Keluyuran / Wisata Bandung / 10 Rekomendasi Tempat Liburan Murah Di Bandung yang Menarik

10 Rekomendasi Tempat Liburan Murah Di Bandung yang Menarik

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Desember 2019

Setelah puas mengunjungi tempat wisata alam yang ada di Jakarta, kini kita melipir sejenak ke Kota Bandung yang jaraknya hanya sekitar 150 KM saja dari Jakarta. Ada banyak tempat liburan murah dan indah di Bandung yang wajib dikunjungi. Tempat liburan murah ini cocok sekali bagi Anda yang berlibur ala backpacker maupun bagi Anda yang berlibur bersama keluarga.

Seperti biasa, Keluyuran akan memberikan daftar tempat wisata di Bandung yang murah meriah. Warga dalam dan luar Kota Bandung bisa berkunjung ke tempat-tempat wisata ini tanpa terlalu banyak mengeluarkan dana. Yuk, langsung saja simak informasi selengkapnya mengenai tempat liburan di Bandung yang ekonomis ini.

1. Alun-alun Kota Bandung

alun-alun bandung

Alun-alun Kota Bandung adalah tempat liburan murah di Bandung yang asyik banget. Di sini, Anda bisa bersantai di atas rumput sintetis sembari membaca buku favorit, bermain bersama si kecil hingga bersantai sambil foto-foto. Jangan lupa lepas alas kaki, ya!

Di sekitaran alun-alun juga ada beberapa pedagang yang menjajakan aneka makanan enak. Tapi, pihak pengelola menganjurkan untuk tidak menikmati makanan di atas rumput sintetis. Jika Anda ingin bersantai sambil menikmati makanan, sebaiknya gunakan spot makan dan minum  yang sudah disediakan, yakni di bangku-bangku berwarna merah. Yuk, datang langsung ke alun-alun Bandung yang ada di Jalan Asia Afrika-Balonggede, Kota Bandung.

  • Alamat: Jl. Asia Afrika, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung

2. Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung

Satu lagi pilihan tempat wisata alam yang murah dan menyenangkan saat di Bandung. Adalah Kebun Binatang Bandung yang letaknya berada sangat dekat dengan Institut Teknologi Bandung dan Sungai Cikapundung. Kebun binatang yang berdiri di lahan seluas 14 hektar ini memiliki berbagai flora dan fauna yang cukup lengkap.

Di samping itu, Kebun Binatang Bandung juga memiliki beberapa wahana permainan menarik. Anda dapat bermain flying fox atau sekedar bermain perahu bebek di kolam. Ini adalah tempat rekreasi yang murah dan cocok untuk berwisata bersama keluarga.

  • Alamat: Jl. Kebun Binatang No.6, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-16.00 WIB
  • Kisaran Harga Tiket Masuk: Sekitar Rp 40.000 per orang

3. Babakan Siliwangi

tempat hunting foto di bandung babakan siliwangi

Kawasan hutan kota Babakan Siliwangi juga pas untuk dijadikan tempat liburan murah. Hutan kota ini biasa digunakan untuk berolahraga, bersantai hingga foto-foto ria di atas jembatan kayu yang ikonik. Udaranya sejuk banget, lho. Dijamin, Anda bakal betah berlama-lama di sini.

Di Babakan Siliwangi ada beberapa fasilitas umum seperti toilet, lahan parkir sampai mushalla yang nyaman. Ditambah lagi, Anda tak perlu menyiapkan biaya masuk, cukup sisihkan sedikit dana untuk biaya parkir kendaraan yang Anda bawa. Tertarik untuk menghabiskan liburan di sini? Alamat Babakan Siliwangi di Jalan Tamansari No. 73, Coblong, Kota Bandung.

  • Alamat: Jl. Tamansari No.73, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 2501394

4. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Taman Hutan Raya

* sumber: www.jejakpiknik.com

Berbicara mengenai tempat liburan murah di Bandung, pasti kita akan teringat pada Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda atau yang lebih akrab dikenal dengan nama Tahura Juanda. Ini merupakan sebuah hutan wisata yang berada di kawasan Dago Pakar, Bandung.

Di tempat wisata yang seluas 590 hektar ini Anda bisa menemukan lebih dari 2.500 spesies tumbuhan. Banyak wisatawan yang bersepeda, trekking, atau piknik di dalam Tahura Juanda. Bahkan, di dalam kawasan wisata ini ada beberapa spot yang menarik untuk dikunjungi, seperti air terjun, Goa Jepang, dan Goa Belanda.

Bahkan, jika Anda berniat untuk jalan malam dan menikmati kopi dengan suasana hijau dan udara dingin, Anda bisa ke Armor Coffe yang juga berada di kawasan Taman Hutan Raya Djuanda ini.

  • Alamat: Kompleks Tahura, Jl. Ir. H. Juanda No.99, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 2507891
  • Jam Operasional: Setiap hari 07.00-17.00 WIB
  • Kisaran Harga Tiket Masuk: Di bawah Rp 20.000 per orang

5. Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution

Saat hari libur tiba, ajaklah si kecil bermain ke Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution. Ya, taman seluas 3.5 hektar ini merupakan tempat wisata edukasi di mana si kecil dapat mempelajari etika berlalu lintas.

Oh ya, Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution ini punya beberapa fasilitas berupa wahana bermain anak. Ada kolam renang hingga kereta api mini. Untuk bisa menggunakan fasilitas kolam renang, pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp 6 ribu, sedangkan kereta api mini Rp 5 ribu per orang.

Harga tiket masuk ke area taman yang udaranya sejuk dan suasananya nyaman ini hanya Rp 7 ribu saja. Yuk, kunjungi Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution di Jalan Belitung No. 1, Kota Bandung.

  • Alamat: Jl. Belitung No.1, Merdeka, Sumur Bandung, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 4201667
  • Jam Operasional: Senin-Sabtu 08.00- 15.00 WIB, Minggu 08.00-16.00 WIB, Jumat tutup
  • Harga Tiket Masuk: Rp 7.000 per orang

6. Teras Cikapundung

Teras Cikapundung adalah salah satu taman di Kota Kembang yang sangat populer dan kerap kali digunakan oleh warga Bandung untuk bersantai sampai berfoto selfie, baik di area taman atau di jembatan merah. Taman yang berada tak jauh dari Forest Walk Babakan Siliwangi suasananya sangat nyaman dan cocok untuk dijadikan tempat melepas penat saat liburan.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Teras Cikapundung, datang langsung ke lokasi di Jlaan Siliwangi, Kota Bandung. Anda dapat masuk ke area Teras Cikapundung dengan gratis.

  • Alamat: Jl. Siliwangi, Hegarmanah, Kec. Cidadap, Kota Bandung

7. Tebing Keraton

Tebing Keraton

Siapa yang tidak kenal dengan Tebing Keraton? Tempat wisata yang satu ini sudah populer sejak beberapa tahun ke belakang. Banyak orang yang rela jauh-jauh datang kemari untuk sekadar menikmati pemandangan di area tebing yang indah sampai foto-foto untuk mengisi feed Instagram.

Tebing Keraton yang merupakan bagian dari Taman Hutan Raya (Tahura) Juanda ini berada di kawasan Ciburial, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung Barat. Harga tiket masuknya sangat murah, yakni hanya Rp 15 ribu per orang. Jalan menuju Tebing Keraton ini cukup terjal dan sulit dilalui, jadi harap berhati-hati, ya!

  • Alamat: Ciburial, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung Barat
  • Kisaran Harga Tiket Masuk: Sekitar Rp 15.000 per orang

5. Museum Konferensi Asia Afrika

Museum Asia Afrika

* sumber: www.astrajingga-tour.com

Museum ini adalah salah satu museum yang wajib dikunjungi ketika Anda sedang berada di Bandung. Bukan hanya sekedar murah, tetapi Anda bisa memasuki Museum Konfrensi Asia Afrika secara gratis. Museum yang berada di Jalan Asia Afrika, Bandung, ini adalah tempat diselenggarakannya Konferensi Asia Afrika di Bandung pada tahun 1955.

Bagian dalam museum ini nampak sangat megah. Pasalnya, lantainya dilapisi oleh marmer yang diimpor langsung dari Italia, kayu yang dipakai untuk arsitektur bangunan adalah kayu Cikenhout, dan ada pula lampu kristal yang menggantung di langit-langit sehingga menambah kesan elegan. Museum yang berkaitan dengan Gedung Merdeka ini memberikan informasi seputar Konferensi Asia Afrika di Bandung pada tahun 1955 silam.

  • Alamat: Jl. Asia Afrika No.65, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 4233564
  • Jam Operasional: Selasa-Sabtu 08.00-16.00 WIB, Jumat 14.00- 16.00 WIB

9. Taman Sejarah Bandung

Taman Sejarah Bandung

* sumber: blog.reservasi.com

Mau belajar sejarah dari tokoh-tokoh terkenal Kota Kembang sambil bersantai dan menikmati udara sejuk di bawah pepohonan rindang? Datang langsung saja ke Taman Sejarah Kota Bandung. Taman yang lokasinya tak jauh dari Museum Kota Bandung ini juga kerap kali dijadikan tempat kumpul keluarga.

Tak jarang, banyak anak-anak bermain sambil bercengkrama satu sama lain di taman ini. Nah, kalau Anda mencari tempat liburan murah di Bandung, maka Taman Sejarah Kota Bandung ini cocok untuk Anda pilih. Karena pemandangannya yang indah, Anda juga bisa foto-foto selfie di sini. Penasaran? Datang langsung saja ke lokasinya. Alamat Taman Sejarah Kota Bandung ada di Jalan Aceh, No. 53.

  • Alamat: Jl. Aceh No.53, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung

10. Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu

* sumber: rajatourbandung.com

Berikutnya, ada objek wisata alam murah meriah di Bandung, yakni Gunung Tangkuban Perahu. Tempat wisata yang satu ini memang menyajikan pemandangan alam yang sangat mempesona dan berbeda dari gunung-gunung lainnya. Tak hanya itu saja, udara sejuk di sekitar Gunung Tangkuban Perahu akan membuat Anda semakin betah berada di sini.

Daya tarik lain dari gunung ini adalah tiga kawah yang terdapat di area gunung. Selain terkenal karena pemandangan alamnya, Gunung Tangkuban Perahu juga terkenal karena legenda Sangkuriang yang menyertainya. Tak heran jika sampai saat ini Gunung Tangkuban Perahu selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun internasional.

  • Alamat: Cikahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Kisaran Harga Tiket Masuk: Sekitar Rp 35.000 s/d Rp 50.ooo per orang

Inilah rekomendasi tempat liburan murah di Bandung. Yuk, siapkan pasukan Anda untuk mengunjungi tempat-tempat wisata ekonomis ini. Dan, bagi Anda yang berencana berlibur ke Bandung dengan membawa anak-anak maupun balita, tim Keluyuran juga telah merangkum rekomendasi tempat wisata anak di Bandung selengkapnya di link ini. Selamat berlibur, dan selamat datang di kota Bandung!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

3 Responses

  1. Elisa Bella Silitonga berkata:

    ijin re-blog yaaa kaaa 😀

  2. mantap infonya. mayan buat referensi liburan akhir tahun.

    1. Terima kasih untuk komentarnya dan semoga rekomendasi tempat liburan di atas bermanfaat untuk Anda 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *