5 Tempat Fitness di Jogja Khusus Wanita yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh Dian Rahmawati - Diperbaharui 2 Oktober 2021

Menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh merupakan kebutuhan dasar setiap individu. Namun di era modern seperti sekarang ini, fitnes bukan hanya sekedar untuk menjaga kesehatan tubuh saja. Akan tetapi, sudah menjadi gaya hidup atau lifestyle. Tidak heran jika keberadaan tempat fitnes mulai menjamur di berbagai daerah dan kota-kota besar, salah satunya Yogyakarta

Setiap tempat fitnes biasanya sudah menyediakan alat-alat khusus, baik itu untuk gym, aerobik dan berbagai jenis latihan lainnya. Namun mengingat kebutuhan dan kenyamanan setiap orang berbeda-beda maka, setiap tempat fitnes juga biasanya menyediakan aturan tertentu. 

Ada tempat fitnes umum ada juga tempat fitnes khusus wanita. Sebagai seorang wanita, terkadang kita merasa tidak nyaman ketika harus fitness satu ruangan dengan laki-laki. Terlebih jika kamu seorang wanita muslim, tentunya kamu akan lebih leluasa dan nyaman jika ruangannya terpisah. 

Nah, bagi kamu penduduk Jogja yang sedang mencari tempat fitnes khusus wanita, jangan khawatir! Keluyuran telah merangkumnya menjadi 5 tempat fitnes di Jogja khusus wanita, yang wajib kamu kunjungi! Yuk, langsung saja kita simak artikelnya. 

1. Sanggar Senam Bellina 

Sanggar Senam BellinaSumber: twitter.com
  • Alamat: Jl. Persatuan Blok GK 5, Terban, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223
  • Jam operasional: 07.30–21.00
  • Nomor telepon: (0274) 565812
  • Harga: Rp50.000 – Rp150.000 

Bagi kamu para hijabers yang ingin mengunjungi tempat fitnes khusus cewek di Jogja, Sanggar Senam Bellina bisa jadi salah satu alternatif yang wajib kamu kunjungi! Banyak sekali fasilitas yang kamu bisa nikmati seperti ruang senam, loker,ruang sauna, whirlpool air dingin dan hangat, shower room, hingga handuk dan peralatan mandi pun disediakan di sini.

2. Joglo Fitness Center 

Joglo Fitness Center Sumber: goodtimes.id
  • Alamat: Jl. Sugeng Jeroni 27 (Barat Jokteng Kulon), Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia. 
  • Jam operasional: Pukul 08.00 – 08.30 
  • Nomor telepon: +62-274-371451
  • Harga tiket: biaya pendaftaran member Rp50.000 dan iuran bulanan Rp150.000

Joglo fitnes center juga, merupakan salah satu tempat fitnes di Yogyakarta yang menyediakan ruangan khusus perempuan. Tempat ini menyediakan berbagai jenis olahraga seperti angkat beban, bodybuilding, powerlifting, endurance training, indoor jogging equipment dan lain-lain. Untuk alat fitnesnya juga terbilang lengkap.

 Mulai dari pull-up bar, barbel, push-up bar, dumbell, Weighted bar, Kettlebells, Treadmill (alat lari dalam ruangan gym), Upright Bike (alat sepeda gym), Lat Pulldown, Chest Press dan lainnya. Untuk Kamu yang tertarik mengunjungi tempat ini kamu bisa langsung pergi ke Jl. Sugeng Jeroni 27 (Barat Jokteng Kulon), Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia. 

3. DM Fitness

DM Fitness
  • Alamat: Jl. Veteran No.23, MUJU, Kec. Umbulharjo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55164
  • Jam operasional: Buka setiap hari pukul 06.30 – 21.00  WIB
  • Nomor telepon: 087738573100
  • Harga tiket: Biaya pendaftaran Rp25.000. Paket bulanan Rp100.000 - Rp250.000

JIka kamu sedang mengunjungi tempat fitnes yang menyediakan ruang khusus perempuan. DM fitnes bisa jadi salah satu alternatif yang bisa kamu pilih. Dengan ruang aerobic yang yang cukup luas yaitu, 12x12 m dan juga fasilitas yang lengkap, tentu kamu pasti akan merasa nyaman. 

Untuk kamu seorang muslim jangan khawatir, karena tempat ini juga menyediakan mushola. Tidak hanya itu karena tempat ini juga menyediakan baju senam, fitnes, myunlocker, tempat parker hingga cafe. Berbagai macam kelas pun bisa kamu pilih disini, mulai dari  yoga, zumba, muaythai dan lain-lain.

4. Sanggar Senam Cahya Kumala

Sanggar Senam Cahya KumalaSumber: facebook.com
  • Alamat: Jalan Kaliurang km 7 No. 6B ( belakang pasar combo) Sleman Yogyakarta
  • Jam operasional: Senin-Sabtu, pukul 07.00 – 17.30 WIB
  • Nomor telepon: 0897-2584-102
  • Harga tiket: Rp6.000 untuk biaya sekali datang dan Rp40.000 untuk biaya member bulanan

Sanggar senam cahya kumala adalah salah satu sanggar senam yang berada di Yogyakarta. Tempat ini memang dirancang khusus untuk kaum perempuan. Lokasinya yang berada di dekat universitas negeri Yogyakarta membuat tempat ini selalu penuh dikunjungi oleh para mahasiswa. Namun banyak juga para ibu-ibu rumah tangga serta karyawati yang mengunjungi tempat ini. 

Untuk alat-alatnya sendiri cukup lengkap. Ada beberapa program yang bisa kamu ikuti disini  yaitu aerobic, fites dan konsultasi dengan biaya Rp40.000 ribu per bulan. Tapi jika kamu hanya ingin datang sekali, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp6.000 saja. Sangat terjangkau bukan? 

5. Kirana Health Club

Kirana Health Club
  • Alamat: Jl. Affandi- Gejayan, Compex Colombo, Jogjakarta.
  • Jam operasional: Buka setiap hari pukul 06.00-22.00 
  • Nomor telepon: (62) 274584222
  • Harga tiket: Rp450.000 per bulan

Jika kamu sedang mencari rekomendasi tempat fitnes dengan susana di dalam hotel, kirana health club bisa jadi salah satu pilihan yang wajib kamu kunjungi! Sama seperti tempat fitnes lainnya, Kirana health club juga menyediakan berbagai alat dan fasilitas yang cukup lengkap. 

Adapun fasilitas yang dimiliki Kirana Health club diantaranya yaitu, mesin beban, arke Jogging track aerobic class, classic aerobic, body language, taebo, aeroball, body shaping loker. Dan yang lebih serunya lagi tempat ini juga menyediakan outdoor swimming pool loh! 

Treadmil  yang digunakan pun sudah terkoneksi dengan internet, sehingga kamu bisa mengakses Youtube untuk mendengarkan lagu atau menonton video. Untuk bisa menikmati fasilitas yang ada di Kirana Health Club, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp450.000 perbulannya. Adapun program yang di disediakan disini yaitu aerobik, fitness atau tennis. 

Jika kamu ingin menggunakan fasilitas weight training kamu diwajibkan untuk menggunakan  sepatu olahraga. Jadi ada baiknya kamu persiapkan terlebih dahulu, namun bagi kamu yang tidak membawanya kamu juga bisa menyewa nya dengan harga Rp50.000. 

Tips Fitnes untuk Pemula 

Tips Fitness untuk Pemula Sumber: pegipegi.com

Adakalanya seseorang melakukan fitnes karena ingin mendapatkan bentuk tubuh yang sempurna, untuk itu kamu harus tau beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bisa mencapai body goals. Terutama bagi kamu yang masih pemula. Berikut ini adalah beberapa tips fitnes untuk pemula yang sudah Keluyuran rangkum. 

Fokus pada Latihan kardio terlebih dahulu 

Bagi kamu yang baru memulai fitness khususnya perempuan, hal utama yang harus kamu lakukan ialah fokus kepada Latihan kardio terlebih dahulu. Kardio berfungsi untuk membakar kalori dan mengembangkan sistem kardiorespirasi. 

Latihan kekuatan 

Lakukan lah beberapa Latihan kekuatan seperti angkat beban, dengan melakukan latihan kekuatan dapat membangun otot dan kepadatan tulang.

Lakukan fitness secara konsisten dengan membuat  jadwal 

Konsistensi memang selalu dibutuhkan dalam segala hal salah satunya melakukan fitness, agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal, kamu perlu membuat jadwal latihan secara rutin. Buat jadwal tersebut menjadi 2 sesi, misalnya pada hari senin, rabu, jumat kamu gunakan untuk Latihan kardio.

Kemudian hari selasa dan kamis untuk latihan kekuatan. Jangan lupa juga untuk sisipkan Latihan peregangan 10 atau 15 menit secara rutin. 

Nah, itu dia beberapa tips dan rekomendasi tempat fitnes khusus wanita di Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi. Dari 5 tempat diatas menurutmu manakah yang paling menurutmu paling cocok? Jika kamu punya rekomendasi lain seputar tempat fitness khusus perempuan di Yogyakarta, jangan ragu untuk tulis di kolom komentar ya! 

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram