15 Tempat Buka Puasa Bersama di Jakarta yang Recommended

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 15 April 2021

Masih bingung hendak mencari tempat buka puasa di Jakarta? Sebenarnya Anda tidak perlu bingung, karena Anda bisa menemukan berbagai macam tempat makan di ibu kota negara Indonesia ini. Mulai dari tempat makan kaki lima hingga bintang lima semua tersedia di Jakarta.

Jakarta memang menyediakan beragam tempat makan untuk menjadi rujukan ketika Anda hendak berbuka puasa sendiri atau bersama teman-teman. Namun, Keluyuran telah merangkum sepuluh tempat buka puasa di Jakarta yang unik dan menjadi favorit bagi warga Kota Jakarta. Yuk, simak rekomendasi tempat buka puasa yang ada di Jakarta versi Keluyuran.

1. Talaga Sampireun

Talaga Sampireun
  • Alamat: Taman Impian Jaya Ancol, Jl. Lodan Timur No. 7, Ancol, Jakarta Utara
  • Jam Operasional: Senin – Jumat pukul 11.00 – 21.00 & Sabtu – Minggu pukul 10.00 – 21.00
  • Kisaran Harga: Rp 100.000 – 200.000 / orang

Nikmati menu makanan khas Jawa Barat dengan suasana yang asyik di Talaga Sampireun. Tempat ini berkonsep saung-saung yang berada di atas kolam sehingga Anda akan menikmati acara bersantap seperti sedang berada di atas telaga.

Menu makanan yang disajikan di sini benar-benar menggugah selera, seperti tahu gejrot, anak ikan mas goreng, patin bakar bambu, ayam pletok, dan masih banyak lagi. Hidangan khas Jawa Barat ini sudah pasti akan disukai oleh semua kalangan. Talaga Sampireun pun memiliki tempat yang cocok banget untuk berbuka puasa berrsama.

2. Bebek Kaleyo

Bebek Kaleyo Tebet
  • Alamat: Kaleyo Enam, Jalan Lapangan Roos 49, Tebet, Jakarta Selatan
  • Jam Operasional: Senin-Sabtu, 09.00 - 22.30 WIB
  • Kisaran Harga: Rp 50.000 / orang

Ingin buka puasa dengan menu bebek? Datang saja ke salah satu cabang Bebek Kaleyo di Jakarta. Restoran ini sejatinya memiliki lebih dari 10 cabang yang tersebar di Jakarta. Namun, salah satu cabang yang paling ramai dikunjungi adalah cabang Tebet.

Menu bebek yang tersaji di sini bukan hanya bebek goreng saja. Anda bisa menemukan bebek bakar, bebek rica, sampai dengan sate bebek di sini. Potongan bebeknya juga berukuran sedang sehingga terasa pas untuk mengisi perut saat buka puasa.

3. Aljazeerah Restaurant & Cafe

Aljazeerah Restaurant
  • Alamat: Jl. Raden Saleh No. 58, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 21.00 WIB
  • Kisaran Harga: Rp 150.000 – 250.000 / orang

Aljazeerah adalah restoran yang menawarkan suasana Timur Tengah. Bukan cuma hidangannya saja yang khas Timur Tengah, tapi ambience di dalam tempat ini akan membuat Anda merasa seperti sedang berada di negara Arab. Restoran ini selalu menjadi jujugan bagi masyarakat Jakarta yang ingin berbuka puasa dengan makanan khas Timur Tengah.

Signature dish di tempat ini adalah nasi kebuli dengan daging kambing. Rempah-rempahnya terasa pas dan aromanya pun harum! Yuk, mampir ke Aljazeerah untuk mendapatkan pengalaman makan seperti di Timur Tengah tanpa harus berkunjung langsung ke negaranya.

4. Bandar Djakarta

Bandar Djakarta
  • Alamat: Pintu Timur Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara
  • Jam Operasional: Senin s.d Jumat pukul 11.00 - 23.30 WIB, Sabtu pukul 10.00 - 00.00 WIB dan Minggu pukul 10.00 - 23.30 WIB
  • Kisaran Harga: Rp 100.000 – 200.000 / orang

Buka puasa dengan hidangan laut, mengapa tidak? Datang saja ke Bandar Djakarta di Ancol karena restoran ini memang spesial menyediakan berbagai jenis makanan olahan hasil laut. Tempatnya yang berlokasi di tepi pantai membuat suasananya jadi lebih menyenangkan.

Bandar Djakarta memiliki tempat yang luas sehingga memang sering dipilih untuk menggelar acara buka bersama. Pilihan seafood di sini juga terbilang komplit dan segar. Nah, berminat untuk berbuka di tempat ini?

5. Food Plaza PIK

tempat buka puasa di Jakarta_Food Plaza PIKSumber: detik.com
  • Alamat: Food Plaza Blok FMB No.29 Jalan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara
  • Jam Operasional: Setiap hari, 10.00-22.00 WIB
  • Kisaran Harga: Rp50.000-Rp150.000 / porsi

Food court yang terletak dekat Pantai Indah Kapuk ini salah satu tempat berburu makanan yang enak. Dari makanan Indonesia, Cina, seafood sampai macam-macam street food bisa Anda temukan di sini. Harga-harganya pun cukup terjangkau.

Area Food Plaza PIK sendiri terbagi menjadi dua yaitu outdoor dan indoor yang sama-sama nyaman untuk ditempati saat menghabiskan makanan dan minuman yang Anda beli. Tempat ini biasanya ramai dikunjungi saat weekend tiba. Tentu saja food court ini juga bisa dijadikan rekomendasi untuk berbuka puasa.

6. Bunga Rampai

Bunga Rampai
  • Alamat: Jl. Teuku Cik Ditiro No. 46, Menteng, Jakarta Pusat
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 11:00 – 23:00
  • Kisaran Harga: Rp 200.000 – 300.000 / orang

Restoran eksklusif yang menghidangkan menu makanan Indonesia ini menjadi favorit masyarakat Jakarta untuk buka puasa. Harga menu makanannya memang cukup mahal, tapi suasananya yang nyaman dan elegan memang cukup menarik perhatian.

Di tempat ini Anda bisa menemukan berbagai hidangan khas nusantara, seperti nasi bali, tahu telor, konro bakar, soto alamanda, dan masih banyak lagi. Jika sesekali ingin buka puasa di tempat yang mewah dengan hidangan Indonesia yang lezat, Bunga Rampai bisa menjadi alternatif yang terbaik.

7. Abunawas Restaurant

Abunawas Restaurant
  • Alamat: Jl. Kemang Utara No. 15, Kemang, Jakarta Selatan
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 09.00 – 21.00
  • Kisaran Harga: Rp 100.000 – 200.000 / orang

Abunawas adalah sebuah restoran bergaya Timur Tengah yang juga menyajikan makanan khas Arab Saudi dan sekitarnya. Ketika Anda masuk ke dalam tempat buka puasa di Jakarta yang istimewa ini, Anda akan merasa seperti berada di istana Timur Tengah. Menu makanan di sini pun ditulis dalam Bahasa Arab, tetapi ada pula penjelasannya dalam Bahasa Inggris.

Menu di Abunawas Restaurant yang paling cocok untuk berbuka puasa adalah Lahm/Samak-Mashwi/Maqli (daging kambing/ikan goreng atau bakar), Lahm Mugalgal (daging kambing yang dimasak dengan tomat, bawang merah, paprika hijau, dan sedikit bumbu pedas), Kebab Dajaj (roti kebab isi daging ayam).

8. Shabu Ghin

  • Alamat: Jalan Wolter Monginsidi No. 53 Petogogan, Jakarta Selatan
  • Jam Operasional: Setiap hari, 11.00 – 20.00 WIB
  • Kisaran Harga: Rp250.000-Rp500.000 / orang

Shabu Gin adalah salah satu tempat makan spesialisasi all you can eat shabu-shabu yang cukup menjadi favorit di Jakarta. Berbagai jenis daging berkualitas premium tersedia di sini. Selain itu, hidangan lain yang menjadi pelengkap juga tak kalah prima.

Nah, restoran berkonsep all you can eat seperti Shabu Gin tentu bisa menjadi tempat berbuka yang cukup praktis. Pasalnya Anda bisa menyantap berbagai jenis dessert yang tersedia sebagai takjil, lalu melanjutkannya dengan makan makanan berat yaitu shabu-shabu.

9. Roemah Kuliner

Roemah Kuliner
  • Alamat: Jl. Pegangsaan Timur No. 21, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 11.00 – 20.00
  • Kisaran Harga: Rp 100.000 – 200.000 / orang

Berada di dalam satu komplek dengan bioskop Metropole XXI, Roemah Kuliner adalah restoran yang suasana di dalamnya cukup terlihat mewah. Akan tetapi, harga makanan di sini tidak terlalu mahal kok. Harga menu makanannya masih tergolong worth.

Roemah Kuliner menjual berbagai makanan khas nusantara. Di sini Anda bisa memesan aneka kremes, soto ayam khas Lamongan, sup buntut, asinan, cendol, dll. Sambil menunggu waktu buka puasa, Anda pun bisa mampir dulu untuk nonton di bioskopnya, lho.

10. Sana Sini Restaurant

tempat buka puasa di Jakarta_Sana Sini RestaurantSumber: daman.co.id
  • Alamat: Pullman Jakarta Indonesia (Lobby Level, Jl. M.H. Thamrin No.59, Jakarta Pusat)
  • Jam Operasional: Setiap hari, 05.30-23.00 WIB
  • Kisaran Harga: Rp200.000-Rp500.000 / orang

Ingin merasakan sensasi buka puasa yang agak berbeda? Anda bisa memasukan resto berkonsep buffet dalam list. Di Jakarta sendiri, salah satu resto buffet terbaiknya adalah Sana Sini yang terletak di dalam hotel Pullman.

Di resto ini tersedia berbagai menu Eropa dan Asia yang bisa memanjakan lidah serta perut Anda setelah berpuasa. Sebut saja aneka sushi, sashimi, dim sum, pasta, roti, hingga makanan Indonesia seperti sate, opor dan masih banyak lagi.

11. Mokaya Resto

tempat buka puasa di Jakarta_Mokaya RestoSumber: kumparan.com
  • Alamat: Jl. Ciranjang No. 32, Rawa Barat, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
  • Jam Operasional: Setiap hari, 11.00 – 22.00 WIB
  • Kisaran Harga: Rp75.000-Rp250.000 / orang

Mencari resto all you can eat yang tidak bikin dompet meringis? Jawabannya adalah Mokaya Resto. Pasalnya, hanya dengan merogoh kocek mulai dari Rp.99.000++ Anda sudah bisa menyantap berbagai jenis daging dan makanan pelengkap siap santap seperti tori karaage, gyoza, sup miso, dan lain-lain.

Meski terjangkau untuk ukuran all you can eat, Anda juga tetap bisa merasakan kenyaman saat makan ataupun berbuka puasa di sini. Sebab dekorasi Mokaya Resto dibuat simple, tetap modern dan nyaman bagi para pengunjung.

12. Beautika

Beautika
  • Alamat: Jl. Hang Lekir No. 1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 21.00 WIB
  • Kisaran Harga: Rp 100.000 - 200.000 / orang
  • Harga Tiket: (untuk tempat wisata)

Buka puasa dengan hidangan khas Manado? Yuk, langsung melipir ke Beautika. Restoran Manado yang sudah ada sejak tahun 1997 ini mempunyai 3 cabang di Jakarta, antara lain di Kebayoran Baru, Tanah Abang, dan Panglima Polim.

Masterpiece makanan yang disajikan di sini adalah bubur Manado, nasi kuning, mie cakalang, gohu, dan es kacang. Restoran keluarga ini menawarkan ambience yang nyaman. Tempatnya pun bersih sehingga kualitas makanannya juga dijamin sehat dan aman.

13. Warung Nagih

  • Alamat: Jl. Kapten Tendean No.412, Jakarta Selatan
  • Jam Operasional: Setiap hari, 16.30 – 01.30 WIB
  • Kisaran Harga: Rp.35.000 - Rp50.000 / porsi

Anak Jakarta Selatan pasti sudah tidak asik dengan café satu ini. Warung Nagih memang terkenal sebagai salah satu tempat nongkrong yang unik karena mengusung tema tenda dan gerobakan. Bukan cuma temanya, roti bakar berbagai topping yang menjadi menu andalan di sini juga tak kalah fenomenal di kalangan muda-mudi Jaksel.

Selain roti bakar topping, Anda juga bisa menyantap makanan khas tongkrongan lainnya seperti dimsum, mie instan, hingga French fries. Warung Nagih sangat cocok untuk Anda yang ingin berbuka puasa sekaligus menghabiskan waktu untuk nongkrong bersama teman-teman.

14. Al Nafoura Lebanese Restaurant

  • Alamat: Jl. Jendral Sudirman 18 - 20 Lobby Level Hotel Le Meridien, Jakarta
  • Jam Operasional: Senin – Jumat pukul 12.00 – 21.00 WIB dan Minggu pukul 11.30 – 21.00 WIB
  • Kisaran Harga: Rp200.000-Rp400.000 / orang

Kalau ingin membuat pengalaman berbuka puasa yang kental dengan budaya Timur Tengah, Al Nafoura Lebanese Restaurant adalah salah satu tempat yang cocok. Sesuai dengan namanya, restoran ini menyuguhkan berbagai menu khas Lebanon yang dibuat oleh para juru masak yang handal dengan konsep buffet.

Tak hanya dari lini makanannya, suasana Timur Tengah di restoran ini akan semakin terasa dengan iringan lagu-lagu bernuasa arab-nya. Dijamin membuat experience berbuka puasa terasa berbeda padahal Anda masih berada di Indonesia.

15. Smarapura Traditional Resto

  • Alamat: Jl. Tebet Timur Dalam II No.43, Tebet, Jakarta Selatan
  • Jam Operasional: Setiap hari, 10.00-23.00 WIB
  • Kisaran Harga: Rp50.000- Rp100.000 / orang

Nah, satu lagi restoran yang menawarkan ambience berbeda ketika dikujungi, yaitu Smarapura Traditional Resto. Soalnya restoran ini akan memanjakan lidah Anda dengan berbagai hidangan otentik khas Bali contohnya ayam betutu.

Tak hanya dari hidangan yang tersedia, hiasan khas Bali juga ditambahkan pada beberapa spot restoran untuk menambah ambience sekaligus mengobati rasa rindu para pengunjung terhadap pulau Bali.

Ingin buka puasa dengan makanan Indonesia, Jepang, Chinese, atau Timur Tengah? Kini, Anda tak perlu bingung mencari tempat buka puasa yang cocok dengan selera Anda. Cek saja daftar tempat buka puasa di Jakarta dari Keluyuran ini!

Lagi sedang berada di Jakarta Utara? Tenang saja, Anda masih bisa menemukan tempat makan enak untuk buka puasa dengan cek rekomendasinya di artikel 10 Tempat Buka Puasa di Jakarta Utara ini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram