Ini Dia 7 Pilihan Tempat Makan Paling Enak di Balikpapan

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Balikpapan kaya akan wisata kulinernya. Oleh karena itu, tak lengkap rasanya bila tak bersantap ria kala di ibukota Kalimantan Timur ini. Kalau kamu mau makan di kota ini, maka cobalah simak artikel ini hingga usai. Soalnya, Keluyuran akan memberimu sejumlah rekomendasi tempat makan di Balikpapan.

Tak perlu berlama-lama lagi, simak rekomendasi tempat makan paling enak di Balikpapan berikut ini, yuk!

1. Dandito

Dandito

* sumber: dinamikakalimantan.blogspot.com

Untuk kamu yang ingin menyantap menu kepiting, maka kamu wajib datang ke tempat makan satu ini. Beragam olahan kepiting lezat bisa kamu nikmati di sini. Salah satu yang menjadi andalan adalah Kepiting Saus Dandito. Ini adalah sajian kepiting yang dilumuri dengan saus Dandito yang khas.

Bagi kamu yang tak terlalu doyan kepiting, di sini ada varian menu lain yang bisa kamu pesan. Ayam bakar, cumi-cumi, udang, dan cah kangkung adalah beberapa di antaranya. Tempat makan ini begitu populer di Balikpapan. Bahkan, sejumlah tokoh ternama pun pernah makan di tepat makan satu ini. Jadi, jangan heran kalau nanti kamu menemukan tempat makan ini dalam keadaan penuh.

Tertarik? Sila datang langsung ke Jalan Marsma R. Iswahyudi No. 70, Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan, Balikpapan, Kalimantan Timur.

2. Sop Konro BCA

Sop Konro BCA

* sumber: yopiefranz.com

Selain RM Dandito, rumah makan ini juga populer di Balikpapan sana. Ini terlihat dari antrean yang selalu penuh kala tempat makan ini tengah buka. Sesuai namanya, menu andalan di sini tentu saja Sop Konro-nya.

Sop Konro di sini memiliki aroma yang begitu menggugah selera. Sop Konro satu ini mempunyai cita rasa gurih dan rempah yang kental, serta dilengkapi seonggok tulang sapi dengan sedikit daging yang membuatnya jadi lebih lezat.

Selain Sup Konro, tempat makan ini juga punya Sop Saudara sebagai menu andalan lainnya. Secara tampilan, menu ini tak jauh berbeda dengan Sop Konro. Letak perbedaannya adalah tidak adanya tulang sapi pada menu satu ini. Soal rasa, jangan ditanya lagi. Sop Saudara mempunyai cita rasa yang bakal membuatmu ingin menyantap masakan ini lagi.

Kalau kamu betulan mau makan di sini, sila datang saja ke alamat lengkapnya yang ada di Jalan Mulawarman, Klandasan Ilir, Balikpapan Selatan, Balikpapan, Kalimantan Timur.

3. Kepiting Kenari

Kepiting Kenari

Kepiting Kenari adalah tempat makan yang harus kamu kunjungi untuk menyantap kepiting, selain RM Dandito tentunya. Menu kepiting yang menjadi andalan di sini adalah Kepiting Lada Hitam. Menu kepiting satu ini memiliki cita rasa lada hitam yang kuat.

Tak seperti kepiting lada hitam lainnya, lada hitam pada menu kepiting ini betul-betul meresap ke dalam dagingnya. Ini membuat cita rasa lada hitamnya amat berasa di dagingnya, dan warna dagingnya pun menjadi agak kehitaman.

Tempat makan satu ini letaknya ada di Jalan Marsma R Iswahyudi No. 4, Gunung Bahagia, Balikapapan Selatan, Balikpapan, Kalimantan Timur.

4. Ocean’s Resto

Ocean’s Resto

* sumber: sepinggan-airport.com

Tempat makan ini berlokasi di Kompleks Rukan Bandar Balikpapan. Tepatnya, di Jalan Jenderal Sudirman No. 18, Balikpapan, Kalimantan Timur. Walaupun di dalam area kompleks, namun kamu bisa merasakan sensasi makan di pinggir pantai kala ke sini. Ini tak lepas dari lokasi Kompleks Rukan Bandar Balikpapan yang letaknya ada di pinggiran pantai.

Menu andalan di sini mayoritas adalah sajian hasil laut. Adapun salah satu yang menjadi andalan di sini adalah Sop Ikan Palumara. Selain menyajikan seafood, tempat makan ini juga menyuguhkan menu lain semacam Sup Zuppa, Spageti, Pizza, Garlic Bread, dan lain sebagainya.

Untuk minuman, kamu bisa memesan varian jus, kopi, dan teh yang tersaji di sini. Tak hanya bersantap ria, kamu juga mendengarkan alunan musik di tempat makan ini. hal itu dikarenakan adanya suguhan live music yang mengalun di sini. Bahkan, kamu bisa me-request lagu khusus di sini, dan juga bisa bernyanyi sendiri.

5. Soto Banjar Kuin Abdhu

Soto Banjar Kuin Abdhu

* sumber: ksmtour.com

Soto Banjar sebetulnya adalah makanan khas orang Banjarmasin. Namun, karena banyak orang Banjarmasin yang pindah ke Kalimantan Timur, masakan ini pun jadi salah satu makanan khas Balikpapan.

Di Balikpapan, kamu bisa menemukan Soto Banjar di rumah makan Soto Banjar Kuin Abdhu. Berbeda dengan Soto Banjar pada umumnya,  Soto Banjar di sini disajikan dengan kuah yang lebih keruh. Warna kuah tersebut tak lepas dari bahan dasarnya yang berupa campuran kentang dan susu.

Telur yang dipakai pun berbeda dibanding Soto Banjar lainnya. Bila Soto Banjar Banjarmasin lazim memakai telur ayam, maka Soto Banjar di Soto Banjar Kuin Abdhu memakai telur bebek sebagai andalan.

Lokasi tempat makan ini persis di pinggiran jalan raya. Adapun alamat spesifik tempat makan ini sendiri adalah di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 01, Gunungsari Ilir, Balikpapan Tengah, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Bila ingin makan di sini, sebaiknya kamu datang sebelum jam makan siang tiba. Pasalnya, tempat makan ini selalu penuh bila jam tersebut telah tiba.

6. Depot Simpang Empat

Depot Simpang Empat

* sumber: sepinggan-airport.com

Untuk kamu yang ingin menyantap kuliner murah di Balikpapan, maka tempat makan ini sebaiknya kamu kunjungi. Sejumlah sajian lezat berharga murah bisa kamu santap di sini. Mayoritas makanan di sini dibanderol mulai dari harga Rp 17 ribu saja.

Adapun salah satu andalan di sini adalah Sapi Lada Hitam yang dipadukan dengan Roti Mantau. Selain menu ini, masih banyak menu lainnya yang bisa dipesan, di mana kebanyakan di antaranya adalah menu Chinese Food. Depot Simpang Empat bisa kamu kunjungi di Baru Ilir, Balikpapan Baru, Balikpapan, Kalimantan Timur.

7. Bandeng Mania

Bandeng Mania

* sumber: sahabatpiknik.com

Di belakang Kantor Dinas Perhubungan Balikpapan, ada satu tempat makan dengan ikan Bandeng sebagai andalannya. Bandeng Mania adalah nama tempat makan tersebut. Di sini, ikan bandeng disajikan tanpa duri. Ini tentu kabar baik buatmu yang ingin makan bandeng, tetapi enggan melepaskan duri ikannya.

Agar semakin lezat, bandeng di sini lalu dipadu padankan dengan Sambal Uleg Kemangi. Hal itu membuat menu satu ini punya cita rasa gurih, pedas, dan kental akan aroma kemangi. Hmm, menarik bukan? Kalau kamu betulan ingin makan di sini, sila datang saja ke alamat lengkapnya yang ada di Jalan Praja Bhakti IV, Sepinggan, Balikpapan Selatan, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Saat di Balikpapan nanti, cobalah untuk bersantap ria di sana. Ini tak lepas dari kekayaan kuliner dan tempat makan enak yang tersaji di ibu kota Kalimantan Timur tersebut. Dan bila kamu betul-betul akan makan di sana, maka cobalah rekomendasi tempat makan di Balikpapan yang sudah Keluyuran kasih di atas. Selamat mencoba dan bersantap ria di Balikpapan!

Lanjutkan wisatamu di Balikpapan dengan berkunjung ke tempat yang kamu review di artikel tempat wisata di Balikpapan ini, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *