10 Tempat Makan Enak di Jogja yang Sangat Recommended

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daerah Istimewa Yogyakarta adalah salah satu destinasi wisata favorit bagi turis lokal maupun mancanegara. Di Jogja, kita bisa merasakan suasana budaya Jawa yang begitu kental. Keramahan masyarakat Jogja juga membuat kita betah untuk berlama-lama di kota ini.

Beberapa tempat bersejarah juga bisa kita kunjungi kala berada di Kota Jogja. Namun, saat berada di kota pelajar ini, Anda juga harus mengunjungi beberapa tempat makan enak di Jogja untuk memanjakan lidah dan perut. Apa sajakah itu? Berikut daftar lengkapnya.

1. Nasi Goreng Beringharjo

Nasi Goreng Beringharjo

Perpaduan antara nasi goreng khas Jawa dan Cina bisa Anda temukan di kedai Nasi Goreng Beringharjo. Ini merupakan salah satu tempat makan nasi goreng enak di Jogja yang letaknya di Jalan Mayor Suryotomo No. 7, Gondomanan, Yogjakarta. Apa yang membuat nasi goreng di sini berbeda dengan nasi goreng di tempat lainnya? Sudah pasti citarasanya.

Pemilik sekaligus juru masak di kedai Nasi Goreng Beringharjo ini adalah seorang keturunan Tionghoa. Di sini, pengunjung bisa memilih lauk nasi gorengnya sendiri, yakni babi atau ayam. Bagi Anda yang muslim, tak perlu khawatir karena lauk tersebut disajikan pada saat nasi goreng sudah berada di atas piring. Jadi, peralatan yang digunakan untuk memasak tidak tercemar oleh daging babi.

2. The House of Raminten

The House of Raminten

Meskipun namanya menggunakan Bahasa Inggris, rumah makan yang satu ini tetap menyajikan menu makanan khas Jawa, seperti nasi liwet, gudeg, pepesan, rawon, gudeg, dll. Untuk minumnya, ada aneka jamu khas Jawa, wedang, dan minuman segar lainnya.

Bukan hanya menu makanan yang beragam, tempat dan suasana di rumah makan ini juga sangat nyaman sehingga cocok sekali dijadikan sebagai tempat makan keluarga, ataupun untuk acara berkumpul lainnya seperti arisan dan tempat buka puasa bersama.

Rumah makan ini buka selama 24 jam. Jadi bila Anda ingin makan pada waktu tengah malam atau dini hari, Anda bisa mengunjungi House of Raminten ini. Nah, tertarik untuk mengunjungi rumah makan ini? House of Raminten berada di Jalan Faridan Muridan Noto No. 7, Gondo Kusuman, Kota Baru, Jogjakarta.

3. Kedai Rumah Pohon

Kedai Rumah Pohon

Rumah makan bernuansa keraton bisa Anda temukan dengan mudah ketika berada di Jogja. Namun, rumah makan bernuansa eco-park di Jogja hanya ada di Kedai Rumah Pohon. Bangunan rumah makan ini terbuat dari material kayu dan bambu.

Ada banyak tanaman di sekitar rumah makan yang menciptakan suasana teduh, sejuk, dan asri. Bangunan Kedai Rumah Pohon terdiri dari 6 lantai. Hidangan utama dari rumah makan ini adalah seafood. Kedai Rumah Pohon terletak di Jalan Blunyahrejo TRII/808, Jogjakarta.

4. Ayam Bakar Klaten Miroso

Ayam Bakar Klaten Miroso

Saat berada di Jogja, sempatkan diri untuk mampir dan mencicipi kelezatan ayam bakar khas Klaten. Adalah Ayam Bakar Klaten Miroso, yang merupakan salah satu jujukan kuliner yang wajib dikunjungi saat Anda sedang berada di kota pelajar ini.

Ayam yang sudah dibumbui dengan rempah-rempah dan kecap akan dibakar di atas api. Bumbu tersebut sangat meresap ke dalam daging ayamnya yang empuk. Ayam Bakar Klaten Miroso ini sangat nikmat jika disantap bersama nasi putih yang hangat dengan sambalnya yang khas dan tidak terlalu pedas. Ayam Bakar Klaten Miroso terletak di Jalan Dr. Radjimin (depan GOR Tridadi), Sleman, Yogjakarta.

5. Gudeg Pawon

Gudeg Pawon

Sesuai dengan namanya, Pawon adalah bahasa jawa yang artinya dapur. Nah, di Gudeg Pawon ini kita bisa melihat proses pembuatan gudeg sekaligus bersantap di dapurnya. Tersohor sebagai salah satu tempat makan gudeg yang enak di Jogja, Warung yang buka pada larut malam ini tidak pernah sepi pengunjung. Bahkan, sebagian besar pengunjung rela antri 2 jam sebelum warung ini buka.

Semua dilakukan hanya untuk merasakan sepiring nasi gudeg dengan rasa yang pas, gurih, dan tidak terlalu manis. Gudeg Pawon buka dari pukul 22.00 hingga dini hari. Warung Gudeg Pawon beralamatkan di Jalan Janturan No. 36, Warungboto, Umbulharjo, Jogjakarta.

6. Oseng Mercon Bu Narti

resep oseng mercon bu narti

Bagi penggemar makanan pedas, Oseng Mercon Bu Narti ini merupakan rekomendasi tempat makan enak di Jogja yang patut Anda kunjungi. Warung lesehan ini menyajikan menu lemak, kikil, kulit, dan tulang muda yang diolah dengan bumbu yang sangat pedas.

Menu makanan ini memang membuat lidah Anda bergoyang karena rasanya sangatlah pedas. Untuk mengimbangi menu makanan super pedas tersebut, warung yang sudah berdiri sejak 1998 ini juga menyajikan lele, bebek, burung dara, dan ampela yang tidak pedas.

Jika Anda adalah penggemar makanan pedas, Oseng Mercon Bu Narti yang terletak di dekat gang SD Purwodiningratan, Jl. K.H. Achmad Dahlan, Jogjakarta ini, siap untuk memuaskan kegemaran Anda tersebut.

7. Angkringan Lik Man

tempat makan enak di jogja Angkringan Lik Man

“Belum ke Jogja kalau tidak makan ala angkringan” Ungkapan ini benar adanya karena Jogja memang terkenal dengan warung angkringan yang banyak tersebar di seluruh kota. Salah satu yang cukup terkenal adalah Angkringan Lik Man.

Angkringan yang satu ini berbeda dengan warung sejenis lainnya. Pasalnya, Angkringan Lik Man ini memiliki banyak pelanggan setia. Di warung ini, Anda bisa menikmati sego kucing (nasi kucing) yakni nasi dengan porsi yang sangat kecil layaknya porsi makan kucing.

Untuk lauknya, Anda bisa memilih aneka sate, seperti sate usus, ati, telur puyuh, kulit, dan masih banyak lagi hanya dengan harga Rp 1.000 per tusuknya. Bagi Anda yang sedang mencari tempat makan di sekitar Malioboro, Anda bisa langsung menuju ke sebelah utara Stasiun Tugu, Jogjakarta, dan mencoba nikmatnya hidangan dari Angkringan Lik Man.

8. Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong

Klathak bukanlah sebuah nama hewan. Klathak adalah nama menu makanan sate khas Jogjakarta. Sate klathak adalah sate kambing yang dibumbui garam dan merica saja. Akan tetapi, jangan underestimate dulu dengan menu sate ini. Walaupun bumbunya minimalis, sate klathak memiliki citarasa yang sangat nikmat.

Jika sate lain ditusuk dengan bambu, sate klathak menggunakan jeruji sepeda sebagai tusuknya. Pak Pong, pemilik dari warung sate klathak ini, menuturkan bahwa penggunaan tusuk dari jeruji besi membuat daging sate matang secara rata.

Penasaran dengan kelezatan yang ditawarkan oleh Sate Klathak Pak Pong ini? Silahkan kunjungi warungnya yang terletak di Jalan Stadion Sultan Agung (Jalan Imogiri Timur KM 7), Wonokromo, Bantul, Jogjakarta.

9. Manggar Manding

Manggar Manding

Tradisional natural adalah konsep yang diusung oleh Rumah Makan Manggar Manding. Meskipun terbilang baru, rumah makan ini boleh diadu dengan rumah makan lainnya yang menjual menu makanan khas Jogja.

Di rumah makan ini, Anda akan diajak merasakan makan dengan hidangan dan tradisi ala Jawa yang sangat kental. Ada berbagai hidangan yang bisa Anda pesan, mulai dari gurami bakar madu, brengkesan, botok, dan gudeng. Rumah Makan Manggar Manding ada di Jalan Parangtritis KM 11,5, Bantul, Jogjakarta.

10. Bakmi Kadin

Bakmi Kadin

Menyantap bakmi goreng Jawa memang bisa dilakukan di mana saja. Pasalnya, menu makanan ini sudah mulai banyak dijual di Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Namun, kurang afdol rasanya jika Anda tidak menyantap bakmi goreng Jawa langsung dari kota asalnya, yakni Jogja.

Dinamakan Bakmi Kadin karena letak warungnya memang bersebelahan dengan gedung kantor Kamar Dagang dan Industri (Kadin) D.I. Yogyakarta. Rasa bakmi kadin ini sangat pas, rasa manis dan gurihnya terasa ketika Anda mulai menyantap bakmi goreng yang populer ini.

Konon, warung yang berada di Jalan Bintaran Kulon No. 6, Mergangsan, Jogjakarta ini sudah melayani pelanggan sejak tahun 1947. Artinya, warung makan ini sudah teruji kualitas dan kelezatannya dari generasi ke genarasi.

Jika Anda tertarik untuk melakukan perjalanan ke kota pelajar tersebut, jangan lupa untuk mengunjungi tempat makan enak di Jogja yang kami rekomendasikan di atas. Jika Anda memiliki rekomendasi tempat makan lainnya, silahkan bagikan dengan kami melalui kolom komentar di bawah ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

2 Responses

  1. Muhammad Abdurrohman berkata:

    Di dekat Block O, Seberang JEC juga ada gudeg enak, Gudeg Bu Tjitro 1925 mas, bakmienya juga recomended, tempatnya juga asik buat nongkrong dengan keluarga.

    1. Terima kasih atas masukannya. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *