10 Tempat Makan Unik di Malang untuk Memanjakan Lidah

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berwisata ke Jawa Timur sangat dianjurkan mengunjungi Malang. Destinasi wisatanya sangat lengkap, mulai dari panorama alam, kebudayaan, hingga kuliner yang dijamin membuat kamu ketagihan untuk berkunjung kembali ke sana.

Salah satu bukti nyatanya adalah kian berjamur tempat kuliner di sana. Disamping tempat yang telah melegenda dengan cita rasa khas Malang, beberapa tempat makan menyuguhkan keunikan yang tidak dimiliki tempat lainnya.

Nah, daripada kamu penasaran, Keluyuran punya daftar beberapa tempat kuliner unik di Malang yang bisa dikunjungi. Berikut 10 tempat makan tersebut.

1. Bakso Malang Presiden

Bakso Malang Presiden Tempat Makan Unik di Malang

Hal pertama terbayang ketika membicarakan kuliner Malang, hampir semua orang setuju jika mengatakan bakso. Bakso Malang telah tersebar di sejumlah sudut-sudut wilayah Indonesia. Bagaimana di daerahnya sendiri?

Bakso Malang yang wajib kamu coba adalah Bakso Malang President yang terletak di Jalan Batanghari No 5, Klojen, Kota Malang. Selain telah menjadi legenda dengan kelezatannya, tempat makan ini juga cukup unik karena tempatnya yang berada di samping rel kereta.

Ketika kereta lewat, seluruh meja yang terdapat di sana akan bergetar. Begitu pula dengan hidangan bakso yang ada dalam mangkuk. Kamu dapat menikmati satu porsi bakso dengan harga mulai dari 16 sampai 31 ribu rupiah.

2. Rumah Makan Inggil

Rumah Makan Inggil

* sumber: www.instagram.com

Tempat makan unik selanjutnya bernama Inggil. Di sini kamu bakal menyantap hidangan lezat sembari dikelilingi benda-benda antik dengan koleksi sekitar 4.500 foto tempo dulu, 1.500 artefak kuno, dokumen, dan ribuan buku sejarah Kota Malang.

Benda-benda yang terdapat di sana di antaranya, senjata kuno, mesin tik zaman dulu, peralatan makan dan memasak, topeng-topeng tradisional Jawa, dan potret masa lalu.

Tak melulu dari sisi interior bangunan dan bendanya saja yang kuno, beberapa menu minuman tradisional juga tersedia di sana. Kamu bisa menikmati jamu kebon agung, wedang jahe, dan sinom. Minuman-minuman itu dijamin membuat badan hangat.

Rumah Makan Inggil terletak di Jalan Gajah Mada 4 dengan menu yang tak menguras kantong dalam. Harga minuman dan makanan dibanderol mulai dari 2 ribu – 45 ribu rupiah.

3. Daun Cokelat (Dancok) Cafe

Daun Cokelat (Dancok) Cafe

* sumber: www.instagram.com

Menikmati kuliner-kuliner khas Malang sangat cocok dipadu dengan panorama alamnya yang menyejukkan. Kafe Daun Cokelat (Dancok) sangat tepat untuk dikunjungi. Alamatnya mudah di temukan karena berada di komplek objek wisata Air Terjun Coban Rondo, tepatnya di Desa Pandensari, Kecamatan Pujon.

Ketika memasuki area kafe, kamu bakal melihat meja-meja di bawah pohon yang rindang. Ada juga bangunan utama di mana kamu bisa memesan makanan dan minuman. Menunya tidak selengkap kafe di hits lainnya, tapi cukup untuk menemani kamu di alam, seperti minuman hangat, roti bakar, dan mie instan.

Selain kulineran, kamu juga bisa mengelilingi kawasan tersebut dan berfoto-foto di sejumlah spot unik yang telah tersedia. Untuk masuk komplek tersebut, kamu akan dikenakan biaya sebesar sekitar 20 ribuan.

4. Rumah Coffee Loe Mien Toe

Rumah Coffee Loe Mien Toe

* sumber: dysnatalis.blogspot.com

Rumah Coffee Loe Mien Toe merupakan kafe dengan konsep perpaduan budaya China dan Jawa. Selain itu, terdapat pula benda-benda antik koleksi pribadi sang pemilik kafe yang tersusun dengan rapi.

Ada yang unik dari kafe ini, yaitu tidak “kesunyian”. Maksudnya, si pemilik tidak memasang musik. Hal itu sengaja dilakukan karena kafe berisik di Malang begitu banyak. Maka dari itu, kafe ini sering dijadikan para mahasiswa untuk mengerjakan tugas hingga diskusi.

Harga makanan dan minuman cukup terjangkau, mulai dari 10 ribuan. Kamu sudah bisa berkunjung ke sana mulai pukul 13.00-00.00 WIB, di komplek perumahan Jalan Tata Surya 2.

5. Campfire Outdoor

Campfire Outdoor

* sumber: www.datawisata.com

Melihat sekilas saja, Campfire Outdoor dapat menggugah keinginan untuk datang ke sana. Tempat duduknya dibuat melingkar. Di tengahnya ada tungku untuk memanggang sajian kuliner khas perkemahan seperti jagung bakar, beef BBQ, sate, dan sajian lainnya yang tentu saja telah diracik koki andalan Campfire Outdoor.

Tempat nongkrong ini cocok untuk kamu berkumpul dengan keluarga dan teman-teman di malam hari. Harga makanannya pun cukup terjangkau, mulai dari 4 ribu sampai 40 ribuan rupiah. Penasaran ingin segera ke sana? Kamu datang saja ke Jalan Ir. Soekarno nomor 300, desa Mojorejo, Kecamatan, Junrejo, Kota Batu, Malang.

6. Rumah Opa Kitchen and Lounge

Rumah Opa Kitchen and Lounge

* sumber: www.instagram.com

Rumah Opa hadir dengan konsep keaslian rumah vintage. Hal itu kentara dari bentuk bangunan, interior, dan benda-benda yang terdapat di dalamnya, mulai dari kursi, meja, gramofon, hingga lukisan-lukisan yang menempel di dinding.

Lokasi Rumah Opa berada di Jalan Welirang, Malang. Kamu musti segera ke sana jika ingin menikmati sajian-sajian ala western seperti pizza, spaghetti, American tenderloin, dan bagi kawula muda yang ingin menikmati malam panjang, di sini juga terdapat minuman beralkohol seperti bir dan lainnya.

7. Festival Dermaga Kuliner

Festival Dermaga Kuliner

* sumber: www.instagram.com

Sesuai namanya, Festival Dermaga Kuliner sangat kental dengan laut dan kapal. Kafe ini merupakan salah satu pelopor tempat makan tematik di Malang. Selain desain unik yang mengingatkan kita pada sosok Popeye, di sini kamu bakal menemukan para pelayan yang menggunakan seragam pelaut.

Beragam sudut di Festival Dermaga Kuliner cocok sebagai latar untuk kamu berfoto. Sangat Instagramable. Salah satu contohnya adalah anjungan kapal, sehingga kamu bisa berpose ala film Titanic.

Menu andalan Festival Dermaga Kuliner adalah varian rice bowl. Harganya, mulai dari 20 – 50 ribu rupiah. Tempat ini berada di Jalan Danau Toba, daerah Sawojajar, Malang.

8. Kafe Sawah Pujon Kidul

Kafe Sawah Pujon Kidul

* sumber: www.nayumisamtower.com

Kafe Sawah Pujon Kidul ini akan menempatkan kamu di tengah-tengah sawah sambil menikmati kuliner lezat. Selera makan pun dijamin terus bertambah karena panoramanya pun tak hanya hamparan hijau sawah, tetapi pegunungan menjulang tinggi di depan mata.

Kamu bisa berfoto sepuasnya di sana dengan latar belakang alam yang indah. Ditambah dengan orang-orang terkasih. Untuk harga makanan dan minuman, di sana berkisar mulai dari 10 – 30 ribu rupiah. Kafe Sawah Pujon Kidul terletak di Desa Wisata Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Malang. Buka mulai pukul 08.00 hingga 19.00.

9. Taman Indie River View Resto

Taman Indie River View Resto

* sumber: Taman%20Indie%20River%20View%20Resto

Ornamen khas Jawa akan menyambut kamu ketika datang ke Taman Indie River ini. Tak hanya interior dan pernak-perniknya, tapi para pelayannya juga menggunakan pakaian serba Jawa. Paling unik dan khas adalah area Pawon, atau dapur tempat memasak pada zaman dulu.

Area tersebut selalu penuh dengan pengunjung karena menyediakan juga alat-alat permainan zaman dulu. Makanya, Taman Indie Resto ini sangat cocok untuk wisata keluarga juga. Lokasinya berada di Jalan Lawang Sewu Golf No. 2-18, Kota Araya, Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing.

10. The Lost Temple Dinner di Royal Angkor

The Lost Temple Dinner di Royal Angkor

* sumber: indonesia.tripcanvas.co

Angkor Wat merupakan candi di Kamboja yang menjadi destinasi wisata populer. Kamu tak perlu jauh-jauh pergi ke sana untuk merasakan suasana candi sembari menikmati makan malam. Cukup datang ke Malang dan mencoba paket The Lost Temple Dinner di Royal Angkor Hotel Tugu Malang.

Ketika masuk, kamu bakalan disuguhkan megahnya pilar dan dinding seakan berada di tengah-tengah candi. Ada juga rca berukuran raksasa Jayawarman yang memiliki sejarah yang berkaitan antara Jawa dan Kamboja.

Namun, untuk menikmati paket ini, kamu harus merogoh kocek yang tak sedikit. Paket The Lost Temple Dinner dibanderol 5,5 juta rupiah per dua orang. Fantastis bukan. Selain itu, kamu juga harus reservasi terlebih dahulu minimal dua hari sebelumnya. Reservasi bisa dengan cara datang langsung ke Hotel Tugu di Jalan Tugu No. 3, Kauman, Kecamatan Klojen atau melalui telpon ke (0341) 363891.

Nah, itulah sepuluh tempat makan unik di Malang. Apakah kamu sudah pernah mencoba salah satunya? Kalau belum, sebaiknya datang ke sana untuk menikmati pengalaman yang lebih seru, ya!

Ingin hunting makanan enak lainnya saat di Malang? Yuk, baca artikel tempat makan enak di Malang ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *