10 Rekomendasi Tempat Camping di Bogor yang Asyik

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apa aktivitas yang cocok dilakukan saat berada di Bogor? Jalan-jalan ke Puncak mungkin sudah biasa. Menginap di villa juga tampaknya sudah menjadi rutinitas setiap hari libur. Nah, bagaimana jika camping atau berkemah? kamu tak perlu berkemah di gunung, karena di Bogor banyak tersedia bumi perkemahan atau tempat khusus untuk berkemah, mulai dari yang murah hingga perkemahan eksklusif setaraf hotel. Jadi, kamu bisa camping dengan aman dan nyaman.

Camping bukan hanya kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga atau sahabat saja, lho. Mungkin kamu memiliki komunitas atau organisasi tertentu, maka kamu bisa mengajak teman-teman se-komunitas untuk rekreasi camping bersama. Berikut ini Keluyuran akan memberi daftar tempat camping di Bogor dan sekitarnya.

1. Mongolian Camp – Highland Park Resort

Mongolian Camp

Nah, terakhir ada sebuah kawasan perkemahan yang lain dari yang lain. Adalah Mongolian Camp, yang merupakan sebuah penginapan setaraf hotel yang bentuknya menyerupai tenda-tenda khas Mongolia. Tempat unik yang berada di Highland Park Resort ini sangat cocok bagi kamu yang sedang mencari tempat camping keluarga di area Bogor. Nah, tertarik untuk bermalam di perkemahan eksklusif yang satu ini?

  • Alamat: Jl. Curug Nangka Sinarwangi, Sukajadi, Kec. Tamansari, Bogor, Jawa Barat 16610
  • Nomor telepon: 0855-8132-999

2. Melrimba Garden

Melrimba Garden

Melrimba Garden adalah salah satu tempat camping di Bogor yang menjadi satu dengan objek wisata. Daya tarik utama yang ditawarkan di Melrimba Garden ini adalah berbagai jenis bunga berwarna-warni yang tampak sangat cantik. Di sekitar tempat wisata ini juga banyak pohon-pohon pinus yang menjual tinggi dan kokoh.

Ketika berada di sini, kamu pun akan mendengar suara kicauan burung yang semakin membuat kita merasa berada lebih dekat dengan alam. Di bagian tengah taman bisa dijadikan sebagai tempat pesta atau camping. Sembari camping di Melrimba Garden, kamu pun bisa bermain wahana outbound, memetik buah stroberi, dan masih banyak lagi.

  • Alamat:  Jl. Puncak KM 87, Tugu, Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16750
  • Nomor telepon: (0263) 523204

3. Camp Hulu Cai

Camp Hulu Cai

Camp Hulu Cai adalah sebuah kawasan outbound dan perkemahan yang eksklusif. Tempat ini sering dipakai untuk pelatihan mahasiswa, karyawan, sampai dengan anggota organisasi tertentu.

Di tempat camping di Bogor yang cukup terkenal ini terdapat 6 titik perkemahan dengan kapasitas mencapai 1.200 pengunjung. Kegiatan yang disuguhkan untuk pengunjung tempat camping ini antara lain adalah api unggun, team building, dan senam massal.

  • Alamat: Jl. Veteran III, Cibedug, Kec. Ciawi, Bogor, Jawa Barat 16720
  • Nomor telepon: 0822-1119-7774

4. Bumi Perkemahan Mandalawangi

Bumi Perkemahan Mandalawangi tempat camping di bogor

Berbeda dengan Kampoeng Awan yang sudah menyediakan tenda dome lengkap dengan perlengkapan tidurnya, di Bumi Perkemahan Mandalawangi kamu harus membawa dan memasang tenda sendiri. Kamu juga harus mencari tempat kosong sendiri di sini, karena ada pula tenda-tenda dari pengunjung lainnya yang sudah didirikan lebih awal.

Tarif menginap di tempat ini sangat murah, yakni sekitar Rp 25.000 – 30.000 saja. Lokasi Bumi Perkemahan Mandalawangi berada di hutan cemara yang rimbun, sehingga udara di sini terasa sejuk. Tempat camping di kawasan Cibodas ini cocok untuk melakukan kegiatan berkemah bersama keluarga atau sahabat.

  • Alamat: Jl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Kec. Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253
  • Nomor telepon: 0815-6355-7634

5. Gunung Geulis Camp Area

Gunung Geulis Camp Area

Sedang mencari tempat camping di Bogor yang nyaman dan recommended? Gunung Geulis Camp Area mesti kamu coba nih. Kalau kamu ingin camping dengan nyaman tanpa ribet, Gunung Geulis Camp Area sudah memiliki fasilitas dan program-program seru yang bisa diikuti.

Selain camping, kamu bisa memilih program yang sudah disediakan seperti Team Building, Family Gathering, Employee Gathering, Outbound, Outing, Adventure Camp dan masih banyak lainnya. Kelebihan lainnya adalah areanya luas, bersih dan banyak pepohonan yang mendukung kegiatan kamu agar lebih seru dan nyaman.

  • Alamat: Jl.Bukit Pelangi, Desa No.2, Gn. Geulis, Kec. Sukaraja, Bogor, Jawa Barat 16710
  • Nomor telepon: (0251) 8292930

6. Sukamantri Camping Ground

Sukamantri Camping Ground 

* sumber: www.jalanbareng.com

Ingin merasakan sensasi camping diantara rimbunnya pepohonan dan segarnya hawa pegunungan? Sukamantri Camping Ground adalah tempat yang tepat untuk mendapatkan semua pengalaman ini. Kalau kamu datang untuk acara gathering perusahaan, komunitas atau acara dari sekolah, kamu bisa menghubungi pihak Sukamantri Camping Ground untuk mengemas acara agar lebih seru dan menarik.

Tapi kalau kamu datang dengan jumlah sedikit, kamu juga bisa kok tetap menikmati Sukamantari Camping Ground dengan pemandangannya yang indah diantara pohon-pohon pinus. Areanya bersih, aman dan ada warung di sekitar yang menjual makanan dan minuman.

  • Alamat: Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Tamansari, Bogor, Jawa Barat 16610
  • Nomor telepon: 0858-8392-3203

7. D’Jungle Private Camp

D’Jungle Private Camp

Mau berkemah dengan rombongan dalam jumlah banyak? D’Jungle Private Camp adalah tempat yang cocok untuk memenuhi kebutuhan kamu karena kapasitas camp di tempat ini sekitar 500 orang.

Kontur tanah di tempat ini relatif datar, sehingga kamu akan merasa nyaman kala bermalam di camping yang tersedia di D’Jungle Private Camp ini. Pemandangan Bukit Rajawali juga bisa kamu nikmati dari camp ini. Ada pula perkemahan di tepi sungai dengan kontur tanah yang lebih menantang.

  • Alamat: Desa Batulayang, Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16750
  • Nomor telepon: (021) 6256432

8. Sentul Pine Forest

Di Sentul Pine Forest atau Hutan Pinus Sentul ini terdapat beberapa area yang bisa dinikmati pengunjung seperti area oubound, bersepeda, hiking, hinga berkemah. Nah, untuk kamu yang ingin camping di sini perorangan baik grup, kamu bisa menikmati kemah di antara pepohonan pinus dengan udara yang masih segar.

Camping ground di Hutan Pinus Sentul ini dirawat dengan baik sehingga kebersihan dan keamanan terjaga. Dikarenakan pemandangan hutan pinusnya yang sangat indah, tak jarang tempat ini menjadi tempat untuk berfoto selfie hingga foro prewedding.

  • Alamat: Jl. Ke Karang Tengah, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810
  • Nomor telepon: 0857-8033-1638

9. Kampoeng Awan

Kampoeng Awan

* sumber: www.acktionoutbound.com

Ingin merasakan pengalaman berkemah di tempat terbuka, tapi kamu belum siap jika harus berkemah di gunung? Tak masalah, karena kamu bisa berkemah di tempat camping di Bogor yang satu ini, Kampoeng Awan.

Tempat berkemah yang ada di kawasan Mega Mendung, Bogor, ini menawarkan tenda dome yang sudah dilengkapi dengan sleeping bag, kasur, dan bantal. Selain itu, ada pula 20 kamar mandi berupa pancuran dari bambu. Kamu akan merasakan pengalaman berkemah yang nyaman di Kampoeng Awan ini.

  • Alamat: Jalan Mega Mendung, Sirnagalih, Megamendung, Bogor, Jawa Barat 16128
  • Nomor telepon: (021) 7811710

10. Griya Sawah Lega

Griya Sawah Lega

* sumber: griyasawahlega.info

Pada tulisan sebelumnya, Keluyuran juga sempat merekomendasikan Griya Sawah Lega sebagai salah satu tempat outbound di Bogor yang sangat recommended. Ya, di Griya Sawah Lega kamu juga bisa berkemah. Karena di tempat ini ada 6 jenis penginapan, salah satunya camping.

Di arena camping ini ada banyak tenda dome yang dibangun untuk wisatawan yang ingin bermalam dengan suasana berbeda yang lebih menyatu dengan alam. Tenda dome di Griya Sawah Lega telah dilengkapi dengan matras atau sleeping bag. Satu hal yang membuat perkemahan di Griya Sawah Lega ini tampak menarik adalah pemandangan sawah dan gunung yang bisa dinikmati dari tempat kamu berkemah.

Berbagai rekomendasi tempat camping di Bogor ini bisa menjadi solusi bagi kamu yang ingin mencari perkemahan di tempat yang aman dan nyaman. Hampir sebagian besar tempat camping yang kami rekomendasikan ini sudah menyediakan kamar mandi. Jadi, kamu tak perlu khawatir, karena kamu tidak harus mandi di sungai seperti ketika berkemah di gunung.

Artikel Terkait

Baca Juga

10 Responses

  1. Wajib di coba nih kalau pas lagi ke bogor. Ini mirip camping di pekarangan rumah, pada nyaman-nyaman kayaknya.

  2. Yng murah aja ,Citamiang puncak

    1. Terima kasih atas masukannya. 🙂

  3. Terima kasih atas info nya tempat kemah d bogor kapan2 pengen nyobain.

  4. Kak kalau tempat camping yang mudah akses transportasi itu yg mana ya ?
    Tolong rekomendasinya

    1. Mohon maaf, kami belum mempunyai informasi tersebut. Kami sarankan Anda untuk menggunakan Google Maps. Tentukan akan berangkat dari mana kemudian coba mencari rute ke tempat camping yang ada di artikel di atas. Selanjutnya, Anda akan melihat rute jalan yang harus dilalui untuk mencapai tujuan. Dengan begitu, Anda bisa melihat tempat camping mana yang rutenya tidak terlalu rumit dan mudah dituju. Semoga membantu. Terima kasih.

  5. Kalo yg bisa camping bawa mobil/kemping disamping mobil….dimana?

    1. Mohon maaf, kami belum mempunyai info lengkapnya. Kami sarankan Anda menghubungi langsung tempat perkemahan yang ingin dikunjungi.

  6. Active people believe that only by promoting themselves can promote the world, as long as they promote themselves, they can promote the world

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *