tetap menyajikan menu a la carte yang tak kalah lezat. Kalau memesan buffet all you can eat di sini Anda dapat menyantap daging, sayuran, side dish, salmon shashimi, yakitori dan masih banyak lagi. Sementara dari lini a la carte ada chicken katsu, tori karaage, ramen, bento, hingga steak Jepang.

Nuansa khas negeri Sakura juga sangat kental di tempat makan ini dengan dekorasi minimalis, mewah serta iringan musik-musik Jepang.

2. Restoran Garuda Sabang

Restoran Garuda Sabang
  • Alamat: Jl. H. Agus Salim No. 59, Menteng, Jakarta Pusat
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 10.00 - 04.00 WIB
  • Kisaran Harga: Rp 50.000 – 100.000 / orang

Tempat makan yang satu ini sebenarnya tidak hanya bisa dijadikan sebagai tempat buka puasa, tapi bisa juga sebagai tempat sahur. Ya, Restoran Garuda Sabang ini buka selama 24 jam penuh sehingga kapanpun Anda datang kemari Anda tetap bisa menikmati makanannya yang lezat.

Restoran Garuda Sabang ini menyajikan berbagai makanan Padang. Sama seperti rumah makan Padang pada umumnya, restoran ini menawarkan berbagai jenis lauk yang menggugah selera. Tempat ini cocok banget dijadikan sebagai tempat bukber.

3. Seribu Rasa

Seribu Rasa Tempat Buka Puasa di Jakarta Pusat
  • Alamat: Jl. H. Agus Salim No. 128, Menteng, Jakarta Pusat
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 11.00 - 20.00 WIB
  • Kisaran Harga: Rp 100.000 - 200.000 / orang

Apabila Anda ingin mengajak rekan bisnis atau keluarga untuk berbuka bersama di sebuah restoran yang eksklusif, tempat buka puasa di Jakarta Pusat ini nampaknya cocok untuk Anda. Seribu Rasa adalah sebuah restoran mewah yang menawarkan hidangan Asia dan Nusantara.

Meskipun harga makanannya mahal, tetapi cita rasa makanan dan kenyamanan tempatnya membuat banyak orang tertarik untuk makan di sini. Adapun menu makanan yang bisa dipesan di sini antara lain seperti Beef Satay Kotagede, Tom Yam Fish Pattaya, Sambal Udang Bukit Tinggi, dll. Kunjungi Seribu Rasa yang bertempat di Jalan Haji Agus Salim No. 128, Menteng, Jakarta Pusat.

4. Plataran Menteng

Plataran Menteng
  • Alamat: Jl. HOS Cokroaminoto No. 42, Menteng, Jakarta Pusat
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 11.00 – 22.30
  • Kisaran Harga: Di atas Rp 200.000 / orang

Jika sesekali ingin menikmati buka puasa di restoran mewah yang berada di Jakarta Pusat, datanglah ke Plataran di kawasan Menteng. Restoran ini sempat viral karena menjadi tempat Presiden Joko Widodo saat bertemu ketua umum partai-partai pendukungnya untuk menentukan calon wakil presiden.

Plataran merupakan restoran yang cukup mewah dengan menu makanan khas Indonesia. Ada beberapa menu makanan khas nusantara yang wajib dipesan bila Anda singgah di restoran ini, seperti salad jantung pisang, pindang serani, bola-bola cokro, nasi goreng keling, dan orak arik pangsit udang.

5. Satoo

  • Alamat: Shangri La Hotel Jakarta, Level 1, Jl. Jend. Sudirman, Jakarta
  • Jam Operasional: Setiap hari, 06.00 – 23.00 WIB
  • Kisaran Harga: Di atas Rp200.000 / orang

Nah, kalau tujuan berbuka puasamu hari ini adalah buffet hidangan mancanegara maupun Indonesia, Satoo mungkin tempat yang cocok untuk Anda sambangi. Kebetulan, karena restoran ini merupakan bagian dari Shangri-La Hotel, Anda bisa sekalian memesan kamar hotel di sini untuk ngabuburit.

Hidangan nusantara, Western hingga Asian tersedia di Satoo dengan rasa yang lezat dan kualitas jempolan. Meski pricey, namun rasa, kualitas dan experience berbuka puasa di sini sangat sepadan dengan harganya. Satoo juga menyediakan menu a la carte bila Anda sedang tidak ingin berbuka puasa dengan buffet.

6. Bunga Rampai

Bunga Rampai
  • Alamat: Jl. Teuku Cik Ditiro No. 46, Menteng, Jakarta Pusat
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 11.00 - 23.00 WIB
  • Kisaran Harga: Rp 100.000 - 200.000 / orang

Satu lagi pilihan tempat buka puasa di Jakarta Pusat yang cukup eksklusif, yaitu Bunga Rampai. Tempatnya sendiri berada di sebuah bangunan vintage yang dihias dengan interior klasik nan mewah. Ada juga ruangan yang atap dan dindingnya terbuat dari kaca sehingga nampak seperti rumah kaca.

Makanan yang ditawarkan di Bunga Rampai ini cukup mahal, tetapi cita rasanya sangat authentic dan enak. Tempat ini sangat cocok jika Anda ingin mengajak berbuka puasa kolega atau rekan bisnis Anda. Lokasi Bunga Rampai berada di Jalan Cik Ditiro No. 35, Menteng, Jakarta Pusat.

7. Kaum

Kaum
  • Alamat: Jl. Dr. Kusuma Atmaja No. 77 - 79, Menteng, Jakarta Pusat
  • Jam Operasional: Senin – Jumat pukul 11.00 – 21.00 WIB, Sabtu - Minggu pukul 08.00 – 21.00 WIB
  • Kisaran Harga: Di atas Rp 200.000 / orang

Another fancy restaurant untuk buka puasa selanjutnya adalah Kaum. Restoran mewah nan berkelas ini selalu menjadi pilihan bagi masyarakat menengah ke atas untuk buka bersama. Sama seperti Plataran, Kaum juga banyak menyajikan menu makanan khas Indonesia.

Beberapa pilihan makanan yang tersedia di Kaum antara lain adalah nasi goreng ikan asin, tongseng buntut, mie kuah udang, tahu telur, gurame bumbu kencur, dan masih banyak lagi. Untuk menggelar acara bukber di sini sangat disarankan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu.

8. Lara Djonggrang

Lara Djonggrang
  • Alamat: Jl. Teuku Cik Ditiro No. 4, Menteng, Jakarta Pusat
  • Jam Operasional: Senin - Jumat dan Minggu pukul 11.00 - 21.00 WIB, Sabtu libur
  • Kisaran Harga: Rp 100.000 – 200.000 / orang

Pilihan tempat buka puasa dengan menu makanan khas Indonesia memang banyak tersedia. Akan tetapi, hanya beberapa yang menawarkan tempat yang nyaman. Lara Djonggrang adalah restoran makanan Indonesia yang suasananya nyaman. Bahkan, restoran ini tergolong mewah di kelasnya.

Kalau Anda hendak berbuka puasa di tempat ini, jangan lupa memesan sate lilit yang memang merupakan signature dish di sini. Meskipun termasuk salah satu restoran mewah, porsi makanan di Lara Djonggrang cukup besar dan tidak mengecewakan.

9. Sentral Al Jazeerah Restaurant & Cafe

Sentral Al Jazeerah Restaurant & Cafe
  • Alamat: Jl. Pramuka No. C23, RT.4/RW.4, Rawasari, Kec. Cemp. Putih, Jakarta Pusat
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 10.00 – 23.00 WIB
  • Kisaran Harga: Rp 50.000 – 100.000 / orang

Menyambut hari kemenangan, sesekali ajak keluarga, sahabat, atau pasangan untuk berbuka dengan menu makanan spesial. Hidangan khas Timur Tengah dapat menjadi opsi bagi Anda yang ingin mencari makanan anti-mainstream. Sentral Al Jazeerah Restaurant & Cafe adalah jujugan yang tepat untuk menggelar acara buka bersama.

Ada sejumlah makanan yang paling banyak dipesan oleh pengunjung restoran ini, contohnya nasi goreng kambing, sambusak, dan lamb sada. Cita rasa makanan di sini memang terasa “Arab banget”.

10. Omamori Japanese All You Can Eat

tempat buka puasa di jakarta pusat_Omamori Japanese All You Can Eat
  • Alamat: Jl. Samanhudi No.71A, RT.8/RW.6, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat
  • Jam Operasional: Setiap hari, 12.00 – 21.00 WIB
  • Kisaran Harga: Rp100.000-Rp150.000 / orang

Tempat makan all you can eat Jepang dengan nuansa sangat kasual seperti Omamori juga bisa jadi refrensi dengan budget-friendly. Meski terjangkau, Omamori tidak ragu memberikan varian jenis daging yang bisa disantap lho seperti wagyu, ayam hingga ikan dori. Semuanya tersaji segar dengan berbagai pilihan saus yang siap memanjakan lidah.

Side dish dan menu siap santap yang tersedia juga tak kalah lezat. Ada kimchi, karaage, miso, serta sosis. Tentu saja, setiap pembelian paket AYCE, Anda juga sudah bisa menikmati dessert es krim dari Omamori.

11. Warung Nasi Alam Sunda

Warung Nasi Alam Sunda
  • Alamat: Jl. Fachrudin No. 91 (Depan Pasar Tanah Abang Blok B), Tanah Abang, Jakarta Pusat
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 08.00 - 17.00 WIB
  • Kisaran Harga: Rp 50.000 / orang

Warung Nasi Alam Sunda diklaim sebagai salah satu restoran Sunda terbaik di Jakarta. Selain pilihan menunya banyak, cita rasa makanan di sini memang benar-benar nagih banget. Ayam goreng, lele goreng, bakwan jagung, bebek kremes, sampai sambal koreknya semua enak!

Tempat makan ini memang sederhana. Namun, harga makanannya sangat bersahabat dengan dompet. Warung Nasi Alam Sunda tidak pernah sepi pengunjung, terutama di jam-jam berbuka puasa pada bulan suci Ramadhan.

Inilah sejumlah tempat buka puasa di Jakarta Pusat yang bisa Anda kunjungi. Jika ingin mencari rekomendasi tempat buka puasa lainnya di Jakarta, Anda bisa menuju baca artikel 10 Tempat Buka Puasa di Jakarta.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram