10 Rekomendasi Tempat Buka Puasa Bersama di Jakarta Timur

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 15 April 2021

Jakarta Timur ternyata memiliki sejumlah tempat makan yang bisa Anda kunjungi ketika bulan puasa, lho. Beberapa tempat makan di Jakarta Timur ini justru menjadi langganan bagi masyarakat yang ingin berbuka puasa dengan orang-orang terdekat. Jika Anda termasuk orang yang berdomisili di Jakarta Timur, sudahkah Anda memiliki pilihan tempat makan untuk mengadakan acara bukber?

Di tulisan kali ini, Keluyuran akan mengajak Anda untuk mengenal beberapa tempat buka puasa di Jakarta Timur yang paling ramai dikunjungi ketika bulan suci Ramadhan. Tempat-tempat yang akan kami review berikut ini adalah tempat makan yang menyajikan hidangan yang cocok untuk berbuka puasa. Daripada penasaran, langsung simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Ajwad Resto

Ajwad Resto
  • Alamat: Jl. Raya Condet No. 50 (Sebelah SPBU Mega Baja), Kramat Jati, Jakarta Timur
  • Jam Operasional: Setiap hari, 16.00 - 20.00 WIB
  • Kisaran Harga: Rp 50.000 – 100.000 / orang

Tempat buka puasa di Jakarta Timur kali ini berada di kawasan Condet, namanya adalah Ajwad Resto. Rumah makan dengan nuansa dan hidangan Timur Tengah ini milik seorang ustaz kondang, Khalid Basalamah. Ajwad Resto juga menyediakan live cooking di mana pengunjung bisa melihat langsung proses pengolahan makanan yang akan disajikan.

Sesuai dengan konsepnya, makanan yang dihidangkan di Ajwad Resto tentu saja makanan khas Timur Tengah. Anda bisa memesan Nasi Briyani, Nasi Mandi, dan Nasi Kabsah. Menariknya, pilihan lauk yang ada di restoran ini cukup beragam, mulai dari ayam, kambing, dan juga ikan.

2. Lesehan Gurame Pemuda

Lesehan Gurame
  • Alamat: Jl. Pemuda No. 77, Rawamangun, Jakarta Timur
  • Jam Operasional: Setiap hari, 10.00 - 22.00 WIB
  • Kisaran Harga: Rp 50.000 – 100.000 / orang

Dari namanya saja Anda pasti sudah bisa menebak bahwa Lesehan Gurame memang spesial menyajikan makanan olahan ikan gurami. Namun, bukan hanya ikan gurami saja, tetapi ada juga ikan kakap, ikan pedas, dan ikan mas di restoran ini.

Buka puasa di Lesehan Gurame bisa menjadi ide yang menarik. Pasalnya, suasana di restoran lesehan ini sangat hangat dan menyenangkan, ditambah lagi makanannya pun semua enak. Lokasi Lesehan Gurame ada di Jalan Pemuda No. 77, Rawamangun, Jakarta Timur.

3. Pochajjang Rawamangun

Pochajjang
  • Alamat: Jl. Balai Pustaka Timur No.c5, Rawamangun, Jakarta Timur
  • Jam Operasional: Setiap hari, 12.00 – 21.00 WIB
  • Kisaran Harga: Rp100.000 – Rp200.000 / orang

Pesona Pochajjang memang sulit untuk dihiraukan. Tek heran, resto all you can eat Korean Grill ini mampu menarik perhatian banyak pengunjung di tiap cabangnya. Bila Anda berada di daerah Jakarta Timur, Pochajjang Rawamangun adalah salah satu cabang Pochajjang yang bisa dikunjungi sebagai tempat berbuka puasa.

Masih menggunakan dekorasi khas Pochajjang yang didominasi dengan warna merah dan putih, Anda dapat menyantap jenis-jenis daging berbeda dengan varian rasa, banchan (side dish) serta dessert yang tersedia sepuasnya selama 90 menit. Selain all you can eat, Pochajjang juga menyediakan menu a la carte seperti beragam jenis dosirak (lunch box) hingga ramyeon.

4. Mekar Lesehan

Mekar Lesehan
  • Alamat: Jl. Raya Pondok Gede No. 69, Cipayung, Jakarta Timur
  • Jam Operasional: Selasa – Minggu pukul 10.00 – 22,00 WIB, Senin Tutup
  • Kisaran Harga: Rp 50.000 – 100.000 / orang

Mekar Lesehan adalah tempat makan yang menawarkan suasana santai untuk berbuka puasa. Pengunjung bisa duduk di saung-saung yang tersedia sambil lesehan dan menikmati hidangan yang lezat.

Makanan yang tersedia di Mekar Lesehan ini adalah makanan khas Indonesia. Namun, ada juga beberapa menu Chinese food. Harganya sendiri tidak terlalu mahal dan rasa makanannya sangat enak sehingga tempat ini tak pernah sepi pengunjung.

5. Riung Tenda

Riung Tenda
  • Alamat: Jl. Balai Pustaka Timur No. 2, Rawamangun, Jakarta Timur
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 10.00 – 21.00 WIB
  • Kisaran Harga: Rp 50.000 – 100.000 / orang

Tak sulit menemukan restoran yang menjual makanan khas Sunda di Jakarta. Riung Tenda adalah salah satu tempat makan yang menawarkan hidangan khas Sunda dengan banyak pilihan. Signature dish yang paling banyak dipesan di sini adalah gurame bakar, cumi bakar, sop buntut, mendoan, dan otak-otak.

Riung Tenda menyediakan tempat yang cukup luas. Selain itu, harga makanan di sini tidak terlalu mahal. Bukankah menyenangkan jika menyantap makanan yang lezat dan mengenyangkan tanpa perlu mengeluarkan banyak uang?

6. Abunawas Restaurant

Abunawas Restaurant Tempat Buka Puasa di Jakarta Timur
  • Alamat: Jl. Matraman Raya No. 15, Matraman, Jakarta Timur
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 09.00 - 21.00 WIB
  • Kisaran Harga: Rp100.000 – 200.000 / orang

Jadikan momen buka puasa kali ini semakin spesial dengan menyantap hidangan khas timur tengah sebagai makanan buka puasa. Abunawas Restaurant adalah sebuah restoran bergaya timur tengah dan juga menyajikan makanan asli timur tengah.

Uniknya, menu makanan di sini ditulis dalam Bahasa Arab tetapi, ada juga penjelasannya dalam Bahasa Inggris. Adapun menu yang paling banyak dipesan di salah satu tempat buka puasa di Jakarta Timur ini adalah Lahm/Samak-Mashwi/ Maqli (daging kambing/ikan goreng).

Makanan dengan cita rasa timur tengah ini sudah pasti menggugah selera Anda. Selain itu, desain interior restoran yang berlokasi di Jalan Matraman No. 15, Jakarta Timur ini juga membuat kita merasakan sensasi buka puasa di Timur Tengah yang sebenarnya.

7. Bebek Kaleyo Rawamangun

Bebek Kaleyo
  • Alamat: Jl. Pemuda No. 290, Rawamangun, Jakarta Timur
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 09.00 - 22.30 WIB
  • Kisaran Harga: Rp 50.000 / orang

Siapa yang bisa menolak kelezatan bebek goreng dengan sambal yang nikmat? Bebek goreng bisa menjadi menu buka puasa yang nikmat. Di Jakarta Timur, Anda bisa langsung melipir ke Bebek Kaleyo karena tempat makan ini memang spesial menyajikan menu bebek goreng.

Keistimewaan tempat makan ini memang terletak pada bebek gorengnya yang renyah dan empuk. Di sini, kita juga bisa memilih mau memesan nasi putih atau nasi merah. Alamat Bebek Kaleyo ada di Jalan Pemuda No. 290, Rawamangun, Jakarta Timur.

8. Bale Bengong Seafood Resto

tempat buka puasa di jakarta timur_Bale Bengong Seafood Resto
  • Alamat: Jl. Angkasa, Halim Perdana Kusumah, Jakarta Timur
  • Jam Operasional: Setiap hari, 11.00 – 20.00 WIB
  • Kisaran Harga: Rp10.000-200.000 / porsi

Rumah makan keluarga dengan sajian andalan Seafood ini cocok dijadikan tempat berbuka puasa bersama keluarga ataupun rombongan. Makanan yang tersedia juga cukup beragam dengan bahan utama dari laut yang segar.

Kalau ke sini, Anda sebaiknya tidak melewatkan menu Gurame Dua Rasa dan Udang Telur Asin yang jadi favorit pengunjung. Restoran ini juga dekat dengan bandara Halim Perdana Kusumah, sehingga bagi Anda yang baru landing dan mau mencari tempat makan terdekat untuk berbuka puasa, Bale Bengon Seafood Resto bisa jadi pilihan terbaik.

9. Cerita Cafe

Cerita Cafe
  • Alamat: Jl. Otto Iskandardinata No. 125 - 127, Kampung Melayu, Jakarta Timur
  • Jam Operasional: Senin – Kamis pukul 10.00 – 22.00 WIB, Jumat – Minggu pukul 10.00 – 23.00 WIB
  • Kisaran Harga: Rp 50.000 – 100.000 / orang

Bagi Anda yang sedang mencari tempat buka puasa yang kekinian, datang saja ke Cerita Cafe. Tempat makan yang cozy ini memang ideal banget untuk buka puasa sambil ngobrol santai. Suasana yang ditawarkan modern dan super nyaman.

Makanan dan minuman di Cerita Cafe sangat beragam, lho. Dari bakso, chicken cordon bleu, sampai dengan roti bakar semuanya ada di sini! Yang paling penting, harga menu di tempat ini harganya cukup terjangkau.

10. Ropisbak Ghifari Pemuda

tempat buka puasa di jakarta timur_Ropisbak Ghifari Pemuda
  • Alamat: Jl. Pemuda No.16, Rawamangun, Jakarta Timur
  • Jam Operasional: Setiap hari 13.00 – 21.00 WIB
  • Kisaran Harga: Rp10.000-Rp50.000 / porsi

Meski punya nama ‘Ropisbak’ yang merupakan singkatan dari ‘roti dan pisang bakar’ nyatanya tempat makan satu ini menyediakan tak hanya dessert atau makanan ringan saja. Main course yang cukup berat juga bisa Anda nikmati di sini seperti nasi goreng, paket nasi ayam, hingga spaghetti.

Ropisbak Ghifari Pemuda biasanya dijadikan tempat nongkrong oleh warga Jakarta Timur karena punya nuansa sangat kasual. Namun tidak ada salahnya menjadikan tempat makan ini sebagai pilihan untuk menghabiskan waktu berbuka puasa bersama teman atau keluarga.

Itulah sejumlah tempat buka puasa di Jakarta Timur yang siap memenuhi kebutuhan Anda untuk berbuka puasa sendiri atau bersama orang terdekat. Bila Anda memiliki rekomendasi tempat makan lainnya di Jakarta Timur, tulis rekomendasi Anda di kolom komentar untuk berbagi dengan pembaca lainnya.

Tapi, kalau Anda ingin tahu tempat makan lainnya di Jakarta yang cocok untuk buka puasa, silakan kunjungi artikel 10 Tempat Buka Puasa di Jakarta ini.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram