10 Tempat Hunting Foto Di Semarang yang Keren Banget

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 2 Juni 2021

Bawalah kamera terbaik Anda ketika sedang berjalan-jalan di Semarang. Pasalnya, banyak sekali tempat hunting foto di Semarang yang keren dan sangat sayang sekali jika tidak diabadikan melalui lensa kamera Anda. Beberapa spot fotogenic ini berasal dari tempat wisata alam di Semarang, tapi ada juga yang berada di tengah Kota Semarang.

Keluyuran akan memberikan referensi seputar tempat hunting foto di Semarang yang wajib banget untuk dikunjungi. Ingin sekedar berfoto atau justru ingin difoto di tempat-tempat yang akan kami rekomendasikan berikut ini? Tak masalah. Langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut.

10 Tempat Hunting Foto Di Semarang

1. Tugu Muda

Tugu Muda Tempat Hunting Foto Di Semarang

Kawasan Tugu Muda Semarang menyediakan paket komplit bagi Anda yang sedang mencari tempat hunting foto di Semarang dengan menonjolkan keramaian kota. Tugu ini berada di tengah kota dan berada di tengah jalan yang terbilang strategis. Dari Tugu Muda terlihat latar belakang berupa Gedung Lawang Sewu yang dikenal dengan kisah mistisnya itu.

Sementara itu, lalu lalang kendaraan yang melintasi tugu ini juga akan menambah kesan “hidup” dalam setiap foto yang Anda jepret. Apalagi air mancur yang berada di sekitar tugu juga bisa membuat foto Anda terlihat lebih artistik.

2. Eling Bening

Eling Bening

Wisata Eling Bening sebenarnya masih tergolong baru di Semarang. Akan tetapi, tempat wisata ini langsung mendapat sambutan yang cukup baik dari masyarakat Semarang. Eling Bening berlokasi di kawasan Ambarawa dan udara di sekitarnya masih sangat sejuk.

Yang membuat tempat ini cocok sekali menjadi tempat hunting foto adalah hamparan rawa pening yang luas dan panorama pegunungan yang akan menjadi latar belakang di setiap foto Anda. Di sini juga terdapat infinity pool yang cocok juga untuk dipilih sebagai spot foto. Makan sambil hunting foto di Eling Bening, kenapa tidak?

3. Vihara Buddhagaya Watugong

Vihara Buddhagaya Watugong

Di beberapa wilayah, tempat ibadah umat Buddha dan Hindu bisa menjadi sebuah spot foto yang menarik untuk dilewatkan begitu saja. Sama halnya dengan salah satu vihara di Semarang ini, yaitu Vihara Buddhagaya Watugong. Hampir setiap sudut vihara memang menarik untuk dijadikan sebagai spot foto.

Akan tetapi, spot foto yang paling diminati adalah pagoda yang terdapat di vihara ini. Konon, ini adalah pagoda yang tertinggi di Indonesia. Tak hanya itu saja, vihara ini juga berlokasi di tempat yang strategis sehingga masih banyak dikunjungi oleh wisatawan baik yang berasal dari dalam maupun luar Semarang untuk menyempatkan diri berfoto

4. Puncak Gunung Ungaran

Puncak Gunung Ungaran

Bukan hanya di Semarang saja, di kota lain Anda juga dapat menemukan tempat hunting foto yang kental dengan suasana alam. Sama seperti dengan Puncak Gunung Ungaran ini yang memang memiliki spot foto yang bagus sekali. Saat berada di Puncak Ungaran, Anda akan melihat pemandangan pegunungan dengan area persawahan hijau yang luas membentang.

Pemandangan yang indah dari Puncak Gunung Ungaran ini memang sangat menarik untuk diabadikan di lensa kamera. Namun, untuk sampai ke Puncak Gunung Ungaran Anda harus bekerja ekstra terlebih dahulu untuk mendaki gunung setinggi 2.050 meter di atas permukaan laut ini.

5. Semarang Art Gallery

Semarang Art Gallery

Siapa bilang tempat hunting foto di Semarang hanya didominasi dengan tempat wisata alam saja? Sebuah museum seni ternyata juga bisa menjadi tempat hunting foto yang seru dan menyenangkan. Semarang Art Gallery adalah museum barang-barang seni yang ditata dengan sangat apik.

Beragam lukisan dan patung karya seniman berbakat dipajang di sini. Penataan barang-barang seni yang berjauhan memberikan kesan lengang pada museum ini. Ditambah lagi dengan pencahayaan yang bagus, Semarang Art Gallery ini benar-benar menjadi tempat hunting foto yang berbeda. Kunjungi museum seni ini di Jalan Taman Srigunting No. 5-6, Semarang.

6. Masjid Agung Semarang

Masjid Agung Semarang

Setelah menjelajah untuk mencari tempat hunting foto terbaik, jangan lupa untuk tetap menunaikan ibadah sholat, ya! Mampirlah ke Masjid Agung Semarang untuk beribadah sejenak. Kemegahan masjid ini sudah tersebar ke berbagai penjuru. Bahkan, kemegahan Masjid Agung Semarang ini sering disamakan dengan kemegahan Masjidil Haram di Mekkah.

Menara-menara yang menyertai Masjid Agung Semarang ini nampak berdiri kokoh dan mempertegas kemegahan masjid ini. Yang membuat masjid ini terlihat semakin menarik untuk dipotret adalah keberadaan payung-payung hidrolik yang cukup besar dan bisa membuka atau menutup secara otomatis. Usai menunaikan ibadah sholat, tidak ada salahnya jika Anda mengabadikan kemegahan Masjid Agung Semarang ini melalui lensa kamera Anda.

7. Pantai Marina

Pantai Marina

Pantai Marina adalah pantai di Kota Semarang yang bisa Anda kunjungi untuk bersantai atau justru hunting foto. Penampilan pantai ini mungkin tidak seelok pantai-pantai di Bali atau Lombok, tetapi Anda bisa mendapatkan foto yang keren jika Anda kemari saat golden hour alias matahari terbenam.

Dari pantai ini Anda bisa memandang ke arah Pelabuhan Tanjung Mas dan hutan bakau. Selain itu, jajaran gazebo yang berada di tepi pantai juga bisa menjadi objek foto yang cantik. Di sekitar pantai juga terdapat penangkaran rusa dan kancil. Anda bakal mendapat banyak spot foto menarik di Pantai Marina ini.

8. Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang

Setiap kota tentu memiliki kawasan kota tua atau kota lama. Pun begitu di Semarang yang memiliki kawasan kota lama. Nah, kota lama ini ternyata merupakan tempat hunting foto di Semarang yang paling favorit dan tidak terlalu jauh dari pusat kota.

Di kawasan ini Anda bisa menemukan bangunan-bangunan tua yang masih dipakai atau memang sudah tidak terpakai. Bangunan dengan arsitektur bergaya Belanda inilah yang sering dijadikan sebagai background foto bagi para fotografer yang sedang hunting foto di sini. Baik pagi, siang, sore, maupun malam hari, kawasan kota lama ini tetap bisa menjadi tempat hunting foto yang keren.

9. Sky Pool Star Hotel Semarang

Sky Pool Star Hotel Semarang

Infinity pool adalah kolam renang yang biasanya berada di tempat tinggi dan menawarkan pemandangan menakjubkan dari ketinggian tersebut. Di Semarang, Anda bisa menemukan kolam renang sejenis itu di Star Hotel. Sky Pool ini adalah fasilitas yang ditawarkan oleh Star Hotel tersebut.

Meskipun Anda bukan tamu hotel, Anda tetap dapat berada di area kolam renang ini dengan memesan makanan atau minuman dari bar yang berada di tepi kolam renang. Dari kolam renang yang cantik ini Anda bisa memotret Kota Semarang dari segala sudut.

10. Lawang Sewu

Misteri Lawang Sewu

Save the best for the last. Oleh karena itu, kami menyimpan lokasi hunting foto yang istimewa ini untuk dibahas di poin terakhir. Lawang Sewu memang dikenal sebagai tempat angker, tapi hal tersebut tidak menyurutkan niat para fotografer untuk hunting foto di sekitar gedung bersejarah ini.

Para fotografer dapat mengambil foto di pekarangan Lawang Sewu atau lorong-lorong gedung ini. Jendela-jendela gedung ini juga menjadi spot foto favorit di tahun ke tahun.

Tempat Hunting Foto di Semarang Lainnya

Masih ingin berfoto-foto di kota yang sangat cantik ini? Tak usah khawatir, Keluyuran akan memberikan rekomendasi tempat hunting foto lainnya yang ada di Semarang. berikut daftarnya:

11. Brown Canyon

Brown Canyon

* sumber: merahputih.com

Kalau di Amerika ada Grand Canyon, di Semarang ternyata ada Brown Canyon. Bekas penambangan tanah ini berada di Meteseh, Tembalang, Semarang. Sekilas tampilan dan suasana di Brown Canyon ini memang agak mirip dengan Grand Canyon. Tempat hunting foto di Semarang ini benar-benar luar biasa keren dan bikin tampilan foto Anda seperti berada di luar negeri.

Brown Canyon merupakan tempat yang dipenuhi tebing-tebing tinggi yang di atas puncaknya terdapat pohon. Area penambangan ini sebenarnya masih aktif digunakan. Jadi, Anda akan menemukan para pekerja jika berkunjung kemari pada siang hari. Namun, Anda tetap bisa menyiasati dengan mengambil angle tertentu jika tidak ingin berfoto dengan latar belakang para pekerja di sini.

12. Puri Maerokoco

Puri Maerokoco

* sumber: travelingyuk.com

Yang satu ini adalah tempat hunting foto sekaligus tempat wisata edukasi di Semarang. Puri Maerokoco adalah Taman Mini-nya Semarang. Bagaimana bisa replika rumah-rumah adat menjadi tempat hunting foto yang menarik? Tentu saja bisa jika Anda dapat mengambil gambar dengan angle yang tepat, maka replika rumah adat pun bisa terlihat menarik.

Akan tetapi, daya tarik Puri Maerokoco sebagai tempat hunting foto tidak terletak pada replika rumah adatnya, melainkan danau yang berada di tengah tempat wisata ini. Di sekitar danau juga terdapat tanaman mangrove yang membuat suasana alamnya jadi makin asri. Pasangan yang akan melangsungkan pernikahan juga sering berfoto pre-wedding di tempat ini.

13. Rawa Pening

Rawa Pening

* sumber: wisatalagi.blogspot.co.id

Eksotisme Rawa Pening memang sangat mempesona. Bahkan, aktivitas para nelayan di sini juga sering diabadikan dalam seni fotografi oleh para fotografer handal. Danau biru yang nampak bersih berpadu dengan background gunung membuat panorama di Rawa Pening ini terlihat sangat sempurna.

Ketika berada di Rawa Pening, Anda tidak memerlukan model karena aktivitas nelayan di sini juga bisa menjadi objek foto yang menarik. Akan tetapi, jika Anda ingin memotret dengan model juga bisa. Rawa Pening juga sering menjadi spot pre-wedding.

14. Hutan Wisata Tinjomoyo

Hutan Wisata Tinjomoyo

* sumber: mybikingdiary.blogspot.co.id

Hutan yang dulunya adalah kebun binatang ini adalah salah satu tempat hunting foto di Semarang yang wajib Anda kunjungi. Ini adalah hutan terbesar di Semarang. Hutan ini memiliki daya magis yang kuat untuk memikat pengunjung agar betah berlama-lama di sini.

Keasrian Hutan Wisata Tinjomoyo memang bukan rahasia lagi, justru pesona alam hijau yang ditawarkan oleh hutan inilah yang membuat banyak fotografer tertarik untuk hunting foto di sini. Spot foto yang paling banyak digunakan adalah jembatan gantung yang cukup sunyi dan lumayan panjang.

15. Setiya Aji Flower Farm

Setiya Aji Flower Farm

* sumber: estutrans.com

Perkebunan bunga adalah tempat hunting foto yang paling sempurna. Anda bisa memotret keindahan bunga-bunga di kebun atau justru membawa model dan menjadikan bunga-bunga di kebun itu sebagai background. Setiya Aji Flower Farm adalah tempat hunting foto di Semarang yang menghadirkan pesona kebun bunga warna-warni yang sangat cantik.

Di sini, Anda juga diperbolehkan untuk memotret bunga atau membawa model sendiri. Walaupun area kebun bunga ini tidak terlalu besar, tetapi koleksi bunga-bunga di sini sangat cantik dan sayang bila tidak diabadikan dalam lensa kamera Anda.

Kunjungi 10 tempat hunting foto di Semarang ini jika Anda mendambakan spot foto yang menarik. Jika Anda bukan seorang fotografer, Anda juga tetap dapat berkunjung ke tempat-tempat ini untuk sekedar mendapatkan foto untuk mengisi media sosial Anda.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram