10 Tempat Makan Enak di Malang yang Paling Terkenal

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berlibur ke Malang adalah pilihan yang tepat bagi masyarakat Jawa Timur. Pasalnya, Malang menawarkan hawa yang sejuk meskipun pada siang hari. Selain itu, ada berbagai jajanan khas Malang yang menanti untuk dicoba. Pokoknya, kita bisa berwisata alam sekaligus berwisata kuliner saat berada di Malang.

Lagi cari tempat makan enak di Malang yang paling terkenal? Nih, Keluyuran sudah merangkum sejumlah tempat makan legendaris yang sudah terkenal enak, lho. Penasaran? Langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

10 Tempat Makan Enak di Malang

1. Pecel Kawi

Pecel Kawi Tempat Makan Enak di Malang

Aduh, jangan sampai Anda melewatkan tempat makan enak di Malang yang satu ini deh! Pasalnya, Pecel Kawi merupakan rumah makan yang terkenal dengan menu nasi pecelnya yang mantap! Rumah makan yang sudah buka sejak tahun 1975 ini selalu menjadi jujugan bagi wisatawan yang bertandang ke Malang.

Keunggulan pecel di sini terletak pada bumbunya yang gurih dan kental. Kacangnya pun sangat terasa saat Anda menikmati pecel di sini. Nasi pecel di sini terasa semakin enak bila disantap dengan rempeyek. Yuk, sarapan dulu dengan Pecel Kawi di Jalan Kawi Atas No. 43B, Malang, ini!

2. Bakso Bakar Trowulan

Bakso Bakar Trowulan Bakso Enak di Malang

Ada yang kurang jika Anda ke Malang tapi tidak menyantap bakso bakar. Menu bakso bakar ini memang merupakan makanan yang cukup terkenal di Malang. Jika Anda ingin menyantap bakso bakar yang enak, datang saja ke Bakso Bakar Trowulan. Bakso sapi di sini akan dibumbui, lalu dibakar.

Kita juga bisa memesan kuah untuk pendamping menyantap bakso bakar ini. Baksonya sendiri terasa kenyal dan bumbunya merasuk hingga ke dalam bakso. Untuk Anda yang penasaran dengan kelezatan bakso bakar khas Malang, kunjungi Bakso Bakar Trowulan di Jalan Candi Trowulan No. 65, Malang.

3. Bakwan Subur

Bakwan Subur

Kuliner yang satu ini memang ditujukan untuk teman-teman non-muslim karena menu yang disajikan ini non-halal. Adalah Bakwan Subur yang bertempat di sebuah rumah kecil yang merupakan tempat tinggal pemiliknya. Menu di sini non-halal karena terbuat dari jeroan dan daging babi.

Bakwan yang disajikan di sini lengkap dengan tahu, paru dan usus. Selain itu, ada juga gorengan yang terkenal gurih. Kuahnya sendiri juga menggunakan kaldu babi sehingga citarasanya berbeda, tapi tetap lezat bagi pork lover. Untuk menikmati Bakwan Subur ini Anda harus rela mengantri terlebih dahulu. Lokasi Bakwan Subur ada di Jalan Wuni No. 25, Bareng, Klojen, Malang.

4. Rawon Nguling

Rawon Nguling

Rawon Nguling adalah tempat makan enak di Malang yang sudah terkenal sejak bertahun-tahun yang lalu. Kelezatan hidangan di Rawon Nguling ini sudah terkenal di kalangan wisatawan. Citarasa rawon di sini begitu khas dan rempah-rempahnya pun sangat terasa.

Kuah Rawon Nguling ini tidak berlemak dan dagingnya pun terasa empuk. Tambahkan potongan tempe dan telur asin saat menikmati nasi rawon di tempat ini agar rasanya semakin lezat. Alamat Rawon Nguling ada di Jalan Zainal Arifin No. 62, Malang.

5. Mie Gajah Mada

Mie Gajah Mada

Di Malang, kita bisa menemukan berbagai kuliner mie ayam dan cwie mie yang enak. Namun, Anda harus singgah ke Mie Gajah Mada jika ingin menikmati pangsit mie ayam yang sangat terkenal di kota ini. Tempat makan yang berada di kawasan pecinan ini merupakan kuliner wajib bila Anda berada di Malang.

Daging ayamnya dicincang lembut dan kuahnya pun terasa sangat gurih. Tambahan jamur dan pangsit rebus di mangkuk mie ayam kita akan menambah selera makan. Jika ingin tambahan lauk seperti bakso Anda juga bisa request saat memesan. Mie Gaja Mada berlokasi di Jalan Pasar Besar No. 17, Malang.

6. Sate Landak & Biawak Bu Ria

Sate Landak & Biawak Bu Ria

Apa yang Anda bayangkan ketika mendengar nama sate landak? Mungkin yang Anda bayangkan daging yang masih berduri akan dibakar dan dibumbui layaknya sate pada umumnya? Tenang saja, di rumah makan Sate Landak & Biawak Bu Ria dagingnya sudah dibersihkan sebelum dimasak sehingga tidak ada duri yang menempel.

Daging landak ternyata sangat empuk dan lembut, lho. Bahkan, menurut pemilik rumah makan ini daging landak sangat kaya protein. Bila Anda ingin mencicipi kuliner yang lebih ekstrem, mungkin Anda bisa memesan sate biawak. Sate Landak & Biawak Bu Ria ini bertempat di Jalan Raya Bugis No. 47, Saptrorenggo, Malang.

7. Warung Lama Haji Ridwan

Warung Lama Haji Ridwan

Makanan yang disajikan di Warung Lama Haji Ridwan ini adalah makanan yang cocok dengan lidah masyarakat Indonesia, seperti Nasi Rawon, Nasi Campur, Nasi Soto Daging, dan Gule Daging. Namun, menu yang paling favorit di sini adalah Sate Komoh yang merupakan daging sapi dimasak dengan bumbu bacem dan ditusuk seperti sate pada umumnya.

Bukan cuma sate komoh saja, sate usus sapi di sini juga selalu menjadi favorit para pengunjung. Tempat makan enak di Malang ini ternyata sudah buka sejak 1925. Kini, Anda dapat berkunjung ke Warung Lama Haji Ridwan di dalam Pasar Besar Malang.

8. Hok Lay

Hok Lay

Belum ke Malang rasanya kalau belum makan cwie mie! Ya, cwie mie adalah sejenis mie ayam dengan citarasa khas Malang. Hok Lay adalah salah satu rumah makan cwie mie paling favorit di Malang. Banyak wisatawan dari luar kota Malang yang datang kemari untuk mencicipi kelezatan cwie mie ala Depot Hok Lay.

Selain cwie mie, ada juga Lumpia Semarang yang rasanya maknyus banget dan hampir mirip dengan lumpia yang benar-benar dibeli di Semarang. Jangan lupa juga memesan Fosco, minuman yang terbuat dari coklat dan susu murni. Fosco ini Cuma ada di Hok Lay, lho. Lokasi Depot Hok Lay ada di Jalan K.H. Ahmad Dahlan No. 10, Malang.

9. Rumah Makan Cairo

Rumah Makan Cairo

Ingin mencicipi hidangan khas timur tengah yang sudah pasti dijamin halal? Yuk, kunjungi Rumah Makan Cairo. Rumah makan ini sudah berdiri sejak tahun 1953 dan tetap konsisten dalam menyajikan hidangan Middle East yang authentic. Sebagai rumah makan timur tengah, tentu saja banyak hidangan olahan daging kambing yang disajikan di sini.

Uniknya, Rumah Makan Cairo menyajikan hidangan daging kambing yang tidak berbau sama sekali. Menu favorit di sini antara lain adalah sate kambing, gule kambing, nasi biryani, nasi mandhi, dan masih banyak lagi. Rumah Makan Cairo beralamatkan di Jalan Kapten Piere Tendean No. 1, Malang.

10. Warung Ronde Titoni

Warung Ronde Titoni

Saat berada di kota dengan hawa yang sejuk seperti Malang, tentu saja makanan hangat adalah pilihan yang paling pas. Nah, bagaimana jika menyantap ronde? Ronde yang paling terkenal di Malang adalah Warung Ronde Titoni.

Tempat ini menawarkan menu ronde, angsle, dan kacang kuah dengan rasa yang legit dan enak. Isian ronde dan angsle di sini juga terbilang lengkap. Pokoknya, Anda tidak akan kecewa jika menghabiskan malam sambil menikmati ronde atau angsle di kedai yang bertempat di Jalan Zainul Arifin No. 17, Malang, ini.

Tempat Makan Enak di Malang Lainnya

Belum puas berwisata kuliner di Kota Malang? Tenang saja, Keluyuran masih memiliki rekomendasi tempat makan lainnya yang wajib Anda singgahi ketika berada di Malang. Berikut daftar lengkapnya:

11. Bakso Kikil Seruni

Bakso Kikil Seruni

* sumber: travelingyuk.com

Kalau lagi Malang memang kita wajib menyantap bakso. Maklum saja, bakso memang merupakan makanan khas Malang yang cukup populer se-nusantara. Selain bakso bakar, Malang juga memiliki bakso kikil yang gurih dan lezat, namanya Bakso Kikil Seruni. Masyarakat yang tinggal di Malang pasti sudah sangat familiar dengan bakso ini.

Bakso di sini dibuat dengan daging sapi murni, bukan dari kikil. Hanya saja saat disajikan di mangkok akan diberi potongan kikil yang gurih. Lokasi bakso yang nggak pernah sepi pengunjung ini berada di Jalan Soekarno Hatta No. 76B, Mojolangu, Lowokwaru, Malang.

12. Putu Lanang Celaket

Putu Lanang Celaket

* sumber: ngalam.co

Kue putu adalah kue tradisional yang dibuat dari tepung beras lalu diisi dengan gula merah. Agar kuenya matang, adonan dimasukkan ke dalam pipa-pipa bambu lalu dikukus sampai matang. Ketika matang, kue akan diberi parutan kelapa dan lebih enak jika dinikmati dalam keadaan hangat.

Kalau Anda sedang berada di Malang, mampirlah ke Putu Lanang Celaket untuk mencicipi kue putu paling enak di Malang. Tempat makan enak di Malang ini sudah berdiri sejak tahun 1935 dan sampai saat ini tidak pernah sepi pengunjung. Manjakan lidah Anda dengan kue Putu Lanang Celaket yang bertempat di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Gang Buntu RT 03, Malang.

13. Soto Daging Rahayu

Soto Daging Rahayu

* sumber: ngalam.co

Melihat depotnya yang sangat minimalis Anda pasti tidak menyangka bahwa Soto Daging Rahayu adalah salah satu tempat makan enak di Malang yang cukup legendaris. Jangan underestimate dulu sampai Anda mencoba kelezatan soto daging yang sudah buka sejak tahun 1928 ini.

Soto daging di sini memiliki kuah dengan rempah yang sangat terasa. Potongan daging yang empuk juga menambah kelezatan soto ini. Apalagi si pemilik depot menggunakan koya dari parutan kelapa, bukan dari kerupuk udang seperti warung soto kebanyakan. Kedai soto ini berada di pojokan Pasar Besar, tepatnya di seberang Toko Pecah Belah Santosa.

14. Rujak Cingur Bude Ruk

Rujak Cingur Bude Ruk

Jika berkunjung ke wilayah Jawa Timur, Anda pasti berburu makanan khas provinsi tersebut, bukan? Nah, untuk mencicipi rujak cingur yang enak, Anda bisa mendapatkannya saat berada di Malang. Warung Rujak Cingur Bude Ruk adalah kuliner legendaris yang telah berdiri sejak tahun 1960.

Rujak cingur di sini rasanya sangat enak dan kita bisa request tingkat kepedasan sendiri. Potongan cingur sapinya juga empuk dan bikin nagih. Apalagi perpaduan kacang dan petis udangnya sangat terasa pas di lidah. Alamat Warung Rujak Cingur Bude Ruk berada di Jalan Suruji Gang 1 No. 17, Malang.

15. Pos Ketan Legenda 1967

Pos Ketan Legenda 1967

* sumber: ksmtour.com

Berada di kawasan Malang Raya, Pos Ketan Legenda 1967 ini adalah jujugan wajib bagi wisatawan yang berasal dari luar Kota Malang. Tempat yang buka mulai pukul 3 sore sampai pukul 3 subuh ini menawarkan aneka olahan ketan yang legit dan enak banget.

Adapun olahan ketan yang dijual di sini berupa ketan bubuk, ketan susu, ketan keju, ketan cokelat, sampai dengan ketan durian. Semakin malam, Pos Ketan Legenda 1967 ini akan semakin ramai. Jadi, jangan datang terlalu malam agar Anda tidak kehabisan ketan legendaris ini.

Catat dan kunjungi 10 tempat makan enak di Malang yang paling terkenal ini. Anda juga bisa membagikan pengalaman Anda saat kuliner di Malang dengan menulis di kolom komentar yang tersedia.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *