Staycation Model Lain, 10 Tempat Camping di Puncak Bogor

Jika kamu bosan dengan staycation di hotel atau vila, kamu bisa lho unlock your list dengan berkemah. Tak perlu jauh-jauh naik ke puncak Gunung Merbabu atau ke Gunung Semeru. Sebagai first timer, kawasan Puncak Bogor bisa menjadi pilihan.

Suasana dingin, pegunungan, dan tidak jauh dari kota. Kamu tak perlu meluangkan waktu lebih banyak bila datang dari ibukota.

Satu malam, dengan jam perjalanan sebanyak 2 jam sudah cukup bisa mengasah unknown skill kamu dalam berkemah. Nah, inilah 10 tempat camping di Puncak Bogor yang cocok untuk pemula bahkan keluarga.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Anak di Bogor yang Sangat Seru

1. D’Jungle Private Camp

  • Alamat: Batu Layang, Megamendung, Bogor, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, 06.00 – 24.00 WIB
  • Harga Sewa: mulai dari Rp35.000/orang
  • Telepon: 021 625 6432

Tempat pertama yang bisa kamu datangi untuk camping di Puncak, Bogor adalah D’Jungle Private Camp. Fasilitas yang diberikan tentu saja lahan camping yang rapi disesuaikan dengan lanskap pegunungan dan hutan pinus di sekelilingnya.

Selain itu ada sungai tak jauh dari kawasan perkemahan dan juga air terjun. Curug kembar ini bisa dijangkau dengan trekking dari tempat camping dengan waktu sekitar 1 jam.

Camping dengan tenda ini memiliki harga sewa mulai dari Rp35.000 per pax minimal 20 orang. Atau bisa dengan mengambil camping package untuk 2D1N dengan harga Rp180.000 per pax.

Ajak keluarga juga bisa dengan mengambil Family Camping Package untuk 4 orang dengan harga Rp550.000 per pax. Paket tersebut sudah termasuk dengan tenda dome, matras, sleeping bag, cooking set, makan, toilet, dan sebagainya.

Kalau kamu tak membawa tenda, ada pondokan yang bisa digunakan untuk menginap. Harganya mulai dari Rp240.000 per pax termasuk makan tiga kali sehari. Menarik, bukan?

Walau tempat berkemah tetapi tersedia toilet, kolam ikan, aula pertemuan, serta saung untuk bersantai menikmati suasana di D’Jungle Private Camp.

2. Agrowisata Gunung Mas

  • Alamat: Jalan Raya Puncak KM 87, Bogor, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, 06.00 – 21.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Rp15.500/orang
  • Telepon: 0251-8252501

Mau berkemah di hamparan kebun teh? Berarti, kamu perlu mendatangi Agrowisata Gunung Mas. Tempat ini menyediakan berbagai kegiatan berkaitan dengan kebun teh. Misalnya saja seperti tea walk, tea time, berkuda, off road, dan banyak lagi.

Tak hanya itu, ada juga camping site yang disediakan pengelola berdasarkan tinggi pemandangan. Di setiap cluster camping site disediakan toilet dan kamar mandi yang mumpuni. Lokasinya berada di tengah kawasan kebun teh.

Kalau kamu tak memiliki atau membawa tenda, ada penyewaan tenda dengan biaya Rp250.000 per malam. Menu makan pun juga bisa disediakan oleh pengelola, lho. Untuk sewa lahan campsite diberlakukan sekitar Rp500.000.

Setelah itu, kegiatan seperti trekking pun akan memberikan rasa yang berbeda dari pengalaman camping di Puncak, Bogor.

3. Melrimba Garden Camping Ground

  • Alamat: Jalan Puncak KM 87, Tugu Utara, Cisarua, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, 09.00-21.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Rp15.000/orang
  • Telepon: 0263 523206

Melrimba Garden sejatinya adalah taman yang memberikan pemandangan hijau di kawasan Puncak. Ada beberapa spot menarik yang bisa dikunjungi dan dinikmati, salah satunya adalah tempat camping.

Tempat camping di Melrimba Garden ini memang berada di tengah taman. Namun, suasana staycation yang berbeda dengan berkemah ini akan memberikan mood baru. Bila berniat untuk camping di sini, bisa membayar Rp1.400.000 untuk empat orang.

Biaya tersebut sudah termasuk makan tiga kali sehari, tenda, sleeping bag, matras, api unggun, alat masak, minuman, maupun kompor. Tak perlu takut gelap, di sini listrik sangat mumpuni untuk menikmati camping yang lebih nyaman.

4. Curug Naga Camping Ground

  • Alamat: Desa Citamiang, Megamendung, Bogor, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB
  • Telepon: 0878 8996 1120

Tak hanya sekedar ingin berkemah tapi juga ingin mencoba pengalaman adventure yang menyenangkan? Kamu harus coba tempat camping di Puncak Bogor bernama Curug Naga Camping Ground.

Tak tanggung, ada tiga titik yang bisa dipilih untuk berkemah di sekitar Curug Naga. Mulai dari Samara Camp yang terletak di sebelah utara Curug Naga, TAM Camp yang berbatasan dengan lembah air terjunnya, dan Highland Camp yang selayaknya berada di gunung.

Camping di kawasan Curug Naga akan dikenakan biaya sekitar Rp375.000 per orang dengan fasilitas termasuk tiket masuk, makan, snack, sewa area, perlengkapan berkemah, asuransi, trekking ke Curug Priuk, Curug Naga serta Curug Barong.

Tak hanya itu, biaya tersebut pun sudah termasuk instruktur yang mendampingi saat trekking, peralatan seperti pelampung dan help, serta asuransi.

5. Kampoeng Awan

  • Alamat: Jalan Mega Mendung, Sirnagalih, Megamendung, Bogor, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari 06.00 – 17.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: mulai dari Rp45.000 untuk usia 2-8 tahun, dan Rp85.000 di atas 8 tahun.
  • Telepon: 0812 9384 1141

Bila kamu ingin mencoba tempat camping di Puncak Bogor yang merupakan pioneer dari camping site, pilih Kampoeng Awan.

Walau pada awalnya yang disediakan adalah villa kayu, kini berkembang menjadi tempat camping, outbound, dan edukasi training. Lahan camp sitenya pun unik karena didominasi pohon sungkai Sumatra dan bisa bersebelahan dengan kendaraan yang kamu bawa.

Area perkemahannya pun sebesar 3.5 hektar dengan fasilitas kolam renang, toilet, lapangan parkir, viewing spot, aula, sampai lapangan kegiatan.

Biaya yang dikeluarkan untuk berkemah di kawasan ini mulai dari Rp385.000 per orang dengan fasilitas tenda aula, kolam renang, makan tiga kali sehari, snack, api unggun, air minum, serta trekking ke hutan pinus. Akses menuju lokasi memang sempit dan menanjak tetapi sudah beraspal.

6. Pasir Angin Camp Site

  • Alamat: Desa Wisata Tugu Utara, Kampung Pondok Rawa, Cisarua, Bogor, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 06.00 – 17.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Rp10.000 per orang
  • Telepon: 0815 1312 7043

Pasir Angin Camp Site adalah tempat camping untuk kamu sudah terbiasa berkemah di Puncak, Bogor. Kamu hanya perlu membayar Rp40.000 per orang untuk bisa berkemah di sini. Tiket masuknya sebesar Rp10.000 per orang.

Lokasi camping di sini memberikan pemandangan kebun teh sekaligus city view berbukit dengan latar pegunungan yang bikin hati adem.

Tak hanya itu, kamu juga bisa tea walk atau menambah pengalaman dengan mengikuti education coffee plantation di Pasir Angin Camp Site. 

7. Mandalawangi Cibodas

  • Alamat: Komplek Pasar Lanang Mandalawangi, Cimacan, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket Masuk: sudah termasuk dengan paket camping
  • Telepon: 0263 2950120

Ada banyak tempat camping di kawasan Puncak Bogor yang mumpuni dan menyenangkan. Setiap tempat memberikan karakteristik yang berbeda. Salah satunya juga adalah Mandalawangi Cibodas Camping Ground.

Dengan dipatok harga mulai dari Rp200.000 per orang, kamu sudah bia mendapatkan tiket masuk, tenda, matras, sleeping bag, fasilitas camp, toilet, makan tiga kali sehari, sampai snack. Bahkan kamu juga bisa mendapatkan trekking ke air terjun, lho.

8. Wisata Javana Sehat

  • Alamat: Tugu Utara, Cisarua, Bogor, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket Masuk: termasuk dengan paket camping
  • Telepon: 0895 3212 22424

Memilih tempat camping yang sesuai dengan selera memang tricky. Tapi di kawasan Puncak Bogor, cukup banyak pilihan untuk berkemah. Misalnya kamu mencari tempat camping dengan akses ke danau dan perkebunan teh atau mungkin penangkaran hewan, Wisata Javana Sehat jawabannya.

Wisata Javana Sehat memiliki tempat camping dengan berbagai pilihan, bisa camping biasa, campervan, bike camping, sampai moto camping. Semua bisa dinikmati dengan harga paket mulai dari Rp 25.000 per orang.

Tak hanya itu, peralatan berkemah seperti tenda, matras, sleeping bag, dan sebagainya bisa disewa juga dengan harga yang cukup terjangkau untuk hitungan dua hari satu malam.

Selain berkemah, kamu bisa tea walk, jalan-jalan ke Talaga Saat, atau pun ke penangkaran Elang Jawa. Suka off road? Tak jauh dari lokasi ada jalun fun off road dan motor. Bahkan, kamu bisa leyeh-leyeh di restorannya, lho.

9. Nuansa Alam Citamiang

  • Alamat: Jalan Tjiliwung, Tugu Utara, Cisarua, Bogor, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket Masuk: mulai dari Rp40.000/orang

Membicarakan tempat camping di Puncak Bogor tentu tidak bisa melewatkan Nuansa Alam Citamiang. Tempat camping yang tidak jauh dari Sungai Citamiang sekaligus beraktivitas lain seperti tea walk, trekking, maupun coffee walk.

Tempat camping nya pun dikelilingi dengan pohon pinus dan pohon damar sehingga lebih adem dan nyaman. Untuk sewa lahan di sini dibanderol dengan harga Rp50.000. Fasilitas seperti kolam renang, warung, permainan anak, toilet, pondokan pun disediakan di sini.

10. Eagle Hill Outbound Camp

  • Alamat: Jalan Al Barokah, Mega Mendung, Bogor, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, 10.00 – 18.00 WIB
  • Telepon: 0818 0712 0777

Eagle Hill Camp menjadi tempat camping di Puncak, Bogor terakhir versi Keluyuran. Pemandangan pegunungan dan lembah hijau menjadi daya tarik dari camping site satu ini. Fasilitas yang ditawarkan ada ruang pertemuan, toilet, tenda pertemuan, serta lahan parkir.

Tidak hanya itu, ada aktivitas trekking yang bisa dilalui dengan jalur sungai, jalan setapak, lalu menikmati pemandangan alam sekitar.

Itulah 10 rekomendasi tempat camping di Puncak Bogor yang bisa kamu gunakan sebagai staycation dalam bentuk lain. Kamu bisa pergi bersama teman maupun keluarga, lho.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram