10 Tempat Makan Enak di Tasikmalaya yang Mesti Dicoba

Ditulis oleh Resti Zamiatunisa - Diperbaharui 29 Juli 2020

Terletak di Jawa Barat, selain terkenal dengan aneka produk kerajinan, Kota Tasikmalaya juga terkenal sebagai kota dengan beragam kuliner. Saat berkunjung kesini kamu bisa mencoba berbagai macam kuliner dari mulai kuliner khas sunda hingga kuliner yang kekinian juga dapat kamu temukan disini.

Ingin kulineran di Tasikmalaya? Inilah 10 rekomendasi tempat makan favorit di Tasikmalaya yang tentunya harus kamu kunjungi saat berada disini. Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Saung Gunung Jati

Saung Gunung Jati

* sumber: resepnyamakanan.blogspot.com

Berdiri sejak 2007, Saung Gunung Jati adalah salah satu rumah makan yang menyajikan makanan khas Sunda di Tasikmalaya. Menawarkan makan di dalam saung dengan pemandangan pesawahan serta kolam ikan yang tenang dan asri, Saung Gunung Jati ini menjadi salah satu tempat makan favorit di Tasikmalaya.

Berbagai acara seperti buka bersama, arisan, halal bi halal, reuni, pesta ulang tahun hingga acara pernikahan pun sering diadakan di sini. Selain itu, di area outdoor yang berada dibelakang digunakan untuk Backyard Grilled Gunung Jati yaitu tempat makan yang menyajikan beragam menu daging, dimana kamu bisa memasaknya sendiri ataupun bersama dengan teman-teman.

  • Alamat: Jalan Letjen Mashudi No.45, Setiaratu, Kec. Cibeureum, Tasikmalaya, Jawa Barat 46123
  • Jam Operasional: Setiap Hari, 09.00 – 21.00 WIB
  • Telepon: 0852-2365-8625 / 0852-2169-6158
  • Estimasi Harga: Mulai dari Rp10.000

2. Mie Baso Firman

Mie Baso Firman

* sumber: www.beritabaik.id

Kota Tasikmalaya terkenal dengan jajanan baso yang enak-enak salah satunya mie baso Firman ini. Tempat makan baso ini sangat terkenal di Tasikmalaya bahkan sampai ke wilayah sekitarnya seperti Ciamis dan Garut. Menawarkan Baso urat dengan tambahan mie gepeng berukuran besar yang hampir mirip kwetiau ini menjadi menu paling laris disini.

Selain baso urat tersedia juga baso halus dan baso tahu dan beberapa toping seperti babat, tetelan, kikil dan pangsit yang bisa ditambahkan.

  • Alamat: Jalan Dr. Sukardjo No.103, Panglayungan, Simpang Lima, Tasikmalaya, Jawa Barat 46134
  • Jam Operasional: Setiap Hari, 10.00 – 22.00 WIB
  • Estimasi Harga: Mulai dari Rp12.000

3. Nasi T.O Benhil 2.96

Nasi T.O Benhil 2.96

* sumber: lezatalakakilima.blogspot.com

Nasi T.O atau Tutug Oncom adalah salah satu makanan khas sunda yang tidak kalah terkenal dan enak. Nasi yang dicampur dengan Oncom yang ditutug (diulek) kemudian disajikan bersama dengan lauk seperti ikan asin, ayam, tahu, tempe, mendoan serta tak lupa lalaban dan juga sambal baik sambal ijo ataupun sambal terasi.

Di Kota Tasik banyak sekali tempat makan yang menyajikan Nasi T.O ini hampir disetiap sudut kota ada, dan salah satu yang paling laris adalah Nasi TO Benhil 2.96. Walaupun tempatnya kecil dan sederhana tetapi tempat makan ini selalu ramai dikunjungi orang-orang terutama di hari Minggu pagi. Orang-orang sampai rela mengantre untuk makan disini.

