10 Tempat Buka Puasa di Palembang yang Harus Kamu Kunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Maret 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apa yang terbesit dalam benak kamu ketika mendengar kata “Palembang”? Apakah pempeknya yang terkenal? Atau justru Jembatan Ampera yang menjadi landmark Kota Palembang? Apapun itu, Palembang adalah kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan. Kuliner di kota ini bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan karena banyak tempat makan enak yang tersedia.

Menjelang bulan puasa, kamu pasti akan mengumpulkan referensi tempat makan enak untuk berbuka puasa sendiri maupun bersama orang-orang terdekat. Keluyuran telah merangkum 10 tempat buka puasa di Palembang yang dapat kamu kunjungi. Yuk, simak daftarnya di sini!

1. River Side Restaurant

River Side Restaurant

* sumber: tempatkuliner.com

Kapan lagi kamu mendapat kesempatan untuk buka puasa di tepi Sungai Musi dengan pemandangan Jembatan Ampera di malam hari? Di Palembang, kamu bisa berkunjung ke River Side Restaurant yang menawarkan view Jembatan Ampera di malam hari.

Hampir semua menu makanan di tempat ini enak dan variatif. Seafood adalah menu utama yang ditawarkan oleh restoran ini. Makanan yang enak dan suasana yang menyenangkan akan membuat acara buka puasa kamu kali ini menjadi lebih spesial.

  • Alamat: Komplek Benteng Kuto Besar, Jl. Rumah Bari, 19 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30113
  • Jam buka: 07.00-23.00
  • No. telp: (0711) 368222

2. Rumah Makan Sri Melayu

RM Sri Melayu Tempat Buka Puasa di Palembang

* sumber: www.cumilebay.com

Tempat buka puasa di Palembang yang merupakan tempat makan legendaris di kota pempek tersebut, yaitu RM Sri Melayu. Menu favorit di tempat ini adalah lauk yang dimasak dengan cara “pindang”. Misalnya, ada pindang udang, pindang kepala ikan, pindang tulang, dan pindang belido.

Makanan lain yang ditawarkan rumah makan ini juga tidak kalah istimewa. Kamu bisa menjumpai pepes ikan tempoyak, ikan seluang goreng, gurame goreng, aneka pempek, dan masih banyak lagi. Suasana kekeluargaan di RM Sri Melayu juga membuat tempat ini cocok dijadikan tempat untuk buka puasa bersama.

  • Alamat: Jl. Demang Lebar Daun No.1, Demang Lebar Daun, Kec. Ilir Bar. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30137
  • Jam buka: 10.00-22.00
  • No. telp: (0711) 420468

3. Kampung Kecil

Kampung Kecil

Berbuka puasa di tempat makan dengan khas Sunda bernama Kampung Kecil ini bisa jadi pilihan kamu nih. Restoran ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga besar. Tersedia beberapa paket makanan untuk grup yang terdiri dari nasi, sayur, daging juga minuman.

Tempatnya cukup besar disertai juga dengan area parkir yang luas. Area tempat makan yang didominasi dari bambu dan kayu membuat Kampung Kecil ini adem dan nyaman untuk makan bersama rombongan. Tertarik? Nih, info selengkapnya untuk kamu.

  • Alamat: Jl. Jaksa Agung R. Soeprapto No.74, Kemang Manis, Kec. Ilir Bar. II, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30144
  • Jam buka: 10.00-22.00
  • No. telp: 0851-0285-9392

4. Pondok Kelapo

Pondok Kelapo

* sumber: www.gotravelly.com

Tidak jauh dari RM Sri Melayu ada sebuah rumah makan yang selalu ramai ketika mendekati waktu buka puasa. Adalah Pondok Kelapo, yang merupakan rekomendasi tempat buka puasa di Palembang yang menawarkan hidangan seafood.

Menu andalan di Pondok Kelapo adalah kepiting, cumi, kerang, udang gala, bawal putih, dan kakap yang bisa dimasak dengan berbagai macam saus yang sesuai dengan selera kamu. Tidak hanya seafood, Pondok Kelapo juga menyediakan menu sop pindang, ikan seluang goreng, dan pepes tempoyak. Pondok Kelapo berlokasi di Jalan Demang Lebar Daun No. 184, Palembang.

5. Culinary Musi River Side

https://pesona.travel/keajaiban/2676/jelajah-kuliner-di-atas-sungai-musi

* sumber: pesona.travel

Salah satu tempat untuk berbuka puasa yang sangat menarik nih, di Culinary Musi River Side kamu bisa menikmati makan malam dengan pemandangan Jembatan Ampera. Seru kan yah? Di sini kamu bisa memilih mau makan di atas perahu atau di pinggir sungai.

Selain tempatnya yang unik dan menarik, makanan yang disajikan di sini juga terkenal akan cita rasanya yang enak lho! Kalau kamu tertarik, catat info selengkapnya di bawah ini ya.

  • Alamat: Jl. Ps. 16 Ilir No.23, 16 Ilir, Kec. Ilir Tim. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30122
  • Jam buka: 08.00- 18.00

6. Taman Kenten Resto & Cafe

Taman Kenten Resto & Cafe 

Ritual buka puasa bersama di luar rumah rupanya sudah menjadi kebiasaan masyarakat kita ya? tujuannya adalah untuk mempererat silahurahmi. Nah, supaya acara buka puasa kamu makin erat dan nyaman untuk semua jangan sampai salah memilih tempat untuk berbuka puasa nanti ya.

Taman Kenten Resto & Cafe wajib untuk kamu masukan ke dalam daftar tempat tujuan buka puasa bersama nanti nih. Banyak hal menarik dari resto ini seperti tempatnya yang luas terbagi indoo dan outdoor, live music dan khusus bulan puasa ada paket makanan dan takjil. Tertarik?

  • Alamat: Jl. AKBP Cek Agus No.3, 8 Ilir, Kec. Ilir Tim. II, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30163
  • Jam buka: 10.00-23.00
  • No. telp: (0711) 714337

7. RM Pindang Meranjat Ibu Ucha

RM Pindang Meranjat Ibu Ucha

* sumber: www.goodindonesianfood.com

Palembang memang dikenal sebagai kota yang sangat pandai mengolah hidangan ikan. Pindang ikan adalah salah satu hidangan favorit yang harus kamu cicipi ketika berada di Palembang. RM Pindang Meranjat Ibu Ucha adalah salah satu tempat pindang ikan terenak di Palembang.

Tidak hanya itu saja, pepes tempoyak di rumah makan ini juga menjadi salah satu favorit yang paling banyak dipesan pengunjung. Jika kamu datang kemari jangan lupa memesan pindang ikan patin karena kuahnya terasa asam, manis, pedas, dan gurih sehingga sangat nikmat jika disantap bersama nasi putih hangat.

  • Alamat: Lorok Pakjo, Ilir Barat I, Palembang City, South Sumatra
  • No. telp: (0711) 374201

8. Kedai Tokopi Pai Li Bang

Kedai Tokopi Pai Li Bang

Yang satu ini adalah tempat buka puasa di Palembang dengan suasana yang nyaman. Kedai Tokopi Pai Li Bang adalah tempat nongkrong yang asyik banget di Palembang. Selain suasananya yang cozy, tempat makan ini juga menawarkan hidangan yang enak.

Tempat ini memang didominasi dengan menu makanan Asia khas kopitiam pada umumnya. Minuman yang dijual di sini juga sangat segar untuk berbuka puasa, seperti es teh tarik misalnya.

  • Alamat: Jl. Veteran No.999, 9 Ilir, Kec. Ilir Tim. II, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30111
  • Jam buka: 07.00-23.00

9. Kedai Tiga Nyonya

Kedai Tiga Nyonya

* sumber: suzannita.com

Restoran franchise yang juga memiliki beberapa cabang di kota lain ini memadukan tiga unsur budaya di dalamnya, yakni Indonesia, Belanda, dan Tionghoa. Kedai Tiga Nyonya menempati bangunan kayu ala vintage yang dilengkapi dengan perabotan antik.

Hidangan yang ditawarkan di restoran ini sangat variatif dan lezat. Menu yang paling banyak dipesan adalah Papeda, Nasi Goreng Kambing, Laksa, Asam-asam Iga, Gado-gado, dan Ayam Panggang.

Banyaknya pilihan menu yang tersedia di sini membuat Kedai Tiga Nyonya cocok dijadikan tempat bukber karena dapat memenuhi selera masing-masing orang. Lokasi Kedai Tiga Nyonya berada di Jalan Supeno No. 6A, Palembang.

10. Uncle K

Uncle K

Berada di dalam Mall, Uncle K cocok untuk menjadi tujuan buka puasa bersama nanti. Menu yang disajikan di sini cukup beragam, mulai dari cemilan, makanan berat seperti nasi atau mie, hingga dessert.

Restoran yang memiliki cita rasa melayu ini dibanderol dengan harga yang nggak masih aman untuk kantong. Untuk kita pastinya makanan yang ditawarkan di sini memiliki rasa yang nggak asing lagi di mulut. Penasaran?

Alamat: Jl. POM IX, Lorok Pakjo, Kec. Ilir Bar. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 31352

Jam buka: 10.00-22.00

Sudah menentukan tempat buka puasa? Jika belum, 10 tempat buka puasa di Palembang ini bisa menjadi pilihan yang menarik untuk dikunjungi. Punya saran lain? Tuliskan di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *