6 Tempat Makan Coto Makassar di Bandung yang Enak 2021

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 Februari 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Coto Makassar adalah kudapan tradisional khas Makassar, Sulawesi Selatan. Coto Makassar dibuat dari isi perut (jeroan) sapi yang direbus lama sehingga sangat empuk dan tidak berbau. Nantinya, semangkuk Coto Makassar akan dicampur dengan daging sapi, semuanya diiris-iris lalu diberi kuah santan yang gurih.

Biasanya Coto Makassar disajikan dengan ketupat atau burasa (sejenis ketupat yang dibungkus daun pisang). Karena kelezatannya, Coto Makassar tidak hanya tersedia di kampung halamannya saja, tapi sudah melanglang buana hingga ke penjuru negeri termasuk di Kota Bandung.

Warung pinggir jalan hingga kafe dan restoran sudah banyak yang menyediakan Coto Makassar sebagai salah satu menunya. Bahkan ada juga restoran khusus yang menjual masakan Khas Sulawesi dan menjadikan Coto Makassar sebagai menu andalannya. Anda bisa mendapatkan Coto Makassar yang enak di 7 tempat makan coto makassar di Bandung berikut:

1. Sop Konro Marannu

Sop Konro Marannu

* sumber: id.foursquare.com

Sop Konro Marannu merupakan tempat makan coto makassar di Bandung yang sangat terkenal. Tempat makan ini terletak di Jalan Letnan Laut Raden Raden Eddy Martadinata (L.L.R.E. Martadinata) No. 189, Cihapit, Sumur Bandung. Seperti namanya, resto ini mengedepankan sop konro dan iga bakar sebagai menu andalannya. Tapi, Anda dapat menikmati coto makassar juga di sini.

Pemilik Sop Konro Marannu adalah Daeng Iwan. Dulunya Daeng Iwan bekerja sebagai pegawai bank swasta, namun karena jenuh, akhirnya ia beralih menjadi pebisnis kuliner. Awalnya Sop Konro Marannu pertama kali buka di Kelapa Gading, Jakarta. Namun, pada tahun 2005, Sop Konro Marannu pindah ke Bandung yang sudah kita kenal sejak dulu ada di Jalan L.L.R.E Martadinata (Riau).

Resep masakan yang ada di Sop Konro Marannu didapatkan Daeng Iwan dari resep orang tuanya. Namun, ia beri sedikit modifikasi untuk menyesuaikan dengan lidah orang Sunda. Menurut pelanggan, masakan di Sop Konro Marannu terkenal karena kuahnya yang berbeda. Kuah ini dibut dari air kaldu + kluwak + cengkeh + pala + merica dan bumbu rempah lainnya.

Di sini selain coto makassar, Anda wajib mencoba menu utamanya, yaitu sop konro. Tidak hanya itu, di resto ini juga tersedia nasi goreng merah, mie titi, es palu butung dan es pisang ijo. Kisaran harga makanan dan minuman di Sop Konro Marannu adalah 10 – 50 ribuan saja.

Tempat makan coto makassar di Bandung ini buka dari jam 10 pagi – 10 malam. Untuk mencapai sana, Anda bisa menggunakan angkot Riung Bandung – Dago atau Margahayu – Ledeng.

  • Alamat: Jl. L. L. R.E. Martadinata No.189, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: 0859-7408-2939
  • Jam Operasional: Setiap hari, 10.00-22.00 WIB
  • Kisaran Harga Makanan: Sekitar Rp. 10.000,- s/d Rp. 50.000,- per porsi

2. Coto Makassar Daeng Nyarrang

Coto Makassar Daeng Nyarrang

* sumber: business.google.com

Coto Makassar Daeng Nyarrang masuk juga ke dalam list tempat makan coto makassar di Bandung yang paling enak. Daeng Nyarrang menyediakan coto makassar, sop konro, ikan bakar, konro bakar, udang bakar, cumi bakar, dan masih banyak lagi menu lainnya.

Alamat Coto Makassar Daeng Nyarrang ada di Jalan Saturnus Utara Blok R No. 12, Margahayu Raya, Manjahlega, Rancasari. Setiap harinya Daeng Nyarrang buka dari jam 12 siang – 10 malam. Daripada penasaran, langsung saja datang dan cicipi coto makassar buatan Daeng Nyarrang, yuk!

  • Alamat: Jl. Ciwastra No.189, Mekarjaya, Kec. Rancasari, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: 0812-2377-6825
  • Jam Operasional: Setiap hari, 12.00-22.00 WIB
  • Kisaran Harga Makanan: Di bawah Rp. 60.000,- per porsi

3. Coto Makassar Persib Mariki’di

coto makassar persib

Tahukah Anda, di kawasan stadion Siliwangi ada tempat makan Coto Makassar yang rasanya enak? Ya, namanya Coto Makassar Persib Mariki’di. Coto Makassar di sini cukup terkenal, lho. Isiannya melimpah, terutama dagingnya.

Tempat makannya sih, memang sederhana. Tapi karena rasanya lezat dan porsinya bikin kenyang, dijamin Anda bisa ketagihan. Tertarik untuk mencoba? Datang langsung saja ke Coto Makassar Persib Mariki’di yang ada di stadion Siliwangi, Jalan Jendral Ahmad Yani Kota Bandung.

  • Alamat: Stadion Persib, Jl. Jendral Ahmad Yani No.262, Kacapiring, Batununggal, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: 0812-2115-3333
  • Jam Operasional: Setiap hari, 09.00-21.00 WIB

4. Coto Makassar KPAD 28

coto makassar kpad 28

Sesuai namanya, Coto Makassar KPAD 28 juga menyajikan sajian khas Makassar satu ini, lho. Selain coto Makassar, kedai yang sederhana dan suasananya homey ini pun menyediakan menu makanan lainnya seperti nasi goreng.

Ada juga makanan penutup yang segar seperti es pisang ijo dan es pallu butung. Harga makanan di sini nggak mahal, yakni berkisar antara Rp. 12.000,- sampai dengan Rp. 30.000,- per porsi. Jika Anda tertarik untuk menikmati makanan khas Makassar di sini, silakan langsung datang ke lokasi kedai Coto Makassar KPAD 28 yang ada di kompleks KPAD Gegerkalong.

  • Alamat: KPAD, Jl. Pak Gatot Raya No.28 H, Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: 0812-2032-6387
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-18.00 WIB
  • Kisaran Harga Makanan: Sekitar Rp. 12.000,- s/d Rp. 30.000,- per porsi

5. Ikan Bakar Nelayan Makassar

ikan bakar nelayan makassar

* sumber: travel.tribunnews.com

Bukan hanya menyediakan aneka ikan bakar dengan beragam jenis sambal yang lezat seperti sambal matah atau sambal dabu-dabu, Resto Ikan Bakar Nelayan Makassar juga menyediakan banyak menu makanan lain.

Salah satunya adalah coto Makassar yang rasanya lezat. Di tempat ini, Anda bisa mencicipi makanan enak khas Makassar dengan harga cukup terjangkau. Kisaran harganya di mulai dari Rp. 15.000,- sampai Rp. 55.000,- per porsi. Mau mencoba? Datang langsung saja ke lokasi Resto Ikan Bakar Nelayan Makassar di Jalan Sunda, No.89, Kota Bandung.

  • Alamat: Jl. Sunda No.89, Kb. Pisang, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: 0858-1366-7164
  • Jam Operasional: Setiap hari, 10.00-23.00 WIB
  • Kisaran Harga: Sekitar Rp. 15.000,- s/d Rp. 55.000,- per porsi

6. Coto Makassar Ny. Lisa

 

Coto Makassar Ny. Lisa

* sumber: www.zomato.com

Jika Anda bertanya apda orang-orang kiranya di mana tempat makan coto makassar di Bandung, pasti Anda akan mendapatkan Coto Makassar Ny. Lisa sebagai salah satu rekomendasinya. Tempat makan coto makassar ini lokasinya ada di sebuah mall bernama Paskal Hypersquare. Lebih tepatnya, Coto Makassar Ny. Lisa ada di food court yang bernama Paskal Food Market.

Anda bisa menikmati semangkuk coto makassar yang lezat ditambah pencuci mulut es pisang ijo yang menyegarkan sambil melihat pemandangan karena tempatnya outdoor. Coto Makassar Ny. Lisa beroperasi mulai dari jam 11 siang – 11.30 malam. Alamatnya ada di Jalan Pasirkaliki No. 25-27.

  • Alamat: Paskal Food Market, Jl. Pasirkaliki No.25-27, Kebon Jeruk, Andir, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 91232363
  • Jam Operasional: Setiap hari, 11.00-23.30 WIB
  • Kisaran Harga: Sekitar Rp. 18.000,- s/d Rp. 47.000,- per porsi

Masakan Makassar identik dengan kentalnya rempah-rempah yang digunakan, sehingga cita rasa masakannya pun lebih lezat dan gurih. Jika Anda kangen ingin makan masakan Makassar, khususnya coto makassar, segera kunjungi ketujuh tempat makan coto makassar di Bandung yang sudah Keluyuran rekomendasikan di atas. Selamat makan!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *