Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Desember 2018

Sukabumi bisa jadi tempat terbaik untuk menikmati akhir pekan. Sejumlah destinasi wisata dapat kamu temukan di sana, mulai dari keindahan alam hingga geopark yang diakui UNESCO. Sembari menikmati alamnya, kamu bisa melakukan kegiatan lain bersama teman dan keluarga, salah satunya berkemah atau camping.

Sukabumi memang terkenal dengan adanya sejumlah tempat wisata berbasis perkemahan. Suasana alam yang sejuk dan jauh dari keramaian kota, menjadi alasan banyak orang berbondong-bondong ke sana. Untuk itu, Keluyuran akan memberikan 10 kawasan perkemahan di Sukabumi yang bisa menjadi tujuanmu di akhir pekan.

10 Tempat Camping di Sukabumi

1. Tanakita

Tanakita

* sumber: www.instagram.com

Perkemahan Tanakita sudah tak asing lagi di Sukabumi. Di sini, kamu akan merasakan kemah dengan nuansa bintang lima. Tidak seperti kemah pada umumnya, perkemahan di Tanakita menyediakan beragam fasilitas dengan kualitas nomor satu, mulai dari tenda, sleeping bag, hingga toilet yang sangat bersih.

Kendati demikian, kamu tak perlu khawatir kehilangan suasana kemah karena kemewahannya. Sebab, Tanakita berada di wilayah Situgunung yang masuk ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango sehingga nuansa alamnya begitu kental bahkan udara di malam hari bisa mencapai 16 hingga 20 derajat.

Kamu bisa melakukan berbagai kegiatan di sana, seperti hunting foto, dan trekking. Kamu juga bisa menikmati matahari terbit yang begitu memesona. Bagi yang tertarik ke sana, bisa datang kapan saja karena jam operasionalnya 24 jam, dengan harga tiket masuk atau sewa satu tenda untuk empat orang sekitar Rp550 ribu per malam.

2. Batu Tapak Camping ground

Batu Tapak Camping ground

* sumber: www.instagram.com

Hampir sama seperti di Tanakita, perkemahan Batu Tapak juga menyediakan berbagai fasilitas untuk berkemah yang tak membikin kamu ribet. Tenda dan perlengkapan tidur lainnya sudah tersedia sehingga kamu tak perlu berat-berat menentengnya dari rumah.

Ada beberapa ukuran tenda yang bisa dipilih, untuk dua orang, empat orang, dan enam orang, tentunya dengan harga yang berbeda-beda mulai dari Rp400 ribu hingga Rp1,5 juta. Kalau ingin pergi ke sana, kamu juga akan dikenakan biaya masuk Rp30 ribu per orang.

Berlokasi di Desa Cidahu dengan ketinggian 900 meter di atas permukaan laut (mdpl), Batu Tapak memiliki udara sejuk pegunungan. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di sana adalah outbond, trekking air terjun, dan mendaki. Kamu tak perlu khawatir dengan fasilitas seperti toilet atau kamar mandi karena akan dibuat nyaman oleh itu.

3. Caldera Resort

* sumber: www.instagram.com

Masih dengan konsep kemah “mewah”, Caldera Resort juga dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan yang cukup berbeda. Hal itu dikarenakan Caldera didesain untuk kegiatan outdoor keluarga, program pembelajaran anak, outing, rafting, dan saba desa.

Meski demikian, kamu tetap dapat merasakan nuansa alam kental khas perkemahan. Tenda-tenda yang disediakan juga berhimpitan dengan orang lain dan tentu saja ada api unggun. Dengan begitu, kamu akan mengenal satu sama lain dengan orang-orang yang berkemah di sana.

Seandainya ingin pergi ke sana, tempatnya berada di Kampung Lebak Sukabumi. Untuk harga, Caldera menyediakan paket cukup banyak dengan biaya RP300 ribu hingga Rp2 juta.

4. Bravo Camp

Bravo Camp

* sumber: www.instagram.com

Perkemahan Bravo terletak dekat dengan aliran sungai dari Curug Undak Dua, daerah Cidahu. Di sini, kamu bakal menemukan spot-spot yang bersih, rapi, dan sangat nyaman. Selain menikmati panorama alam yang dekat dengan hutan, kamu bisa bermain air sepuasnya di sungai. Airnya jernih dan menyegarkan, kamu tak akan kepanasan berada di sini.

Pengelola Bravo sekarang sudah menyediakan fasilitas Glamping (Glamour Camping), di mana kamu tak perlu repot-repot membawa peralatan kemah seperti tenda dan yang lainnya karena semuanya sudah tersedia di sana. Fasilitasnya jangan ditanya, begitu mewah untuk ukuran perkemahan.

Untuk biaya, setiap orang akan dikenakan harga Rp315 ribu per malam. Dengan membayar sebesar itu, kamu akan mendapatkan tenda lengkap dengan kasur, bantal, selimut, dan paket makan tiga kali sehari. Tapi jika kamu membawa peralatan kemah sendiri, cukup membayar Rp70 ribu saja.

5. Situ Gunung

* sumber: www.instagram.com

Kamu mungkin sudah tak asing dengan tempat ini. Ya, lokasi danau berada di kaki Gunung Gede Pangrango. Danau ini terletak di ketinggian 850 meter di atas permukaan laut (mdpl). Kamu sudah bisa membayangkan udara yang sangat sejuk, dan suasananya juga begitu asri. Cocok untuk menghabiskan waktu libur bersama keluarga di sini.

Biaya masuk ke situ gunung adalah Rp35 ribu per orang. Jika berkunjung saja, lebih murah dari itu. Seperti tempat-tempat lainnya, kamu bisa berkemah dengan peralatan sendiri atau menyewa tenda cukup mewah yang sudah disediakan pengelola. Harganya? Jelas harus merogoh kocek lebih dalam, yakni Rp350 ribu per orang untuk satu malam.

6. Ground Camp Pondok Halimun

* sumber: www.instagram.com

Masih dari kaki Gunung Gede Pangrango, kawasan berkemah Pondok Halimun memiliki pesona alam yang indah dengan kesegaran udara khas pegunungan. Hal itu disebabkan ketinggiannya mencapai 1000 mdpl. Kawasannya juga dibelah sungai Cipelang yang sangat jernih. Kamu tak akan kesulitan air di sini.

Pondok Halimun punya khas tersendiri daripada tempat lainnya. Kamu akan menemukan batu-batu pegunungan yang berserakan menghiasi alam di sana. Ada beberapa objek wisata yang bisa kamu temui, seperti air terjun, kebun teh, dan sejumlah petualangan alam lainnya.

Harga tiket masuk ke Pondok Halimun sangat terjangkau, yakni Rp3000 per orang untuk jalan kaki, Rp8000 pengguna motor, dan Rp18.000 bagi mobil.

7. Bukit Baros

Bukit Baros

* sumber: www.instagram.com

Bukit Baros tidak akan asing di telinga para pecinta wisata alam, khususnya yang sering mengikuti kegiatan outbound. Berada tak jauh dengan lokasi sungai Citarik sebagai wisata rafting, perkemahan Bukit Baros mudah dijangkau. Mobil-mobil pun sudah bisa parkir tepat di pintu masuk.

Untuk mendirikan tenda, ada spot-spot khusus yang telah disediakan. Tapi jangan kaget jika banyak orang yang tengah berkegiatan di sini. Sebab, tempat ini sudah terkenal dengan outbound yang menyenangkan.

8. Calliandra Camping Ground

Calliandra Camping Ground

* sumber: id-id.facebook.com

Calliandra lebih terlihat seperti resort dengan konsep alam seluas kurang lebih 3.400 meter persegi. Lokasinya berada di kaki Gunung Gede Pangrango, namun bersembunyi di tengah hutan yang cukup tertutup, sehingga udaranya masih sangat sejuk dan alami. Apalagi sejumlah objek wisata seperti air terjun dan sungai-sungai bisa dijangkau lebih dekat dari sini.

Meski demikian, ada juga lahan luas untuk mendirikan tenda. Jadi jangan khawatir, kamu masih bisa menikmati alam di Calliandra ini dengan suasana perkemahan seru.

9. Imah Tree Citatih

Imah Tree Citatih

* sumber: www.booking.com

Imah Tree Citatih berada di Desa Sinarjaya. Jika sebelumnya konsep perkemahan dengan latar hutan, tempat ini hadir dengan memanfaatkan panorama padi-padian. Kamu akan merasa tinggal di pedesaan dengan udara yang sejuk dan keheningan jauh dari perkotaan.

Biaya masuknya terbilang cukup mahal dengan dua paket yang ditawarkan. Pertama, paket 2 hari 1 malam dengan biaya Rp175 ribu. Paket ini akan menempatkan kamu di tengah area padi-padian. Kedua, dengan durasi yang sama, kamu harus membayar Rp225 ribu untuk mendapatkan penginapan rumah bambu yang cukup unik.

10. Geopark Ciletuh

Geopark Ciletuh

* sumber: insanwisata.com

 

Siapa yang tak tahu dengan tempat wisata yang satu ini? Taman bumi Ciletuh telah diakui UNESCO sebagai Geopark Internasional atau Global Geopark Network (GGN). Selain menikmati keindahan kontur bumi, hayati, dan kebudayaannya, kamu juga bisa berkemah di kawasan geopark ini.

Beberapa tempat bisa dijadikan lokasi berkemah di sini. Tapi, yang paling terkenal adalah Puncak Darma dan Goa Langir. Tak seperti tempat sebelumnya, di sini kamu tidak akan menemukan fasilitas perkemahan yang sudah disediakan pengelola. Kamu harus membawa sendiri peralatannya.

Tidak ada harga tiket berkemah di sini. Kamu bisa memberi petugas di sana sebagai uang kebersihan saja. Besarannya pun tidak ditentukan. Seikhlasnya saja.

Nah, itulah tadi kumpulan tempat camping yang bagus, nyaman, dan aman di Sukabumi. Beberapa di antaranya bahkan ada yang menawarkan camping mewah. Kalau kamu lebih suka camping di mana? Atau mau pergi liburan saja di Sukabumi tanpa harus camping? Bisa, kok! Cari tahu spot terbaiknya di artikel 10 Tempat Wisata di Sukabumi ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .