Berkemah Seru di 10 Tempat Camping Keluarga di Bogor

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ke mana biasanya kamu menghabiskan hari libur bersama keluarga tercinta? Sepertinya rata-rata keluarga di kota besar menghabiskan hari libur ke mall atau mengunjungi sanak saudara. Namun kalau tak ada acara, sepertinya bosan juga ya kalau ke mall terus.

Nah, agar hari libur tak berlalu begitu saja tapi tetap terikat dengan keluarga, coba deh kegiatan baru yang seru. Ajak anggota keluarga camping di kawasan Bogor. Camping identik dengan naik gunung atau trekking yang sulit. Tapi, sepuluh tempat camping keluarga di kawasan Bogor ini tak harus membuatmu menanjak atau kesulitan ke WC. Simak sepuluh tempat camping keluarga di Bogor berikut ini.

1. Highland Park Resort

Highland Park Resort (Copy)

*

Beberapa orang memilih untuk tak camping karena tak ingin repot bongkar pasang tenda, kerepotan membuat api unggun, kesulitan menuju WC, dan sebagainya. Nah, kalau kamu dan keluarga tertarik camping tapi ingin lebih mewah, bisa lho. Caranya dengan camping di Highland Park Resort.

Dalam namanya memang tercantum resort, tapi sesungguhnya kawasan ini berkonsep glamorous-camping atau disingkat glamping. Kamu bisa melihat adanya tenda khas bangsa Mongolia sebagai ide tendanya. Kenyamanan di dalam tenda menjadi kunci. Tersedianya AC serta toilet yang sangat memadai di dalamnya.

Lokasinya di kaki Gunung Salak, membuat Highland Park memiliki udara segar dengan latar belakang gunung dan awan yang menyelimuti puncak. Ada berbagai tipe camp yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Selain itu, kamu bisa berkuda, main golf, sampai berenang di sini. Kalau kamu memilih camping di sini, tak mungkin merasa tak nyaman justru malah betah.

Nah, untuk menikmati sensasi glamping di Highland Park Resort, kamu perlu reservasi terlebih dulu. Tarif per malam berkemah di sini dimulai dari harga Rp 1.300.000 per malam dengan fasilitas free breakfast, kolam renang, serta aktivitas yang tersedia di sini. Menarik, bukan?

  • Alamat: Jalan Ciapus, Curug Nangka, Kp Sinarwangi, Sukajadi, Tamansari, Bogor, Jawa Barat
  • Nomor Telepon: 0251-8485777
  • Harga Penginapan: mulai dari Rp1.300.000 per malam

2. Gunung Pancar

Gunung Pancar (Copy)

* sumber: gunungpancar.co.id

Jika Highland Park masih dianggap terlalu jauh untuk dijangkau, kamu bisa mencoba berkemah di kawasan Sentul. Gunung Pancar tak hanya menawarkan pesona hutan pinus dengan kesegaran udara sepanjang hari. Di sini kamu pun bisa berkemah dengan cukup nyaman bersama keluarga.

Pengelola memberikan tempat kepada pengunjung yang ingin berkemah. Kamu bisa memilih paket Pancar Camp 2D1N yang dihargai Rp265.000 per pax. Bila ingin satu tenda berisi lima orang bisa memilih Paket Supercamp dengan harga Rp350.000 per pax. Kamu sudah mendapatkan peralatan tidur, kursi, dispenser air minum, sampai penerangan.

Esok paginya, kamu bisa melanjutkan perjalanan menanjak ke atas lalu menikmati sensasi berendam air panas di Gunung Pancar. Silakan pilih yang public atau area private. Siapa bilang berkemah bareng keluarga di alam terbuka itu tak menyenangkan?

  • Alamat: TWA Gunung Pancar, Kp. Ciburial, Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
  • Nomor Telepon: 021-84200099
  • Harga: Rp265.000 per pax

3. Citamiang

Citamiang (Copy)

* sumber: travelingyuk.com

Apa yang membuat kawasan Citamiang direkomendasikan untuk camping dengan keluarga? Lokasinya yang terjangkau, yaitu di jalan raya Ciawi Cianjur, mudah ditemukan, parkiran kendaraan tak jauh dari tempat berkemah, tersedianya fasilitas toilet yang memadai sampai udara segar.

Lokasi Citamiang berjarak kira-kira satu kilometer sebelum Agrowisata Gunung Mas yang sudah lebih dulu terkenal. Pemandangan kebun teh terhampar walau tak seluas Gunung Mas. Namun suasana serasa lebih private menjadi nilai tambah untuk kawasan ini. Untuk berkemah di sini ada biaya masuk sebesar Rp40.000 dan Rp50.000 untuk sewa lahan per tenda.

Kalau kamu tak ingin repot bongkar pasang tenda, pengelola menyediakan persewaan dome atau villa pondokan. Tarif yang diberikan pun berbeda dibandingkan membawa tenda serta peralatan sendiri. Namun, tak ada salahnya bila ingin menyewa, kok.

Nanti, kamu akan camping dikelilingi hutan pinus di atas ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Udara segar yang diberikan sepertinya akan lebih sempurna bila sambil bermain di sungai bareng si kecil. Nah, camping ground Citamiang bisa memberikannya. Tak perlu trekking jauh, lokasi sungai persis berada di sebelah bumi perkemahan.

  • Alamat: Kampung Pondok Rawa, Desa Tugu Utara, Cisarua, Bogor, Jawa Barat
  • Nomor Telepon: 0812-88294546
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Harga Tiket: Rp40.000 untuk masuk, Rp50.000 untuk sewa lahan

4. Melrimba Garden

Melrimba Garden (Copy)

* sumber: www.melrimbagarden.com

Mungkin kamu mengetahui bahwa Melrimba Garden adalah tempat wisata yang menawarkan berbagai aktivitas menyenangkan. Memiliki lahan seluas 5 hektare, Melrimba Garden menyediakan aktivitas yang bisa dinikmati bareng keluarga. Di sini terdapat area tempat bermain anak seperti fun fishing, strawberry pick & eat, tea walk, serta kids playground.

Untuk si kecil, kamu bisa mengajaknya bermain high rope, mini soccer, ATV & buggy kart, fun boat, bungee fly, dan banyak lagi. Keseruan ini ingin kamu nikmati lebih lama? Coba deh camping di Melrimba Garden. Melrimba Garden menyediakan area camping untuk kamu dan keluarga.

Ada tarif camping yang dikenakan sebesar Rp1.400.000 nett untuk 4 pax. Ini termasuk dengan sarapan, makan siang, serta makan malam. Dengan fasilitas ini, kamu tak perlu pusing memikirkan makanan. Kalau ada tambahan, cukup tambahkan Rp 350.000 per orang. Tenda maupun sleeping bag pun aman terakomodasi.

  • Alamat: Jalan Raya Puncak KM 87, Tugu Utara, Cisarua, Bogor, Jawa Barat
  • Nomor Telepon: 0263-523204
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-23.00 WIB
  • Harga Tiket: Rp15.000 per orang. Rp1.400.000 per 4 pax untuk camping

5. Camping Ground Gunung Bunder

Camping Ground Gunung Bunder (Copy)

*

Belum lengkap rasanya bila tak memasukan camping ground Gunung Bunder sebagai tempat berkemah bersama keluarga. Area ini cukup terkenal sebagai tempat berkemah favorit. Bagaimana tidak, ia berada di ketinggian 750-1050 mdpl dengan hutan pinus di sekelilingnya.

Posisi strategis bila kamu ingin melanjutkan perjalanan bersama keluarga untuk jelajah curug. Curug Seribu, Curug Kondang, Curug Cigamea, Curug Cihurang, Curung Ngumpet serta Curug Batu Ngambar adalah curug yang bisa kamu jelajahi saat berkemah di Gunung Bunder. Nah, untuk menikmati kawasan ini cukup membayar tarif sebesar Rp 17.500 per orang.

Oleh sebab itu masih banyak perusahaan yang membuat gathering atau outbond di sini. Tak hanya itu, Gunung Bunder pun adalah salah satu dari jalur pendakian menuju Kawah Ratu. Bila kamu ingin mengunjunginya, siapkan fisik untuk trekking selama 3-4 jam dengan perkiraan panjang perjalanan sejauh 14 kilometer. Wow!

Namun, bila kamu hanya ingin menikmati udara dan suasana di sini saja pun sudah cukup. Apalagi bila ditambah bermain air dan berkemah dekat dengan Curug Cihurang. Semakin eksotis dan menyegarkan, bukan?

  • Alamat: Pamijahan, Bogor, Jawa Barat
  • Jam Operasional: 07.00 – 17.00 WIB
  • Harga Tiket: Rp17.500 – Rp30.000

6. Gunung Mas

Gunung Mas (Copy)

* sumber: www.tripjalanjalan.com

Jika merasa berkemah di antara pepohonan terasa biasa, kamu bisa mencoba berkemah dengan keluarga di tengah rimbunnya pohon teh. Di Gunung Mas, kalian bisa merasakan pengalaman baru ini. Kamu tinggal menuju Agrowisata Gunung Mas. Mereka menyediakan camping ground untuk pengunjung yang ingin berkemah di tengah kebun teh.

Agar bisa menikmati berkemah di sini, jangan lupa biaya Rp500.000 untuk sewa tempat. Jangan lupa untuk booking dulu. Walau bisa menampung sampai 300 orang tapi popularitasnya cukup tinggi. Selain bisa menikmati pemandangan kebun teh, kalian juga akan mendengar aliran sungai di sisi lain. Bayangkan hal ini sebagai latar suara saat malam tiba. Syahdu dan tenang rasanya.

  • Alamat: Agrowisata Gunung Mas, Jalan Raya Puncak, Desa Tugu Selatan, Cisarua, Kabupaten Bogor
  • Nomor Telepon: 0251-8250356
  • Harga Tiket: Rp12.500 untuk tiket masuk. Sewa lahan Rp500.000

 7. Panorama Pangrango Camp

Panorama Pangrango Camp (Copy)

* sumber: panoramapangrangocamp.wordpress.com

Udara segar dan pemandangan menyejukan mata adalah bonus saat camping. Kamu bisa mendapatkan itu juga di Panorama Pangrango Camp. Lokasinya tak jauh dari ibukota. Bahkan hanya 3 menit jalan kaki ke Cimory Riverside Bogor. Fasilitas yang diberikan cukup lengkap jadi tak ada lagi keribetan saat camping yang membayangi.

Bayangkan saat malam tiba, menyalakan api unggun, lalu keesokan harinya bisa menikmati pemandangan Gunung Salak, Gunung Pangrango, serta Bukit Cipendawa lalu rafting bersama keluarga. Tak hanya itu, kalian pun bisa bermain flying fox, archery, sampai paint ball.

Panorama Pangrango Camp mampu menampung sampai 800 orang. Toilet yang disediakan pun banyak. Jadi tak usah khawatir akan kesulitan ke kamar mandi. Namun untuk bisa menikmati kawasan ini, minimal 30 orang bisa ikut. Nah, buat momen untuk ajak sekalian keluarga besar agar makin dekat lalu camping di Panorama Pangrango Camp.

  • Alamat: Jalan Cipendawa, Cipayung Girang, Megamendung, Bogor
  • Nomor Telepon: 0857-17864643
  • Jam Operasional: 08.00 – 17.00 WIB

8. Bumi Perkemahan Sukamantri Bogor

Bumi Perkemahan Sukamantri Bogor (Copy)

* sumber: wisatahalimun.co.id

Camping ground yang berada di ketinggian 940-1086 meter dari permukaan laut ini tepat di punggung Gunung Paseban Bogor. Ada dua zona yang bisa dipakai, yaitu Zona Halimun dan Zona Ciputri. Zona Halimun digunakan untuk camping sampai 350 orang lebih. Zona ini paling pas untuk outing kantor.

Sedangkan Zona Ciputri diperuntukan camping keluarga dan mandiri. Di Zona Ciputri dikelilingi Calliandra merah dan juga sungai kecil. Nah, kamu bisa sekaligus mengenalkan kunang-kunang pada si kecil saat berkemah di sini. Ini karena adanya konservasi dan edukasi kunang-kunang di kawasan ini. Saat malam, kamu akan ditemani pemandangan lampu kota Bogor.

  •  Alamat: Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Tamansari, Bogor
  • Nomor Telepon: 0858-83923203
  • Harga Tiket: Rp22.000 per malam

9. Consina Bumi Geulis

Consina Bumi Geulis (Copy)

*

Mendengar kata Consina, pikiran mungkin langsung mengarah kepada merek perlengkapan aktivitas outdoor. Memang benar. Consina Bumi Geulis dibuat dari merek tersebut. Mereka membuat tempat camping naik kelas. Ya, di sini kamu bisa mencoba glamping ataupun camping dengan tenda seperti kemah pada umumnya.

Untuk menginap di sini, kamu perlu membayar sebesar Rp325.000 per pax. Ini sudah termasuk pilihan tenda, makan untuk 3x dan snack 2x. Ini semua bisa dinikmati bila kamu bisa membawa anggota keluarga sampai 20 pax. Ajak anggota keluarga yang lain sehingga kalian tak akan kesepian dan mendapatkan momen kebersamaan yang lebih maksimal.

  • Alamat: Jalan Raya Golf Gunung Geulis, Kampung Babakan Sirna, Megamendung, Bogor
  • Nomor Telepon: 021-22927341
  • Jam Operasional: 08.00-11.30 WIB dan 13.30 – 16.00 WIB
  • Harga Tiket: mulai dari Rp325.000 per pax

10. Curug Nangka Camping Ground

Curug Nangka Camping Ground (Copy)

* sumber: travelspromo.com

Mau coba berkemah dekat dengan curug dan aman untuk keluarga? Bisa banget. Coba deh ke Curug Nangka Camping Ground. Curug Nangka terkenal dengan keindahan dan mitosnya. Namun tak berarti kenikmatan berkemah di Curug Nangka terlewati. Lokasi campingnya terpisah untuk jalan umum menuju air terjun. Sehingga pengunjung dan yang sedang berkemah tak terganggu.

Untuk bisa berkemah di sini, kamu cukup membayar biaya masuk serta tambahan Rp5.000 per orang lalu membayar tarif kendaraan menginap sebesar Rp30.000 untuk roda empat. Selebihnya, kamu tinggal berkemah. Ada baiknya saat memutuskan berkemah di sini, bawa tenda sendiri ya. Camping ground di sini benar-benar back to nature. Ada sungai jernih yang memudahkanmu untuk mendapatkan kebutuhan air.

Keesokan harinya, persiapkan untuk trekking menuju Curug Nangka, Curug Kaung, dan Curug Daun. Kesegaran airnya mampu membuatmu bangun dan fresh secara fisik dan jiwa. Jangan khawatir akan sarapan pagi. Banyak pedagang sarapan pagi yang menawarkan dagangannya. Seru, ya.

  • Alamat: Desa Warung Loa, Tamansari, Bogor, Jawa Barat
  • Jam Operasional: 06.30 – 19.00 WIB
  • Harga Tiket: Rp15.000 per orang dan Rp5.000 untuk tambahan camping

 Itulah 10 camping ground yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga. Ada yang berkonsep mewah, ada pula yang benar-benar kembali ke alam. Tinggal pilih sesuai dengan selera. Bila kamu memiliki referensi lain camping ground untuk keluarga, silakan beri komentar di bawah ini.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *