Mau Makan Enak di Pontianak? Kunjungi 6 Tempat Makan Ini!

Ditulis oleh Anggie Warsito - Diperbaharui 14 April 2020

Semua daerah di Indonesia pasti punya tempat makan yang enak dan Pontianak adalah salah satunya. Kalau nanti kamu ke sana (Pontianak), maka cobalah datang dan makan di tempat makan enak di sana. Lalu, apa saja sih tempat-tempat yang menyajikan makanan enak di Pontianak? Kalau kamu mau tahu, yuk simak saja list di bawah ini!

1. Bubur Pedas Pa’ Ngah

Bubur Pedas Pa’ Ngah

* sumber: www.gotravelly.com

Salah satu makanan khas Pontianak adalah Bubur Pedas. Bubur ini dibuat dari beras sangrai yang dimasak bersama sayur, ikan, rempah-rempah, dan kacang. Supaya lebih sedap, bubur ini lazimnya ditambah dengan sentuhan kecap, saus, dan perasan jeruk limau. Jangan berharap rasa bubur ini pedas sesuai dengan namanya. Pasalnya, “pedas” pada makanan ini bermakna sayur-mayur dan rempah, bukan rasanya yang pedas.

Bubur Pedas Pa’ Ngah adalah rumah makan yang tepat untuk menikmati Bubur Pedas khas Pontianak. Ini adalah salah satu tempat makan yang cukup terkenal dalam menyajikan Bubur Pedas. Harga seporsi Bubur Pedas di sini tergolong murah, Rp7 ribu hingga Rp9 ribu. Tertarik? Yuk, datang ke Jalan Komyos Sudarso, Gang Jagung No. 1, Sungai Jawi Luar, Pontianak Barat, Pontianak!

2. Pondok Pengkang

Pondok Pengkang

* sumber: www.banyumurti.net

Pontianak punya satu jenis burung yang khas dan sulit ditemukan di daerah lain. Burung Punai adalah jenis burung tersebut. Burung ini biasanya diolah dengan cara digoreng atau dibakar. Adapun Burung Punai sendiri merupakan burung yang bentuknya seperti merpati, bulunya berwarna hijau, dan paruhnya berwarna kemerahan.

Pondok Pengkang adalah salah satu tempat makan yang menyajikan olahan Burung Punai. Burung Punai di sini sering diolah dengan cara digoreng atau dibakar. Soal cita rasa, Burung Punai olahan di sini sangatlah lezat. Kamu bisa merasakan empuk dan gurihnya daging Burung Punai, kala makan di sini.

Selain Burung Punai, ada satu makanan lain yang bisa kamu santap di Pondok Pengkang. Pengkang atau Lempar adalah makanan tersebut. Pengkang sendiri merupakan olahan beras ketan yang dibakar dan berisi udang atau isian lainnya.

Di Pondok Pengkang, kamu bisa menyantap Pengkang dengan didampingi sambal Kepah. Adapun sambal Kepah sendiri adalah sambal yang terbuat dari kerang sungai. Kamu tertarik? Datang saja ke Jalan Raya Peniti, Peniti Luar, Siantan, Pontianak.

3. Mie Tiaw Apollo

Mi Tiaw Apollo

* sumber: www.tripadvisor.co.nz

Bagi kamu pecinta kwetiau, maka Mie Tiaw Apollo wajib dikunjungi. Kwetiau satu ini tak hanya ditambah dengan daging atau ikan, melainkan juga ditambah kikil dan juga babat. Ini membuat cita rasa kwetiau di sini lezat dan istimewa.

Kwetiau di tempat ini dibuat dari tepung beras. Ini membuat kwetiaunya punya tekstur yang spesial dan beda. Daging, babat, dan kulit yang dipakai di sini betul-betul direbus dengan baik. Dengan begitu, ketiga bahan tersebut menjadi lebih empuk dan pastinya higienis.

Makan kwetiau/mi tiaw di sini akan membuatmu kenyang dan puas. Seporsi kwetiau/mi tiaw di sini dibanderol dengan harga Rp32 ribu saja untuk porsi besarnya. Adapun untuk porsi yang lebih kecil, kamu bisa memesannya dengan harga Rp27 ribu. Kamu tertarik? Datang saja ke Jalan Patimura No. 63, Darat Sekip, Pontianak Kota, Pontianak.

4. Gleam Café

Gleam Café

* sumber: pontianak.tribunnews.com

Ada satu makanan khas Pontianak lainnya yang wajib kamu coba. Chai Kue adalah makanan tersebut. Ini adalah sebuah camilan yang terbuat dari tepung beras yang dicampur tapioka/sagu, diisi berbagai sayuran, dan kemudian dikukus atau digoreng,

Bila ingin memakan Chai Kue, maka Gleam Café adalah tempat yang recommended. Di sini, Chai Kue disajikan dalam format fresh from the oven. Selain itu, di sini kamu juga dibolehkan untuk memilih isian Chai Kue-nya sendiri. Ada beberapa isian yang bisa jadi pilihan. Keladi, kacang, dan rebung adalah pilihan isian tersebut.

Selain Chai Kue, ada satu menu lainnya yang wajib dicoba di sini. Pisang Goreng Keju adalah menu tersebut. Menu ini adalah sebuah perpaduan antara pisang goreng yang dibalut dengan tepung yang renyah, dan diolesi oleh susu serta keju. Tempat makan ini ada di Jalan Tamar No. 3, Tengah, Pontianak Kota, Pontianak.

5. Ce Hun Tiau Ahui

Ce Hun Tiau Ahui

* sumber: www.tukangjalanjajan.com

List tempat makan enak selanjutnya adalah Ce Hun Tiau Ahui. Tempat ini ada di Jalan WR Supratman, Benua Melayu Darat, Pontianak Selatan, Pontianak. Tempat makan ini menyediakan salah satu es ikonik khas Pontianak, Ce Hun Tiaw.

Ce un Tiaw merupakan es yang berbahan dasar adonan tepung beras dan kanji. Dua bahan tersebut lalu dicampur dan dipotong tipis-tipis layaknya mi. Agar semakin mantap, menu ini dilengkapi dengan ketan hitam, kacang merah, mutiara, dan bongko.

Konon, es yang bernama lain Sagu Gunting ini dulunya adalah jajanan kaki lima. Namun, seiring waktu, es ini pun “naik kelas” menjadi salah satu es yang banyak dijumpai di kafe, kedai, ataupun restoran.

Ce Hun Tiau Ahui sendiri merupakan salah satu penjual Ce Hun Tiaw yang sudah kawakan. Kurang lebih 10 tahun tempat ini berjualan es tersebut. Tempat ini bisa kamu kunjungi tiap hari, mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore.

6. Polo Mi Tiaw

Polo Mi Tiaw

* sumber: cakrawalakita.com

Selain Mie Tiaw Apollo, ada satu tempat makan lainnya yang menjual kwetiau khas Pontianak. Polo Mi Tiau adalah tempat tersebut. Tempat ini letaknya berdekatan dengan Mie Tiau Apollo. Tepatnya, di Jalan Patimura No. 64, Darat Sekip, Pontianak Kota, Pontianak.

Usut punya usut, tempat ini ternyata saingan berat dari Mie Tiau Apollo. Persaingan keduanya berlangsung tergolong lama. Untungnya, persaingan kedua tempat makan kwetiau ini tergolong sehat. Beberapa sumber menyatakan bahwa persaingan ini bermula dari hengkangnya salah satu karyawan Apollo yang nantinya membangun Pollo. Sementara itu, beberapa sumber lain menyatakan kalau persaingan ini murni persaingan sehat antara sesama saudara kandung yang mendirikan Apollo dan Pollo.

Dari segi menu, kwetiau yang ada di Pollo tak beda jauh dengan Apollo. Bedanya, kwetiau/mi tiau Pollo punya cita rasa yang beda serta khas. Kwetiau di sini punya cita rasa yang lebih manis. Sangat cocok untuk kamu pecinta kwetiau dengan cita rasa manis. Tidak seperti di Apollo, kwetiau di Pollo hanya menyediakan satu jenis porsi saja. Adapun harga seporsi kwetiau di sini adalah Rp28 ribu.

Itulah sejumlah list tempat makan enak yang ada di Pontianak. Jadi, di antara list di atas, mana yang menarik dan hendak kamu kunjungi nanti? Atau kamu lebih tertarik untuk mencicipi makanan khasnya? Boleh, kok, dan kamu bisa cari tahu di artikel 10 Makanan Khas Pontianak ini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram