Keluyuran / Wisata Bali / 10 Tempat Camping di Bali yang Luar Biasa Mempesona

10 Tempat Camping di Bali yang Luar Biasa Mempesona

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 Juni 2019

Mau liburan di Bali dengan budget yang murah? Mungkin Anda bisa mencoba untuk camping di beberapa tempat yang berada di Bali. Pasalnya, sejumlah tempat keren di Bali ini bisa dipergunakan untuk camping tanpa perlu membayar biaya yang mahal seperti Anda menyewa penginapan atau hotel.

Tak perlu diragukan lagi, 10 tempat camping di Bali ini memiliki panorama yang luar biasa mempesona. Mau tempat kemah di tepi pantai, danau, atau di kawasan perbukitan semuanya tersedia di Bali! Yuk, simak daftar tempat camping Bali yang akan Keluyuran review di sini.

10 Tempat Camping di Bali

1. Danau Buyan

Danau Buyan Tempat Camping di Bali

Danau Buyan adalah tempat camping di Bali yang sudah menjadi langganan bagi para wisatawan sejak lama. Trek untuk mencapai danau ini juga tidak sulit, sehingga banyak wisatawan yang tertarik datang kemari. Setiap akhir pekan atau hari libur banyak wisatawan yang mendirikan tenda di spot yang tersedia di tepi danau.

Udara yang sejuk dan panorama danau yang tenang dan asri akan membuat kita semakin betah menghabiskan waktu di sini. Anda tak perlu takut camping di sini karena tempat camping di Danau Buyan ini cukup ramai dan jauh dari kesan angker.

2. Pantai Gunung Payung

Pantai Gunung Payung

Bila Anda tidak suka berkemah di tempat yang terlalu ramai seperti Danau Buyan, Anda dapat memilih Pantai Gunung Payung. Ini adalah salah satu hidden paradise di Bali yang menawarkan panorama pantai pasir putih dengan air berwarna biru jernih. Lokasi Pantai Gunung Payung ada di Desa Kutuh, Kuta Selatan, Bali.

Di sebelah kiri pantai ini juga terdapat Pura Gunung Payung yang biasa dipakai untuk beribadah oleh masyarakat setempat. Pantai ini masih tergolong sepi karena tidak ada hotel, villa, atau pedagang kaki limat di sekitarnya. Jadi, ini adalah tempat camping yang cocok untuk Anda yang mencari ketenangan.

3. Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies

* sumber: nusapenida.id

Bukan hanya Gunung Bromo saja yang memiliki Bukit Teletubbies, Nusa Penida – Bali juga memiliki bukit yang tampilannya sama dengan bukit tempat tinggal teletubbies, karakter yang disukai oleh anak-anak. Ini adalah kawasan perbukitan kecil yang rumputnya hijau sehingga terlihat begitu asri.

Bila Anda tertarik untuk menghabiskan waktu di sini, Anda dapat membuka tenda dan bermalam di bukit ini. Datanglah kemari pada musim hujan jika Anda ingin mendapatkan view berupa perbukitan hijau yang menyegarkan mata. Pasalnya, di musim kemarau biasanya rumputnya lebih terlihat gersang.

4. Karang Boma

Karang Boma

Sensai berkemah di pinggir tebing memang lebih mendebarkan. Tebing Karang Boma adalah spot berkemah yang tepat bagi Anda yang ingin merasakan sensasi menantang berkemah tepat di sebelah tebing. Tempat camping di Bali ini sebenarnya tidak terlalu jauh dari Pura Uluwatu.

Pemandangan matahari terbenam dari atas tebing ini begitu mempesona dan terlihat natural. Di sekitar tebing ini banyak potongan kayu yang bisa dikumpulkan untuk membuat api unggun. Suara deburan ombak yang menghantam tebing akan terdengar jelas dan mengiringi malam Anda saat berkemah di Karang Boma.

5. Pantai Nyang-nyang

Pantai Nyang-nyang

* sumber: mardiulises.blogspot.co.id

Tak jauh dari Karang Boma adalah hidden heaven yang tidak banyak dikunjungi oleh wisatawan, yakni Pantai Nyang-nyang. Mengingat pantai ini masih belum terlalu ramai dikunjungi wisatawan, maka Anda akan serasa seperti berada di private beach.

Di sini, Anda bebas mendirikan tenda di atas pasir putih atau daratan pantai yang ditumbuhi rumput hijau. Di sekitar pantai ini juga terdapat kayu yang bisa dipakai untuk membuat api unggun atau sekedar memanggang marshmallow. Kapan lagi Anda bisa camping di pantai cantik yang tidak terlalu ramai seperti Pantai Nyang-nyang ini?

6. Bukit Asah Karangasem

Bukit Asah Karangasem

* sumber: ulinulin.com

Meskipun ada begitu banyak tempat camping yang nyaman, Bukit Asah Karangasem adalah spot berkemah favorit karena dari atas bukit yang kecil ini kita bisa menikmati pemandangan laut biru yang jernih nan luas.

Di bukit yang cukup terawat ini, Anda bisa berkemah sambil menikmati suasana tenang di atas bukit sambil melihat ke lautan biru yang menyegarkan mata. Apalagi jika Anda duduk-duduk santai sambil menikmati hembusan angin tenang di atas bukit ini.

7. Kebun Eka Raya Bedugul

Kebun Eka Raya Bedugul

* sumber: punapibali.com

Tidak semua orang suka berkemah di tempat baru yang masih cenderung sepi. Ketika Anda berkemah dengan mengajak anak-anak, Anda tentu akan mencari tempat yang aman dan nyaman. Kebun Eka Raya Bedugul adalah tempat camping di Bali yang aman karena tempat ini sering dijadikan sebagai tempat outbound atau pelatihan karyawan.

Cuaca yang sejuk di sekitar kebun raya ini membuat siapa saja lebih mudah mengantuk dan ingin bersantai-santai. Anak-anak juga bisa bemain dengan bebas sambil mengenal spesies tumbuhan yang ditanam di Kebun Eka Raya Bedugul ini.

8. Toya Devasya

Toya Devasya

* sumber: www.mybalikintamani.com

Toya Devasya adalah tempat camping yang memberikan fasilitas cukup mewah. Ini adalah tempat camping berbayar bagi Anda yang ingin mendapatkan keamanan dan kenyamanan saat berkemah. Tempat ini menawarkan pengalaman camping dengan panorama pegunungan dan danau. Pokoknya panorama di tempat ini tidak akan mengecewakan.

Fasilitas yang Anda peroleh juga terbilang mewah sekelas dengan resor. Di sini, Anda dapat melakukan aktivitas hiking, kano, sampai dengan bersepeda. Lokasi Toya Devasya ini berada di kawasan Toya Bungkah, Kintamani.

9. Bukit Cemara

Bukit Cemara

* sumber: avonture-experience.com

Satu lagi spot berkemah yang berada di kawasan perbukitan, yakni Bukit Cemara. Tempat ini berada di Jungutan, Karangasem. Lokasinya sendiri tidak terlalu jauh dari Bukit Asah Karangasem. Dari bukit ini kita bisa menikmati pemandangan Gunung Agung yang cukup jelas.

Pada akhir pekan, Bukit Cemara ini cukup ramai dikunjungi oleh sejumlah wisatawan yang ingin berkemah. Area perbukitan ini cukup luas maka Anda tidak perlu khawatir tidak kebagian tempat mendirikan tenda. Nikmati suasana berkemah di pegunungan dengan udara yang sejuk hanya di Bukit Cemara.

10. Pantai Serangan

Pantai Serangan

* sumber: punapibali.com

Pulau Serangan yang masih masuk dalam wilayah Bali ini merupakan tempat penangkaran penyu. Di pulau ini juga terdapat pantai yang cocok dijadikan tempat untuk berkemah. Lokasi pulau ini sendiri sebenarnya sangat terpencil dan letaknya di sebelah selatan Pantai Sanur.

Akan tetapi, Pantai Serangan ini sangat cocok bagi Anda yang mau berkemah di tempat yang tidak terlalu ramai, tapi juga tidak terlalu sepi. Pulau Serangan sendiri adalah pulau yang berpenghuni, sehingga Anda tak perlu khawatir tersesat di pulau yang terpencil.

10 tempat camping di Bali ini memiliki pesonanya masing-masing. Kini, saatnya Anda memilih ingin berkemah di tepi pantai, kawasan perbukitan, atau di dekat pegunungan. Jika Anda memiliki pengalaman berkemah di salah satu tempat di atas, tuliskan pengalaman Anda di kolom komentar. Anda pun bisa berbagi rekomendasi tempat camping lain yang ada di Bali untuk referensi bagi pembaca lain.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

6 pemikiran pada “10 Tempat Camping di Bali yang Luar Biasa Mempesona”

  1. Mbak Linda,
    Thanks artikelnya manarik..
    maaf, setau saya bukit Cemara itu viewnya gunung Agung, bukan gunung Batur..

    • Terima kasih sudah membaca dan bersedia untuk mengoreksi artikel ini. Kami akan segera mengubah artikelnya 🙂

  2. Yg terdekat dr denpasar (ato d dalam denpasar , yg mn ya ? ) trims . Rencana pingin camp tp d denpasar

    • Anda bisa camp di Pulau Serangan yang letaknya ada di Denpasar Selatan Bali. Semoga membantu. Terima kasih.

  3. Mohon di kirimkan proposal untuk kemping 2 hari 1 malam

    • Silakan hubungi tempat terkait ya. Terima kasih.

Tinggalkan komentar