  • Alamat: Jalan Dadaha Jl. Petir, RT.04/RW.08, Cikalang, Kec. Tawang, Tasikmalaya 46124
  • Jam Operasional: Setiap Hari, 08.00 – 13.00 WIB
  • Telepon: 0822-4355-1179
  • Estimasi Harga: Mulai dari Rp6.000

4. Soto Ayam Pataruman

Soto Ayam Pataruman

* sumber: travelingkuy.com

Soto Ayam Pataruman 23 ini konon sudah berdiri sejak tahun 1960-an, termasuk kedalam kuliner legendaris di Kota Tasikmalaya. Yang spesial dari tempat makan ini adalah cita rasanya yang konsisten sejak jaman dahulu yang tidak berubah sehingga membuat orang-orang merindukannya dan terus menerus ingin mencicipinya.

Dalam seporsi Soto Ayam Pataruman ini biasanya berisi  suwiran daging ayam kampung bagian dada, paha, kulit, ati ampela, telor, ceker, bahkan juga kepala dengan kuah santan yang hampir mirip dengan soto betawi, tidak lupa ditambahkan irisan daun bawang dan bawang goreng serta jeruk nipis lalu dimakan dengan nasi putih hangat.

  • Alamat: Jalan Pataruman, Yudanagara, Kec. Cihideung, Tasikmalaya, Jawa Barat 46115
  • Jam Operasional: Setiap Hari, 06.00 – 20.00 WIB
  • Telepon: 0813-2317-7720
  • Estimasi Harga: Mulai dari Rp25.000

5. Bubur Ayam Kalektoran H Zaenal

Bubur Ayam Kalektoran H Zaenal

* sumber: trend.koropak.co.id

Berdiri sejak tahun 1969, Bubur Ayam Kalektoran H. Zaenal ini juga menjadi kuliner legendaris di Tasikmalaya. Pertama kali berjualan menggunakan gerobak keliling hingga akhirnya membuka warung bubur ayam sendiri di rumah, bubur ayam milik H. Zaenal ini tidak pernah sepi peminat. Bubur ayam ini sangat cocok untuk dijadikan menu sarapan di pagi hari.

Memiliki tekstur bubur yang tidak terlalu encer dengan topping suwiran ayam kampung yang melimpah, ditambah ati ayam, cakwe dan juga daun bawang yang hampir mengisi 45% dari mangkuk-nya membuat para pelanggan tidak merasa rugi meskipun harga satu porsinya relatif lebih tinggi dari bubur di tempat lain.

  • Alamat: Jalan R. Ikik Wiradikarta No.33, Tawangsari, Kec. Tawang, Tasikmalaya 46112
  • Jam Operasional: Setiap Hari, 06.00 – 13.00 WIB
  • Telepon: (0265) 325369
  • Estimasi Harga: Mulai dari Rp15.000

6. Saung Botram Biotirta

Saung Botram Biotirta

* sumber: travelingyuk.com

Terletak cukup jauh dari pusat kota tidak membuat Saung Botram Biotirta ini menjadi sepi pelanggan, justru lokasinya yang berada di kawasan kaki Gunung Galunggung ini membuat orang-orang ramai berkunjung kesana. Suasana yang tenang dan alami dapat membuat kamu melupakan sejenak masalah-masalah yang ada.

Menawarkan makanan khas sunda, macam-macam jus dan juga serba-serbi masakan udang seperti udang bakar, gule udang daun singkong, udang tepung, udang saus tiram dan lainnya.

  • Alamat: Jalan Raya Cisayong No.52, Kp. Sukahideng, Kec.Cisayong, Tasikmalaya
  • Jam Operasional: Setiap Hari, 10.00 – 20.00 WIB
  • Telepon: 0813-2071-2240
  • Estimasi Harga: Mulai dari Rp 0.000

7. Lengko Ayam 99

Lengko Ayam 99

* sumber: 20.detik.com

Awal berjualan menggunakan gerobak sejak tahun 1999 membuat Lengko Ayam ini diberi nama Lengko Ayam 99. Sering berjualan di depan Bank Mandiri Sutsen membuat lengko ayam ini mulai terkenal. Hampir setiap sabtu dan minggu pagi gerobak lengkong ayam 99 ini tidak terlihat saking penuh oleh pengunjung. Pengunjung pun harus antri dengan mengambil nomor urutan kupon.

Berjualan diatas trotoar membuat para pengunjung yang memiliki kendaraan pribadi sulit mendapat tempat parkir akhirnya Lengko Ayam 99 ini berpindah lokasi ketempat yang sekarang ini. Sekilas memang mirip opor ayam tapi setelah kamu coba rasanya akan berbeda. Satu porsi Lengko Ayam ini berisi kuah kari yang kental dan gurih, daging ayam suwir, telur rebus, lontong dan emping goreng.

  • Alamat: Jalan Sutisna Senjaya No.140, Cikalang, Kec. Tawang, Tasikmalaya 46114
  • Jam Operasional: Setiap Hari (Jumat Libur), 06.00 – 12.00 WIB
  • Telepon: 0821-2792-3094
  • Estimasi Harga: Mulai dari Rp15.000

8. Pecel Oranye

Pecel Oranye

* sumber: iwok.blogspot.com

Berdiri sejak tahun 1925, pecel oranye ini juga menjadi tempat makan legendaris di kota Tasikmalaya. Soal rasa tidak usah diragukan lagi, kamu bisa langsung datang saja ke tempatnya di Jalan Empang dan rasa kan sendiri. Menu yang ditawarkan disini ada gado-gado, lotek, karedok dan juga pecel dengan bumbu kacang yang tentunya akan membuat kamu ketagihan untuk datang lagi.

  • Alamat: Jalan Empang No. 27, Empangsari, Tawang, Tasikmalaya, Jawa Barat 46113
  • Jam Operasional : Setiap Hari, 10.00 – 20.00 WIB
  • Telepon: (0265) 338208
  • Estimasi Harga : Mulai dari Rp10.000

9. Kupat Tahu Mangunreja

Kupat Tahu Mangunreja

* sumber: pesona.travel

Kupat Tahu Mangunreja ini konon sudah berjualan sejak zaman Belanda dijajakan dengan berkeliling sambil dipikul. Sekarang Kupat tahu ini sudah memiliki kedai atau rumah makan sendiri. Dari penampilannya mungkin terlihat mirip kupat tahu biasa, namun saat kamu mencobanya terdapat cita rasa yang berbeda dari Kupat Tahu Mangunreja ini.

Masih menggunakan cara tradisional untuk memasaknya membuat cita rasa kupat tahu ini semakin spesial. Selain itu, bumbu kacangnya pun masih dibuat dengan cara ditumbuk. Banyak orang-orang dari Tasikmalaya maupun dari luar berbondong-bondong untuk bisa makan di tempat ini. Jadi pastikan kamu untuk mencobanya ya!

  • Alamat: Jalan Garut - Tasikmalaya, Mangunreja, Kec. Mangunreja, Tasikmalaya 46462
  • Jam Operasional: Setiap Hari, 07.00 – 17.00 WIB
  • Telepon: 0852-2307-2326
  • Estimasi Harga: Mulai dari Rp20.000

10. Mie Baso Pa Haji

Mie Baso Pa Haji

* sumber: www.dimanaja.com

Mie Bakso Pak Haji ini menawarkan menu yang berbeda dari Bakso-Bakso lainnya yaitu Mie Bakso Hitam. Membuat orang-orang menjadi penasaran, tempat makan ini menjadi salah satu tempat makan favorit di Tasikmalaya. Selain itu, terdapat pula varian bakso lainnya seperti bakso isi keju ngacay, bakso super cincang, bakso penyet, bakso bigblack moza, dan lainnya.

Konon warna hitam dari Mie dan Bakso tersebut berasal dari serbuk arang bambu yang berasal dari Jepang dan tidak usah khawatir karena keamanannya sudah masuk food grade standar. Selain itu, saus disini juga diracik sendiri oleh pemiliknya dengan resep rahasia sehingga rasanya berbeda dengan saus lainnya.

  • Alamat: Jalan Cikalang Girang, Kahuripan, Kec. Tawang, Tasikmalaya, Jawa Barat 46115
  • Jam Operasional: Setiap Hari, 10.00 – 21.00 WIB
  • Telepon: 0811-2340-494
  • Estimasi Harga: Mulai dari Rp15.000

Nah, Itu tadi 10 rekomendasi tempat makan favorite di Tasikmalaya yang tentunya harus kamu kunjungi saat berada disini. Kira-kira tempat makan mana yang paling membuat kamu penasaran ingin segera mencobanya? Jangan lupa kalo kamu punya rekomendasi tempat makan lain di Tasikmalaya isi di kolom komentar dibawah ya.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram