10 Tempat Hunting Foto Malam di Bandung yang Instagramable

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 4 Januari 2020

Kota Bandung merupakan kota yang sangat aesthetic. Bahkan foto jajaran toko di Jalan ABC saja terlihat keren dan bagus buat di-upload ke Instagram. Jadi, Anda tidak perlu pergi jauh-jauh ke luar negeri buat hunting tempat foto yang bagus.

Main saja ke Bandung pada akhir pekan. Biasanya orang-orang mencari spot tempat foto yang cantik untuk keperluan tertentu, misalnya untuk foto prawed atau buku kelulusan sekolah (buklet). Berikut adalah daftar sepuluh tempat hunting foto malam di Bandung (outdoor) yang keren-keren:

1. Cikapundung Riverspot

Cikapundung Riverspot

* sumber: www.nyeritain.com

Ridwan Kamil, walikota Bandung, benar-benar merombak banyak tempat menjadi 100x lipat lebih baik. Tempat yang asalnya tidak terawat berubah menjadi tempat aesthetic dan nyaman buat nongkrong. Adalah Cikapundung Riverspot, tempat hunting foto malam di Bandung yang selanjutnya.

Konsep tempat ini mengacu pada jalanan di perkotaan Eropa. Anda bisa duduk-duduk di bangku merah atau pun di atas lantai yang menyala karena telah di-install lampu. Di sana juga ada air mancur menari mirip seperti yang ada di Taman Vanda, namun jumlahnya lebih sedikit. Air mancur ini umumnya aktif saat malam hari.

  • Alamat: Jl. Dr. Ir. Sukarno, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung

2. Taman Vanda

Taman Vanda

* sumber: www.helvry.com

Taman ini mungkin tidak mencolok karena merupakan segitiga di tengah pertigaan jalan. Yang membuat Anda sadar kalau tempat tersebut adalah taman tematik Bandung karena ada tulisan "Taman Vanda" besar-besar dalam balutan warna merah.

Taman Vanda menjadi tempat hunting foto malam di Bandung yang recommended karena jika air mancurnya sudah dinyalakan, Anda bisa mendapatkan foto yang aesthetic banget. Oh, iya, ketika berkunjung ke Taman Vanda, Anda tidak perlu takut kelaparan. Kenapa? Karena biasanya suka ada penjual makanan dan minuman karbitan berkeliaran di sana, seperti penjual kopi hangat dan jajanan lainnya.

  • Alamat: Jl. Merdeka No.9, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung

3. Caringin Tilu

Caringin Tilu

* sumber: jurnalnyafarah.blogspot.com

Caringin Tilu merupakan salah satu dari jajaran bukit yang beken di Bandung. Walaupun ramai juga dikunjungi pada pagi dan siang hari, malam hari merupakan waktu yang paling pas buat nongkrong di CarTil, sapaan akrab Caringin Tilu.

Anda bisa datang sejak sore, jadi selain mendapatkan view Kota Bandung malam hari, Anda bisa melihat sunset terlebih dahulu. Pemandangan city light akan menyambut Anda setelahnya. Lampu-lampu kota bertebaran seperti bintang di langit merupakan daya tarik utama dari tempat ini.

  • Alamat: Jl. Padasuka Atas No.41 Kampung Caringin 3, Cimenyan, Kec. Cimenyan, Kota Bandung

4. Bukit Moko

Bukit Moko

* sumber: haibandung.blogspot.co.id

Bukit Moko berada di ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut. Sehingga, ketika berada di puncaknya, Anda akan langsung disambut oleh pemandangan Kota Bandung yang sangat indah. Biasanya orang-orang datang ke tempat ini pada pagi dan sore-malam hari. Mungkin karena kalau siang terlalu panas dan silau.

Jika Anda datang ke Bukit Moko pada malam hari, Anda akan dihujani oleh pemandangan lautan lampu Kota Bandung. Anda bisa berfoto dengan menggunakan lautan lampu sebagai background-nya. Untuk main ke Bukit Moko, Anda tidak akan dikenakan biaya. Tapi, jika Anda pergi ke puncaknya, maka Anda harus membayar sebesar 8.000 saja. Murah sekali, bukan?

  • Alamat: Cimenyan, Kec. Cimenyan, Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 7271142

5. Jalan Braga

Jalan Braga

* sumber: golden-flower.co.id

Jalan Braga masih menempati puncak list tempat hunting foto malam di Bandung terbaik. Sebenarnya baik pagi, siang, sore dan malam Jalan Braga tidak pernah sepi oleh orang-orang yang suka hunting foto. Tapi, biasanya waktu yang paling prime untuk berfoto di Jalan Braga adalah pagi hari (karena belum banyak orang) dan malam hari (karena vibe-nya berbeda dengan siang hari).

Jalan Braga sudah menjadi jalan yang tidak pernah mati sejak zaman kolonial Belanda. Makanya, pertokoan di sana berbentuk seperti bangunan Eropa. Ditambah lampu jalan dan lantai jalanan yang unik, Braga merupakan tempat hunting foto malam di Bandung yang terbaik. Itulah alasan banyak orang yang foto pre-wed hingga photo shoot majalah di Jalan Braga.

6. Bukit Bintang

Bukit Bintang

* sumber: etongportography.wordpress.com

Bukit Bintang masih satu kawasan dengan Bukit Moko. Bukit Bintang berada di dataran tinggi, yaitu Dago Atas, sehingga udaranya sejuk dan pemandangannya juara. Di bukit ini banyak warung yang menjual jagung bakar dan minuman hangat. Kalau Anda mau sekalian makan di restoran, ada banyak juga kok resto dan kafe di daerah Bukit Bintang.

  • Alamat: Cimenyan, Kec. Cimenyan, Bandung
  • Kisaran Harga Tiket Masuk: Sekitar Rp 15.000 per orang

7. Orchid Forest Cikole

orchid forest

Orchid Forest Cikole, salah satu tempat wisata populer di Lembang ini sering digunakan untuk menggelar konser kelas dunia. Siapa sangka, tempat ini punya banyak sekali spot foto menarik. Salah satunya area jembatan.

Objek wisata ini juga sering dijadikan lokasi untuk foto prewed, lho. Tertarik untuk melakukan sesi foto di sini? Silakan hubungi nomor kontak yang tersedia, atau kunjungi langsung lokasi objek wisata populer ini di Cikole, Lembang.

  • Alamat: Genteng, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Nomor Telepon: 0812-2000-3438
  • Jam Operasional: Senin-Jumat 09.00-18.00 WIB, Sabtu-Minggu 08.00-19.00 WIB

8. Kawasan Asia-Afrika

Jalan Braga dan Asia Afrika

* sumber: 73photoworks.wordpress.com

Selain Jalan Braga, kawasan Asia-Afrika yang berada tak jauh dari sana juga cocok untuk dijadikan tempat hunting foto saat malam hari. Apalagi, bangunan-bangunan peninggalan Belanda yang punya nilai sejarah masih tetap berdiri kokoh di wilayah ini.

Tak jarang, ada sejumlah orang yang mengenakan kostum unik dan melayani permintaan para pejalan kaki atau masyarakat yang hendak berfoto bersama. Umumnya kostum yang dikenakan adalah kostum ala hantu seperti Kuntilanak sampai Pocong.

9. Cafe D’Pakar

Cafe D’Pakar tempat hunting foto malam di Bandung

Hayo, siapa yang belum pernah datang ke Cafe D'Pakar? Tempat ini merupakan salah satu kafe di Bandung yang wajib Anda kunjungi, loh. Seperti yang bisa Anda tebak, lokasi kafe ini ada di Dago Pakar (dekat Taman Hutan Raya alias Tahura).

Cafe D'Pakar merupakan perpaduan kopi + penghijauan yang menyegarkan. Anda bisa nongkrong sambil ngopi, ngemil, menikmati bunga dan pohon-pohon yang cantik. Kafe ini selalu penuh oleh pengunjung pada pagi, siang, dan juga malam hari. Dan, tentu saja Anda juga bisa hunting foto pada malam hari di sini.

  • Alamat:Jl. Bukit Pakar Timur, Desa Ciburial, Dago Pakar, Bandung
  • Nomor Telepon: 085102677787
  • Jam Operasional: 11:00 – 18:00 WIB

10. Babakan Siliwangi

Babakan Siliwangi

* sumber: tempatwisatadibandung.info

Babakan Siliwangi merupakan pasokan pohon rindang dan daerah resapan air di Bandung. Dulu sempat ada rumor kalau Babakan Siliwangi mau digusur, untung saja hal tersebut tidak direalisasikan. Makanya, jika berkunjung, jangan sampai Anda merusak properti di sana, ya. Kini Baksil bisa juga dikunjungi untuk menjadi tempat hunting foto malam di Bandung.

  • Alamat: Jl. Tamansari No.73, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 2501394

Selesai sudah pembahasan sepuluh tempat hunting foto malam di Bandung dari Keluyuran. Yuk, datangi semuanya untuk feeds Instagram Anda! Apakah Anda tahu tempat seru lainnya buat foto malam di Bandung?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram