10 Tempat Makan Unik di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 24 Oktober 2019

Di Jakarta, jika ingin perut kenyang dan kantong aman, tentunya yang dicari adalah tempat makan murah meriah. Jika ingin mencari suasana, pasti datangnya ke kafe dan resto romantis. Tapi, kalau mau menantang adrenalin, mencari hal yang baru, dan jadi tidak ketinggalan zaman, ya perginya ke tempat makan unik di Jakarta.

Pada kesempatan kali ini, Keluyuran mau memberi tahu kamu 10 tempat makan yang unik di Jakarta yang wajib kamu kunjungi. So, langsung saja dilihat kesepuluh tempat makannya di bawah ini:

10 Tempat Makan Unik Di Jakarta

1. Boat Noodle

 Boat Noodle

* sumber: www.instagram.com

Daftar sepuluh tempat makan unik di Jakarta dibuka oleh Boat Noodle. Tempat ini terkenal karena memiliki menu-menu unik seperti Sangkaya (roti kukus + selai srikaya), Chill Chill (minuman teh dingin khas Thailand), dan tentunya Boat Noodle. Overall, tempat ini memang resto Thailand, sih.

Jadi, si menu Boat Noodle ini merupakan mie yang porsiannya sedikit banget. Tiap mangkuk Boat Noodle dihargai Rp 8.500. Mienya ada dua jenis, kamu bisa pilih mie telur atau rice noodle. Terus, pilihan dagingnya juga ada dua, yaitu ayam dan sapi. Pilihan kuahnya? Ada dua juga, yaitu Pathumtani (asam pedas) dan Ayutthaya (creamy).

Karena porsiannya mungil, kamu tidak mungkin cukup makan cuma satu mangkok Boat Noodle. So, nantinya akan ada gunungan mangkok di samping kamu. Mungkin dari situlah asal nama boat noodle. 

Sudah puas ber-mie-ria, coba juga menu yang fenomenal lainnya, Flame Grilled Ayam Legend (ayam fillet dengan kulit yang dibakar). Kata orang-orang yang pernah mencicipi, ayamnya saja sudah enak walau tanpa cocolan saus.

Terus, sebagai cuci mulutnya, kamu bisa pesan Sangkaya dan Chill Chill. Sangkaya merupakan roti yang dipotong kotak-kotak besar lalu dikukus menggunakan kukusan mantou. Rasanya empuk, lembut, dan hangat sampai perut. Yang segar-segarnya langsung saja seruput Chill Chill. Ada dua pilihan rasa Chill Chill, yaitu Cha Keow Yen (Thai Green Tea) dan Cha Yen (Thai Tea).

Penasaran? Langsung saja datang ke Boat Noodle di Gandaria City, Main Street Dining UG Floor. Jalan Sultan Iskandar Muda, Jakarta Selatan. Untuk reservasi bisa hubungi 08113453359. Mau kepo foto-foto Boat Noodle lainnya? Follow Instagram mereka di @boatnoodleindo.

2. Lekker Story

Lekker Story

* sumber: www.instagram.com

Kamu pasti tahu, dong, apa itu lekker. Kue lekker adalah jajanan khas Surabaya yang sedang ngehits. Salah satu tempat yang menjual lekker di jakarta adalah Lekker Story. Kenapa tempat ini terbilang unik? Karena mereka menyediakan lekker dan kopi di tempat yang sama. So, kamu bisa cemal-cemil lekker sambil nyeruput kopi. Sedaaaap!

Lalu, keunikan lainnya dari Lekker Story adalah pilihan topping-nya. Jika pedagang lekker biasa cuma menyediakan kacang tanah, coklat, susu, keju, jagung, dan topping umum lainnya, di sini kamu bisa mendapatkan isian unik seperti Oreo, Nutella, Milo, dan masih banyak lagi varian lainnya. Oh, iya. Lekker Story baru buka di atas jam 5 sore, ya. Pasti pas banget nongkrong di sini sampai malam ditemani lekker dan kopi.

Kalau menurut review pelanggannya, lekker setengah matangnya enak dan bikin nagih banget. Tapi, kalau kamu suka tekstur krispi dari lekker, pilih yang matang saja supaya teksturnya lebih garing. Lekker Story terletak di Jalan Tanjung Duren Barat 5 No. 2, RT 01 / RW 06, Tj. Duren Utara, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Patokannya ada di depan Klinik Tomang 24 jam.

3. Monks

Monks

* sumber: www.makansampaikenyang.com

Kalau kamu anak mall banget pasti tahu kalai Kelapa Gading merupakan surganya tempat makan. Rasanya setiap bulan selalu saja ada tempat nongkrong baru di sana, betul, kan? Sejak tahun 2016 lalu ada tempat nongkrong di Kelapa Gading yang bernama Monks. Letaknya ada di Graha Boulevard Timur Blok ND1/51. Restoran ini memadukan style Kinfolk dan Jepang, keren banget, deh!

Di Monks menunya kebanyakan dari Jepang, seperti sushi, yakitori, dan ramen. Tapi, ada juga steak, tacos, dll. Uniknya, di Monks kamu bisa melakukan omakase, yaitu kita menyerahkan pada koki menu apa yang akan disantap. Karena, tentunya sang koki lebih tahu mana menu yang recommended dan mana yang biasa saja. Biasanya omakase hanya diperuntukkan untuk shushi, tapi di Monks kamu bisa mendapatkan semua menunya (tidak cuma sushi saja).

Jika kamu memesan dengan omakase style, kamu akan mendapatkan platter yang panjang. Isiannya lengkap, mulai dari appetizer, main course, hingga tapas (makanan penutup). Monks ada di Summarecon Kelapa Gading, Jakarta Utara.

4. Kara Island

Kara Island

* sumber: www.instagram.com

Tahu santan Kara yang suka dipakai masak? Nah, sekarang Kara membuka sebuah kafe yang bernama Kara Island. Lokasi tempat ini ada di Gandaria City, Jakarta Selatan.

Jika biasanya makanan dan minuman berbau santan dihindari oleh orang yang sedang diet, justru Kara Island menawarkan sesuatu yang beda. Mereka menyajikan aneka makanan, minuman, dan dessert sehat yang dibuat dari kelapa sebagai alternatif buat yang sedang diet.

Ya, aneka menu yang ada di Kara Island tidak dibuat dari santan. Kara sendiri katanya merupakan singkatan dari Kelapa Rakyat. Hm.. Ada-ada saja, ya, idenya?

Semua menu di Kara Island pasti ada kelapanya, seperti Ultimate Fiber with Ice Cream Cheesecake, blended fiber yang dilengkapi dengan buah strawberry, oats, dan es krim. Ada juga Coconut Bread Loaf, roti kaya serat alami yang ukurannya cukup tebal dan besar. Cara makannya bisa kamu cocol pakai es krim Kara Island, yum!

Kamu bisa memesan juga Coconut Coffee, Coconut Tea, Coconut Ice Cream Cup, dan Coconut SoftServe (air kelapa + nata de coco, parutan kelapa, dan daging kelapa muda). Kara Island juga sering mengadakan event dan menu limited edition seperti Coconut Cheesecake Ice Cream dan "Secret Menu". Penasaran? Langsung saja berburu menu kelapa di Kara Island!

5. OTW Food Street

OTW Food Street

* sumber: www.qraved.com

Namanya saja sudah unik, yaitu OTW Food Street. Tempat makan unik di Jakarta ini merupakan tempat nongkrong terhits kids jaman now Jakarta, loh. Sejauh ini sudah ada tiga cabang OTW Food Street, yaitu di Kelapa Gading, Depok dan Meruya. Yang termasuk di Jakarta berarti cuma dua, yaitu di Kelapa Gading dan Meruya.

OTW Food Street terkenal karena menunya enak semua. OTW Food Street menyediakan comfort food, yaitu makanan yang bikin kangen. Comfort food sendiri bisa jadi berbeda untuk tiap individu atau daerah tertentu. Jadi, pilihan comfort food di tempat makan ini memang banyak banget, seperti mie ayam, nasi goreng, martabak, es duren, gyu tan (Japanese rice bowl), Black Beef Burger, Kue Cubit by Duren Bar, Baso Sapi Sumsum, dll.

OTW Food Street yang di Kelapa Gading terletak di Jalan Kelapa Kopyor Raya Blok BA 2 No. 1, RT 02 / RW 09, Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara. Dan, untuk cabang Meruya ada di Jalan Meruya Ilir Raya No. 38B, RT 01 / RW 07, Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat.

6. House of Hobbit Bar & Grill

House of Hobbit Bar & Grill

* sumber: www.lulabyspoon.com

Kamu penggemar Lord of the Rings karya J.R.R. Tolkien? Langsung saja, yuk, melipir ke House of Hobbit Bar & Grill di PIK! Kafe ini akan membawa kamu merasakan bagaimana rasanya kalau kamu makan di dalam rumah hobbit.

Mulai dari bentuk bangunan, interior, hingga hiasan lainnya semua berbau hobbit. Contohnya mulai dari pintu besar bundar, lalu bentuk jendela, hingga ada bar yang bentuknya seperti yang digambarkan pada cerita oleh Tolkien.

Bahkan menu-menu di House of Hobbit Bar & Grill ini dinamakan ala-ala hobbit, seperti Smaug's Lair (pizza), The Lord of Pork Ribs, dan Elf Hair Carbonara. Total menunya merupakan perpaduan antara Western dan Chinese food. Tempat makan unik di Jakarta ini terletak di Ruko The Metro, Blok 6 Unit KM, Jalan Mandara Permai VII, Pantai Indah Kapuk, Penjaringan, Jakarta Utara. Mereka buka dari jam 10 pagi - 12 malam.

7. Bottega Ristorante

Bottega Ristorante

* sumber: anakjajan.com

Mau merasakan sensasi makan di tengah hutan tapi tetap bisa tampil cantik dan kece? Bottega Ristorante lah tempatnya. Sekarang Restoran mewah ini sudah pindah ke lokasi yang lebih besar, yaitu di Fairground Building SCBD, Jalan Jend Sudirman Kav. 52-53 Lot. 14, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Walaupun sudah pindah, Bottega Ristorante masih mengusung tema hutan hujan + luxury. Jadinya, tempat ini pas banget buat kencan romantis bersama orang tersayang. Menu makanan dan minuman di restoran ini kebanyakan Western seperti Truffle Mac & Cheese, Penne Arrabiatta, dan Braised Pork Belly.

8. Djournal Coffee

Djournal Coffee

* sumber: www.instagram.com

Rekomendasi tempat makan unik di Jakarta yang selanjutnya adalah Djournal Coffee. Tempat ini merupakan surganya kopi berkualitas tinggi. Kopi di sini merupakan yang kualitasnya premium dan diolah dengan cara terbaik.

Sambil menemani kopi, kamu bisa memesan aneka makanan seperti nachos, sandwich, dll. Djournal Coffee terletak di Grand Indonesia Shopping Town, West Mall, Ground Floor Lobby Pandawa. Jalan M.H. Thamrin, Kebon Melati, Jakarta Pusat.

9. Warteg Hitz

Warteg Hitz tempat makan unik di Jakarta

* sumber: www.instagram.com

Makan di warteg biasa sih tidak ada unik-uniknya. Tapi, bagaimana kalau makan di warteg modern? Tentunya sensasi yang ditawarkan akan jauh berbeda dari warteg biasa. Warteg Hitz merupakan sebuah tempat makan unik di Jakarta yang berkonsep seperti warteg, tapi ngehitz.

Dari penampilannya sih tidak terlalu mengagetkan. Kamu akan tetap menemukan aneka baki besar dari alumunium yang isinya makanan khas nusantara. Tapi, baki-baki ini di"masuk"kan ke dalam meja etalasenya, jadi terilihat rapi sekaligus unik.

Tidak hanya menjual aneka lauk buat jadi teman nasi, Warteg Hitz juga menyediakan Rujak Serut, Bubur Ayam, Roti Bakar, Kopi Susu, Pisang Goreng Sarikaya, aneka Indomie kekinian, Pisang Bakar Keju Coklat, Es Goyang tabur kacang, dan masih banyak lagi. Tentunya penampilan makanannya berada di level sama dengan kafe, sangat rapi dan aesthetic. Yah, namanya juga Warteg Hitz.

Kalau kamu malas beranjak dari rumah, kosan, atau kantor, kamu bisa memesan Warteg Hitz lewat GoFood juga. Tapi, tentunya makan di tempat punya kesan tersendiri, karena suasana warteg modernnya tidak akan terasa jika kamu pesan antar. Warteg Hitz terletak di Jalan Karang Tengah Raya No. 11 A, Lebak Bulus.

10. JimBARan Lounge

JimBARan Lounge

* sumber: www.google.co.id

Kangen Bali? Datang saja ke tempat makan unik di Jakarta yang terakhir ini, yaitu JimBARan Lounge. Restoran ini berlokasi di AYANA Midplaza Jakarta. Bentuk restorannya outdoor di atas sungai mengalir. Tapi, ada juga yang indoor dengan suasana yang lebih nyaman.

Menu yang ditawarkan JimBARan Lounge adalah Western dan intercontinental. Kalau kamu mau refreshing dari hiruk pikuk Kota Jakarta, kami sarankan untuk duduk di luar, di bagian yang dekat sungai. Tapi, kalau kamu ingin suasana yang lebih intimate, duduk di area lounge saja.

JimBARan Lounge terletak di AYANA Midplaza, Jalan Jendral Sudirman Kav. 10-11. Mereka beroperasi dari jam 5 sore - 12 malam. Kamu bisa juga menyewa JimBARan Lounge untuk pesta atau foto prawed. Hubungi saja mereka di nomor telepon 021-2510888.

Selesai sudah pembahasan Keluyuran tentang tempat makan unik di Jakarta. Bagaimana, tempat dan menunya unik-unik, ya? Setiap tempat menawarkan sesuatu yang lain daripada yang lain. Sekarang kamu mau pergi ke tempat makan unik yang mana?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram