15 Tempat Hunting Foto di Jakarta yang Sangat Aesthetic

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 24 Agustus 2021

Hunting foto bisa dilakukan di mana saja Anda berada. Di setiap kota atau daerah pasti ada beberapa spot foto yang keren. Bahkan, siapa sangka bila di tengah hiruk pikuk Kota Jakarta, ternyata ada juga beberapa spot foto yang menarik dan instagramable, lho.

Siapa bilang di kota besar seperti Jakarta tidak ada spot foto yang menarik? Berikut ini Keluyuran sudah merangkum 10 tempat hunting foto di Jakarta yang paling menarik. Meskipun tidak terlalu menyatu dengan pemandangan alam, tapi sejumlah tempat ini sangat keren jika Anda gunakan sebagai lokasi pemotretan.

1. Kota Tua

kota tua jakarta

Sudah menjadi tradisi sejak puluhan tahun yang lalu bahwa Kota Tua selalu menjadi tempat hunting foto di Jakarta yang paling menarik. Banyaknya bangunan berarsitektur Belanda yang tersebar di kawasan ini akan membangkitkan pesona vintage tersendiri.

Banyak orang yang memilih lokasi ini sebagai tempat untuk foto pre-wedding. Jika ingin memanfaatkan tempat wisata Kota Tua untuk hunting foto, sebaiknya datanglah ke tempat ini pada pagi atau sore hari karena pada saat itu matahari akan memberikan pencahayaan alami yang sangat memukau.

2. Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa Tempat Hunting Foto di Jakarta

Tidak jauh dari kawasan kota tua ada sebuah pelabuhan peninggalan jaman Belanda yang masih aktif beroperasi hingga saat ini. Romantisme perdagangan melalui kapal pada jaman dulu bisa Anda rasakan di sini. Apalagi di Pelabuhan Sunda Kelapa ini masih banyak perahu-perahu yang masih beroperasi. Ada yang mengangkut air, mengangkut ikan, dan juga mengangkut penumpang.

Suasana senja di pelabuhan ini benar-benar memberikan atmosfer yang sangat romantis. Bila memungkinkan, Anda pun dapat menyewa perahu untuk berkeliling sambil mencari spot foto menarik lainnya selain dari sisi pelabuhan.

3. Museum Taman Prasasti

Museum Taman Prasasti

Beberapa waktu lalu, Keluyuran sempat membahas seputar Museum Taman Prasasti sebagai tempat angker di Jakarta. Namun, meskipun menurut desas-desus masyarakat setempat taman ini dikenal angker, tapi toh masih banyak saja fotografer yang membawa modelnya untuk dipotret di sini.

Taman ini nampak seperti kuburan Belanda, tapi ada yang mengatakan bahwa di sini hanya tinggal prasastinya saja karena semua jenazah sudah dipindahkan. Pahatan makam yang begitu artistik dan patung-patung bernuansa Eropa tampak menghiasi setiap sudut tempat ini. Museum Taman Prasasti adalah tempat yang sangat keren untuk berfoto dengan konsep gothic atau sekedar foto pre-wedding.

4. Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk

Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk

Di tengah keramaian Kota Jakarta ternyata ada hutan mangrove di kawasan Pantai Indah Kapuk yang menawarkan ketenangan sekaligus pemandangan yang cantik untuk berfoto. Tempat hunting foto di Jakarta yang satu ini didominasi dengan pemandangan hutan dan sungai yang bisa disusuri dengan menggunakan perahu.

Jembatan kayu yang terdapat di hutan mangrove ini menjadi tempat yang paling favorit untuk pengambilan gambar. Akan tetapi, perlu Anda ketahui jika ingin menggunakan hutan mangrove ini untuk berfoto maka Anda harus membayar biaya sekitar 500 – 750 ribu pada pengelola tempat ini.

5. Ancol

Ancol

Kawasan Ancol selalu menarik untuk dibahas. Selain itu, tempat-tempat yang ada Ancol memang sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi foto. Bahkan, taman bermain seperti Dunia Fantasi saja juga bisa menjadi tempat menarik untuk memotret. Misalnya, carousel di Dunia Fantasi sering dijadikan sebagai spot foto pasangan.

Selain itu, Pantai Ancol juga menawarkan tempat yang menarik jika Anda ingin mengambil foto romantis kala senja datang. Hampir semua tempat yang ada di Ancol ini memang sangat patut untuk dijadikan sebagai spot foto. Kalau Anda, di mana spot foto favorit Anda ketika berada di Ancol?

6. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia

Tidak jauh dari pusat keramaian kota tua terdapat sebuah gedung yang saat ini dikelola sebagai Museum Bank Indonesia. Ya, gedung dengan bangunan jaman kolonial Belanda ini memang sangat spesial. Bahkan, pasangan artis Putri Titian dan Junior Liem saja melangsungkan resepsi pernikahan di gedung ini.

Ada banyak pasangan yang memilih Museum Bank Indonesia ini sebagai tempat untuk berfoto. Tempat ini memang menawarkan suasana vintage tapi tetap menonjolkan sisi romantis. Bangunan dengan warna cat yang serba putih ini merupakan rekomendasi tempat hunting foto berikutnya yang wajib Anda kunjungi.

7. Bundaran Hotel Indonesia

Bundaran Hotel Indonesia

Belum ke Jakarta rasanya jika kita tidak melewati Bundaran Hotel Indonesia (HI). Gemerlap Kota Jakarta akan semakin terasa apabila Anda melintasi bundaran ini pada malam hari. Akan tetapi, tidak hanya sekedar melintasi saja, Bundaran HI bisa Anda jadikan sebagai tempat hunting foto di Jakarta yang paling menarik.

Malam hari adalah waktu terbaik untuk mengambil potret dengan latar belakang atau objek Bundaran HI. Air mancur di bundaran ini akan semakin terlihat “hidup” dengan adanya lampu di sekitar bundaran. Ditambah lagi dengan lampu-lampu kendaraan yang melintas di bundaran ini. Wah, foto Anda pasti akan terlihat semarak!

8. Monumen Nasional

Monumen Nasional

Tidakkah Anda ingin mengambil foto di landmark Kota Jakarta ini? Ya, Monumen Nasional (Monas) adalah landmark kebanggaan masyarakat Jakarta yang dapat Anda pilih sebagai tempat untuk hunting foto. Taman di pelataran Monas ini sangat luas sehingga ada banyak pengunjung yang melakukan aktivitas di sana, mulai dari bermain bola, berolahraga, sambil duduk-duduk santai.

Jadi, Anda tidak hanya bisa mengambil potret dari Monas itu sendiri, melainkan abadikan juga setiap aktivitas pengunjung yang berada di sekitar Monas. Tempat ini sangat cocok untuk hunting foto pada siang maupun malam hari.

9. Petak 9 Glodok

Petak 9 Glodok

Kawasan pecinan di Jakarta akan memberikan warna tersendiri untuk setiap foto yang Anda hasilkan. Petak 9 Glodok adalah kawasan pecinan di Jakarta yang terdapat berbagai bangunan ala negeri tirai bambu. Bangunan rumah maupun klenteng yang terdapat di kawasan ini membuat kita serasa berada di Tiongkok.

Anda pun dapat mengabadikan momen dari aktivitas saudara-saudara kita yang beretnis Tionghoa yang tinggal di kawasan ini ketika mereka sedang berdagang atau bersembahyang. Bila Anda kemari sewaktu Imlek, maka suasana akan lebih meriah dengan keberadaan lampion dan ornamen berwarna merah lainnya.

10. Masjid Istiqlal & Gereja Katedral Jakarta

Masjid Istiqlal

Dua bangunan tempat ibadah yang satu ini berdiri secara berdampingan. Hal tersebut menggambarkan bahwa masyarakat Indonesia dapat hidup berdampingan meskipun berbeda keyakinan. Baik Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral memiliki bangunan yang spesial dan sayang bila tidak Anda abadikan dalam lensa kamera Anda.

Gereja Katedral Jakarta

Masjid Istiqlal adalah sebuah masjid terbesar yang mengusung arsitektur Indonesia modern dengan sedikit sentuhan Timur Tengah. Sementara itu, Gereja Katedral merupakan sebuah bangunan gereja ala gothic yang membuat Anda serasa memotret bangunan gereja di Eropa.

11. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah

Bukankah Taman Mini Indonesia Indah adalah sebuah tempat wisata? Ya, memang benar jika Taman Mini merupakan tempat wisata. Namun Taman Mini juga merupakan tempat hunting foto di Jakarta yang sangat menarik untuk dikunjungi. Jadi, sambil berwisata Anda bisa memotret sebanyak mungkin di tempat wisata seluas 150 hektare ini.

Terdapat banyak wahana dan miniatur rumah-rumah daerah yang bisa Anda abadikan di dalam lensa kamera Anda. Selain itu, Taman Mini juga memiliki kereta gantung yang memungkinkan Anda memotret dari atas ketinggian. Pokoknya, Anda tidak akan rugi saat hunting foto di sini.

12. Rumah Akar

Rumah Akar

* sumber: www.fotografer.net

Tak banyak yang tahu bahwa di Jakarta terdapat sebuah rumah tua tak berpenghuni tetapi menjadi langganan tempat hunting bagi para fotografer amatir maupun profesional. Rumah Akar, begitulah para fotografer dan warga setempat menamai rumah kosong tersebut.

Rumah Akar berlokasi di Jalan Kali Besar Timur, Jakarta Barat, tepatnya di belakang Museum Wayang. Dinding-dinding rumah ini dirambati oleh akar-akar pohon sehingga menimbulkan kesan mistis tetapi juga eksotis. Biasanya para fotografer yang ingin hunting akan membawa model untuk dipotret di dalam dan luar Rumah Akar.

13. Hauwke’s Auto Gallery

Hauwke’s Auto Gallery

* sumber: jakartaplayground.wordpress.com

Tempat hunting foto di Jakarta yang satu ini merupakan museum mobil-mobil antik yang pastinya mencari incaran bagi para pecinta mobil klasik. Namun bukan hanya kalangan pecinta mobil antik saja yang datang ke Hauwke’s Auto Gallery, fotografer pun beramai-ramai datang kemari untuk hunting foto.

Hauwke’s Auto Gallery memberikan nuansa vintage pada lensa kamera Anda. Jajaran mobil-mobil antik akan terlihat sangat cantik saat diabadikan dalam foto. Bahkan, ada juga pasangan yang melakukan foto pre-wedding di tempat ini. Akan tetapi, tentu saja Anda harus mengurus perizinan kepada pihak Hauwke’s Auto Gallery sebelum mulai memotret.

14. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu

* sumber: www.wego.co.id

Warga Jakarta pasti sudah sangat familiar dengan Kepulauan Seribu. Ya, tempat wisata yang satu ini memang jadi langganan bagi warga Jakarta yang ingin berlibur di pantai. Selain dekat, pemandangan di Kepulauan Seribu juga sangat menarik. Bahkan, saking menariknya banyak fotografer yang menyeberang dari Jakarta ke Kepulauan Sseribu untuk hunting foto.

Di Kepulauan Seribu terdapat beberapa pulau yang bisa Anda kunjungi. Tentu saja setiap pulau menawarkan keindahannya masing-masing. Jika ingin hunting foto di Kepulauan Seribu, Anda harus menyediakan waktu beberapa hari agar dapat mengeksplor seluruh tempat yang ada di sini.

15. Toko Merah

Toko Merah

* sumber: tempatwisataindonesia.id

Bangunan yang didominasi dengan warna merah ini memiliki cerita misteri sekaligus daya tarik yang sangat magis. Ketika melintas di bangunan yang berada di kawasan Kota Tua ini, Anda pasti tidak dapat menahan hasrat untuk segera mengambil kamera dan memotret setiap sudut bangunan.

Toko Merah sudah menjadi salah satu tempat hunting foto di Jakarta yang wajib untuk dikunjungi. Anda pun dapat kemari sambil membawa model untuk difoto dengan lantar belakang Toko Merah. Mau siang maupun sore hari, bangunan ini tetap tampak eksotis di lensa kamera Anda.

Itulah 10 tempat hunting foto di Jakarta yang bisa Anda kunjungi. Bila Anda ingin merekomendasikan tempat menarik di Jakarta lainnya untuk hunting foto, silakan tulis rekomendasi Anda di kolom komentar yang tersedia.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram