5 Tempat Camping di Ciwidey untuk Liburan penuh Kesejukan

Ciwidey merupakan tempat yang dari dulu terkenal akan keindahan alam dan juga kesejukan udaranya. Telah lama daerah Ciwidey juga terkenal sebagai tempat untuk berkemah, terutama daerah Ranca Upas.

Tetapi tak hanya Ranca Upas saja tempat yang dapat dijadikan tempat yang asyik dan juga indah untuk berkemah. Masih ada tempat lainnya yang juga bisa jadi pilihan untuk berkemah.

Kini daerah kabupaten Bandung, terutama daerah Ciwidey, sedang gencar membangun sarana-sarana berkemah, dari berkemah mewah atau glamping sampai tempat berkemah konvensional yang lebih budget friendly.

Berikut ini adalah beberapa tempat di daerah Ciwidey yang dapat digunakan sebagai area berkemah dengan harga yang lebih ramah di kantong.

Baca juga: 18 Rekomendasi Tempat Wisata di Sekitar Soreang dan Ciwidey

1. Bumi Perkemahan Ranca Upas

Bumi Perkemahan Ranca Upas
  • Alamat: Jalan Raya Ciwidey – Patengan No.KM. 11, Patengan, Kec.Rancabali, Kab.Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Telpon: 085221615551
  • HTM Wisata: Rp22.000 s/d Rp44.000
  • HTM Camping: Rp11.000
  • Paket Camping: Rp1500.000 s/d Rp1.150.000

Bumi Perkemahan Ranca Upas merupakan sebuah camping ground yang cukup populer di daerah Bandung. Lokasi bumi perkemahan ini letaknya berada di daerah Bandung Selatan yang dikenal karena alamnya yang asri dan cantik dengan udaranya yang segar dan juga sejuk atau lebih tepatnya dingin.

Bumi perkemahan ini merupakan area perkemahan yang dikelola oleh Perhutani. Rasanya setiap anggota pramuka pastinya kenal dengan bumi perkemahan yang satu ini. Tempatnya memang populer dan cukup luas.

Bahkan Bumi Perkemahan Ranca Upas ini biasa dijadikan tempat untuk kegiatan Jambore tingkat nasional. Tetapi tak hanya sebagai tempat berkemah pramuka, masyarakat umum juga dapat menggunakan area berkemah ini.

Tempat berkemah di Ranca Upas kini telah lebih tertata dengan baik. Area yang biasa digunakan untuk berkemah pramuka adalah Areal Smart Camp Adventure.

Karena cukup luas, maka area perkemahan kini telah dibagi menjadi beberapa blok, di antaranya adalah Blok Puspa, Rasamala. Edelweis, Baros, dan juga Blok Savana. Pengelola juga menyediakan perlengkapan berkemah yang lengkap.

Tak hanya berkemah, di Ranca Upas juga banyak aktivitas yang dapat kamu lakukan. Pengunjung dapat berkegiatan yang berkenaan dengan alam, seperti berinteraksi dengan rusa dalam penangkaran, mandi dengan air hangat, bermain air di waterboom atau juga berwisata di Kampung Cai Ranca Upas sebagai tempat untuk berswafoto.

2. Bumi Perkemahan Ranca Cangkuan PTTK Gambung

Bumi Perkemahan Ranca Cangkuan PTTK Gambung
  • Alamat: Mekarsari, Kec. Pasirjambu, Kab. Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: 09.00 s/d 21.00 WIB
  • Telpon: 0815-7360-0561
  • HTM Camping: Rp12.500
  • Paket Camping: Rp165.000 s/d Rp1.265.000 per tenda

Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang merupakan area berkemah konvensional yang berada dalam pengelolaan dari Agrowisata PPTK Gambung.

Dahulu sebelum menjadi area berkemah seperti sekarang daerah ini memiliki banyak pohon cangkuang yang kini menjadi nama dari camping ground ini. Tempatnya berada di sebuah lembah yang asri yang dialiri oleh sungai yang jernih dan bersih.

Walaupun belum sepopuler Ranca Upas, tempatnya layak untuk kamu coba. Area di Ranca Upas dibagi menjadi tiga buah blok, yaitu blok berumput dan rawa kering, yang berada di bagian atas.

Pada Blok bagian tengah terdapat rumput yang agak datar. Sedangkan untuk blok bagian bawah merupakan tempat yang banyak dijadikan sebagai area untuk berkemah.

Pengelola juga menyediakan tempat penyewaan bagi yang tidak memiliki perlengkapan untuk berkemah sehingga pengunjung tidak perlu membawa semua barang.

Tetapi disarankan untuk membawa jaket yang tebal karena suhu di pagi hari dingin sekali. Tempat berkemahnya yang jauh dari keramaian plus alamnya yang indah menjadikan tempat ini seperti surga tersembunyi.

3. Punceling Pass Camping

Punceling Pass Camping
  • Alamat: Lebakmuncang, Kec. Ciwidey, Kab. Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: 08.00 s/d 17.00 WIB
  • Telpon: 0813-2263-2387
  • HTM Wisata: Rp20.000
  • HTM Camping: Rp25.000
  • Paket Camping: Rp150.000 s/d Rp1.150.000 per tenda

Tempat berkemah yang satu ini berlokasi di Lebakmuncang, tepatnya berada di lereng Gunung Patuha. Di tempat ini pengunjung dapat merasakan berkemah di tengah hutan dan juga menikmati keindahan dari sunrise dan juga sunset di Tebing Keraton yang jadi daya tarik tempat berkemah ini.

Daya tarik lainnya, yaitu keberadaan kolam berendam air hangat alami yang terdapat di kawasan berkemahnya. Area berkemah di Punceling Pass dibagi menjadi beberapa blok, di antaranya adalah blok Camp Pinus, Camp Kadamia, dan blok Camp Puncak.

Di tempat ini pengunjung juga dapat memarkirkan kendaraannya di dekat tenda. Selain itu, jika pengunjung tidak memiliki peralatan berkemah, pengelola menyediakan semua keperluan berkemah yang cukup lengkap.

Fasilitas yang terdapat di Punceling Pass juga lumayan memadai. Tempatnya dilengkapi dengan tempat pemandian air panas dan juga kolam untuk berendam dengan air panas alami.

Selain itu juga ada Onsen Punceling Pass yang letaknya di tempat terbuka yang asyik untuk berendam dengan memandang alam sekitar.

4. Bale Bambu Adventure Ciwidey

Bale Bambu Adventure Ciwidey
  • Alamat: Jl. Raya Ciwidey Soreang KM 23 Desa Sukajadi Kec. Soreang, Kab. Bandung Jawa Barat
  • Jam Operasional: 08.00 – 20.00 WIB
  • Telepon: 0813-2171-3395
  • Paket Camping: Rp200.000

Bale Bambu merupakan sebuah tempat wisata yang tak hanya menyajikan tempat berkemah saja, tetapi tempatnya yang pas untuk orang yang senang dengan kegiatan petualangan.

Di sini pengunjung dapat mengeksplorasi daerah Ciwidey dengan kegiatan outbound yang menjadi bagian paket yang ditawarkan tempat ini.

Bale Bambu memiliki area berkemah yang cukup luas dan dipadu dengan keindahan alam pegunungan yang sejuk serta sungai.

Tempat camping ini lebih menitikberatkan pada kegiatan petualangannya, seperti arung jeram, paintball, dan juga kegiatan offroad-nya. Tempatnya pas untuk penyuka kegiatan yang memacu adrenalin.

5. Patuha Pinus Land

Patuha Pinus LandSumber: youtube.com
  • Alamat: Sugihmukti, Kec. Pasirjambu, Kab. Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: 09.00 s/d 15.00 WIB
  • Telepon: 0813-2171-3395
  • HTM: Rp10.000
  • HTM Camping: Rp20.000

Patuha Pinus Land merupakan sebuah tempat wisata alam yang berada dalam kawasan hutan alam yang berada di ketinggian 1.200 mdpl.

Tempatnya terbilang cukup baru, baru dibuka pada bulan Maret tahun 2020. Kawasan hutan pinus memiliki suasana yang indah plus dihiasi iringan kicauan burung-burung hutan yang saling bersahutan yang jadi pesonanya tersendiri.

Area camping ground yang mereka miliki juga cukup luas. Diperkirakan mampu menampung hingga 100 tenda. Pengunjung di tempat perkemahan ini juga dapat membawa kendaraan ke dalam dan mendirikan tenda di sampingnya.

Pengelola juga menyediakan penyewaan peralatan berkemah sehingga pengunjung tak perlu repot membawa peralatan berkemah dari rumah.

Fasilitas yang terdapat di tempat berkemah ini cukup memadai, dari kamar mandi juga toilet. Hanya saja tidak dapat adanya penerangan yang cukup.

Penerangan hanya ada dari lampu yang dibawa petugas dan juga api unggun yang dinyalakan pengunjung sehingga pengunjung perlu membawa lampu senter. Sekalipun gelap tempatnya tetap aman karena dijaga 24 jam.

Itulah beberapa tempat berkemah yang terdapat di daerah Ciwidey yang dapat kamu coba. Kebanyakan tempatnya berada di ketinggian sehingga pengunjung dapat merasakan udara pegunungan yang sangat sejuk.

Selain itu indahnya pemandangan pepohonan hijau membuat pengunjung merasa bersatu dengan alam yang tenang dan hanya ditemani oleh suara-suara alam.

Bumi perkemahan kini tak hanya menawarkan kegiatan berkemah semata tetapi kini ada beragam aktivitas yang dapat dilakukan.

Sebagian tempatnya dilengkapi dengan berbagai wahana yang menarik dari trekking hingga kegiatan rafting. Semuanya menarik untuk dicoba. Kira-kira manakah tempat berkemah yang paling menarik buat kamu?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram