10 Tempat Jogging di Jogja yang Jadi Langganan Muda-Mudi

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 10 Juni 2019

Jogging santai bisa menjadi ajang untuk kumpul-kumpul bareng sahabat atau justru mencari gebetan. Saat ini, pelaku jogging memang didominasi oleh muda-mudi. Namun orang dewasa dan lansia pun dapat bergabung untuk melakukan jogging pagi maupun sore hari. Kalau Anda sedang berada di Yogyakarta, Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan tempat jogging yang kece.

Nah, bagi Anda yang suka jogging, Keluyuran akan membahas seputar tempat jogging di Jogja yang jadi jujugan bagi muda-mudi dan warga Jogja dari segala usia. Yuk, temukan tempat jogging yang terdekat dari tempat Anda!

10 Tempat Jogging di Jogja

1. Stadion Maguwoharjo

Stadion Maguwoharjo Tempat Jogging di Jogja

Sebuah tempat jogging di Jogja yang satu ini berada di kawasan Sleman. Ya, Stadion Maguwoharjo merupakan stadion kebanggaan warga Sleman sekaligus markas bagi klub sepakbola PSS Sleman. Di sore hari atau pada saat minggu pagi, Anda bisa berlari santai mengitari stadion yang cukup luas ini. Dijamin, Anda akan benar-benar berkeringat karena stadionnya sangat luas.

Tidak cuma dijadikan sebagai tempat jogging, Stadion Maguwoharjo juga menjadi tempat nongkrong bagi anak-anak muda. Namun jangan jogging saat sedang ada pertandingan, ya! Karena Anda bisa diusir oleh petugas karena dianggap mengganggu jalannya pertandingan yang sedang berlangsung.

2. Kawasan Gedung Grha Sabha Pramana UGM

Kawasan Gedung Grha Saba Pramana UGM

* sumber: www.gudeg.net

Dari namanya saja Anda pasti sudah bisa menebak kalau kawasan Gedung Grha Sabha Pramana UGM pasti menjadi tempat jogging pilihan mahasiswa UGM, bukan? Ya, kawasan di sekitar gedung ini memang menjadi tempat jogging langganan bagi mahasiswa UGM. Namun masyarakat umum pun juga boleh jogging di sini secara gratis.

Kalau jogging di sini Anda bisa berlari mengitari gedung dan lapangan yang berada di bagian depan gedung. Kawasan ini tidak hanya dijadikan sebagai tempat jogging saja, tapi juga menjadi tempat bagi muda-mudi yang ingin main sepakbola, capoeira, parkour, dan pencak silat.

3. Stadion Sultan Agung

Stadion Sultan Agung

* sumber: indopixel.id

Tempat jogging di Jogja yang berikutnya adalah Stadion Sultan Agung, Bantul, di mana stadion ini juga menjadi markas klub sepakbola Persiba Bantul. Tak cuma dijadikan tempat untuk bertanding sepakbola saja, stadion ini juga pernah dijadikan sebagai tempat pacuan kuda.

Di hari minggu pagi banyak warga Bantul dan sekitarnya yang melakukan olahraga di sini, termasuk jogging. Areanya yang luas membuat warga merasa aman dan nyaman untuk jogging di sini. Terlebih tidak ada kendaraan bermotor yang melintas dan bisa membahayakan keselamatan kita ketika jogging di sini.

4. Embung Tambakboyo

Embung Tambakboyo

* sumber: www.bakpiamutiarajogja.com

Berjarak 1,5 KM dari UPN, Embung Tambakboyo merupakan tempat jogging di Jogja yang tentunya sangat digemari oleh para mahasiswa UPN. Area di sekitar waduk ini memang sangat asyik digunakan untuk jogging pada pagi maupun sore hari.

Untuk bisa jogging di sini, Anda tidak perlu membayar sepeser pun. Namun Anda harus membayar biaya parkir jika membawa kendaraan bermotor. Yang menarik, kalau cuaca sedang cerah Anda bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi dari kejauhan ketika jogging di sini. Kalau bosan jogging, Anda dapat melanjutkan aktivitas bersepeda atau memancing di Embung Tambakboyo.

5. Lapangan Denggung Sleman

Lapangan Denggung Sleman

* sumber: jogja-blusukan.blogspot.com

Kalau Lapangan Denggung sudah pasti menjadi tempat jogging paling digemari oleh warga Kota Jogja. Lapangan yang berada di kawasan Sleman ini menyediakan jogging track di tepi lapangan, sehingga Anda tidak mengganggu orang yang sedang beraktivitas di lapangan.

Walaupun ukurannya tidak seluas alun-alun, jogging di Lapangan Denggung bisa membuat Anda bermandikan keringat. Suasana di sekitar lapangan juga sangat sejuk karena banyak terdapat pohon-pohon rindang.

Sehabis jogging, Anda bisa bersantai di bawah pohon sambil membeli minuman segar dari para pedagang asongan di sekitar lapangan. Mau makan pun juga bisa karena ada banyak pedagang makanan dan minuman yang mangkal di dekat Lapangan Denggung ini.

6. Alun-alun Kidul Yogyakarta

Alun-alun Kidul Yogyakarta

* sumber: my-clippings.blogspot.com

Alun-alun Kidul Yogyakarta adalah tempat berkumpulnya warga Jogja untuk melakukan berbagai aktivitas. Ada yang jalan-jalan, nongkrong bersama teman, memadu kasih, bersepeda, sampai dengan jogging. Mengingat alun-alun ini sangat luas, tentu saja Anda bisa puas berlari di sini.

Mau jogging jam berapa pun bisa Anda lakukan jika berada di Alun-alun Kidul. Tak perlu malu untuk jogging di sini karena tentu saja ada banyak warga Jogja yang juga berolahraga di sini. Hitung-hitung sambil jogging bisa turut cuci mata sekalian, ya!

7. Alun-alun Lor Yogyakarta

Alun-alun Lor Yogyakarta

* sumber: www.tembi.net

Berada tak jauh dari Alun-alun Selatan ada Alun-alun Lor Yogyakarta atau yang dikenal dengan Alun-alun Utara. Baik alun-alun selatan maupun utara sama-sama berada di kawasan keraton Yogyakarta. Hanya saja alun-alun lor ini tidak seramai dan sepadat alun-alun kidul.

Kalau Anda ingin jogging santai tanpa dilihat banyak orang, Anda bisa jogging di sekitar alun-alun lor ini. Kalau perut lapar atau tenggorokan haus, berjalanlah sedikit ke alun-alun kidul untuk mencari pedagang makanan dan minuman asongan.

8. Stadion Mandala Krida

Stadion Mandala Krida

Selanjutnya, ada sebuah tempat jogging di Jogja yang menjadi favorit bagi warga Kota Jogja, yaitu Stadion Mandala Krida. Kalau sedang hari libur, bagian luar stadion ini akan dipenuhi masyarakat kota pelajar yang ingin jogging santai. Mau jogging yang agak serius pun bisa (siapa tahu Anda ingin mengikuti kompetisi lari).

Suasana yang adem dan bebas dari kendaraan bermotor membuat Stadion Mandala Krida menjadi tempat jogging yang sangat asyik. Ajak teman atau keluarga Anda untuk jogging di sini. Kalau lapar dan haus Anda tinggal mencari makan dan minum di warung-warung atau pedagang asongan yang berada di luar area stadion.

9. Jogging Track Jatisarono

Jogging Track Jatisarono

* sumber: www.instagram.com

Sebenarnya, ini bukan jogging track resmi karena ini hanya merupakan jalan kecil yang berada di antara area sawah. Jogging Track Jatisarono ini berada di Nanggulan, Jati Sarono, Kulon Progo Regency.

Jogging di sini ketika pagi hari memang benar-benar menyenangkan. Udaranya masih sejuk dan suasana sawah di sekitar juga terlihat sangat asri. Tentu saja Anda tidak boleh melewatkan kesempatan untuk jogging di sini apabila Anda sedang berada di kawasan Kulon Progo.

10. Jogja Expo Center

Jogja Expo Center

Kalau yang satu ini adalah gedung serbaguna yang biasa disewa untuk berbagai keperluan. Namun kalau tidak sedang dipakai untuk menyelenggarakan acara, halaman luar gedung ini bisa dipakai untuk jogging.

Banyak warga Jogja yang datang kemari untuk jogging karena halamannya aman dari kendaraan bermotor. Selain itu, di sekitar gedung juga banyak ditumbuhi pohon-pohon yang rindang sehingga menambah suasana sejuk saat jogging.

Inilah 10 tempat jogging di Jogja yang bisa Anda kunjungi untuk berolahraga. Kalau Anda memiliki tempat jogging favorit lainnya di Kota Jogja, Anda dapat meninggalkan saran dengan menulis komentar di bawah ini. Kalau Anda hobi berkemah, Anda juga harus mengunjungi tempat camping keren di Jogja di artikel ini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram