Ditulis oleh - Diperbaharui 19 Maret 2019

Setelah puas mengunjungi tempat wisata alam yang ada di Jakarta, kini kita melipir sejenak ke Kota Bandung yang jaraknya hanya sekitar 150 KM saja dari Jakarta. Ada banyak tempat liburan murah dan indah di Bandung yang wajib dikunjungi. Tempat liburan murah ini cocok sekali bagi Anda yang berlibur ala backpacker maupun bagi Anda yang berlibur bersama keluarga.

Seperti biasa, Keluyuran akan memberikan daftar tempat wisata di Bandung yang murah meriah. Warga dalam dan luar Kota Bandung bisa berkunjung ke tempat-tempat wisata ini tanpa terlalu banyak mengeluarkan dana. Yuk, langsung saja simak informasi selengkapnya mengenai tempat liburan di Bandung yang ekonomis ini.

1. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Taman Hutan Raya

* sumber: www.jejakpiknik.com

Berbicara mengenai tempat liburan murah di Bandung, pasti kita akan teringat pada Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda atau yang lebih akrab dikenal dengan nama Tahura Juanda. Ini merupakan sebuah hutan wisata yang berada di kawasan Dago Pakar, Bandung.

Di tempat wisata yang seluas 590 hektar ini Anda bisa menemukan lebih dari 2.500 spesies tumbuhan. Banyak wisatawan yang bersepeda, trekking, atau piknik di dalam Tahura Juanda. Bahkan, di dalam kawasan wisata ini ada beberapa spot yang menarik untuk dikunjungi, seperti air terjun, Goa Jepang, dan Goa Belanda.

Bahkan, jika Anda berniat untuk jalan malam dan menikmati kopi dengan suasana hijau dan udara dingin, Anda bisa ke Armor Coffe yang juga berada di kawasan Taman Hutan Raya Djuanda ini.

2. Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu

* sumber: rajatourbandung.com

Berikutnya, ada objek wisata alam murah meriah di Bandung, yakni Gunung Tangkuban Perahu. Tempat wisata yang satu ini memang menyajikan pemandangan alam yang sangat mempesona dan berbeda dari gunung-gunung lainnya. Tak hanya itu saja, udara sejuk di sekitar Gunung Tangkuban Perahu akan membuat Anda semakin betah berada di sini.

Daya tarik lain dari gunung ini adalah tiga kawah yang terdapat di area gunung. Selain terkenal karena pemandangan alamnya, Gunung Tangkuban Perahu juga terkenal karena legenda Sangkuriang yang menyertainya. Tak heran jika sampai saat ini Gunung Tangkuban Perahu selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun internasional.

3. Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung

Satu lagi pilihan tempat wisata alam yang murah dan menyenangkan saat di Bandung. Adalah Kebun Binatang Bandung yang letaknya berada sangat dekat dengan Institut Teknologi Bandung dan Sungai Cikapundung. Kebun binatang yang berdiri di lahan seluas 14 hektar ini memiliki berbagai flora dan fauna yang cukup lengkap.

Di samping itu, Kebun Binatang Bandung juga memiliki beberapa wahana permainan menarik. Anda dapat bermain flying fox atau sekedar bermain perahu bebek di kolam. Ini adalah tempat rekreasi yang murah dan cocok untuk berwisata bersama keluarga.

4. Situ Patenggang

Situ Patenggang

Yang satu ini juga tidak kalah menarik dengan wisata alam Tangkuban Perahu. Situ Patenggang merupakan tempat liburan murah di Bandung yang menawarkan pesona keindahan danau. Saat menempuh perjalanan ke tempat ini, Anda akan dibuat kagum dengan hamparan kebun teh hijau yang asri dan menyejukkan mata.

Kegiatan yang biasa dilakukan oleh wisatawan di Situ Patenggang antara lain adalah berkeliling danau dengan perahu, memancing, berjalan-jalan ke Pulau Asmara, dan mengunjungi Batu Cinta. Harga tiket masuk ke Situ Patenggang berkisar antara 18-20 ribu rupiah. Tempat ini cocok dikunjungi bersama teman, pasangan, maupun keluarga.

5. Museum Konferensi Asia Afrika

Museum Asia Afrika

* sumber: www.astrajingga-tour.com

Museum ini adalah salah satu museum yang wajib dikunjungi ketika Anda sedang berada di Bandung. Bukan hanya sekedar murah, tetapi Anda bisa memasuki Museum Konfrensi Asia Afrika secara gratis. Museum yang berada di Jalan Asia Afrika, Bandung, ini adalah tempat diselenggarakannya Konferensi Asia Afrika di Bandung pada tahun 1955.

Bagian dalam museum ini nampak sangat megah. Pasalnya, lantainya dilapisi oleh marmer yang diimpor langsung dari Italia, kayu yang dipakai untuk arsitektur bangunan adalah kayu Cikenhout, dan ada pula lampu kristal yang menggantung di langit-langit sehingga menambah kesan elegan. Museum yang berkaitan dengan Gedung Merdeka ini memberikan informasi seputar Konferensi Asia Afrika di Bandung pada tahun 1955 silam.

6. Taman Patung NuArt

Taman Nu Art

* sumber: san-tsabit.blogspot.com

Taman ini diberi nama sesuai dengan seniman patung yang membuat karya-karya patung di dalam taman ini, yakni I Nyoman Nuarta. Daya tarik utama dari tempat wisata ini terletak pada beragam patung unik yang sangat artistik di setiap sudut taman.

Di sini, Anda tak perlu  jauh-jauh ke Bali untuk melihat patung Garuda Wisnu Kencana karena di Taman Patung NuArt terdapat replika GWK yang lebih kecil. Taman Patung NuArt cocok dikunjungi oleh para pengagum seni. Akan tetapi, Anda yang tidak terlalu mengerti tentang seni pun bisa mengunjungi Taman Patung NuArt untuk sekedar jalan-jalan dan berfoto-foto.

Taman Patung NuArt ini berlokasi Jl. Setraduta Raya Blok L 6, Ciwaruga, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Dibuka mulai dari jam 9 pagi, Anda akan dikenakan tiket sebesar 50 ribu rupiah untuk dapat menikmati suasana di tempat yang indah ini.

Apakah masih ada taman lain di Bandung? Banyak! Jika Anda memiliki waktu lebih lama di Bandung, tidak ada salahnya jika Anda juga mengajak keluarga untuk mengunjungi taman-taman tematik dan juga bgratis yang ada di kota kembang ini. Berikut daftar lengkapnya di link ini.

7. Kebun Bunga Cihideung

Kebun Bunga Cihideung

Siapa bilang taman dengan bunga warna-warni yang mempesona hanya ada di luar negeri saja? Di Bandung, terdapat Kebun Bunga Cihideung yang menawarkan pesona keindahan bunga yang beraneka jenis dan warna.

Anda dapat menemukan bunga mawar, krisan, gladiol, aster, dan pohon buah jeruk di Kebun Bunga Cihideung ini. Banyak wisatawan yang datang ke sini hanya untuk sekedar duduk-duduk atau berfoto dengan latar belakang bunga-bunga yang cantik.

Kebun Bunga Cihideung juga merupakan lahan rezeki bagi para petani bunga. Pasalnya, wisatawan juga bisa membeli bunga potong atau bunga pot yang dijual oleh para petani bunga tersebut.

8. Bukit Moko

Bukit Moko

Hampir semua masyarakat Bandung pasti sudah akrab dengan nama “Bukit Moko” Maklum saja, ini adalah tempat liburan murah di Bandung yang memiliki keindahan night view yang amat mempesona. Di bukit setinggi 1.500 mdpL ini Anda akan menyaksikan gemerlap lampu-lampu Kota Bandung pada malam hari dari sudut 180 derajat.

Pemandangan yang romantis dan udara di sekitar bukit yang dingin membuat tempat ini cocok dikunjungi bersama pasangan. Bahkan, Anda tidak dikenakan biaya apapun untuk masuk ke dalam kawasan wisata Bukit Moko ini. Maka, jangan heran jika tempat ini menjadi salah satu tempat wisata romantis yang biasa dikunjungi pasangan muda-mudi untuk melewatkan berbagai momen perayaan seperti ulang tahun, tahun baru, atau ngabuburit.

9. Pemandian Air Panas Ciwalini

Pemandian Air Panas Ciwalini

Liburan sambil melepas lelah sembari berendam di air panas, mengapa tidak? Bukan hanya terkenal dengan kebun strawberry untuk argowisata, daerah Ciwidey juga memiliki Pemandian Air Panas Ciwalini, di mana air panas ini bisa meredakan pegal dan capek karena bekerja dan beraktivitas sehari-hari.

Air yang jernih dan tidak berbau belerang membuat Pemandian Air Panas Ciwalini banyak dikunjungi wisatawan. Selain kolam pemandian air panas, tersedia pula pemandian private yang tertutup. Namun, jika Anda lebih senang dengan kolam renang biasa dari pada pemandian air panas, Anda bisa mengunjungi kolam renang yang bagus dan recommended lainnya di link ini.

10. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey

Siapa yang bisa menolak pesona keindahan dari Kawah Putih yang ada di kawasan Ciwidey? Tempat wisata murah meriah di Bandung ini menawarkan pesona keindahan kawah vulkanik yang dilengkapi dengan tanah berwarna putih seperti pasir putih di pantai. Perpaduan warna pemandangan Kawah Putih menjadikan tempat ini sebagai spot foto yang kece dan menarik.

Air di kawah ini juga selalu berubah warna, terkadang berwarna biru muda tetapi ada kalanya warna menjadi biru keputihan. Warna putih di tanah maupun kawah ini berasal dari kandungan belerang di dalamnya.

Inilah rekomendasi tempat liburan murah di Bandung. Yuk, siapkan pasukan Anda untuk mengunjungi tempat-tempat wisata ekonomis ini. Dan, bagi Anda yang berencana berlibur ke Bandung dengan membawa anak-anak maupun balita, tim Keluyuran juga telah merangkum rekomendasi tempat wisata anak di Bandung selengkapnya di link ini. Selamat berlibur, dan selamat datang di kota Bandung!