6 Tempat Makan Coto Makassar di Jakarta yang Wajib Dicoba

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Maret 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Selain konro, Coto Makassar merupakan makanan khas Makassar yang cukup populer di masyarakat. Makanan ini terbuat dari daging sapi bersama jeroannya, yang kemudian dimasak dengan sejumlah bumbu khusus. Bumbu khusus tersebut kelak akan membuat makanan ini memiliki cita rasa yang gurih, serta memiliki kuah kental dan gurih pula. Makanan satu ini sangat cocok untuk santapan makan siangmu nanti.

Kamu tak perlu jauh-jauh ke Makassar untuk menikmati hidangan ini. Di Jakarta sendiri, sudah ada sejumlah tempat makan yang menyajikan menu khas Makassar satu ini. Penasaran? Simak ulasan Keluyuran berikut ini!

6 Tempat Makan Coto Makassar di Jakarta

1. RM Mamink Daeng Tata

RM Mamink Daeng Tata

* sumber: www.tripadvisor.com

Tempat makan pertama yang menyajikan Coto Makasar adalah RM Mamink Daeng Tata. Tempat makan satu ini letaknya persis di daerah Tebet, tepatnya di Jalan KH. Abdullah Syafei No. 33. Menu Coto Makassar di sini sangatlah lezat dan banyak sekali peminatnya.

Bagaimana tidak, coto di sini disajikan dengan daging yang banyak, serta kuah kaldu gelap yang lezat, sehingga orang-orang pun ketagihan makan coto di tempat makan ini. Di sini, kamu bisa menikmati semangkuk Coto Makassar dengan sepiring nasia ataupun dengan buras.

2. Coto Makassar Ampera

Coto Makassar Ampera

* sumber: myeatandtravelstory.wordpress.com

Sebetulnya, tempat makan ini bernama Coto Makassar Daeng Memang. Akan tetapi, karena letaknya yang persis di Jalan Ampera, orang-orang pun lebih mengenal tempat makan ini dengan sebutan Coto Makassar Ampera.

Coto Makassar tentu menjadi andalan di tempat makan ini. berbeda dengan Coto Makassar di tempat sebelumnya, Coto Makassar di sini kuahnya lebih cerah kekuningan. Jangan khawatir soal rasa, karena rasanya dijamin enak dan mantap. Akan jauh lebih enak lagi, jika kamu menyantapnya dengan buras.

Tak cuma Coto Makassar saja yang ada di sini. Tempat makan ini juga menyediakan sejumlah menu khas Makassar lain yang tak kalah nikmatnya. Mulai dari sop konro, mi titi, hingga es pallu butung semua tersaji di tempat makan ini. Kalau kamu mau mencoba semua menu itu, yuk datang saja ke Jalan Ampera Raya No. 17 Y, Jakarta Selatan!

3. Raja Konro Daeng Naba Ampera

Raja Konro Daeng Naba Ampera

* sumber: ulinulin.com

Sama seperti Coto Makassar Daeng Memang, tempat makan satu ini juga letaknya ada di Jalan Ampera, Jakarta Selatan. Lebih tepatnya, di Jalan Ampera Raya No. 25. Dari namanya, kamu pasti menyadari bahwa menu andalan di sini adalah sop konro.

Memang, sop konro di tempat makan ini sangatlah lezat dan menjadi menu andalan. Tetapi, kamu juga bisa kok makan Coto Makassar di sini. Soalnya, di  sini Coto Makasaarnya pun sangatlah lezat. Bahkan, di sini Coto Makassar-nya diolah dengan cara unik, yaitu diolah menjadi “Konro Bakar Kepiting Pedas Afrika.” Menu ini sendiri merupakan perpaduan kuah Coto Makassar dengan iga bakar dan saus kepiting, serta rempah-rempah.

Cobalah menu tersebut saat ke tempat makan ini. Niscaya, kamu bakal merasakan perpaduan kuah Coto Makassar, saus kepiting, gurihnya iga bakar, serta rempah-rempah yang bercita rasa khas. Akan lebih sempurna, jika kamu menyantapnya dengan sepiring nasi hangat atau buras khas Makassar.

Ada satu varian Coto Makassar lainnya yang harus kamu coba di sini. Varian Coto Makassar tersebut adalah “Bandeng Bakar Kuah Coto Makassar.” Sesuai namanya, menu ini merupakan perpaduan ikan bandeng bakar dengan kuah coto Makassar.

Datanglah segera ke tempat makan ini, bila kamu ingin mencoba semua menu di atas. Tempat makan ini sendiri buka selama 24 jam, sehingga kamu bisa datang ke sini kapan pun kamu mau.

4. Sop Konro Karebosi

Sop Konro Karebosi

* sumber: pergikuliner.com

Tempat makan ini kurang lebih mirip dengan Raja Konro Daeng Naba Ampera. Dikatakan demikian karena meskipun sama-sama mengandalkan sop konro, namun keduanya juga mempunyai Coto Makassar yang enak rasanya.

Coto Makassar di tempat makan ini terbuat dari daging sapi yang empuk, dan disajikan dalam porsi yang banyak. Coto ini juga dilengkapi jeroan yang tidak berbau amis, sehingga kamu pun bisa menyantapnya tanpa terasa eneg.

Kalau kamu mau, kamu juga bisa sekalian mencoba menu sop konronya. Sop konro di sini memang tergolong lezat, dan banyak peminatnya. Menurut sang pemilik restoran ini, sop konro di sini dibuat dari resep keluarga turun temurun, sehingga rasanya lezat dan juga otentik.

Masih ada sejumlah menu lainnya yang mungkin bisa kamu coba di sini. Mulai dari sop lidah, konro bakar, hingga pelbagai olahan ikan air tawar. Semua menu tersebut bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp. 35 ribu hingga 65 ribu rupiah per porsinya. Silakan datang saja ke Jalan Boulevard Raya No. 41, Kelapa Gading, Jakarta Utara; bila kamu ingin mencoba Coto Makassar dan menu-menu lainnya di sini.

5. RM Marannu

RM Marannu

* sumber: laparcarimakan.blogspot.com

Bisa dibilang, kalau tempat makan ini adalah pionir tempat makan khas Makassar di Jakarta, khusunya di daerah Kelapa Gading. Tempat makan ini sudah ada sejak 1984 lalu, dan kini masih bertahan dan banyak sekali peminatnya.

Semua menu khas Makassar ada di tempat makan ini adalah Coto Makassar. Coto Makassar di sini sangatlah enak dan khas, sehingga membuatmu bisa merasakan sensasi Coto Makassar yang berbeda.

Harganya sendiri lumayan terjangkau, yakni sekitar 35 – 63 ribu rupiah per porsinya. Tempat makannya sangatlah nyaman, dan pelayanannya pun cepat serta ramah. Tempat makan ini letaknya ada di Jalan Bulevard Raya Blok TA 2 No. 27, Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara. Tempat makan ini bisa kamu datangi di sekitaran jam 10 pagi hingga 10 malam.

6. Warung Coto Makassar Senen

Warung Coto Makassar Senen

* sumber: foody-traveller.blogspot.com

Apakah kamu warga Senen yang suka makan coto Makassar? Jika demikian, maka tempat makan satu ini kami rekomendasikan khusus buatmu. Tempat makan ini memang letaknya persis di daerah Senen, tepatnya di Jalan Kramat Raya.

Sepintas, tempat makan ini lokasinya tidak terlalu luas. Walau begitu, rasa Coto Makassar di sini sangatlah enak, sehingga kamu pun tak kecewa saat makan di sini. Ada dua pilihan saat kamu hendak menyantap Coto Makassar di sini, yakni: menyantapnya bersama nasi atau bersama buras Makassar. Kamu bisa memilih salah satunya sesuai dengan seleramu.

Kalau kamu ke sini, sebaiknya jangan datang saat jam makan siang. Soalnya, tempat makan ini selalu penuh di saat jam makan siang telah tiba. Jadi, datanglah ke sini sebelum atau sesudah makan siang.

Coto Makassar merupakan makanan khas Makassar. Kendati asli Makassar, kamu tetap bisa menyantapnya di Jakarta, karena Kota Jakarta punya sejumlah tempat makan Coto Makassar. Sejumlah tempat makan tersebut sudah kami rekomendasikan di atas.

Nah, dari sejumlah rekomendasi tersebut, mana yang akan kamu kunjungi? Atau kamu justru punya rekomendasi lainnya? Apapun itu, beritahu kami di kolom komentar, ya.

Bagi kamu yang tinggal di Surabaya dan gemar menyantap Coto Makassar juga, silakan kunjungi artikel tempat makan Coto Makassar di Surabaya berikut ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *