10 Rekomendasi Tempat Makan Enak di "Kota Santri" Cianjur

Ditulis oleh Albar Fahrul Roji - Diperbaharui 14 April 2020

Kabupaten Cianjur merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang terkenal dengan julukan “kota santri”. Cianjur memiliki panorama alam yang sangat indah dan cukup terkenal terutama objek wisata air terjunnya yang berada di daerah Cianjur bagian selatan. Selain itu, Cianjur juga sudah dikenal luas sebagai produsen beras pandan wangi, salah satu jenis beras terbaik di Indonesia.

Cianjur tak pernah membuat kecewa para wisatawan yang mengunjunginya berkat keeksotisan alamnya yang begitu memukau serta wisata kulinernya yang mampu memanjakan lidah siapa saja yang menyantapnya. Selain terkenal dengan oleh-oleh khasnya yaitu tauco, Cianjur juga memiliki beberapa tempat makan recommended yang akan memanjakan lidahmu.

Pastinya tempat makan tersebut memiliki rasa makanan yang super lezat juga tempat yang cozy. Penasaran, kan apa saja sih tempat makan tecommended di Cianjur? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Ikan Bakar Cianjur

Ikan Bakar Cianjur

Tempat makan recommended yang pertama adalah Ikan Bakar Cianjur atau yang biasa dipanggil IBC. Tempat makan yang satu ini sudah cukup terkenal sebagai tempat makan dengan menu andalan ikan yang lezat dan nikmat. Bahkan, IBC sendiri sudah membuka cabang di beberapa kota di Indonesia.

Berbagai olahan ikan dapat kamu rasakan di Ikan Bakar Cianjur ini mulai dari ikan goreng, bakar, hingga pesmol yang tentunya disajikan dengan cita rasa khas yang lezat. Ikan yang digunakan sebagai bahan dasarnya juga beragam dari ikan nila hingga gurame.

Selain masakannya yang lezat, tempatnya pun sangat nyaman dengan interior modern yang modis juga area parkir yang luas.

  • Alamat: Jl. Dr. Muwardi No. 141, Bojong herang. Kec. Cianjur, Kab. Cianjur, Jawa Barat 43216
  • Telepon: (0263) 263392
  • Jam operasional: Buka setiap hari mulai pukul 09.00-22.00, khusus weekend tutup pukul 22.30.
  • Kisaran harga: Rp3.000- Rp80.000

2. Saung Nikmat Cianjur

Saung Nikmat Cianjur

Sumber: https://www.instagram.com/famzask/

Agak naik sedikit dari Ikan Bakar Cianjur, ada sebuah restoran khas sunda bernama Saung Nikmat Cianjur. Dari luarnya saja kita sudah dibuat tahu bahwa restoran tersebut merupakan restoran sunda berkat ornamen serta bangunan khas sundanya.

Ketika masuk ke dalam restoran, suasana khas sundanya akan semakin kental berkat interior yang digunakannya mengusung konsep tradisional sunda. Makanan yang ditawarkan oleh Saung Nikmat Cianjur juga didominasi oleh masakan sunda seperti misalnya nasi liwet dan ikan gurame goreng.

  • Alamat: Jl. Dr. Muwardi No. 155, Bojong herang. Kec. Cianjur, Kab. Cianjur, Jawa Barat 43216
  • Telepon: (0263) 267555
  • Jam operasional: Buka setiap hari mulai pukul 10.00-21.00
  • Kisaran harga: Rp5.000-Rp100.000

3. Warung Nasi Alam Sunda

Warung Nasi Alam Sunda

* sumber: helenysm.com

Masih dalam kategori tempat makan ala sunda, ada sebuah restoran sunda dengan konsep yang unik. Bernama Warung Nasi Alam Sunda, ada yang sedikit unik dari segi pelayanannya dimana para pelanggan membawa makanannya sesuka hati seperti konsep prasmanan pada acara pernikahan.

Masakan yang disajikanpun sangat beragam mulai dari aneka ayam, bebek, empal, olahan seafood, dan masih banyak lagi dengan harga yang bervariasi. Warung Nasi Alam Sunda ini telah populer dan memiliki beberapa cabang yang tersebar seperti di Kota Bogor dan Bandung.

  • Alamat: Solokpandan, Jl. HOS Cokro Aminoto No. 11, Muka, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur 43215
  • Telepon: 0817-225-710
  • Jam operasional: Buka setiap hari mulai pukul 11.00-21.00, khusus hari jumat buka pukul 12.00
  • Kisaran harga: Rp1.000-Rp100.000

4. Waroeng Botram

Waroeng Botram

Waroeng Botram menjadi pilihan yang tepat untukmu yang ingin makan di tempat yang memiliki suasana nyaman dan asyik. Terletak di pusat kota, Waroeng Botram ini menjadi tempat favorit para remaja untuk nongkrong atau bersantai karena tempatnya yang super nyaman.

Waroeng Botram menyajikan masakan-masakan tradisional seperti nasi timbel. Tak hanya itu, bahkan masakan internasional yang lezat juga dapat kamu nikmati di tempat makan yang satu ini mulai dari ramen, chicken katsu, hingga berbagai olahan seafood.

Selain nyaman dan memiliki makanan yang lezat, Waroeng Botram juga merupakan lokasi yang cocok dijadikan sebagai spot berfoto karena memiliki desain interior dan eksterior yang aesthetic.

  • Alamat: Jl. Masjid Agung No. 126, Pamoyanan, Kec. Cianjur, Kab. Cianjur, Jawa Barat 43211
  • Telepon: 0813-2200-1181
  • Jam operasional: Buka setiap hari mulai pukul 11.00-21.00, khusus weekend tutup pukul 22.00
  • Kisaran harga: Rp23.000-Rp185.000

5. Jimbaran Seafood

Jimbaran Seafood

Bagaimana ya rasanya menikmati hidangan khas sunda dengan suasana khas Bali? Hal itu bisa kamu dapatkan di Jimbaran Seafood Cianjur! Sesuai dengan namanya, Jimbaran Seafood merupakan restoran yang menyajikan berbagai olahan seafood yang lezat dan nikmat.

Letaknya yang strategis karena berada di pinggir jalan utama, membuat restoran yang satu ini selalu ramai dikunjungi orang-orang. Jimbaran Seafood mengusung konsep bangunan khas bali dengan segala ornamen khasnya yang membuat suasana khas bali semakin kental.

Tempat yang satu ini memiliki area parkir yang luas dan tempat makan yang nyaman sehingga cocok dijadikan tempat makan untuk acara keluarga atau acara pertemuan lainnya.

  • Alamat: Jl. Dr. Muwardi No. 167, Bojongherang, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43216
  • Telepon: (0263) 2914874
  • Jam operasional: Buka setiap hari mulai pukul 10.00-21.00
  • Kisaran harga: Rp4.000-Rp140.000

6. Saung De Faqih

Saung De Faqih

Sumber: http://www.reresepan.com/rumah-makan-saung-de-faqih-sajikan-menu-khas-sunda/

Makan siang sambil ditemani suasana alam pedesaan yang sejuk dan hijau adalah hal yang sangat menyenangkan. Makan makanan yang lezat sembari memandangi persawahan yang terbentang luas khas Cianjur dapat kamu nikmati di restoran yang satu ini. Ya, apalagi kalau bukan Saung De Faqih.

Di Saung De Faqih, kamu akan merasakan nikmatnya menyantap hidangan khas sunda seperti nasi liwet dengan beberapa lauknya yang nikmat sambil disuguhi pemandangan pedesaan yang sangat asri. Sawah yang terhampar luas dan kolam ikan yang ikut melengkapi suasana pedesaan akan memberikan sensasi tersendiri.

Meskipun restoran ini terletak agak masuk ke perkampungan, tetapi tenang saja karena kendaraan roda empat tetap bisa masuk, kok. Saung De Faqih ini merupakan restoran yang cukup luas sehingga cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau rekan kantormu!

  • Alamat: Jl. Desa Babakan Karet, Mekarsari, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43211
  • Telepon: 0856-0612-6134
  • Jam operasional: Buka hari sabtu-kamis mulai pukul 08.00-20.00
  • Kisaran harga: Rp59.000-Rp169.000

7. Twank Kitchen

Twank Kitchen

Tak hanya masakan tradisional, bahkan makanan internasional yang sangat populer juga terdapat di Cianjur salah satunya di cafe bernama Twank Kitchen. Twank Kitchen ini telah dikenal sebagai produsen pizza khas italia di Cianjur dengan harga yang cukup terjangkau.

Bukan hanya pizza, aneka makanan internasional lain pun masih banyak ditawarkan di Twank Kitchen seperti lasagna, waffle, serta berbagai minuman yang menyegarkan.

Twank Kitchen ini menjadi pilihan utama para anak muda untuk bersantai atau sekedar nongkrong karena merupakan tempat yang nyaman dengan makanan yang super lezat.

  • Alamat: Jl. HOS Cokro Aminoto No. 74, Muka, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43263
  • Telepon: (0263) 2914821
  • Jam operasional: Buka setiap hari mulai pukul 11-00-21.00, khusus weekend tutup pukul 21.30
  • Kisaran harga: Rp22.000-Rp90.000

8. Sate Shinta

Sate Shinta

Tepat di jalur menuju Bogor dan Jakarta terdapat sebuah warung sate bernama “Sate Shinta” yang sudah dikenal sebagai tempat makan yang asyik dengan suasana hutan dan persawahan juga udara yang sejuk.

Sate Shinta terkenal berkat rasa satenya yang lezat dan super nikmat. Selain itu, tempatnya yang nyaman dengan lanskap gunung gede juga menjadi nilai lebih dari restoran yang satu ini.

Menu yang ditawarkan juga cukup variatif mulai dari sate ayam, sate kambing, sate maranggi, gulai, tongseng, dan bubur ayam.

  • Alamat: Jl. Raya Ciapanas No. 20, Pasekon, Cipendawa, Kec. Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253
  • Telepon: (0263) 512041
  • Jam operasional: Buka setiap hari 24 jam
  • Kisaran harga: harga mulai dari Rp5000/tusuk

9. Sate Maranggi Ma Nunung

Sate Maranggi Ma Nunung

Sate maranggi merupakan makanan khas Jawa Barat khususnya Purwakarta. Tapi tak hanya di Purwakarta saja kamu bisa menikmati sate maranggi yang lezat dan nikmat. Di Cianjur terdapat sebuah warung sate maranggi yang sudah terkenal kelezatannya, lho! Ya, Sate Maranggi Ma Nunung!

Yang membedakan sate maranggi dengan sate lainnya adalah bumbu yang digunakannya. Sate maranggi biasanya disantap dengan ketan atau nasi putih sesuai selera. Maranggi ini memiliki aroma yang khas terlebih saat dipanggang.

Kelezatan sate maranggi ma nunung bahkan sudah terkenal ke luar kota sehingga tempat makan yang satu ini sering kali diliput oleh acara-acara kuliner di beberapa stasiun televisi.

  • Alamat: Jl. K. H. Ashari No. 13, Solokpandan, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43214
  • Telepon: (0263) 266610
  • Jam operasional: Buka setiap hari mulai pukul 06.00-22.00
  • Kisaran harga: Harga mulai dari Rp2000/tusuk

10. Chicoba Cafe

Chicoba Cafe

Sumber: http://kharisma.my.id/2018/07/11/chicoba-kafe-di-ketinggian-dengan-konsep-semi-open-air/

Namanya yang unik dan tempatnya yang terletak di tengah kota, menjadikan cafe yang satu ini selalu ramai dikunjungi orang-orang untuk berburu kuliner atau sekedar bersantai. Cafe yang masih terbilang baru ini menyajikan aneka menu yang tentunya sangat menarik dan unik diantaranya burger dan aneka olahan ayam.

Chicoba Cafe terletak di lantai 2 dan 3 sebuah bangunan sehingga sambil makan, kamu akan dimanjakan dengan keeksotisan kota Cianjur yang asri dan damai. Jika kamu berniat makan di Chicoba Cafe, disarankan untuk datang di malam hari karena suasananya semakin asyik berkat lampu-lampu kota yang menakjubkan.

Pada malam hari suasana sekitar akan berubah menjadi lebih terkesan romantis sehingga cocok dijadikan tempat untuk menghabiskan malam minggu bersama pasangan!

  • Alamat: Jl. Siti Jenab No. 5, Pamoyanan, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43211
  • Telepon: 0822-1848-4822
  • Jam operasional: Buka setiap hari mulai pukul 11.00-22.00
  • Kisaran harga: Harga mulai dari Rp5000-Rp50.000

Itu dia beberapa tempat makan yang super recommended di Cianjur yang pastinya memiliki sajian lezat dan nikmat. Jadi bagi kamu yang sedang berkunjung ke Cianjur dan tengah kebingungan mencari tempat makan yang enak dan nayaman, kamu tak usah kebingungan lagi karena di atas sudah kami paparkan tempat makan paling recommended yang wajib kamu kunjungi.

Semoga informasi mengenai tempat makan recommended di Cianjur sebagaimana yang telah kami paparkan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua sebagai penambah wawasan serta pengetahuan. Tak hanya itu, semoga informasi di atas juga dapat kamu jadikan sebagai referensi tempat makan ketika berkunjung ke Kota santri, Cianjur, ya!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram