Yuk, Berburu Kuliner di 10 Tempat Makan Enak di Garut Ini

Ditulis oleh Randi Mulyadi - Diperbaharui 14 April 2020

Garut punya beberapa tempat untuk dikunjungi. Pantai ada. Gunung ada. Wisata alam lainnya pun ada. Hal itu yang membuat sejumlah wisatawan dari Jawa Barat menjadikan Garut sebagai tujuan favorit. Disamping tempat wisata, ada juga tempat kulineran enak yang harus dicoba ketika menjejakkan kaki di daerah penghasil dodol itu.

Nah kebetulan, Keluyuran punya 10 tempat makan enak di Garut yang bisa bikin perut dan liburan kamu tambah berwarna. Apa saja dan di mana? Mari cek daftar dan ulasannya di bawah ini.

1. Seruling Bambu

Seruling Bambu

* sumber: www.pergidulu.com

Seruling Bambu terletak di dalam lokasi Wisata Kampung Sampireun. Restoran ini tetap tersedia untuk umum meski kamu tidak berkunjung ke tempat wisatanya.

Di sini, kamu bakal disajikan keindahan alam yang masih asri. Konsep tempat yang outdoor membikin tenang dan nyaman karena hijaunya pepohonan di sekitar restoran. Sejumlah aliran-aliran air pun dijamin membuat semua pengunjungnya merasa tenang. Kalau kamu pernah ke Ubud di Bali, restoran ini mengingatkan tempat di sana.

Mengenai makanan, Seruling Bambu punya beberapa andalan, seperti nasi bakar, sayur asem, ikan asin, ayam bakar, dan menu lengkap. Selain menu lokal, ada juga makanan western yang bisa kamu pesan. Harganya masih terjangkau, cocok untuk makan bersama keluarga atau teman-teman.

Bagi kamu yang ingin ke Seruling Bambu, alamatnya terletak di Jalan Raya Samarang Kamojang km 4, Samarang, Garut.

2. Pujasega

Pujasega

* sumber: mapio.net

Pujasega merupakan salah satu tempat makan yang harus kamu kunjungi. Alasannya sudah jangan ditanyakan lagi, ada banyak. Pujasega punya ciri khas dari desain bangunannya. Makanannya pun enak. Harganya, cukup terjangkau.

Dilihat dari desain, Pujasega adalah tempat makan modern dengan menu masakan yang lengkap dan tidak meninggalkan kedaerahan. Seperti menu andalan, selalu menyajikan masakan Sunda. Tetapi, selalu ada inovasi yang selalu disajikan. Misalkan resep masakan Sunda yang dicampur dan diolah menjadi lebih bervariasi.

Beberapa menu yang ada di Pujasega diantaranya Nasi tutug oncom, Terrace Mix Bento, Chicken Mango, Hainan Rice, Ikan gurame bakar, Nasi liwet, serta ada dessert es goyobod dan es campur katineung dan lain-lain. Di sini juga tersedia oleh-oleh khas Garut yang bisa kamu bawa pulang.

Selain itu, Pujasega Garut bisa dikategorikan sebagai rumah makan yang nantinya bakal menjadi ‘teras’ kesenian dan kebudayaan Khas Sunda di Kabupaten Garut.

Untuk alamatnya, Pugasega terletak di Jalan Ottoiskandardinata No. 64, Tarogong, Pananjung, Tarogong Kaler, Cimanganten, Tarogong Kaler, Kabupaten Garut. Kamu bisa berkunjung mulai pukul 09.30 hingga pukul 22.00.

3. Nasi Liwet Asep Stroberi

Nasi Liwet Asep Stroberi

* sumber: www.cumilebay.com

Siapa pun yang pernah ke Garut atau melewatinya, pasti pernah melihat tempat makan ini. Benar kan? Nasi Liwet Asep Stoberi banyak ditemukan di beberapa tempat di Garut. Salah satunya di Jalan Raya Kadungora, Karangmulya.

Melihat dari menu, pasti kamu tahu kalau tempat makan ini menjual nasi liwet, kan? Ya, di sini andalannya memang nasi liwet. Rasanya nikmat, ditambah dengan paket lengkap seperti lalapan, sambal, ikan asin, dan lainnya. Paketnya cukup terjangkau. Mulai dari 100 ribu hingga 120 ribu rupiah untuk 2-4 orang.

Aroma nasi liwet rempah yang disajikan dalam kastrol (tempat masak nasi liwet) bisa langsung kamu cicipi. Beberapa menu tambahan bisa kamu pesan, seperti ayam goreng, bebek goreng, ikan asin hingga tempe dan tahu.

Selain menu makanan yang dijamin kelezatannya, kamu juga bisa bermain di sini. Ada beberapa tempat bermain buatan seperti danau, taman untuk anak, bermain ayunan, naik kuda, becak mini, bermain ATV dan bangunan berbentuk stoberi. Di danau buatan itu kamu bisa memberi ikan makan dengan sisa nasi liwet. Kamu juga bisa berfoto sepuasnya di alam terbuka yang sangat memukau.

4. Rumah Makan Cibiuk

Rumah Makan Cibiuk

* sumber: www.hoteldiindonesia.net

Rumah makan Cibiuk sama seperti Nasi Liwet Asep Stroberi. Cabangnya terletak di beberapa daerah di Garut. Ada satu yang cukup terkenal, mungkin karena letaknya sering dilintasi arus mudik, yakni di Jalan Limbangan Nagreg Km 6, Sukadana.

Restoran ini cukup lama berdiri. Gayanya tradisional modern, yang menawarkan deretan makanan bercita rasa khas Sunda. Kamu bisa memesan nasi timbel, ayam dan bebek goreng, urap, sayur asem, dan gurame. Satu yang paling menjadi favorit para pengunjung adalah sambalnya yang pedas. Menyempurnakan hidangan yang ada.

Selain itu, bagi kamu yang ingin makan di Cibiuk tetapi membawa keluarga dan anak-anak, bisa memilih cabang yang di Jalan Otto IskandarDinata nomor 321. Tempatnya lebih luas dan yang paling penting adanya taman bermain untuk anak-anak.

5. Soto Garut Ahri

Soto Garut Ahri

* sumber: www.pergidulu.com

Garut punya tempat makan legendaris. Kamu bakalan menyesal kalau tidak mengunjunginya ketika berwisata ke sana. Nama tempat itu adalah Soto Garut Ahri. Menurut beberapa sumber, tempat itu telah berdiri sebelum Indonesia merdeka, tepatnya pada tahun 1943.

Pemilik warung itu adalah H. Ahri. Kini, tempat makan Soto Ahri diteruskan dan dikelola oleh generasi keduanya, yaitu anaknya sendiri.

Ada yang berbeda dari Soto Ahri. Soto ini menggunakan daging sapi. Nah, dagingnya terkenal sangatlah lembut. Ada rahasia dari lembutnya daging sapi tersebut. Daging sapi yang digunakan adalah yang masih muda. Proses perebusannya juga memakan waktu 3 jam, kemudian didiamkan semalaman untuk mendapatkan kaldunya juga.

Kemudian, disiram dengan kuah santan kaldu kuning yang asin gurih dan kental karena rempah. Kemudian, soto itu ditambah dengan taburan kacang kedelai goreng. Satu rahasia lagi, kuah sotonya dimasak menggunakan kayu bakar sehingga harumnya lebih enak.

Soto Garut Ahri bisa kamu kunjungi di Jalan Raya Cimanuk No. 271, Paminggir.

6. Jemanii Resto

Jemanii Resto

Jika dibandingkan dengan tempat-tempat makan sebelumnya, Jemanii masih belum populer. Bukan berarti kualitas Jemanii di bawahnya, ya. Malahan, Jemanii punya kelebihan tersendiri, yakni sangat dekat dengan objek wisata Cipanas dan arsitekturnya yang eksotik.

Ketika kamu makan di sini, pemandangan kawasan Cipanas akan terlihat jelas. Sangat memesona. Nuansa air di sekitarnya juga membikin kamu tenang sehingga membuat makan semakin kenyang.

Untuk menu, tidak kalah dengan yang lainnya. Ada masakan khas Sunda dan beberapa menu lain dan western.

7. Dapur Setia Kawan

Dapur Setia Kawan

* sumber: rumahmakandapursetiakawangarut.blogspot.com

Dapur Setia Kawan terbilang masih baru jika dibandingkan dengan yang lainnya. Namun, tempat makan ini tak mau kalah karena memiliki menu andalan dan sering dipesan para pelanggannya.

Menu spesial itu adalah ikan dan udang bakar. Ikan dan udangnya masih segar. Kamu bisa melihat proses pembakarannya juga. Tak hanya itu, tempatnya juga mengusung konsep tradisional yang dipadu dengan gaya modern. Di tengah saung tempat kamu makan, ada kolam ikan lengkap dengan patung udang. Kamu bisa menikmati hidangan sambil melihat ikan-ikannya.

Untuk mencicipi menu-menu yang ada di Dapur Setia Kawan, kamu bisa mampir dulu ketika akan berwisata ke Cipanas. Alamatnya di Jalan Raya Cipanas Baru, Kecamatan Tarogong Kidul.

8. Sate Marangi Pa’ Nur

Sate Marangi Pa’ Nur

* sumber: tabloidintan.blogspot.com

Ketika kamu menuju beberapa objek wisata seperti Kamojang Green Resort, Kampung Sampireun, dan Kebun Mawar Situ Hampa, bisa mampir dulu di tempat makan Sate Marangi Pa’Nur. Alamat lengkapnya berada di Jalan Raya Samarang No 119.

Tempatnya cukup luas. Sate marangi ini sangatlah lezat. Tak kalah dengan yang ada di Purwakarta. Dagingnya juga begitu empuk, dengan harga yang relatif terjangkau untuk para wisatawan. Kamu bisa memilih jenis sate marangi, ada sate kambing, ayam, dan sapi. Sate paling favorit di sini adalah sate sapinya. Kamu harus mencobanya.

9. Rumah Makan Sari Cobek Cangkuang

Rumah Makan Sari Cobek Cangkuang

* sumber: pegimakan.id

Seperti kebanyakan rumah makan lainnya, Sari Cobek Cangkuang punya menu andalan khas Sunda. Menu itu adalah gurami cobek. Pernah mendengar atau mencicipinya?

Gurami ini memiliki bumbu khas yang kuat. Kamu tidak akan menemukannya di tempat lain. Apalagi ditambah sayuran sebagai lalapannya. Menambah kesegaran menu gurami. Kelezatan itu ditambah dengan pemandangan alam di sekitar restoran yang memukau.

Selain sebagai tempat makan, Sari Cobek Cangkuang juga menyediakan tempat menginap yang terletak di kawasan wisata Situ Cangkuang.

10. Graha Sindang Reret

Graha Sindang Reret

* sumber: dolandolen.com

Berwisata seringkali dengan rombongan yang lebih dari 10 atau 20 orang. Kalau mencari tempat makan yang cukup luas, Graha Sindang Reret bisa menjadi pilihan. Tempatnya luas, sering digunakan untuk acara-acara besar.

Graha Sindang Reret menyediakan beragam menu masakan Sunda dan yang lainnya. Jika ingin tahu menu yang banyak dipesan pengunjungnya adalah aneka sup dan olahan daging ikan. Kamu dijamin bakal ketagihan dengan masakan yang ada. Alamat Graha Sindang Reret berada di Jalan Patriot No. 13-14, Kecamatan Sukagalih.

Itulah kesepuluh tempat makan di Garut yang bisa kamu kunjungi ketika berwisata ke sana. Kamu bisa menikmati kelezatan makanan dan pesona alam Garut yang memesona. Kunjungi juga artikel tempat wisata di Garut ini untuk menambah referensi jalan-jalanmu.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram