Yuk, Kunjungi 5 Tempat Makan Timlo yang Populer di Solo Ini!

Ditulis oleh Jihan Fauziah - Diperbaharui 28 April 2021

PERHATIAN

Artikel Sponsor Permanen Traveloka

Timlo adalah makanan khas Kota Solo yang berupa sup dengan isian telur pindang kecap, ati ampela, sosis khas Solo hingga daging ayam atau pun sapi. Kuah dari timlo ini rasanya gurih namun juga segar. Siapapun yang mencicipinya pasti bakal ketagihan.

Tidak hanya menjadi makanan favorit warga Kota Solo, timlo juga banyak diburu oleh para wisatawan yang berkunjung ke kota yang dijuluki The Spirit of Java. Bahkan, para pemburu timlo dari kota terdekat seperti Semarang dan Jogja juga tidak bosan mengunjungi Solo hanya untuk dapat bernostalgia dengan timlo yang lezat ini.

Meskipun berada di luar kota, namun jarak yang harus ditempuh bukan lagi menjadi halangan yang berarti. Apalagi dengan adanya moda transportasi yang cepat seperti kereta api. Dengan harga tiket kereta yang sangat bersahabat dengan kantong, kamu bisa menuju Solo tanpa kemacetan namun tetap hemat.

Coba naik kereta dari Semarang ke Solo dengan pesan di Traveloka. Untuk kereta api kelas ekonomi misalnya, kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp. 80.000,- hingga Rp. 165.000,- saja. Dan untuk kereta api kelas eksekutif, kamu hanya perlu menyiapkan dana Rp. 285.000,- saja. Sangat terjangkau, bukan?

Jadi, apakah kamu penasaran dan sudah tak sabar ingin mengunjungi tempat makan yang menyediakan sajian khas Solo tersebut? Untuk mengetahuinya, mari simak langsung saja pembahasan berikut ini.

1. Timlo Sastro

tempat makan timlo di solo

Di posisi pertama ada Timlo Sastro. Kalau orang Solo, sih, sudah pasti tidak asing lagi dengan tempat makan timlo yang satu ini. Mengapa? Karena Timlo Sastro bisa dibilang merupakan pelopor dari hidangan berkuah yang satu ini.

Timlo Sastro sudah eksis sejak awal tahun 50-an, lho. Dan kini, tempat makan timlo legendaris tersebut masih tetap sibuk melayani pelanggan setia mereka di kawasan Pasar Gede, Kota Solo. Tempatnya amat sangat sederhana, memang. Tapi jangan salah, Timlo Sastro yang ada di Pasar Gede ini selalu ramai, lho.

Nah, untuk bisa menikmati semangkuk timlo dengan isian lengkap seperti ati ampela, telur pindang kecap hingga sosis solo berisikan daging ayam cincang yang bentuknya mirip dengan martabak, hingga taburan bawang goreng, kamu hanya perlu menyiapkan dana Rp. 20.000,- saja.

Oh ya, selain di kawasan Pasar Gede, Timlo Sastro juga punya satu cabang lainnya, lho. Ya, cabang kedua dari tempat makan timlo yang sangat populer ini ada di Jalan Dr. Wahidin, Kecamatan Laweyan, Kota Solo. Tertarik untuk mencoba?

  • Alamat: Jl. Pasar Gede Timur No 1-2, Balong, Kota Surakarta
  • Nomor Telepon: (0271) 654820
  • Jam Operasional: Setiap hari, 06.00-15.00 WIB
  • Kisaran Harga : Rp. 18.000,- s/d Rp. 20.000,- per porsi

2. RM. Timlo Solo

rm timlo solo tempat makan timlo di solo

Selanjutnya, ada RM. Timlo Solo. Sajian timlo di rumah makan ini tentunya nggak kalah enak dari timlo lainnya yang dijual di Solo. Timlo di rumah makan ini kuahnya bening, namun citarasanya tetap gurih dan bikin nagih.

Semangkuk timlo komplit di RM. Timlo Solo dibanderol dengan harga Rp. 24.000,- saja. Selain menyediakan timlo, RM. Timlo Solo punya banyak pilihan menu makanan lainnya seperti rawon, selat, pecel ayam, nasi gudeg hingga lumpia basah dan kering.

For your information, tempat makannya terbilang luas, lho. Selain itu, tempatnya pun tidak terlalu ramai. Jadi, kamu yang suka ketenangan bisa menyantap seporsi timlo dengan nyaman. Gimana, mau mencoba?

  • Alamat: Jl. Jend. Urip Sumoharjo No.94, Purwodiningratan, Kec. Jebres, Kota Surakarta
  • Nomor Telepon: (0271) 646180
  • Jam Operasional: Setiap hari, 07.31-21.00 WIB
  • Kisaran Harga :  Rp. 20.000,- per porsi

3. Timlo Maestro

TIMLO MAESTRO TEMPAT MAKAN TIMLO DI SOLO

Timlo Maestro pun punya sajian timlo yang lezatnya menggoyang lidah. Serupa dengan cabang Timlo Sastro di Pasar Gede, tempat makan Timlo Maestro juga terbilang sederhana. Namun, karena rasa timlonya yang enak, tempat ini pun nyaris tak pernah sepi  dari pelanggan.

Kabarnya, sang pemilik warung sempat melebarkan sayap dengan membuka gerai Timlo Maestro di Jakarta. Sayangnya, tak banyak orang yang datang untuk menikmati semangkuk timlo di ibukota. Hingga akhirnya, pemilik Timlo Maestro memutuskan untuk menutup gerai tersebut dan kembali ke Solo.

Di Solo, Timlo Maestro pun meraih kesuksesannya kembali. Semangkuk timlo komplit di Timlo Maestro bisa kamu nikmati dengan harga yang relatif terjangkau, yakni Rp. 20.000,- saja.

  • Alamat: Jl. K.H Ahmad Dahlan No.60, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta
  • Jam Operasional: Setiap hari, 19.00-01.00 WIB
  • Kisaran Harga: Rp. 10.000,- s/d Rp. 20.000,- per porsi

4. Vien's

viens tempat makan timlo di solo

Kamu juga bisa menikmati seporsi timlo enak di kedai Vien's yang ada di bilangan Jalan Hasanudin, Solo. Tidak hanya timlo, Vien's juga menyediakan menu makanan lain yang tak kalah lezat, yakni selat, gado-gado hingga aneka soto.

Di sini pun kamu bisa menikmati sup matahari yang juga merupakan makanan tradisional khas Solo. Sup matahari ini adalah sup yang terbuat dari kentang, wortel, telur dadar dan beberapa bahan lainnya. Penyajian sup ini sangat mirip dengan matahari. Makannya, sup dengan citarasa lezat ini diberi nama sup matahari.

Hayo, kamu jadi tertarik untuk mencoba menu timlo sampai sup matahari di kedai yang satu ini, bukan? Nah, kalau pelesiran ke Kota Solo, jangan lupa mampir ke kedai Vien's, ya.

  • Alamat: Jl. Hasanudin No No.99 D/E, Punggawan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta
  • Nomor Telepon: (0271) 738396
  • Jam Operasional: Setiap hari, 07.30-17.00 WIB
  • Kisaran Harga: Rp. 10.000,- s/d Rp. 20.000,- per porsi

5. Warung Selat Mbak Lies

warung selat mbak lies

Serupa dengan kedai Vien's, Warung Selat Mbak Lies punya menu andalan berupa selat khas Solo. Tapi, di warung dengan desain interior yang unik ini, kamu juga bisa mencicipi seporsi nasi timlo sampai puas.

Harga makanan yang ditawarkan di Warung Selat Mbak Lies pun nggak bakal bikin kantongmu bolong. Seporsi timlo dengan nasinya bisa kamu beli dengan harga Rp. 24.000,- saja.

  • Alamat: Jalan Veteran, Gg. 2 No.42, Serengan, Kota Surakarta
  • Jam Operasional: Setiap hari, 07.00-20.00 WIB
  • Kisaran Harga: Rp. 20.000.- per orang.

Nah, itulah kelima tempat makan populer yang menyajikan timlo enak di Kota Surakarta atau Solo. Dari semua tempat makan yang masuk dalam daftar, manakah yang paling ingin kamu kunjungi?

Oh ya, kalau kamu memiliki informasi penting seputar tempat makan timlo di Solo yang tidak kalah terkenal dengan tempat yang kami bahas di atas, silakan langsung sampaikan melalui kolom komentar yang tersedia di bawah.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram