10 Tempat Liburan Murah di Jakarta untuk Berakhir Pekan

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 18 November 2019

Dana yang terbatas tidak menutup kemungkinan untuk tetap dapat berlibur bersama teman-teman maupun keluarga. Jika Anda berdomisili di Jakarta, Anda bisa berkunjung ke tempat liburan murah di Jakarta yang mungkin sudah sering Anda dengar tetapi belum pernah Anda kunjungi sebelumnya. Jadi, tak perlu berpelesir keluar kota, karena di Jakarta sudah tersedia beragam tempat liburan yang menyenangkan tapi murah meriah.

Berikut ini Keluyuran akan memberikan informasi mengenai tempat liburan murah di Jakarta. Tempat wisata murah meriah di Jakarta ini tentunya tidak akan menguras isi dompet Anda. Selain itu, warga luar kota yang sedang berkunjung ke Jakarta juga bisa datang ke tempat liburan ini untuk sekedar refreshing dan berjalan-jalan.

10 Tempat Liburan Murah di Jakarta

1. Monumen Nasional (Tugu Monas)

Monumen Nasional (Tugu Monas)

* sumber: m.nusantaratv.com

Siapa yang tak kenal dengan landmark Kota Jakarta yang satu ini? Ya, Monumen Nasional atau yang lebih akrab dikenal dengan nama Tugu Monas ini merupakan tempat wisata murah yang ada di Jakarta. Di Monas, tersedia lift berkapasitas 11 orang yang siap mengantar Anda untuk sampai ke puncak Monas.

Di atas tugu berketinggian 115 meter ini kita bisa menyaksikan pemandangan Kota Jakarta yang sangat mempesona. Bahkan, kita bisa melihat Gereja Katedral, Masjid Istiqlal, Mahkamah Konstitusi, dan Istana Merdeka dari puncak Monas.

Monas tidak hanya ramai dikunjungi pada akhir pekan atau musim liburan saja, lho! Bahkan, saat bulan ramadhan tiba, Monas menjadi salah satu tempat ngabuburit paling favorit yang jadi pilihan warga Jakarta dan sekitarnya.

2. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Tempat Liburan Murah Di Jakarta

Salah satu rekomendasi tempat jalan-jalan di Jakarta yang murah dan edukatif adalah Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Tempat wisata yang berdiri di lahan seluas 150 hektar ini menyediakan berbagai wahana permainan yang menyenangkan dan wisata edukatif bagi anak-anak.

Di TMII Anda bisa menemukan Anjungan Daerah yang berisi rumah dan pakaian adat dari semua provinsi yang ada di Indonesia. Selain itu, ada pula sarana rekreasi yang sangat menyenangkan, mulai dari kereta gantung, Taman Among Putra, sampai dengan Kolam Renang Snow Bay. Ingin menginap di sini? Tak masalah karena terdapat beberapa pilihan penginapan di sekitar Taman Mini.

3. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan

Kebun binatang yang satu ini juga cukup terkenal sebagai tempat liburan murah di Jakarta. Ya, apalagi jika bukan Kebun Binatang Ragunan. Tempat wisata yang sudah berdiri sejak tahun 1864 ini memiliki lebih dari 2.000 ekor satwa.

Di samping itu, kebun binatang seluas 147 hektar ini ditumbuhi sekitar 50 ribu pohon yang membuat suasana di sini terasa asri dan sejuk. Harga tiket masuk di Kebun Binatang Ragunan terbilang sangat murah, yakni tidak lebih dari lima ribu rupiah. Apabila Anda mengajak anak-anak, mereka bisa menaiki satwa atau wahana yang tersedia di Kebun Binatang Ragunan ini.

4. Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta

Tidak ada kota tua di kota-kota lain yang popularitasnya menandingi Kota Tua Jakarta. Kawasan kota tua di Jakarta ini memang selalu menarik untuk dikunjungi. Bahkan, kota tua yang selalu dijadikan sebagai tempat hunting foto menarik ini, akan bertambah ramai pada saat akhir pekan.

Di kawasan kota tua Anda dapat mengunjungi Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Fatahillah, dan Museum Bank Indonesia. Saat sore hari banyak pengunjung yang berfoto-foto karena latar suasana di Kota Tua sangat instagramable. Selain itu, banyak juga yang hanya sekedar berjalan-jalan santai, hingga bersepeda di kawasan kota tua. Pada malam hari, ada pasar malam dadakan yang digelar di kota tua ini.

5. Museum Nasional

Museum Nasional

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata “Museum Nasional”? Mungkin Anda berpikir bahwa tempat ini sarat akan peninggalan sejarah. Ya, memang benar bahwa di Museum Nasional Anda bisa menjumpai berbagai hal yang sarat akan sejarah, tapi di sini Anda juga bisa menemukan koleksi yang berkaitan dengan zaman prasejarah, arkeologi, geografi, numismtik-heraldik, etnografi, dan keramik.

Biaya tiket masuk ke Museum Nasional ini murah, yakni Rp 5.000 untuk dewasa dan Rp 2.000 untuk anak-anak. Museum Nasional buka setiap hari Selasa sampai dengan Minggu mulai pukul 8 pagi sampai 4 atau 5 sore. Dan jika Anda termasuk penggemar wisata museum, Anda juga harus menyempatkan diri untuk mengunjungi museum yang ada di Jakarta lainnya yang tentunya bukan hanya menarik, tetapi juga menambah ilmu pengetahuan.

6. Kawasan Pecinan Glodok

Kawasan Pecinan Glodok

Jika Singapura dan Kuala Lumpur memiliki Chinatown, Jakarta juga memiliki Chinatown di Glodok. Kawasan pecinan yang satu ini memang banyak dihuni oleh warga keturunan Tionghoa.

Bahkan, Glodok diklaim sebagai kawasan pecinan terbesar di Indonesia dibandingkan dengan yang ada di kota-kota lain. Glodok terletak tak jauh dari Kota Tua Jakarta. Suasana yang sangat oriental akan sangat terasa bila Anda menyusuri jalan-jalan yang ada di Glodok.

Tak hanya itu saja, bangunan rumah ibadah umat Buddha yang berada di Glodok akan menambah kental suasana khas kawasan pecinan. Selain menjadi pusat perdagangan elektronik, Glodok juga menawarkan wisata kuliner ala Chinese yang patut untuk dicoba.

7. Museum Wayang

Museum Wayang

Wayang adalah salah satu kesenian khas Indonesia yang patut kita lestarikan. Nah, ternyata tidak hanya Indonesia saja yang memiliki kesenian wayang. Beberapa negara, seperti Republik Rakyat Tiongkok dan Kamboja juga memiliki kesenian wayang khas daerahnya. Semua wayang-wayang dari luar negeri bisa Anda lihat di Museum Wayang ini.

Di museum ini, Anda pun bisa menyaksikan berbagai kesenian wayang dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari wayang kulit, wayang golek, wayang topeng, sampai dengan wayang rumput. Museum yang berada di Jakarta Barat ini juga memamerkan koleksi boneka-boneka dari berbagai negara.

8. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia Tempat Liburan Murah Di Jakarta

Akhir-akhir ini tempat liburan murah di Jakarta yang satu ini memang sering dijadikan sebagai tempat resepsi pernikahan. Namun, hal tersebut tidak menutup fungsi utama dari tempat ini, yakni sebagai museum yang memberikan informasi tentang sistem keuangan di Indonesia sejak jaman penjajahan Belanda.

Museum Bank Indonesia menempati bangunan khas Belanda yang masih berdiri kokoh dan didominasi oleh warna putih. Bagian dalam museum dihiasi oleh interior yang cantik dan tersedia pula pendingin ruangan yang membuat Anda nyaman ketika berada di sini.

9. Ancol

Ancol

Jalan-jalan murah di Jakarta tidak akan terasa lengkap bila Anda belum mengunjungi Ancol. Kawasan wisata di Jakarta Utara ini terkenal dengan pantainya. Meskipun di Ancol terdapat Dunia Fantasi, Sea World, dan Atlantis Water Adventure, tapi bila Anda sedang mencari tempat jalan-jalan yang murah maka Anda hanya perlu mengunjungi Pantai Ancol.

Duduk di tepi pantai pada sore hari atau berjalan-jalan di sekitar pantai bisa menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan. Pemandangan sunset di Ancol sangat indah untuk dijadikan background jika ingin berfoto.

10. Setu Babakan

Setu Babakan

Kawasan Perkampungan Betawi yang satu ini berada di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Setu Babakan menawarkan wisata air dan alam yang kental dengan suasana khas Betawi.

Ini adalah tempat yang cocok untuk mengenal budaya dan kesenian khas Betawi. Di kawasan Setu Babakan ini Anda pun bisa menemukan berbagai makanan khas Betawi, seperti kerak telor dan soto mie.

Tempat Liburan Murah di Jakarta Lainnya

Belum puas dengan 10 tempat yang kami ulas di atas? Tidak usah khawatir, Keluyuran akan memberikan rekomendasi 5 tempat lainnya yang bisa dikunjungi dengan bujet yang minim. Berikut daftar lengkapnya:

11. Planetarium

Planetarium

Siapa bilang tidak ada tempat liburan murah di Jakarta yang mengasyikkan? Ajak buah hati Anda untuk berkunjung ke Planetarium. Sesuai dengan namanya, tempat ini memang menawarkan pengalaman menikmati bintang dan benda-benda langit lainnya yang berada di sistem tata surya.

Bangunan berbentuk kubah setengah bola ini bagai sebuah gedung bioskop tapi tidak memutar film, melainkan menampilkan bintang dan planet-planet di atas langit-langitnya. Ini adalah tempat terbaik bagi Anda yang ingin memberikan wisata edukasi yang tidak membosankan untuk anak-anak. Planetarium berada di kompleks Taman Ismail Marzuki, tepatnya di Jalan Cikini Raya No. 73, Menteng, Jakarta Pusat.

12. Wisata Alam Mangrove Angke

Wisata Alam Mangrove Angke

* sumber: adiitoo.com

Di kota sepadat Jakarta rasanya mustahil kita bisa menemukan tempat wisata alam. Akan tetapi, di Jakarta ternyata memang ada sebuah tempat wisata alam, yaitu Wisata Alam Mangrove Angke. Tempat wisata yang satu ini menawarkan keindahan alam hutan mangrove.

Seperti ciri khas hutan mangrove pada umumnya, di sini terdapat sungai yang bisa dikelilingi dengan menyewa boat atau kano. Jika Anda beramai-ramai dengan rombongan, harga sewa boat atau kano pasti jatuhnya jadi lebih murah. Uniknya, di Wisata Alam Mangrove Angke ini kita bisa menyewa penginapan berupa rumah-rumah kayu jika ingin bermalam di sini.

13. Museum Tekstil

Museum Tekstil

* sumber: veeveeayusim.blogspot.co.id

Jakarta memiliki begitu banyak museum, mulai dari Museum Wayang, Museum Arsip, sampai dengan Museum Fatahillah yang berada di Kota Tua. Namun, sudahkah Anda berkunjung ke Museum Tekstil? Anda bisa mengunjungi museum yang menempati gedung tua di kawasan Palmerah, Jakarta Barat, ini jika Anda mencari tempat liburan murah di Jakarta.

Dari depan penampakan museum ini nampak biasa saja, seperti bangunan tua peninggalan Belanda pada umumnya. Akan tetapi, ketika masuk di dalam museum ini, interiornya cukup mewah dan berkelas.

Kain-kain batik dari berbagai daerah dipajang di sini. Bahkan, semua kain batik ini nampak unik dan tidak pasaran. Ada juga beberapa batik yang dinilai berharga dan bersejarah sehingga tidak boleh dipegang oleh pengunjung.

14. RPTRA Kalijodo

RPTRA Kalijodo

Siapa sangka kawasan prostitusi yang terkenal di Jakarta bisa disulap sebagai tempat rekreasi umum oleh Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok? Ya, kini Kalijodo memiliki nama RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) Kalijodo. Berbagai wahana menarik di tempat ini karcisnya dibandrol dengan harga di bawah 50 ribu rupiah.

Wahana yang ada di RPTRA Kalijodo ini antara lain ada mobil mini, becak mini, motor mini, dan odong-odong. Anak-anak pasti senang bermain di sini. Selain itu, jika anak-anak kehausan di RPTRA Kalijodo juga terdapat vending machine untuk membeli minuman ringan.

15. Museum Layang-Layang

Museum Layang-Layang

* sumber: jakarta.panduanwisata.id

Cari tempat liburan murah di Jakarta ternyata tidak sulit kok. Berkunjung saja ke Museum Layang-Layang yang berada di Jalan H. Kamang No. 38, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Seperti yang sudah bisa Anda tebak, museum ini memamerkan ratusan koleksi layangan yang tiap tahun terus bertambah.

Berbagai layangan dengan bentuk dan gambar yang unik bisa Anda temukan di museum ini. Wisata jadi lebih menyenangkan karena kita memiliki pengalaman melihat layangan dengan berbagai bentuk yang unik. Singkatnya, wisata di museum ini tidak perlu mengeluarkan banyak uang karena harga karcis masuknya hanya 10 ribu rupiah, apalagi untuk anak kecil di bawah usia 3 tahun boleh masuk dengan gratis.

Dengan adanya rekomendasi 10 tempat liburan murah di Jakarta ini, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam jumlah besar jika ingin berlibur. Bagi Anda yang berdomisili di Jakarta, Anda dapat mengunjungi tempat-tempat di atas pada saat akhir pekan.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram