Inilah 10 Tempat Bungee Jumping Tertinggi di Dunia

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 29 Juli 2021

Untuk para adrenaline junkie, bungee jumping adalah salah satu jenis aktivitas yang dapat memuaskan dahaga mereka untuk memacu adrenalin.

Aktivitas ekstrem ini melibatkan orang untuk melompat dari tempat yang tinggi setelah sebelumnya menggunakan pengaman terlebih dahulu. Ketika tali pengikat kaki dijatuhkan dan meluncur ke bawah, mereka akan mendapatkan sensasi yang luar biasa. 

Petualangan seru ini sudah banyak dilakukan di banyak negeri dan di beragam tempat, seperti jembatan, bendungan, gedung, dan banyak lagi. Bungee jumping tidak mengharuskan pesertanya untuk secara fisik bugar atau sporty. Jika kamu tertarik untuk bungee jumping, berikut adalah deretan tempat bungee jumping tertinggi di dunia yang bisa kamu coba!

1. Royal Gorge Bridge

  • Alamat: 4218 Co Rd 3A, Cañon City, CO 81212, Amerika Serikat
  • Jam buka: 10.00 – 19.00
  • Telepon: +1 719-275-7507

Lokasi bungee jumping tertinggi di dunia berada di negara Amerika Serikat, tepatnya di Royal Gorge Bridge yang memiliki ketinggian sekitar 321 meter. Ini adalah tempat impian tempat favorit untuk pecinta petualangan semacam ini sekarang.

Jembatan ini berada di daerah Colorado, Amerika Serikat. Sampai tahun 2001, selama kurang lebih 50 tahun, jembatan ini merupakan jembatan tertinggi di dunia. Sampai sekarang, jembatan ini masih menjadi jembatan tertinggi di negara Amerika Serikat.

Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan bungee jumping dari ketinggian lebih 321 meter ke jurang di bawah dan terjun bebas yaitu sekitar lima detik.

Akan tetapi, sekarang tempat bungee jumping ini tidak terbuka untuk umum tapi masih bisa jadi tempat bungee jumping tertinggi di dunia sampai sekarang. Amerika Serikat merupakan negara terbesar ketiga di dunia yang mempunyai spot bungee jumping tertinggi di dunia.

2. Macau Tower

  • Alamat: Largo da Torre de Macau
  • Jam buka: Senin – Jumat 11.00 – 19.00 & Sabtu – Minggu 11.00 – 20.00
  • Telepon: 853-28933339
  • HTM: Bungy Jump (termasuk e-Sertifikat dan tiket menara) $2,888, Paket lengkap (termasuk Bungy Jump, e-Certificate, Video + Foto, tiket masuk menara) $3,488

Bergeser ke daerah Benua Asia, ada tempat bungee jumping tertinggi di dunia yang terletak di daerah Macau. Letak tepatnya yaitu di Macau Tower atau Menara Macau. Menara ini sudah diakui sebagai salah satu tempat bungee jumping tertinggi di dunia.

Ini merupakan sebuah landmark arsitektur setinggi 338 meter. Sementara menara "skyjump" yang ditambatkan memiliki ketinggian sekitar 233 meter.

Bapak bungee jumping kontemporer, AJ Hackett, melakukan bungee jumping dari tepi luar area tersebut yang beberapa tahun terakhir sudah diakui dalam sebagai skyjump komersial tertinggi di dunia.

Secara rutin tempat ini digunakan sebagai spot untuk acara pementasan bungee jumping. Mungkin kamu ingat Running Man, variety show dari Korea Selatan ini pernah melakukan bungee jumping di sini. Ada Han Hye Jin, Song Ji Hyo, dan Lee Dong Wook yang terjun dari Menara tersebut.

Menara Macau memenuhi harapan untuk urusan ketinggian sehingga menjadi spot yang menarik perhatian Hackett dan artis populer Edison Chen. Keduanya memecahkan dua Guinness World Records.

Bagi Hackett, bungee jumping yang dilakukannya ini jadi lebih penting karena dia memecahkan Rekor Guinness-nya sendiri untuk "Bungee Jumping Tertinggi dari Gedung" yang dicapai di tahun 1987 dari Menara Eiffel. Ini menjadikan Menara Macau sebagai leader yang tak terbantahkan di dunia untuk olahraga petualangan yang mendebarkan ini.

3. Contra Dam

  • Alamat: Via Valle Verzasca, 6596 Gordola, Swiss
  • Telepon: +41 91 759 77 44
  • HTM: mulai dari CHF 175.00

Berada di urutan ketiga adalah Contra Dam. Lokasi ini merupakan tempat bungee jumping tertinggi di dunia yang berada di negara Swiss. Film Bond, Golden Eye, yang dirilis tahun 1995 menjadikan tempat ini lokasi syutingnya sehingga menjadi terkenal dan sejak itu.

Contra Dam hingga sekarang menjadi salah satu tujuan bungee jumping paling terkenal di dunia. Ketinggiannya mencapai sekitar 220 meter. Dalam adegan film Bond, Pierce Brosnan melakukan lompatan langsung ke bawah di sepanjang dinding bendungan.

Mereka yang ingin merasakan sensasi yang sama bisa datang dan mencoba di sini. Bisa juga mencoba night bungee jumping yang dilakukan malam hari. Ini adalah sebuah petualangan yang memberi para pelompat kesempatan untuk terjun langsung ke kegelapan yang sesungguhnya.

Saat ini lokasi bungee ini disewakan kepada Tim Trekking yang menawarkan beragam jenis bungee jumping dengan perlengkapan terbaik. Swiss yang menjadi lokasi bungee jumping ini merupakan negara yang menempati urutan teratas dalam daftar negara paling bahagia di dunia.

4. Bloukrans Bridge

  • Alamat: Eastern Cape, Western Cape
  • Jam buka: setiap hari antara jam 9:00 dan 17:00. Disarankan agar memesan jauh-jauh hari untuk memastikan tempat bungee jumping, terutama saat peak season (Desember-Januari).
  • Telepon: Face Adrenalin +27 (0)42 281 1458 (booking office) dan +27 (0)71 248 5959 (Bloukrans)
  • HTM: 850 Rand (US$54) jika booking di awal, 890 Rand (US$57) jika bayar di tempat

Pindah ke daerah Benua Afrika, ada Bloukrans Bridge yang menjadi salah satu tempat bungee jumping tertinggi di dunia. Jembatan ini panjangnya 451 meter dan tingginya sekitar 216 meter. Jembatan Bloukrans adalah jembatan lengkung yang menakjubkan yang memiliki kehebatan teknik pembuatan yang luar biasa.

Jembatan ini tempat yang bagus untuk mencoba bungee jumping. Bloukrans Bridge menghubungkan perbatasan antara Eastern Cape dengan Western Cape, yaitu dua provinsi yang bertetangga di pantai selatan Afrika Selatan.

Lokasi bungee jumping ini jaraknya hanya sekitar 30 km dari tempat resor pantai yang populer di Teluk Plettenberg.  Dari kota Port Elizabeth jaraknya hanya kurang dari dua jam berkendara.

Tempat memacu adrenalin yang fantastis ini berada di Garden Route Afrika Selatan yang terkenal di dunia. Berada di Taman Nasional, tempat ini terletak di dalam bentangan 300 km dari garis pantai yang menakjubkan.

Untuk melakukan bungee jumping, pelompat harus berada di tengah jalur pejalan kaki. Di atasnya terdapat jembatan khusus kendaraan utama. Yang harus dilakukan adalan bersiap menunggu giliran untuk mengalami sensasi luar biasa dengan melakukan bungee jumping di sini.

Jembatan dengan pemandangan Sungai Bloukrans yang indah ini mengambil namanya dari sungai tersebut serta dari Samudra Hindia di dekatnya juga deretan tanaman hijau di sekitar sisi lembah yang dalam.

5. Rio Grande Bridge

  • Alamat: New Mexico 87529, Amerika Serikat
  • Telepon: +1 575-758-8851
  • HTM: $350 per orang

Selain beberapa jembatan yang sudah disebutkan di atas, masih ada jembatan lain yang juga menjadi tempat bungee jumping tertinggi di dunia, yaitu Rio Grande Bridge. Berlokasi di Amerika Serikat, tinggi jembatan ini sekitar 206 meter.

Jembatan Rio Grande Gorge yang berada di urutan ke-5 ini memberikan pengalaman bungee jumping yang cukup khas. Tempat ini tidak memiliki platform bungee permanen, tapi tak bisa menahan orang-orang yang antusias untuk mencoba bungee jumping di sini.

Para penyuka bungee jumping ini hanya bisa mencoba pengalaman penting yang luar biasa ini setahun sekali. Sungguh ini adalah tempat yang tidak boleh dilewatkan oleh mereka para penyuka petualangan yang memuaskan adrenalin mereka.

6. Europabrücke

  • Alamat: Brennerautobahn, 6143 Schönberg im Stubaital, Austria
  • HTM: mulai dari £145,86

Dikenal sebagai European Bridge atau Jembatan Eropa, tempat bungee jumping tertinggi di dunia ini memiliki panjang sekitar 777 meter. Jembatan ini dibuka pada tahun 1964 dan merupakan tempat untuk pengalaman bungee jumping yang luar biasa.

Membentang di Lembah Wipp, jembatan yang memiliki pemandangan yang tak boleh dilewatkan ini jaraknya sekitar 15 menit berkendara ke arah selatan kota resor olahraga musim dingin Austria, Innsbruck.

Rupert Hirner, pada tahun 1993, berani melakukan bungee jumping pertama kalinya di tempat yang mengesankan ini. Lima tahun sesudahnya, bungee jumping pertama resmi diizinkan di jembatan ini dan sudah ribuan penyuka bungee jumping yang melompat dari tempat ini sejak 2002.

Jika ingin merasakan melompat dari ketinggian sekitar 192 meter dengan kecepatan mencapai 120 km/jam ketika terjun bebas, Europabrücke adalah tempat yang tepat.

Ini adalah tempat yang fantastis dengan pemandangan yang menakjubkan dari Pegunungan Alpen Tyrolean di sekitarnya dan Sungai Sill di bawahnya. Tentu saja sangat layak untuk mencoba olahraga yang mengasyikkan tersebut di sini.

7. Niouc Bridge

  • Alamat: Niouc, Valais, Swiss
  • HTM: sekitar 210 CHF / £169

Jembatan gantung tertinggi di dunia ini berada di Swiss dan ketinggiannya sekitar 190 meter. Niouc Bridge menghadirkan sisi liar Eropa. Melakukan bungee jumping dari jembatan gantung tertinggi di dunia ini adalah pengalaman unik sekaligus menegangkan.

Keseruannya menjadi semakin tinggi karena jembatannya sendiri agak goyah dikarenakan arsitekturnya. Pemandangan saat pelompat jatuh dari ketinggian sekitar 190 meter ini sangat menakjubkan. 

Bungee jumping di sini masuk ke dalam daftar wajib para penyuka aktivitas berbau adrenalin. Ini karena perairan biru dan pegunungan yang rimbun di kedua sisi memberikan kesan yang luar biasa saat lompat.

8. Artuby Bridge

  • Alamat: D71, 83630 Trigance, Prancis
  • HTM: mulai € 95/orang

Berada di Prancis, Artuby Bridge merupakan mahakarya arsitektur Eropa. Tempat bungee jumping tertinggi di dunia ini memiliki ketinggian sekitar 182 meter.

Bertengger di antara tebing Sungai Artuby di Prancis, jembatan yang dibuat tahun 1940-an ini memberikan pengalaman bungee jumping yang membuat pelompat melayang sejenak ke dalam ngarai. Tentunya ini memuaskan adrenalin penyuka bungee jumping.

9. Kolnbrein Dam

  • Alamat: Brandstatt 36, 9854 Brandstatt, Austria
  • Jam buka: 24 jam (untuk dam bukan untuk aktivitas bungee jumping)
  • Telepon: +43 50 3133 9363
  • HTM: mulai dari €159

Bendungan Kolnbrein yang berada di Austria ini memiliki ketinggian sekitar 169 meter. Sebuah bendungan lengkung di Austria ini merupakan tempat bungee jumping tertinggi di negara itu.

Yang membuat terjun bebas dari bendungan menjadi lebih istimewa adalah bungee jumping di sini merupakan fenomena tahunan eksklusif. Para penyuka petualangan ini berkesempatan mewujudkan impian terliar mereka di Bungee Jumping Weekend tiap tahunnya.

Jembatan ini merupakan spot bungee jumping yang didambakan semenjak 2010 saat “skywalk” yang sebenarnya merupakan sebuat jembatan kantilever berbentuk tapal kuda, dipasang di atas bendungan untuk pengunjung.

Melakukan bungee jumping di bendungan Kolnbrein memberikan pengalaman spektakuler untuk menjadi bagian dari setidaknya pengalaman sekali seumur hidup.

10. Vidraru Dam

  • Alamat: Comuna, Rumania
  • Jam buka: 24 jam (jam buka dam)

Memiliki ketinggian sekitar 166 meter, Bendungan Vidraru yang berada di Rumania bertengger di posisi ke-10 dalam daftar tempat bungee jumping tertinggi di dunia. Bendungan Vidraru terletak di Pegunungan Carpathian Selatan dengan pemandangan yang menakjubkan.

Datanglah ke sini untuk merasakan sensasi yang tiada duanya. Bendungan yang dibuka pada tahun 1966 ini memanfaatkan tenaga hidroelektrik dalam jumlah yang luar biasa dan merupakan alasan untuk pembuatan Danau Vidraru buatan yang dibuat di Sungai Arges.

Tempat-tempat ini memang memiliki ketinggian yang luar biasa. Diperlukan keberanian yang ekstra untuk melompat di tempat bungee jumping tertinggi di dunia ini. Namun bagi para penyuka petualangan ektrem ini, tampaknya ketinggian bukanlah suatu hal yang menakutkan.

Apakah kamu termasuk orang yang senang dengan tantangan? Mungkin kamu bisa mencoba untuk bungee jumping di salah satu tempat berikut ini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram