10 Tempat di Jakarta Pusat yang Memiliki Bangunan Instagramable

Ditulis oleh Siti Hasanah

Instagramable erat kaitannya dengan platform Instagram, sering diasosiasikan pada sebuah foto atau video yang dinilai layak diunggah ke dalam feed Instagram. Istilah ini bisa digunakan untuk menjelaskan sesuatu, keadaan atau tempat unik.

Seiring banyaknya pengguna Instagram, semakin banyak pula tren berfoto yang menggunakan tempat-tempat cantik untuk unggahan Instagram. Tempat-tempat tersebut kemudian sering disebut tempat instagramable.

Nah, di Jakarta Pusat banyak terdapat tempat-tempat serupa yang sering jadi buruan para pegiat fotografi atau mereka yang hobi berfoto.

Jika kamu termasuk salah satunya, coba deh simak informasi di bawah ini yang berisi tempat-tempat di Jakarta Pusat yang dinilai instagramable!

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Jakarta Pusat yang Menarik Dikunjungi

1. Gereja Katedral

  • Alamat: Jl. Katedral No.7b, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat
  • Jam Buka: 06 – 12, Jam 15.30 - 21.00
  • Telepon: (021) 3519186

Tempat peribadatan umat Katolik ini sudah berusia lebih dari satu abad. Namun, masih berdiri dengan kokoh dan bangunannya tetap megah.

Bangunan ini dibangun dengan gaya arsitektur gotik dengan menaranya yang menjulang tinggi. Gereja yang punya nama resmi Santa Maria ini dirancang oleh Antonius Dijkimans yang kemudian dirampungkan oleh Cuypers Hulswit.

Bagian dalam gereja ini punya interior yang lebih mengesankan dibandingkan dengan desain bagian luarnya. Ada mimbar tua bergaya gotik yang dibuat oleh Stoltefusz dan Firm Te Poel, den Haag.

Gereja ini juga punya lukisan jalan Salib yang berada di sekeliling gereja. Jika kamu berkesempatan untuk menyambangi gereja ini, pastikan untuk menyambangi museumnya.

Ada banyak hal menarik yang pasti sayang untuk dilewatkan. Tidak hanya usianya yang sudah sangat tua, gereja ini punya cerita sejarah yang berkaitan dengan Kemerdekaan Indonesia. Jelajahi setiap inci gereja klasik ini dan temukan objek menarik, lalu abadikan dengan gawai dan peralatan kameramu.

2. Monumen Nasional Indonesia

Monumen Nasional IndonesiaSumber: idetrips.com
  • Alamat: Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat
  • Jam Buka: 08.00 – 22.00
  • Telepon: (021) 3822255
  • HTM: Rp4.000

Jalan-jalan ke Jakarta, tidak lengkap rasanya jika belum melihat Tugu Monas (Monumen Nasional). Tugu ini adalah landmark kota sekaligus tempat yang wajib dikunjungi jika kamu ke Jakarta.


Monas dibangun sekitar tahun 1959 dengan tujuan untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia yang berjuang melawan penjajah Belanda. Tugu Monas berdiri di atas lahan seluas 80 hektar dan merupakan tugu yang mengandung nilai-nilai penting.

Menara Monas setinggi 132 m ini adalah lingga (alu), sedangkan pelatarannya ada cawan yang berarti yoni (lumping). Alu dan lumping adalah peralatan rumah tangga yang selalu ada di setiap rumah masyarakat Indonesia.

Di sini terdapat banyak hal menarik seperti relief sejarah Indonesia, pelataran puncak, ruang museum, ruang kemerdekaan, dan lidah kemerdekaan. Keindahan Monas menjadikannya sebagai spot menarik untuk berburu foto.

3. Masjid Istiqlal

  • Alamat: Jl. Taman Wijaya Kusuma, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat
  • Jam Buka: 04.00 – 12.00, Jam 04.00 – 23.00 (Minggu tutup)
  • Telepon: (021) 3811708

Masjid istiqlal adalah sebuah tempat peribadatan umat muslim yang juga termasuk tempat instagramable di Jakarta Pusat. Masjid terbesar di Asia Tenggara ini digagas oleh Presiden Ir Sukarno dan mulai dibangun pada 1961.

Berdiri di atas lahan seluas 9,5 hektar, Masjid Istiqlal didesain oleh Friedrich yang notabene adalah seorang umat penganut Kristen Protestan. Ia memenangkan sayembara dan dengan ini desainnya digunakan untuk pembangunan masjid ini.

Dalam desainnya, Friedrich banyak menyisipkan simbol-simbol Islam, misalnya pada bentuk kubah masjid yang dihiasi dengan ukiran Ayat Kursi di sekeliling kubahnya. Lalu, ada 12 pilar yang menopang bangunan masjid ini yang merupakan perlambang hari lahir Nabi Muhammad SAW.

Bangunan masjid yang megah dan filosofis yang dikandungnya menjadikan tempat ini begitu istimewa. Desain yang cantik dan unik menjadikan masjid ini sebagai salah satu spot instagramable yang tidak akan mengecewakan untuk dijadikan sebagai latar foto.

4. Galeri Nasional Indonesia

  • Alamat: Jl. Medan Merdeka Tim. No.14, Rt.6/Rw.1, Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat
  • Jam Buka: 09.00 - 19.00
  • Telepon: (021) 3813021

Gedung ini adalah sebuah lembaga museum sekaligus pusat kegiatan seni rupa yang dibangun untuk melindungi dan memanfaatkan serta mengembangkan kesenian sebagai sarana edukasi yang memperkenalkan kebudayaan dan apresiasi seni.

Galeri Nasional adalah rumah bagi berbagai karya seni seperti patung keramik, sketsa, grafis, lukisan, seni kriya, seni instalasi, dan patung karya seniman-seniman dalam dan luar negeri.

Gedung ini tidak hanya mempunyai koleksi berharga dan bersejarah, arsitektur gedung ini pun tampak indah. Jadi, siapa yang tahan untuk tidak mengambil gambar di beberapa sudut menarik gedung ini.

5. Art: 1 New Museum & Art Space

  • Alamat: Jl. Rajawali Selatan Raya No.3, Rt.4/Rw.6, Gn. Sahari Utara, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat
  • Jam Buka: 10.00 – 16.00(Minggu tutup)
  • Telepon: (021) 64700168
  • HTM: Rp75.000 – Rp100.000

Art: 1 New Museum adalah sebuah museum seni modern yang dulunya adalah sebuah galeri yang didirikan oleh Martha Gunawan pada tahun 1983.

Lalu, pada tahun 2011, galeri ini mengubah konsepnya menjadi Art: 1 New Museum & Art Space di mana museum dibangun dengan desain modern minimalis dengan dominasi warna monokrom.

Ada banyak karya seni yang dipamerkan, seperti patung, lukisan, video art, seni instalasi. Desain ruangan yang modern membuat karya-karya yang dipamerkan menjadi lebih menonjol. Setiap 3 bulan sekali, karya-karya seni ini diganti dengan karya-karya lainnya. Ini membuat koleksi di museum selalu segar.

Jika kamu termasuk anak seni atau pengagum karya seni, Art: 1 New Museum & Art Space adalah pilihan terbaik mempelajari seni, termasuk mengasah skill fotografi. Lokasi yang pas untuk mengumpulkan foto dan video untuk media sosialmu.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram