10 Rekomendasi Tempat Instagramable di Jakarta Selatan

Jakarta Selatan merupakan salah satu daerah yang paling maju di DKI Jakarta. Selain perkantoran, juga terdapat perumahan yang diperuntukkan golongan menengah ke atas.

Jakarta Selatan juga merupakan salah satu tempat destinasi wisata kuliner, maupun refreshing bagi warga Jakarta dan sekitarnya.

Di sini banyak gedung perkantoran, kafe, perumahan, hotel, dan restoran yang didesain unik. Buat yang suka foto, biasanya akan mencari background yang menarik, bukan, untuk diunggah ke media sosial? Untuk kamu yang di Jakarta Selatan, bisa cek rekomendasi tempat yang Instagramable berikut ini, ya!

1. dia.lo.gue

dia.lo.gue_Sumber: tempat.com
  • Alamat: Jl. Kemang Sel. No. 99A, RT 1/RW 2, Bangka, Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12730
  • Jam Operasional: Setiap hari, 11.00-20.00
  • Kisaran Harga: Rp25.000 - Rp60.000 (makanan)

Ini adalah sebuah tempat seni kontemporer yang menyediakan kafe, toko souvenir, ruang kelas atau kuliah dan meeting, serta area pameran. Kafenya tersedia area indoor, outdoor dan semi outdoor. Nuansanya serba kayu, sehingga tampak sejuk dan cozy.

Makanan di kafenya juga enak-enak, dengan harga yang sesuai dengan rasa dan tempatnya yang estetik. Setiap sudutnya diatur sedemikian rupa sehingga tampak cantik.

Buat yang mau foto-foto, pastinya akan puas, ya. Karena mengusung tema seni, di dinding terdapat lukisan-lukisan dan pajangan lainnya yang unik.

Kamu juga bisa belanja merchandise hasil karya anak bangsa yang tak kalah bagusnya dengan produk luar negeri. Kamu bisa langsung ke Jl. Kemang Selatan No. 99A. Tempat ini buka setiap hari dari jam 11 siang sampai jam 8 malam. Untuk yang mau reservasi kamu bisa hubungi nomor 0217199671.

2. Twin House Cipete

Twin House Cipete_Sumber: facebook.com
  • Alamat: Jl. Cipete Raya No. 4B, RW 4, Cipete Sel., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12410
  • Jam Operasional: Setiap hari, 07.00-22.00
  • Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp200.000 / orang

Nama Twin House diambil dari anak kembar salah satu pemilik restoran ini. Mereka 4 orang yang sudah bersahabat selama belasan tahun, sama-sama doyan makan, dan ada 2 orang yang jago masak pula. Jadi, keempat sahabat ini bekerja sama untuk membuka bisnis bersama di Twin House.

Buat yang suka suasana resto ala rumahan, kamu bisa mengunjungi Twin House Cipete. Tempatnya sangat asri, masih bentuk asli rumah pada umumnya, dengan desain vintage dan rustic. Tamannya pun dirawat dengan apik.

Kafenya menyediakan meja dan kursi, tapi ada juga area lesehan dengan bean bag seolah-olah kamu sedang piknik di pekarangan rumah. Kamu pun bisa bersantai sambil menyantap berbagai menu lezat di sana.

Setiap sudut kafe ini bisa kamu gunakan sebagai latar foto kamu. Dijamin, kamu akan puas dengan hasilnya. Ruang indoor-nya pun tak kalah cantiknya dengan area outdoor. Kamu juga bisa menyewa ruangan untuk acara meeting, ulang tahun, arisan, dan lain-lain.

Tempat makan ini buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 10 malam. Untuk datang kesini, sebaiknya kamu melakukan reservasi di nomor 081931173518.

3. Arjuna Cafè & Photo Studio

Arjuna-Cafè-_-Photo-Studio_Sumber: zomato.com
  • Alamat: Depan SMK Tarakanita, Jalan Wijaya Timur Raya no.1, Jl. Kapten Tendean No.2, RT.15/RW.2, Petogogan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12170
  • Jam Operasional: Setiap hari, 10.00-21.00
  • Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp150.000 / orang

Tempat yang satu ini merupakan studio foto yang sangat bagus. Tidak hanya menyediakan layanan foto keluarga, perusahaan, bayi, ibu hamil, prewedding, dan lainnya, tapi juga menyediakan tempat pernikahan yang bisa menampung sampai 150 orang.

Arjuna Cafè & Photo Studio terletak di depan SMK Tarakanita, Jalan Wijaya Timur Raya no. 1. Mereka buka setiap hari, tapi sebelum berkunjung kesini, kamu sebaiknya reservasi dahulu di nomor 0811563389.

Di sini juga ada kafe dengan venue yang bisa digunakan untuk foto prewedding, syuting TV, launching album, press conference, dan lain sebagainya. Desain interiornya mengusung tema vintage, lebih ke Indonesia pada jaman dulu.

Art Deco nuansa Jawa dan Peranakannya mampu memberi kepuasan para pengunjung yang datang maupun yang berfoto. Bahkan kamu bisa menggunakan ahli makeup profesional yang disediakan di sini.

4. Hause Rooftop

Hause-Rooftop_Sumber: zomato.com
  • Alamat: Tower 2 MD Place, Jl. Setia Budi Selatan No.7, RT.5/RW.1, Kuningan, Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12910
  • Jam Operasional: Setiap hari, 10.00-22.00
  • Harga Tiket: Gratis
  • Kisaran Harga Makanan: Rp50.000 - Rp350.000 / orang

Di Tower 2 MD Place, kamu bisa mendatangi Hause Rooftop. Salah satu tempat buat nongkrong yang wajib kamu kunjungi. Ada live music, untuk nobar (nonton bareng) bola, ada koktailnya yang enak, dan juga free WiFi. Dengan konsep outdoor di rooftop, tentunya menambah keseruan tersendiri, bukan?

Restoran yang buka setiap hari dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam ini, menyediakan menu beragam dengan rasa, tampilan, dan harga yang worth it. Di siang hari, tempatnya cukup bagus.

Namun, di malam hari lebih cantik lagi karena lampu-lampu yang ditata dengan apik serta kita bisa melihat ribuan lampu lainnya dari tiap penjuru restoran. Kalau kamu mau reservasi, kamu bisa menghubungi nomor (021)29529852.

5. Living with L.O.F

  • Alamat: Jl. H. Junaedi No.2A, RT.3/RW.4, Cipete Sel., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12410
  • Jam Operasional: 10.00-18.00
  • Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp100.000 / orang

Tempat yang satu ini cukup unik. Konsepnya adalah toko tanaman dan kafe. Di setiap tempat, kamu akan disuguhi dengan banyaknya tanaman dengan hijau dedaunannya yang akan menyegarkan mata maupun pikiran kamu. Cocok sekali untuk kamu yang mau bekerja atau belajar dengan nyaman dan tenang.

Untuk makanannya memang sedikit pricey, namun sesuai dengan rasa dan tampilannya yang cantik. Untuk datang kesini, kamu wajib reservasi terlebih dahulu di nomor 0811902009.

Selain makan, kamu juga bisa membeli tanaman di sini. Buat yang mau coba, langsung saja datang ke Jl. H. Junaedi No. 2A.

Hauwke's Auto GallerySumber: phinemo.com
  • Alamat: Jl. Puri Mutiara VI No. 18B, Cipete, RT.6/RW.4, Cilandak Tim., Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12560
  • Jam Operasional: 07.00-21.00
  • Harga Tiket:
    • Hanya datang & melihat koleksi: Gratis (reservasi terlebih dulu)
    • Menyewa kendaraan untuk foto, mobil pernikahan, syuting acara: Rp4.500.000 - Rp9.000.000

Di Jl. Puri Mutiara VI No. 18 B ada Hauwke's Auto Gallery. Didirikan dan dibuka untuk umum pada tahun 2008 oleh Hartawan Setjodiningrat atau biasa dipanggil Hawke, seorang pelopor restorer mobil antik di Indonesia.

Ada sekitar 60 mobil antik disini, namun tidak hanya sekedar pajangan, semuanya masih bisa dipakai, loh. Mobil -mobil di Hauwke's Auto Gallery ini, berasal dari tahun 70an sampai 1 abad yang lalu juga ada. Bahkan, mobil bekas pakai mantan Presiden Sukarno pun ada di sini, keren, kan?

Karena bintang utamanya adalah mobil antik, maka desain interiornya pun mengusung tema Eropa dan Amerika tahun 1930-1950-an.

Dekorasi kotak telepon umum berwarna merah ciri khas London. Tidak ketinggalan dengan kotak pos berbentuk tabungnya menambah nuansa seolah berada di Inggris. Kemudian ada gas station yang identik di tahun 1950-an. Dan, di lantai 2 ada restoran dengan gaya American Dining.

Tempat ini bisa dikunjungi dengan reservasi terlebih dahulu ya, di nomor 08111881080. Mobil-mobil di sini bisa disewa untuk photoshoot, misalnya untuk prewedding, acara televisi, iklan komersial, fashion show, produksi film, pembuatan video, foto model, dan lain-lain.

7. POETSOE Creative Space & Cafe

POETSOE Creative Space & Cafe_Sumber: fabfit.co.id
  • Alamat: Jl. EE No.52, RT.10/RW.1, Menteng Dalam, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870
  • Jam Operasional: Setiap hari, 09.00-21.00
  • Harga Co-working Space: Kerja Rp75.000/8 jam, Arisan Rp110.000/jam
  • Kisaran Harga Makanan & Minuman: Rp7.000 - Rp30.000

Tempat yang satu ini merupakan co-working space. Ruangannya bisa disewa untuk meeting, kerja, kursus, ataupun workshop. Ada kafe kecil (semacam kedai kopi) yang menyediakan makanan dan minuman ala rumahan.

Pemilik POETSOE Creative Space & Cafe merupakan seorang arsitek sehingga dia mengubah ruang yang tidak terpakai di rumah orang tuanya menjadi kafe. Sekarang kafenya berkembang menjadi co-working space yang bisa disewa siapa saja.

Cafe ini beruansa kampung, dengan kursi dan meja yang berwarna-warni. Serta dekorasi tanaman yang beragam, menambah kesejukan udara di sana.

Tempat ini mengusung konsep zero electricity. Dengan menggunakan cahaya matahari sebagai sumber penerangan, dan juga mengurangi penggunaan pendingin ruangan.

Buat yang mau kesini, kamu bisa datang ke Jl. EE No. 52. Kalau kamu mau reservasi atau tanya-tanya, kamu bisa hubungi nomor 08118868127.

8. M Bloc Space

  • Alamat: Jl. Panglima Polim No.37, RT.1/RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160
  • Jam Operasional: 11.00-22.00
  • Harga Tiket: Membeli E-voucher seharga Rp26.000 (Rp25.000 bisa digunakan sebagai pengganti uang cash/debit, Rp1.000 untuk biaya admin)
  • Kisaran Harga Makanan: Rp25.000 - Rp60.000

Di Jl. Panglima Polim No. 37 ada tempat bernama M Bloc Space. Ini merupakan ruang yang tidak hanya untuk nongkrong, tapi juga untuk menyelenggarakan acara seperti pasar, galeri mini, dan live music.

Tidak hanya itu, bagi setiap pelakon seni, komunitas, bisa bergabung dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan seni di sini.

Buat yang familier, gedung M Bloc memang bekas pabrik Peruri, jadi kesan tempo dulunya akan terasa. Tempatnya cukup asyik dan banyak hal yang bisa kamu beli dari baju, makanan, komik, musik dan sebagainya. Ada mini amphitheater serta zona mural yang bisa kamu kunjungi juga, loh.

9. Happiness Kitchen & Coffee Jagakarsa

  • Alamat: Jl. Moh. Kahfi 1 No.36 A, RT.10/RW.2, Ciganjur, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12630
  • Jam Operasional: 10.00-22.00
  • Kisaran Harga Makanan: Rp50.000 - Rp100.000/ orang

Satu lagi restoran dengan tema rumahan. Tempat wisata kuliner yang disajikan di sebuah resto dengan konsep trendi dan megah. Nuansanya serba kayu, dengan desain interior maupun art deco yang yang sedap dipandang.

Indoor maupun outdoor, sama-sama menawarkan keunikan tersendiri. Kamu akan betah berlama-lama di sana. Tersedia juga tempat duduk lesehan di area luar. Pihak kafe juga menyediakan layar besar untuk menonton bersama, loh!

Restoran ini buka setiap hari Senin-Jumat jam 10 pagi sampai jam 10 malam. Sedangkan Sabtu dan Minggu buka dari jam 8 pagi sampai jam 10 malam.

Menu yang ditawarkan lebih ke menu kekinian yang disajikan dengan cantik dan menarik. Sepertinya, kamu wajib mengabadikan menu yang kamu pesan lewat foto terlebih dahulu sebelum kamu santap.

10. Siku Dharmawangsa

Siku Dharmawangsa_Sumber: rukita.co
  • Alamat: Jl. Darmawangsa-X No.120A, RT.9/RW.4, Cipete Utara, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12150
  • Jam Operasional: 10.00-20.00
  • Kisaran Harga Makanan: Rp50.000 - Rp200.000 / orang

Restoran yang satu ini, juga cukup asyik buat nongkrong. Area lesehannya cantik dengan bean bag warna warni. Area indoor-nya klasik modern dengan warna-warna natural.

Disediakan juga mushola dan toilet yang bersih. Dengan konsep tamannya, bisa membuat siapa pun merasa betah. Ada juga area playground yang bisa dinikmati oleh anak-anak.

Itulah 10 rekomendasi tempat yang instagramable di Jakarta Selatan versi Keluyuran. Sebenarnya masih banyak tempat lainnya, tapi kami pilihkan yang paling populer. Untuk mengunjungi tempat-tempat ini, kamu wajib menjalankan prokes sesuai anjuran pemerintah, ya.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram