Keluyuran / Kuliner Bandung / 15 Tempat Makan Lesehan di Bandung yang Enak dan Nyaman

15 Tempat Makan Lesehan di Bandung yang Enak dan Nyaman

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 September 2019

Masakan Sunda akan terasa lebih nikmat kalau dimakan pakai tangan dan tempatnya lesehan. Bagi Anda yang belum tahu, lesehan adalah tata cara makan dengan duduk di tikar atau di lantai. Suasana kekeluargaan yang ditawarkan tempat makan lesehan tidak bisa dikalahkan oleh konsep restoran ala luar negeri, deh!

Karena biasanya meja untuk makan di restoran lesehan ukurannya besar, lebar, dan panjang, makan bersama keluarga memang paling cocok. Berikut Keluyuran telah mengumpulkan sepuluh tempat makan lesehan di Bandung yang terbaik dan patut Anda coba. Siap-siap ngiler, ya!

1. Nasi Bancakan

Nasi Bancakan

Rekomendasi tempat makan lesehan di Bandung yang ke-5 adalah Nasi Bancakan. Apakah Anda pernah mendengar istilah tersebut? Bancakan adalah tradisi dari Jawa Barat, di mana orang-orang menikmati aneka lauk, nasi dan sambal dalam satu wadah. Untuk contohnya, bisa Anda lihat pada gambar Rumah Makan Manjabal.

Sayangnya di Nasi Bancakan Anda tidak akan menggunakan daun pisang sebagai alas. Anda akan diberi piring, lalu pilih lauk yang dijajarkan di satu meja panjang. Yang membuat unik adalah, mulai dari tempat lauk, gelas, hingga piring yang Anda gunakan terbuat dari kaleng. Itu loh, piring-piring yang biasa ditemukan pada zaman dulu. Jadi, sambil makan Anda bisa sekaligus nostalgiaan.

Nasi Bancakan terkenal akan kelezatan masakan khas Sundanya. Di sana ada nasi liwet, nasi timbel, paru, pindang, abon, bandeng, aneka sayur dan tumis, hingga yang tidak boleh dilewatkan adalah ikan asinnya.

Makanan di Nasi Bancakan terasa beda karena proses memasaknya menggunakan tungku besar dan kayu bakar. Jadi, ada aroma bakar yang unik pada setiap masakannya, so pasti rasanya lebih lezat daripada yang dimasak di kompor.

Minumannya pun bermacam-macam, Anda bisa pesan yang standar seperti es teh hingga dessert seperti es goyobod. Kalau Anda mau cemal-cemil, di sana ada jajanan pinggir jalan seperti kue balok dan cucur.

Jadi, kalau Anda mau kulineran masakan Sunda dengan suasana tempo doeloe, langsung saja datang ke Nasi Bancakan di Jalan Trunojoyo No. 62. Kalau tidak mau mengantri lama, jangan datang di jam makan siang, ya.

  • Alamat: Jl. Trunojoyo No.62, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 4203650
  • Jam Operasional: Setiap hari, 10.00-22.00 WIB
  • Kisaran Harga: Rp. 2000,- s/d Rp. 80.000,- per porsi

2. RM Alas Daun

RM Alas Daun 

* sumber: www.google.co.id

Rumah Makan Alas Daun merupakan tempat makan lesehan di Bandung yang recommended. Rumah makan ini punya cara unik untuk makan, yaitu mereka tidak menawarkan piring sebagai alas makannya, tapi menggunakan daun pisang.

Menunya sendiri macam-macam, ada orak-arik bunga pepaya, sambal goreng kentang, sate maranggi, hingga aneka sambal seperti sambal dadak, sambal halilintar, dan sambal goreng. Yum!

  • Alamat: Jl. Citarum No.34, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 7231101
  • Jam Operasional: Setiap hari, 10.00-22.00 WIB

3. Dapoer Pandan Wangi

Dapoer Pandan Wangi 

* sumber: www.klikhotel.com

Tempat makan lesehan di Bandung yang pertama ada Dapoer Pandan Wangi. Restoran ini memiliki suasana Sunda yang asri, di mana semua meja dan kursinya dibuat dari kayu. Ingin lesehan? Ada, tuh, di bagian belakang restoran. Walaupun lokasinya ada di tengah kota, suasana di dalam restoran seperti di pedesaan, sejuk dan enak di pandang.

Mau datang jam berapa pun, apakah itu terlalu pagi, siang di kala jam sibuk, atau malam hari sekalipun, para pelayan di Dapoer Pandan Wangi akan melayani pesanan Anda dengan cekatan. Makanan pun tak perlu waktu berpuluh-puluh menit untuk dihidangkan, jadi kalau Anda sedang kelaparan tidak sampai kesal karena menunggu.

Di sini ada menu Ayam Ungkep (mirip ayam pop rumah makan Padang), Ayam Goreng (sudah plus sambal terasi), Terong Raos (super recommended), aneka tumisan dan pepes juga ada. Dapoer Pandan Wangi punya dua lokasi di Bandung, yaitu di Jalan Patuha no. 38, Lingkar Selatan, Lengkong. Satu lagi ada di Jalan Terusan Pasir Koja no. 380, Pasir Koja.

  • Alamat: Jl. Patuha No.38, Lkr. Sel., Kec. Lengkong, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 7309718
  • Jam Operasional: Setiap hari, 10.00-22.00 WIB
  • Kisaran Harga: Sekitar Rp. 50.000,- s/d Rp. 100.000,- untuk dua orang

4. Raja Rasa

Raja Rasa tempat makan lesehan di Bandung

* sumber: helenysm.com

Jika bertanya pada orang Bandung, di mana rumah makan Sunda yang enak, pasti mereka akan merekomendasikan Raja Rasa. Anda tahu Bakso Malang Karapitan (BMK) dan Raa Cha? Dua restoran tersebut sangat terkenal dengan kelezatan makanannya dan harganya yang lumrah. Mereka merupakan bagian dari Champ Group, dan termasuk juga Raja Rasa. Jadi, bisa ditebak kalau rasa makanan di Raja Rasa pun enak-enak.

Raja Rasa berada di Jalan Setra Ria No. 1, daerah Surya Sumantri depan komplek pertokoan Setra Sari. Raja Rasa merupakan tempat makan lesehan di Bandung yang khusus menyediakan masakan Sunda dan juga seafood. Saking terkenalnya Raja Rasa, tak jarang Anda harus mengantri untuk mendapatkan giliran alias waiting list. 

Menu-menu di Raja Rasa diantaranya ada nasi ulam, nasi goreng, ayam bakar, ikan bakar, udang Jimbaran, cumi goreng, ayam ma’keke, dan masih banyak lagi.

Restoran ini sangat luas dan terbagi menjadi dua lantai, di mana lantai pertama adalah tempat berkursi dan lantai kedua adalah tempat lesehan. Bagian lesehannya cukup unik karena berkonsep seperti tatami ala Jepang namun ornamennya Sunda banget dengan menggunakan kayu dan bambu.

  • Alamat: Jl. Setraria No.1, Sukarasa, Kec. Sukasari, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 2005070
  • Jam Operasional: Setiap hari, 10.00-22.00 WIB
  • Kisaran Harga: Sekitar Rp. 200.000,- untuk dua orang

5. Sindang Reret

Sindang Reret 

* sumber: nigellow.wordpress.com

Sindang Reret adalah tempat wisata alam sekaligus kuliner yang sangat populer di Bandung. Ciri khas restoran ini adalah ada tempat makan lesehan di atas danaunya. Suasana asri, pemandangan indah, makanan nikmat merupakan hal-hal yang bisa Anda dapatkan di Sindang Reret. Selain di Jalan Surapati, Sindang Reret juga punya dua cabang lain yang ada di kawasan Lembang dan Ciwidey.

  • Alamat: Jl. Surapati No.53, Sadang Serang, Kecamatan Coblong, Kota Bandung
  • Nomor Telepon:  (022) 2535050
  • Jam Operasional: Setiap hari, 07.00-22.00 WIB
  • Kisaran Harga: Sekitar Rp. 50.000,- s/d Rp. 200.000,- untuk satu orang

6. Paviliun Sunda

Paviliun Sunda

*

Jika Anda wisatawan yang sedang main di Bandung, coba deh makan di Paviliun Sunda. Tempat makan lesehan di Bandung ini terkenal dengan makanannya yang lezat dan tempatnya nyaman. Walaupun baru dibuka pada Januari 2015, Paviliun Sunda selalu penuh pelanggan setiap harinya.

Paviliun Sunda terletak di jalan yang strategis dan dekat dengan banyak hotel serta Factory Outlet. Yaitu, di Jalan R.E. Martadinata (Riau) No. 97. Jadi, Anda bisa menginap di hotel sekitar Riau, berbelanja di FO sekitarnya, terus makan di Paviliun Sunda.

Menu yang harus Anda order di Paviliun Sunda diantaranya adalah gurame rica, udang bakar madu, pepes ayam, tumis bunga pepaya, pepes jamur merang dan pepes terinya. Untuk minumannya, Anda bisa pesan yang segar-segar seperti es jeruk kelapa, cendol, dan es peuyeum.

  • Alamat: Jl. L. L. R.E. Martadinata No.97, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 4267700
  • Jam Operasional: Setiap hari, 10.00-23.00 WIB
  • Kisaran Harga Makanan: Sekitar Rp. 5.000,- s/d Rp. 98.000,- per porsi
  • Kisaran Harga Minuman: Rp. 5.000,- s/d Rp. 20.000,- per gelas

7. RM Ampera

RM Ampera 

* sumber: catatanrasa.com

Tempat makan keluarga ini sudah tidak asing lagi bagi warga Bandung sendiri, maupun di kalangan wisatawan. Ya, ada RM. Ampera atau dikenal juga dengan nama Warung Nasi Ampera.

Rumah makan ini menyajikan aneka menu makanan yang lezat dengan metode prasmanan. Pilihan menunya sendiri terdiri dari ayam, paru sapi, jeroan ayam, tahu, tempe, dan masih banyak lagi. Menu makanan tersebut bisa disajikan dengan cara digoreng atau dibakar, tergantung selera Anda.

Selain punya outlet di Jalan Soekarno-Hatta, Ampera memiliki banyak cabang tempat makan di beberapa lokasi yang berbeda. Di antaranya Jalan Pasteur, Otto Iskandar Dinata sampai di daerah Lembang.

  • Alamat: Jl. Soekarno Hatta No.394, Karasak, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 5208446
  • Jam Operasional: Setiap hari selama 24 jam
  • Kisaran Harga: Sekitar Rp. 3.000,- s/d Rp. 30.000,- per porsi

8. Rumah Makan Boemi Mitoha

rumah makan boemi mitoha

Anda sedang berlibur di Kota Kembang dan tiba-tiba rindu sama masakan mertua? Datang saja ke Rumah Makan Boemi Mitoha. Dijamin, rasa kangen Anda terhadap masakan ibu mertua akan terbayarkan.

Di tempat makan yang punya suasana cozy ini, Anda bisa mencicipi macam-macam menu makanan enak yang umumnya disajikan oleh ibu mertua di rumah. Mulai dari aneka olahan ayam, semur jengkol hingga pepes ikan mas.

Harga makanan di Boemi Mitoha terbilang ramah di kantong, yakni berkisar antara Rp. 3000,- s/d Rp. 80.000,- per porsi. Dan untuk minuman serta es, dibanderol dengan kisaran harga Rp. 4.000,- s/d Rp. 24.000,- saja. Murah banget, kan? Anda Tertarik untuk mencoba?

  • Alamat: Jl. Ciliwung No.15, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 7279176
  • Jam Operasional: Setiap hari, 10.00-22.00 WIB
  • Kisaran Harga Makanan: Sekitar Rp. 3.000,- s/d Rp. 80.000,- per porsi
  • Kisaran Harga Minuman: Rp. 4.000,- s/d Rp. 24.000,- per gelas

9. Sambara Authentic Food

Sajian Sunda Sambara

* sumber: www.tripadvisor.com

Sambara Authentic Food adalah restoran yang menyediakan aneka masakan khas Sunda yang dimasak menggunakan bumbu dan bahan-bahan alami yang segar. Selain masakan Sunda, di resto yang satu ini tersedia juga pilihan menu seperti aneka sup, sate, seafood, makanan penutup hingga macam-macam minuman yang membantu menghilangkan dahaga anda.

Tidak hanya di Bandung saja, Sambara Authentic Food juga punya cabang di beberapa kota lainnya di Indonesia. Salah satunya di Jakarta. Gimana, Anda tertarik untuk mencicipi sajian khas Sunda di Sambara Authentic Food?

  • Alamat: Jl. Trunojoyo No.64, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: 0812-2448-4598
  • Jam Operasional: Setiap hari, 10.00-21.30 WIB
  • Kisaran Harga: Mulai dari Rp. 18.000,- per porsi

10. De’Tuik Resto & Resort

De Tuik Resto & Resort

* sumber: www.infobdg.com

Menikmati sajian unik seperti pizza Sunda sampai sup chitos bisa Anda lakukan di De’Tuik Resto. Restoran yang berada di dalam resor ini menawarkan menu makanan dengan harga terjangkau, lho.

Ya, Anda bisa menikmati makanan yang disajikan dengan hanya merogoh kocek sebesar Rp. 10.000,- sampai dengan Rp. 150.000,- per porsi. For your info, di sini tempatnya enak banget dan cocok buat ngumpul. Dijamin, Anda bisa betah, deh.

Tertarik untuk berkunjung, bersantai dan makan enak di De’Tuik? Datang saja ke lokasi restonya yang ada di Jalan Bojong Koneng Atas, Haur Manggung, Cikutra, Kota Bandung.

  • Alamat: Jl. Bojong Koneng Atas, Kampung Haur Manggung, Cikutra, Cibeunying Kidul, Cibeunying, Kec. Cimenyan, Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 7101322
  • Jam Operasional: Setiap hari, 11.00-21.00 WIB
  • Kisaran Harga: Sekitar Rp. 10.000,- s/d Rp. 150.000,- per porsi

11. Rumah Makan Manjabal

Rumah Makan Manjabal

* sumber: pergikuliner.com

Satu lagi tempat makan lesehan di Bandung di daerah Soekarno Hatta. Adalah Rumah Makan Manjabal, sebuah restoran masakan Sunda yang punya menu balakecrakan alias makan langsung di atas daun pisang. Selain melestarikan tradisi, makan di atas daun pisang jauh lebih sehat dan ramah lingkungan daripada jika Anda makan di atas piring, loh!

Daun pisang mengandung senyawa polifenol yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG), yaitu antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan mencegah masuknya penyakit ke dalam tubuh. Selain itu, daun pisang mengandung lapisan lilin alami yang akan luruh ketika terkena makanan, itulah kenapa makanan suka jadi lebih wangi kalau dibungkus daun pisang.

Nah, di Rumah Makan Manjabal, Anda bisa mendapatkan menu balakecrakan yang bernama Paket Botram. Satu paket ini dihargai Rp 390 ribu saja untuk sekitar delapan orang. Kalau udunan, satu orangnya hanya dikenai Rp 48 ribuan doang. Murah, bukan? Paket Botram ini terdiri dari nasi liwet, gurame kriuk, mendoan, sambal lalapan, pete, ikan asin, dan masih banyak lagi.

Penasaran ingin mencoba menu Paket Botram di RM Manjabal? Yuk, langsung saja datang ke Rumah Makan Manjabal di Jalan Soekarno Hatta No. 88 bersama teman-teman atau keluarga Anda.

Selain di jalan Soekarno-Hatta, RM Manjabal punya beberapa cabang lainnya, lho. Salah satunya ada di Jalan Trunojoyo, No. 23, Kota Bandung.

  • Alamat: Jl. Soekarno Hatta No.88, Sukawarna, Kec. Bandung Kulon, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 20563649
  • Jam Operasional: Setiap hari, 09.00-21.00 WIB
  • Kisaran Harga: Sekitar Rp. 5.000,- s/d Rp. 90.000,- per porsi
  • Harga Paketan: Rp. 390.000,- untuk delapan orang

12. Saung Lesehan Mang Ipik

saung mang ipik

Di Jalan Cibaduyut Raya, ada satu warung lesehan yang terkenal akan menu makanan yang lezat. Saung Lesehan Mang Ipik, namanya. Tempat makan ini menyajikan aneka makanan seperti ayam bakar, bebek goreng. bakar, gepuk dan nasi goreng.

Suasana tempat ini cukup nyaman dan pas untuk digunakan berkumpul bersama teman atau keluarga. Harga makanan yang ditawarkan pun tergolong bersahabat, yakni sekitar Rp. 28.000,- per porsinya. Nah, kalau Anda tertarik untuk makan di sini beramai-ramai, usahakan untuk melakukan reservasi terlebih dulu, ya. Mengapa? Karena saung ini selalu ramai, dipadati oleh pelanggan setianya.

  • Alamat: Jl. Cibaduyut Raya No.60, Cibaduyut Kidul, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: 0823-1706-4181
  • Jam Operasional: Senin-Jumat, 07.00-22.30 WIB, Selasa 07.00-10.30 WIB, Sabtu-Minggu 07.00-23.00 WIB
  • Kisaran Harga: Sekitar Rp. 28.000,- per porsi

13. Rumah Makan Khas Sunda Cibiuk

Rumah Makan Khas Sunda Cibiuk 

* sumber: ifablogaddres.blogspot.co.id

Jika Anda pecinta pedas, sambal khas Cibiuk merupakan yang terbaik. Nikmati sambal Cibiuk dengan Nasi Liwet, Ikan Asin, dan lalapannya, dijamin nambah terus! Belum lagi suasananya yang Sunda banget, saung-saung, ladang rumput, pepohonan, tempat duduk lesehan.. semuanya pas sekali untuk rileks.

Rumah Makan Khas Sunda Cibiuk cabang Bandung ada di Jalan Soekarno Hatta no. 508, Batununggal.

  • Alamat: Jl. Soekarno Hatta No.508, Batununggal, Kec. Bandung Kidul, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 7530631
  • Jam Operasional: Senin-Sabtu, 07.00-22.00 WIB, Minggu 07.00-23.00 WIB
  • Kisaran Harga Makanan: Sekitar Rp. 5.000,- s/d Rp. 60.000,- per porsi
  • Kisaran Harga Minuman: Rp. 5.000,- s/d Rp. 30.000,- per gelas

14. Saung Pengkolan

Saung Pengkolan  tempat makan lesehan di Bandung

* sumber: saungpengkolan.com

Saung Pengkolan adalah tempat makan lesehan di Bandung yang sudah berdiri sejak tahun 1978. Saung ini sangat terkenal karena lokasinya strategis, yaitu di jalan raya menuju Lembang. Sesuai namanya, restoran ini memang benar-benar berada di pengkolan (tinkungan) jalan.

Untuk fasilitas oke, mulai dari lahan parkir luas, masjid di samping restoran, meja lesehan yang lebar dan luas. Makanan juga bisa diterima dan rasanya terbilang enak.

Oh ya, saung Pengkolan juga punya beberapa cabang lainnya di wilayah Lembang dan sekitarnya. Salah satunya ada di Jalan Raya Tangkuban Perahu.

  • Alamat: KM 12.3, Jl. Raya Lembang, No. 35, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Nomor Telepon: (022) 2789885
  • Jam Operasional: 08.00-21.30 WIB

15. Punclut

Punclut

Punclut biasanya masuk ke dalam bucket list tempat yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan yang main ke Bandung. Apakah Anda merupakan salah satu orang yang ingin banget makan lesehan sambil menikmati pemandangan di Punclut?

Kawasan Punclut punya ratusan saung lesehan yang berjajar di sepanjang jalannya. Anda bebas memilih mau makan di saung yang mana. Untuk menunya rata-rata sama saja masakan Sunda seperti nasi uduk, pete bakar, sayur asem, ikan bakar, ayam goreng dan sambal lalap.

Itu dia 15 tempat makan lesehan di Bandung yang makanannya mantap menurut Keluyuran. Ceritakan pengalaman Anda makan di kesepuluh tempat tersebut di kolom komentar, ya. Jika menurut Anda ada tempat yang lebih recommended daripada ke-10 tempat di atas, beritahu kami juga di kolom komentar.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar