Hobi Berkemah? Yuk Coba 10 Tempat Camping di Jogja Ini!

Ditulis oleh Linda

Berkemah adalah suatu kegiatan sederhana yang dapat mendekatkan diri dengan alam sekitar. Dengan berkemah, kita bisa menikmati suasana alam sekaligus berganti suasana. Jika saat ini Anda berdomisili atau sedang berlibur di Jogja dan bosan menginap di hotel, kunjungi tempat-tempat camping yang ada di Jogja. Dijamin, tempat-tempatnya tidak kalah keren dengan tempat camping di Bali, lho!

Yuk, langsung saja simak rekomendasi 10 tempat camping di Jogja yang super keren ini. Pilih salah satu tempat yang Keluyuran rekomendasikan berikut ini sebelum Anda mengajak teman-teman untuk berkemah dalam waktu dekat.

10 Tempat Camping di Jogja

1. Pantai Ngrumput

Pantai Ngrumput Tempat Camping di Jogja

* sumber: eksotisjogja.com

Melipir sejenak ke kawasan Gunungkidul, ada sebuah pantai eksotis yang biasa dijadikan sebagai tempat camping. Pantai Ngrumput ini membuktikan bahwa tempat camping di Jogja tidak hanya terbatas pada tempat camping di hutan atau pegunungan saja, tapi pantai pun bisa jadi tempat camping yang asyik.

Di sini, pantainya masih terlihat sangat asri. Bahkan, menurut beberapa orang yang sudah pernah berkemah di pantai ini, pemandangan sunset di Pantai Ngrumput ini tidak ada duanya. Tampak beberapa tenda yang sudah didirikan oleh pengunjung pantai ini, sehingga Anda pun mengetahui bahwa Pantai Ngrumput memang merupakan salah satu spot camping menarik di Jogja.

2. Gunung Nglanggeran

Gunung Nglanggeran

* sumber: kotajogja.com

Camping di gunung adalah hal yang paling menyenangkan. Kita bisa berkemah tanpa perlu kepanasan, mengingat udara di pegunungan memang sangat sejuk. Di Gunung Nglanggeran, Anda tidak perlu berjalan terlalu jauh untuk mendirikan kemah di puncak. Pasalnya, tinggi gunung ini hanya 900 meter, sehingga waktu diperlukan untuk berjalan kaki menuju puncak hanya 1 jam saja.

Tepat di bawah puncak terdapat area berkemah yang sangat puncak. Anda bisa bergabung dengan orang-orang lainnya yang sudah mendirikan tenda di sini. Dari tempat Anda berkemah, Anda bisa melihat pemandangan Embung Nglanggeran, telaga buatan yang sangat indah.

3. Taman Kaliurang

Taman Kaliurang

* sumber: vracarsa.blogspot.co.id

Ingin mengajak anak-anak berkemah? Mungkin Anda harus memilih tempat camping di Jogja yang aman, seperti di Taman Kaliurang. Terletak di kaki Gunung Merapi, tempat ini adalah taman rekreasi keluarga. Namun, terdapat camping ground yang disediakan bagi pengunjung yang ingin bermalam di tenda.

Tak perlu membawa tenda sendiri karena pengelola Taman Kaliurang menyediakan jasa persewaan tenda. Bahkan, di area ini terdapat kamar mandi sehingga Anda tidak perlu repot-repot mencari sumber air untuk membersihkan diri. Taman Kaliurang juga dekat dengan beberapa objek wisata, seperti Goa Jepang, gardu pandang, Telogo Putri, dan Ulen Sentalu.

4. Hutan Wanagama

Hutan Wanagama

* sumber: www.mldspot.com

Bila Anda menyukai tempat camping yang sangat menyatu dengan alam sekitar, mengapa tak berkunjung ke Hutan Wanagama saja? Hutan yang berada di kawasan Gunungkidul ini sempat nyaris punah karena banyak penebang-penebang liar yang menghabiskan pohon di hutan ini. Namun, di tahun 1964 Prof Oemi Hani’in Suseno mereboisasi hutan ini.

Suasana di hutan ini masih sangat asri. Apalagi udara di dalam hutan terasa sejuk dan bebas polusi. Konon, Pangeran Charles dari Belanda juga pernah mengunjungi hutan ini dan pernah ikut serta menanam bibit pohon jati di Hutan Wanagama.


5. Pantai Sanglen

Pantai Sanglen

* sumber: www.piknikdong.com

Ada begitu banyak pantai di Gunungkidul, salah satunya adalah Pantai Sanglen. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan suasana yang tenang. Ya, Pantai Sanglen memang belum terlalu banyak dikunjungi oleh wisatawan. Jadi, hanya ada beberapa tenda atau mungkin tenda Anda sendiri saat berkemah di pantai ini. Sisi positifnya, Anda bisa menikmati camping di Pantai Sanglen seperti di private beach.

Melihat pantai ini masih sangat bersih dan “perawan”, maka bawalah kamera Anda untuk turut berfoto-foto di pantai ini. Jangan lupa membawa perbekalan yang cukup karena di sekitar pantai ini tidak ada warung atau toko kelontong.

6. Waduk Sermo

Waduk Sermo

* sumber: www.bakpiamutiarajogja.com

Ternyata bukan hanya gunung, pantai, dan hutan saja yang bisa dipakai untuk berkemah, sebuah waduk di Kulon Progo ini juga bisa menjadi tempat camping yang menyenangkan. Adalah Waduk Sermo yang merupakan waduk sedalam 60 meter yang jaraknya hanya 32 KM dari pusat kota Yogyakarta.

Waduk Sermo menawarkan suasana yang tenang dan bersih. Pantulan cahaya matahari senja di air waduk ini membuat suasana di sekitar waduk menjadi lebih menarik. Apalagi dari sini Anda bisa menatap langit malam yang dipenuhi bintang-bintang dengan sangat jelas. Waduk ini juga dikelilingi hutan yang menambah asri suasana di sekitarnya.

7. Bukit Kosakora

Bukit Kosakora

* sumber: unycommunity.com

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram