10 Tempat Makan Unik di Jogja yang Seru Buat Nongkrong

Ditulis oleh Syuri

Sekarang berbisnis kuliner jadi lebih menantang. Kenapa? Karena orang-orang sudah sering makan di tempat yang biasa-biasa saja, sehingga kebanyakan orang mencari hal yang baru, entah itu makanannya, minumannya, tempatnya, konsepnya, atau cara pemasarannya. Apalagi di kota besar seperti Jogja.

Keluyuran berhasil mengumpulkan sepuluh tempat makan unik di Jogja yang pas banget buat nongkrong. Konon, kesepuluh tempat ini memiliki sesuatu yang berbeda dari kafe atau restoran kebanyakan. Penasaran ingin tahu ada tempat makan yang mana saja? Langsung saja, yuk, kita simak pembahasannya di bawah ini:

10 Tempat Makan Unik Di Jogja

1. The House of Raminten

The House of Raminten Tempat Makan Unik Di Jogja

* sumber: www.gudeg.net

Dari namanya saja sudah unik, perpaduan bahasa Inggris dengan nama perempuan Jawa. The House of Raminten sangat terkenal, loh. Yang datang ke tempat makan unik di Jogja ini tidak hanya warga lokal saja, tapi wisatawan dari kota maupun negeri lain juga!

The House of Raminten buka selama 24 jam. So, kalau Anda merupakan "anak kalong" dan mendadak kelaparan saat tengah malam, bisa banget langsung meluncur ke Raminten.

Suasana tempat makan ini Jawa banget, mulai dari eksterior, interior, seragam pelayannya, menu makanannya, hinga musik yang diputar semuanya khas Jawa. Ornamen-ornamen seperti sepeda kuno, foto-foto Jawa zaman dulu, pendopo, dan kereta kencana membuat suasana Jawa di The House of Raminten semakin kental.

Menu unggulan restoran ini adalah Sego Kucing (Nasi Kucing), Sego Gudeg (Nasi Gudeg), dan Ayam Koteka (ayam + telur yang dibakar di dalam bambu). Anda bisa juga memesan menu lainnya seperti Bubur Ayam Kelasworo, Kupat Tahu, Maheso Selo Gromo (hot stone steak, steaknya dimasak di atas batu), Sate Lilit, Pecel Raminten, Mangut Lele, dan masih banyak lagi menu makanan yang lezat lainnya.

Pilihan minuman dan dessert-nya juga ada banyak sekali. Mulai dari Es Tenda (terong Belanda), Es Carica, Es Kacang Abang (susu coklat dicampur kacang merah + cincau), Melonkolis (½ melon diberi topping es krim), Salad Buah, Es Krim Bakar, Perawan Tancep (minuman gula merah + jahe + kayu manis + spices), dan aneka wedang.

Walaupun menunya banyak, pelayanannya cekatan, tempatnya nyaman, dan gratis WiFi, harga di restoran ini murah-murah semuanya! Sego Kucing hanya dihargai 3 ribu saja, Wedang juga 3 - 4 ribu saja, seporsi Ayam Koteka hanya 11 ribu saja. Kayaknya hanya mengeluarkan 30 ribu juga Anda sudah bisa mencicipi makanan utama, minum, dan dessert, deh. The House of Raminten terletak di Jalan Faridan Muridan Noto No. 7, Kotabaru, Gondokusuman.

2. Joglo Pari Sewu

Joglo Pari Sewu

* sumber: makankeliling.com

Tempat makan unik di Jogja yang ke-2 adalah Joglo Pari Sewu. Restoran ini sangat unik karena berada di tengah kota, tapi memiliki pemandangan dan suasana yang asri. Ketika makan di joglo ini, Anda akan ditemani rimbunnya pepohonan dan suara gemericik air dari air terjun.

Anda akan selalu penasaran untuk makan di Joglo Pari Sewu, karena menu di tempat makan ini selalu berganti. Misalnya saja menu pancake buah, mereka selalu mengganti topping buah yang digunakan. Jika bulan ini Anda memesan pancake nangka, belum tentu menu ini masih tersedia pada bulan depannya. Anda juga pasti ingin cepat-cepat ke joglo karena takut kehabisan menunya.


Untuk makanan beratnya, ada menu yang unik, yaitu Nasi Pecel Bumbu Kacang Mete. Kenapa unik? Karena biasanya pecel disajikan dengan saus kacang tanah biasa, bukan kacang mete. Anda bisa juga memesan Bruin Bones kalau sedang tidak enak badan atau merasa kedinginan. Bruin Bones adalah bahasa Belanda untuk Snerek (sup kacang merah).

Para penikmat kopi pun dapat dimanjakan karena di Joglo Pari Sewu menyediakan berbagai varian kopi single origin asal nusantara. Metode penyeduhannya pun bisa dipilih, mau menggunakan V60 atau cold brew. 

Di sini Anda bisa menikmati makan minum sambil membebaskan diri dari hiruk pikuk perkotaan. Suasana yang sejuk, alunan gamelan yang merdu, dan kudapan yang lezat merupakan perpaduan yang ciamik dari Joglo Pari Sewu.

Anda bisa juga mengajak sanak saudara, terutama anak-anak, ke Joglo Pari Sewu. Kenapa? Karena di sini tersedia banyak sekali boneka, mulai dari the famous Teddy Bear hingga karakter animasi seperti Doraemon. Joglo Pari Sewu terletak di Bromonilan, RT 08 / RW 03, Purwomartani, Kalasan, Sleman. Nomor telepon rumah makan ini adalah 081347906126.

3. The Captain Urban Lounge

The Captain Urban Lounge

* sumber: chndradew.blogspot.co.id

Layaknya di kota-kota besar lainnya, inovasi kafe dan tempat makan di Jogja semakin kreatif saja. Contohnya tempat makan unik di Jogja ini. The Captain Urban Lounge menawarkan sensasi terbaru, yaitu makan dan nongkrong di dalam pesawat.

Tempat makan ini diciptakan dari hanggar pesawat yang sudah tidak dipakai. Kesan pesawat dari tempat ini semakin kental karena adanya kokpit, kursi pesawat, galley (dapur) pesawat, hingga troli kru kabin.

Yang menjadi daya tarik utama tempat makan ini pasti kokpitnya, karena benar-benar mirip seperti kokpit sungguhan. Tidak dikenakan biaya khusus untuk foto-foto di sini. Paling Anda cuma perlu sabar mengantri dan tahu diri untuk tidak berfoto terlalu lama, hehe. Restoran ala pesawat ini terletak di Jalan Damai No. 41, Sari Harjo, Ngaglik, Sleman. Restoran ini bukanya sore hingga malam, yaitu dari jam 17.00 - 00.00.

4. D’Padukan Pie & Resto

D’Padukan Pie & Resto

* sumber: gudeg.net

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram