10 Tempat Makan Halal di Bali untuk Para Wisatawan Muslim

Ditulis oleh Linda

Ada sedikit kendala dalam hal makanan saat umat muslim berlibur ke Bali. Pasalnya, tidak semua makanan yang dijual di Bali itu halal. Karena mayoritas penduduk Bali tidak beragama Islam, sebagian tempat makan di Bali menyajikan menu daging babi dan alkohol.

Namun, hal ini tidak menjadi penghalang bagi Anda yang beragama Islam atau yang memiliki pantangan tertentu untuk berlibur di Bali. Jika ditelaah satu persatu masih banyak tempat makan halal di Bali yang bisa dikunjungi.

Untuk memenuhi kebutuhan makanan yang halal selama berada di Bali, Keluyuran sudah merangkum 10 tempat makan halal yang bisa Anda kunjungi saat sedang di Bali. Penasaran? Cek daftar lengkapnya berikut ini.

10 Tempat Makan Halal di Bali

1. Warung Mak Beng

Warung Mak Beng Tempat Makan Halal di Bali

Salah satu tempat makan halal di Bali yang sangat terkenal adalah Warung Mak Beng. Di warung ini, menu utamanya adalah ikan laut. Ya, di sini tersedia ikan laut goreng dan sup kepala ikan laut. Yang membuat hidangan di warung ini jadi lebih maknyus adalah Sambal Mak Beng yang pedas dan melegenda ini.

Rumah makan ini sudah ada sejak tahun 1941 dan selalu menjadi pilihan bagi wisatawan yang berlibur ke Pulau Dewata. Lokasi Warung Mak Beng ada di Jalan Hang Tuah No. 45, Sanur. Jam buka dari pukul 8 pagi sampai 10 malam.

2. Nasi Pedas Bu Andika

Nasi Pedas Bu Andika

Berbicara seputar tempat makan halal di Bali, Anda pasti tidak akan melewatkan Nasi Pedas Bu Andika yang begitu terkenal berikut ini. Makanan yang dijual di tempat ini sangat bervariasi seperti layaknya sebuah warteg. Pengunjung boleh memilih sendiri lauk yang diinginkan.

Menu makanan di Nasi Pedas Bu Andika didominasi dengan ayam, daging sapi, telur, dan sayur-sayuran. Hampir semua masakan di sini juga diolah dengan bumbu pedas sehingga makin mantap rasanya. Lokasi Nasi Pedas Bu Andika berada di Jalan Raya Kuta, persis di seberang Joger dan buka selama 24 jam nonstop.

3. Nasi Ayam Ibu Oki

Nasi Ayam Ibu Oki

Sebagian besar nasi campur khas Bali menggunakan campuran daging atau rambak babi. Hal ini tentu saja membuat wisatawan muslim kesulitan untuk mencicipi kelezatan nasi campur khas Pulau Dewata ini. Jika ingin merasakan kenikmatan nasi campur Bali dengan lauk yang halal, datang saja ke Warung Nasi Ayam Ibu Oki.

Tempat makan yang buka di kawasan Nusa Dua ini tidak pernah sepi pengunjung. Isi dari nasi ayam di sini adalah ayam suwir, sambal matah, kacang goreng, sayur urap, pindang telur, dan sate lilit. Semua lauk di sini dijamin halal. Anda bisa singgah di Warung Nasi Ayam Ibu Oki yang berada di Jalan Jalan Siligita No. 27, Bali.

4. Warung Men Weti

Warung Men Weti

* sumber: ulinulin.com

Nama Warung Men Weti sama terkenalnya dengan Nasi Ayam Ibu Oki. Keduanya sama-sama merupakan tempat makan halal di Bali dengan menu spesial nasi campur ayam. Namun, citarasa makanan di kedua tempat ini berbeda-beda. Isi nasi campur ayam Men Weti adalah ayam betutu, sambal matah, jukut sayuran (urapan), suwiran ikan laut, telur pindang bali, dan gorengan kulit ayam.


Kelezatan nasi campur dari Warung Men Weti ini sudah tersebar ke mana-mana. Tak heran jika banyak wisatawan yang datang kemari untuk menikmati sepiring nasi campur ayam legendaris ini. Warung Men Weti menempati bangunan sederhana di Jalan Segara Ayu, Sanur, Bali.

5. Menega Cafe

Menega Cafe 1

Opsi makanan halal lainnya saat sedang berada di Bali adalah seafood. Jimbaran adalah tempat terbaik untuk menyantap seafood di tepi pantai. Nah, salah satu restoran seafood paling terkenal di Jimbaran adalah Menega Cafe. Di tempat ini kita bisa bersantap malam di meja dan kursi yang berada di atas pasir pantai.

Menega Cafe 2

Adapun pilihan hidangan laut di sini sangat lengkap, mulai dari lobster, udang berbagai ukuran, kepiting, cumi, kerang, barakuda, kakap merah, kakap hitam, dan kerapu. Yuk, kunjungi Menega Cafe di Jalan Four Seasons Muaya Beach, Jimbaran.

6. Warung Makan Nikmat

Warung Makan Nikmat

* sumber: indonesia.tripcanvas.co

Satu lagi tempat makan halal di Bali yang menjual aneka masakan khas Indonesia, yaitu Warung Makan Nikmat. Menu makanan di sini sangat bervariasi, mulai dari sop buntut, ayam goreng, soto ayam, dan nasi campur. Pilihan lauk makanan di sini benar-benar beragam sehingga kita bisa datang kemari setiap hari mencoba menu-menu baru.

Menariknya ketika makan di sini Anda bakal melihat banyak wisatawan mancanegara yang juga makan hidangan khas Indonesia di Warung Makan Nikmat. Rasa memang tidak pernah bohong, ya! Para wisatawan asing saja tahu bahwa makanan di warung yang berada di Jalan Bakung Sari Gg. Biduri 6A, Kuta, Bali, ini memang lezat.

Buka dari jam 8 pagi sampai jam 9 malam, warung makan ini cocok untuk sarapan, makan siang, dan juga makan malam.

7. The Halal Boys

The Halal Boys

Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa The Halal Boys memang menjual makanan halal. Salah satu tempat makan halal di Bali ini selalu diserbu oleh wisatawan muslim maupun non-muslim. Pasalnya, bukan hanya karena dijamin halal, tapi makanan yang disajikan di sini juga sangat enak.

Tak banyak menu yang ditawarkan di sini mengingat tempat makannya sendiri hanya berupa container dengan bangku dan kursi seadanya. Adapun menu yang selalu menjadi andalan di The Halal Boys adalah Lamb Over Rice, Chicken Over Rice, dan Half & Half Over Rice (kombinasi daging kambing dan ayam). Nasi yang dimasak ala timur tengah ini disajikan dalam cup. Kunjungi The Halal Boys di Jalan Petitenget 8M, Bali.

8. Layali Arabiya Lebanese Restaurant and Lounge

Layali Arabiya Lebanese Restaurant and Lounge

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram