10 Tempat Camping di Majalengka yang Menarik untuk Dikunjungi

Ditulis oleh Siti Hasanah

Jika kamu ingin mencoba berkemah selain di kota Bandung, maka kamu patut mencoba berkemah dengan keindahan alam yang disajikan oleh Kabupaten Majalengka.

Ada banyak tempat untuk berkemah yang cukup menarik untuk dicoba. Tempat berkemahnya menawarkan suasana indah dari pohon pinus, dan langit malam yang dipenuhi bintang.

Kecantikan dan keindahan dari alam Majalengka belum banyak diketahui orang, mereka masih tersembunyi dan menantikan untuk ditemukan.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat berkemah yang terdapat di Kabupaten Majalengka yang dapat kamu kunjungi sebagai alternatif tempat berkemah selain dari Kota Bandung.

Baca juga: Yuk, Cicipi Lezatnya 10 Makanan Khas Majalengka Ini!

1. Cadas Gantung

Cadas GantungSumber: instagram.com
  • Alamat: Ds. Mirat, Kec. Leuwimunding, Kab. Majalengka, Jawa Barat
  • Jam Operasional: 08.00 – 17.00 WIB
  • Telepon: 0857-2140-2100
  • HTM: Rp10.000

Cadas gantung merupakan sebuah destinasi wisata alam yang cukup menantang jika melihat medan yang harus dilaluinya. Jalan menuju puncaknya yang masih alami yang menjadikan Cadas Gantung tempat yang asyik untuk berkemah.

Selain medannya yang menantang, yang menonjol adalah pesona alamnya yang unik yang menjadikan tempat berkemahnya menarik untuk dicoba.

Area berkemah di Cadas Gantung berada di puncak bukit pada lahan yang landai walaupun untuk sampai ke areal camping ground-nya kamu harus mendaki jalur yang menantang.

Perjalanannya yang cukup menguras tenaga sehingga pengunjung harus dalam kondisi yang prima dan juga mengenakan sepatu yang tepat karena jalannya cukup terjal.

2. Bukit Kanaga

Bukit KanagaSumber: instagram.com
  • Alamat: Blok Ciinjuk, Ds.Cipulus, Kec. Cikijing, Kab. Majalengka, Jawa Barat
  • Jam Operasional: 08.00 – 17.00 WIB
  • Telepon: 0858-6233-2636
  • HTM: Rp20.000

Camping ground di Bukit Kanaga berada di kaki Gunung Ciremai yang berhawa sejuk. Tempatnya berada di ketinggian 1300 – 1450 mdpl, dan merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai.

Lokasi perkemahan ini diapit oleh dua sungai, yaitu Sungai Cilutung di sebelah timur dan Sungai Ciputri di sebelah barat. Di sini pengunjung juga di tawari pemandangan dari hutan pinus.

Selain hutan pinus, pemandangan yang tersaji dari Bukit Kanaga adalah pemandangan dari perkebunan warga dengan terasering-nya.

Suasana perkemahan dari Bukit Kanaga selalu diselimuti kabut tipis, tetapi saat cerah akan terlihat langit yang amat biru, bahkan tepat dari tempat ini pengunjung dapat melihat Gunung Cikuray yang berada di Garut.

3. Bumi Perkemahan Cipanten

  • Alamat: Ds. Argalingga, Kec Argapura, Kab. Majalengka, Jawa Barat.
  • Jam Operasional: 07.00 – 17.00 WIB
  • Telepon: +62 817-613-246
  • HTM: Rp15.000

Bumi perkemahan yang satu ini berada di dalam sebuah hutan pinus yang merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. Lokasinya yang berada di dalam hutan pinus menjadikan tempat ini teduh, terlindungi dari sengatan sinar matahari.

Selain itu lokasinya juga dekat dengan sumber mata air sehingga pengunjung tak perlu khawatir dengan ketersediaan air bersih.

Fasilitas pendukung di bumi perkemahan terbilang cukup lengkap, dari kebutuhan dasar seperti toilet, musala, dan tempat parkir.

Ada juga fasilitas berupa wahana yang dapat digunakan untuk bermain oleh pengunjung, seperti flying fox, sepeda gantung, becak air, dan tentunya spot-spot yang dapat digunakan untuk berswafoto.

4. Bukit Mercury Sayang Kaak

  • Alamat: Blok Cibuluh, Ds. Tejamulya, Kec. Argapura, Kab. Majalengka, Jawa Barat
  • Jam Operasional: 07.00 – 17.00 WIB
  • Telpon: 0822-1488-4554
  • HTM: Rp10.000

Pengunjung yang berkemah di Bukit Mercury Sayang Kaak ini akan disajikan pemandangan luar biasa dari terasering tanaman bawang yang terlihat instagramable.

Lokasi bukit ini berada di ketinggian 1600 mdpl, yang tentunya memiliki hawa yang sangat sejuk dan juga pemandangan alam yang indah serta menenangkan jiwa.

Selain itu, Bukit Mercury ini menawarkan spot-spot berswafoto yang mantap karena semuanya dikonsep dengan cukup baik.

Satu spot favorit di bukit ini adalah sebuah tempat untuk menikmati kopi di tebing jurang. Fasilitas di bukit ini cukup lengkap terutama bagi yang ingin berkemah. Fasilitas berupa toilet, musala, serta tentunya ketersediaan air bersih yang cukup penting.

5. Bumi Perkemahan Cidewata

  • Alamat: Ds.Payung, Kec. Rajagaluh, Kab. Majalengka, Jawa Barat
  • Jam Operasional: 07.00 – 17.00 WIB
  • Telepon: 0822-1488-4554
  • HTM: Rp10.000

Bumi Perkemahan Cidewata lokasinya berada di hutan konservasi di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. Tepatnya berada di punggung Gunung Ciremai, dengan ketinggian 1078 mdpl serta hawanya yang sejuk.

Panoramanya yang indah juga kaya akan fauna seperti menjangan, babi hutan, dan jalak kebo. Tak hanya fauna, tempat ini juga memiliki flora yang cukup beragam.

Flora yang terdapat di tempat ini adalah pohon pinus tentunya serta harendong dan puspa. Pemandangan yang terdapat di bumi perkemahan ini, yang tidak boleh dilewatkan, adalah melihat keindahan matahari yang terbit dan juga tenggelam di antara perbukitan yang mengelilinginya.

6. Bukit Sanghyang Dora

Bukit Sanghyang DoraSumber: instagram.com
  • Alamat: Leuwikujang, Kec. Leuwimunding, Kab. Majalengka, Jawa Barat
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Telepon: 0812-2466-6941
  • HTM: Rp10.000

Jika kamu ingin berkemah di tempat yang tidak terlalu dingin maka kamu harus mencoba berkemah di Bukit Sanghyang Dora yang berada di ketinggian 385 mdpl. Pemandangan indah di sekitar areal berkemah menjadi daya tarik untuk pengunjung berkemah di Bukit Sanghyang Dora.

Pemandangan asri dari alam sekitar benar-benar memanjakan mata pengunjung terutama saat hari yang cerah. Keindahan matahari terbit atau sunrise adalah peristiwa yang tidak oleh kamu lewatkan saat berkemah di bukit ini.

Lalu ada pemandangan dari kabut tipis yang menyelimuti alam sekitarnya yang terasa magis. Kini Bukit Sanghyang Dora telah dilengkapi dengan fasilitas dasar sepeti toilet, musala, kantin, dan bahkan spot untuk melakukan swafoto.

7. Bumi Perkemahan Telaga Pancar

  • Alamat: Ds. Lengkong Kulon, Kec. Sindangwangi, Kab. Majalengka, Jawa Barat
  • Jam Operasional: 08.00 – 17.00 WIB
  • HTM: Rp10.000

Telaga Pancar merupakan sebuah destinasi wisata yang juga biasa digunakan sebagai tempat berkemah. Luas dari kawasan Telaga Pancarnya sendiri sekitar 45 hektar yang merupakan wilayah hutan pinus.

Bumi perkemahan dari Telaga Pancar telah dibuka pada tahun 1992, sedangkan objek wisata telaganya sendiri baru dibuka pada tahun 2017 yang dikelola oleh masyarakat.

Selain berkemah dengan udara khas pegunungan Ciremai, pengunjung dapat melakukan kegiatan lainnya yang menarik seperti kegiatan memanah, trekking, atau berswafoto di spot-spot yang telah disediakan pengelola.

Fasilitas dasar pendukung tempat berkemah ini juga telah tersedia, seperti kamar mandi dan juga mushola sehingga tak perlu khawatir tentang ketersediaan air bersih.

8. Bumi Perkemahan Desa Pajajar

Bumi Perkemahan Desa PajajarSumber: instagram.com
  • Alamat: Ds. Pajajar, Kec. Rajagaluh, Kab. Majalengka, Jawa Barat
  • Jam Operasional: 08.00 – 17.00 WIB
  • HTM: Rp15.000 – Rp17.000

Bumi Perkemahan Desa Pajajar dikenal sebagai petilasan dari Prabu Siliwangi seorang raja besar yang terkenal di tatar Sunda. Tempat petilasan ini sering juga dikunjungi oleh masyarakat yang berziarah.

Saat berkunjung ke tempat ini pengunjung akan disambut oleh patung harimau yang menggambarkan sosok dari Prabu Siliwangi seorang yang berkuasa selama masa kerajaan Sunda Galuh.

Berkemah di tempat ini, pengunjung dapat merasakan keindahan dari mata air Selendang Bidadari yang terdapat di sekitar petilasan Prabu Siliwangi.

Tak hanya sebagai tempat petilasan Prabu Siliwangi yang jadi daya tariknya, pengunjung dari tempat ini sangat senang dengan udaranya yang masih alami, sejuk serta segar yang membuat para pekemah betah.

9. Camping Ground Curug Leles

  • Alamat: Jl. Padaherang, Ds.Padaherang, Kec. Sindangwangi, Kab. Majalengka, Jawa Barat
  • Jam Operasional: 09.00 – 16.00 WIB
  • Telepon: 0813-2408-2969
  • HTM: Rp15.000

Daya tarik dari tempat berkemah ini adalah keberadaan air terjun yang disebut dengan nama Curug Leles. Aliran air yang turun dari curug ini mengalir ke Sungai Cileles.

Tak jauh dari curug tersebut kamu dapat menemukan sebuah areal yang dipergunakan sebagai tempat berkemah. Letaknya berada di antara pohon-pohon pinus yang menjadikan tempatnya asri dan nyaman untuk berkemah.

Bumi Perkemahan Leles ini berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. Lokasinya yang indah dapat kamu nikmati dengan fasilitas yang cukup lengkap dari kamar mandi, mushola serta sebuah tempat untuk menyimpan barang-barang elektronik. Akses menuju bumi perkemahan ini masih cukup sulit sehingga diperlukan kehati-hatian.

10. Bukit Pamoroan

Bukit PamoroanSumber: instagram.com
  • Alamat: Kp. Gorono, Ds. Sedaraja, Kec. Cingambul, Kab. Majalengka, Jawa Barat
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Telepon: 0878-3803-2086
  • HTM: Rp15.000

Pemandangan lautan awan yang berarak adalah panorama yang dapat kamu nikmati saat berkemah di Bukit Pamoroan. Selain lautan awan, menyaksikan semburat sinar mentari pagi di atas bukit ini akan terasa istimewa.

Nuansa pagi dengan sinar mentari memberikan ketenangan kepada pengunjung di bukit ini. Pemandangan hijau persawahan serta desanya terasa memesona.

Trekking menjadi menjadi satu kegiatan yang menarik untuk dilakukan. Kamu dapat melakukan trekking sambil bermandikan cahaya sinar mentari pagi yang menghangatkan tubuh dari hembusan angin gunung yang dingin.

Selain itu udara segar akan memenuhi seluruh ruang dalam paru-parumu. Atau kamu dapat menikmati secangkir kopi panas di depan tenda dan menikmati pemandangan.

Majalengka mungkin tak setenar destinasi berkemah yang lainnya, tetapi tempatnya, menyimpan daya tarik yang unik untuk dijajal.

Satu potensi yang jelas dimiliki oleh Kabupaten Majalengka adalah tempat-tempat berkemah dengan view-nya yang luar biasa. Tempatnya cocok untuk orang-orang yang senang dengan kegiatan alam.

Pemandangan dari Bukit nan hijau dan asri memberikan kenyamanan dan juga ketenangan yang dicari oleh masyarakat perkotaan. Tempat berkemah di Majalengka memberikan ruang sejenak untuk relaksasi dari rutinitas sehari-hari.

Cobalah datang untuk dapat merasakan ketenangan yang diberikan oleh alam di Majalengka. Tertarik untuk mencoba? Mana tempat pilihanmu?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram