11 Tempat Makan Murah di Bandung yang Wajib Dicoba

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Anda pasti pernah mengalami momen dimana Anda kebingungan mencari tempat makan yang enak namun tetap bersahabat dengan dompet. Saat Anda berkunjung ke Bandung, Anda tentu ingin mencoba beberapa tempat makan yang unik. Bandung tak hanya terkenal dengan pusat perbelanjaan saja, tetapi juga menjadi pusat kuliner yang khas dan unik.

Kali ini Anda akan disuguhi dengan informasi spot-spot kuliner yang terkenal di beberapa wilayah di Bandung. Berbagai lokasi kuliner ini pastinya bersahabat di dompet dan juga di lidah. Penasaran? Berikut daftar tempat makan murah di Bandung versi Keluyuran.

1. Punclut

Punclut

Puncak Ciumbuleuit yang dikenal juga dengan nama Punclut punya banyak pilihan tempat makan murah yang menyediakan sajian makanan tradisional Sunda. Salah satu tempat makan yang terbilang populer di kalangan wisatawan adalah Saung Punclut Teh Ita.

Tempat makan ini menyediakan beberapa paket makanan yang bisa kamu pilih. Satu di antaranya adalah paket nasi merah ayam bakar komplit yang terdiri dari nasi merah, tahu tempe dan aneka lauk lainnya. Menu makanan di sini biasa dinikmati dengan sambal khasnya yang menjadi favorit para pelanggan setia.

Tak jauh dari lokasi Saung Punclut Teh Ita  yang memiliki lebih dari satu cabang di tempat yang sama, ada juga saung-saung lainnya yang berdiri di sana. Rata-rata saung-saung tersebut menyediakan menu makanan yang tak jauh berbeda. Saung-saungnya bisa kamu temukan di sepanjang Jalan Rereongan Sarupi.

For your info, tempat makan di sini rata-rata menggunakan saung sebagai bangunannya. Karena itulah, para wisatawan bisa merasakan bagaimana sensasi mencicipi makanan khas Tanah Sunda di pedesaan yang asri dan punya udara yang masih sejuk. Nah, jika kamu mampir ke Bandung, jangan lupa berkunjung ke kawasan Puncak Ciumbuleuit alias Punclut, ya!

2. Balonggede

tempat makan murah di bandung warung nasi ibu imas

Bukan hanya di Punclut saja, di kawasan Balonggede, kamu bisa temukan tempat makan murah lainnya di Kota Bandung. Di wilayah ini ada beberapa rumah makan khas Sunda. Salah satu di antaranya adalah Warung Nasi Ibu Imas, tempat makan yang tersohor di kalangan wisatawan berkat duo sambal terasi dan karedok leunca-nya yang bercitarasa super pedas.

Selain Warung Nasi Ibu Imas, ada pula RM Linggar Jati yang menyajikan aneka menu bakmie lezat. Selain bakmie, rumah makan dengan interior jadul namun tetap keren ini juga punya menu dessert favorit, yakni es alpukat.

Sekilas, es alpukat tersebut terlihat serupa dengan jus alpukat biasa. Tapi ternyata keduanya berbeda. Es alpukat di RM Linggar Jati dibuat dari buah alpukat yang dihaluskan dengan cara diaduk. Setelah halus, alpukat dibubuhi es batu dan gula jawa agar rasanya makin mantap.

Nah, kalau kamu nggak doyan bakmie atau sambal terasi yang pedas, kunjungi saja kedai pempek atau lotek mie hingga warung gepuk yang ada di lokasi yang sama. Buat kamu yang ingin memanjakan perut dengan camilan ringan seperti cilok sampai cimol, kunjungi saja kawasan sekitar Alun-Alun Bandung.

3. Cibadak

cibadak soto pak simon

Jalan Cibadak terkenal sebagai surga kuliner malam hari di Kota Bandung. Ya, di ruas jalan ini, kamu bisa menemukan beberapa tempat makan sederhana yang penuh sesak oleh pelanggan. Sebut saja kedai soto betawi H. Endang dan soto Bandung Pak Simon. Kedua kedai ini nyaris tak pernah sepi dan selalu sibuk melayani pelanggan setia mereka.

Seporsi soto betawi dengan banyak isian seperti daging sapi, kaki sapi, babat, lidah hingga tomat dan kentang yang disiram kuah susu dan santan mampu memanjakan lidah para pemburu kuliner jalanan selama lebih dari 20 tahun.

Tak ketinggalan, soto Bandung Pak Simon dengan kuah beningnya yang gurih dan potongan lobak serta daging sapinya yang bersih juga bisa bikin ketagihan. Satu porsi nasi soto Bandung dan soto betawi ini dibanderol dengan kisaran harga Rp. 30.000,- saja.

Tidak hanya makanan berat, di Cibadak, kamu pun bisa menikmati ragam camilan yang lezat. Ada roti bakar special dan pisang keju khas Sukabumi dengan topping susu, keju dan cokelat yang meli?mpah, hingga ronde jahe yang mampu menghangatkan perut dan lidah. Semua camilan ini pun ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Tertarik untuk mencoba?

4. Pajajaran

bubur ayam haji amid pajajaran

Tahukah kamu, di Jalan Pajajaran ada satu tempat makan yang menjual aneka menu makanan sehat? Ya, tempat makan tersebut bernama Kehidupan Tak Pernah Berakhir. Unik banget, kan? Semua makanan yang ditawarkan di sini aman untuk dikonsumsi oleh kamu yang vegetarian, sampai mereka yang menderita sakit kanker, lho.

Nah, selain Kehidupan Tak Pernah Berakhir, di Jalan Pajajaran, kamu juga akan menemukan beberapa tempat makan yang menyajikan makanan khas Sunda. Selain itu, kamu pun bisa mencicipi makanan lain seperti bubur ayam H. Amid yang terkenal enak, pempek Rama yang juga lezat, hingga bakso Malang Enggal yang rasanya menggoyang lidah. Hayo, kamu pilih yang mana?

5. Kebonjati

11 Tempat Makan Murah di Bandung yang Wajib Dicoba 1

Selain rumah makan Padang, ada beberapa tempat makan murah yang bisa kamu kunjungi di wilayah Kebonjati. Satu di antaranya adalah sate Hadori, tempat makan legendaris yang menyediakan sate kambing favorit pencinta kuliner.

Mengapa? Karena daging yang digunakan untuk satenya telah diolah sedemikian rupa sehingga punya tekstur yang amat lembut. Daging kambingnya pun tidak berbau. Nggak cuma sate kambing, kedai ini juga menyajikan sate ayam dan gulai kambing yang tak kalah lezat rasanya. Kamu bisa menikmati menu makanan di sini dengan menyiapkan dana sekitar Rp. 100.000,- s/d Rp. 150.000,- untuk dua orang.

Selain itu, ada juga bubur ayam Gibbas yang punya topping ayam suwir melimpah yang cocok untuk dijadikan menu sarapan. Selain ayam, ada topping lain yang bisa kamu pilih, yakni kulit, ati ampela dan cakue. Semangkuk bubur ayam yang bercitarasa gurih ini bisa kamu nikmati dengan harga di bawah Rp. 30.000,- saja.

6. Ciumbuleuit

Nara Park Versi Bandung 3

 

Bukan hanya di Puncak Ciumbuleuit-nya saja, di sepanjang wilayah Ciumbuleuit, ada beberapa tempat makan murah yang nge-hits dan tentunya wajib untuk dikunjungi. Tempatnya bukan berupa saung seperti yang ada di Punclut, melainkan kafe dan restoran yang umumnya punya suasana cozy, view yang bagus dan cocok untuk dijadikan tongkrongan.

Sebut saja Kalpa Dine and serta Chill, Miss Bee Providore, Waroeng Ethnic yang menyediakan aneka ragam sajian ala Barat dan Indonesia. Atau Nara Park yang punya banyak tenant yang merupakan restoran-restoran mewah, hingga kafe yang cocok untuk dijadikan tongkrongan bagi anak kuliahan seperti Kedai Cawit.

Di Ciumbuleuit juga ada tempat makan seafood, gelato sampai makanan khas Manado. Pokoknya, kalau kamu berkunjung ke kawasan ini, perut kamu bisa kenyang banget, deh!

7. Gegerkalong

gerlong

Siapa, sih yang tidak kenal dengan Gegerkalong? Gegerkalong sendiri terbagi menjadi tiga kawasan. Ada Gegerkalong Girang, tempat di mana pondok pesantren milik KH. Abdullah Gymnastiar, atau Aa Gym berdiri. Lalu ada Gegerkalong Tengah dan Gegerkalong Hilir yang tak kalah ramai dengan kawasan Gegerkalong Girang.

Hampir di seluruh wilayah Gegerkalong alias Gerlong terdapat banyak tempat makan hingga kedai kopi yang bisa dijumpai. Ada Nobu Ramen & Sushi, Kambing Bakar Cairo, Ramen AA, Northwood Coffee & Eatery sampai warung timbel.

Tak ketinggalan, pedagang kaki lima yang menjajakan aneka jajanan tradisional pun ada di tempat yang menjadi salah satu spot kulineran hits di Bandung ini. Orang bilang, belum afdhal rasanya, kalau ke Kota Bandung tanpa jajan dan makan di Gegerkalong. Adakah di antara kamu yang belum pernah berkunjung ke kawasan ini?

8. Simpang Dago/Dipatiukur

bebek ali borme

Serupa dengan Gegerkalong yang berada tak jauh dari salah satu PTN terkenal, daerah Simpang Dago dan Dipatiukur (DU) juga punya banyak pilihan tempat makan yang harganya pas di kantong mahasiswa.

Beberapa di antara tempat makan yang ada di kawasan ini menjual makanan di bawah Rp. 30.000,- saja. Warung Bebek Ali Borme atau Ayam SPG misalnya. Kedua warung ini sama-sama menyajikan menu ayam goreng, lengkap dengan nasi dan sambal serta lalapan (khusus Bebek Ali Borme) yang bisa dibeli dengan kisaran harga Rp. 20.000,- per porsi.

Di kawasan yang hampir selalu penuh sesak dengan kendaraan ini juga ada kedai yang menjual dim sum, kerang hijau, pecel lele, baso aci, seafood kiloan, nasi goreng dan aneka ragam kuliner lainnya. Nah, kalau kamu berkunjung ke Bandung, jangan lupa mampir ke sini, ya!

9. Buah Batu

kue balok boebat

Tidak seperti wilayah lain yang sudah dibahas sebelumnya, di kawasan Buah Batu terdapat beberapa gerai restoran makanan cepat saji. Selain itu, ada juga kedai mie aceh, warung padang, fan cafe Korea dan restoran seafood sampai warung kue balok Boebat yang selalu penuh sesak oleh pelanggan.

Oh ya, kamu yang doyan makan sambal juga bisa mampir ke Sambal Khas Karmila yang ada di wilayah ini. Ada lebih dari lima macam sambal yang bisa kamu pilih untuk dijadikan pelengkap lauk berupa ayam atau bebek, lho. Salah satu jenis sambal yang paling banyak disukai adalah sambal domba membara.

For your info,ntuk menemukan pedagang kaki lima atau pun tempat makan legendaris di kawasan ini memang terbilang sulit. Jadi, Buah Batu cocok untuk kamu kunjungi kalau kamu mencari tempat makan yang menyajikan fast food dengan fasilitas berupa WiFi gratis yang cocok untuk dijadikan tempat kerja remote atau nongkrong bareng teman-teman tercinta.

10. Tamansari

Nasi Goreng Solo Tamansari

* sumber: cumibunting.com

 

Selanjutnya, ada tempat makan di daerah Tamansari yang juga menjadi tempat beberapa kampus terkenal berdiri. Di sini, kamu bisa menemukan banyak rumah makan, kafe dan restoran. Mulai dari yang menyediakan makanan tradisional Padang, Sunda,  bahkan ada pula kafe dan restoran yang menyediakan makanan Jepang, Korea hingga Western.

Meski begitu, ada juga tempat makan nasi goreng yang nge-hits di kawasan ini. Kedai nasi goreng tersebut menjual menu andalan berupa nasi goreng kambing khas Tegal dan Solo yang lezat. Selain nasi goreng kambing, ada juga menu lainnya berupa nasi goreng biasa, seafood hingga cumi. Seporsi nasi goreng ini dibanderol dengan harga di bawah Rp. 20.000,- saja. Sangat terjangkau, bukan?

11. Surya Sumantri

kedai waka waka

 

Terakhir, ada kawasan Surya Sumantri yang lagi-lagi merupakan tempat di mana salah satu kampus bergengsi di Kota Bandung berada. Rata-rata tempat makan di sini merupakan kafe, rumah makan dan restoran dengan aneka pilihan menu makanan yang bervariasi, mulai dari makanan Sunda, Barat, Jepang dan Korea.

Nah, salah satu tempat makan yang tergolong populer di kawasan ini adalah Kedai Waka-Waka yang menyajikan menu makanan ala Italia seperti spaghetti dan pizza hingga jajanan tradisional Sunda, yakni seblak dengan citarasa pedas dan gurih yang enak. Kedai yang satu ini juga punya banyak pilihan minuman kopi dan non-kopi yang tersedia. Gimana, kamu tertarik untuk berkunjung ke Kedai Waka-Waka?

Itu tadi kumpulan tempat makan murah di Bandung yang enak dan bergizi ala Keluyuran. Jika Anda memiliki rekomendasi tempat makan lainnya di sekitar Bandung yang tidak menguras isi dompet, silahkan bagikan dengan kami melalui kolom komentar di bawah ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *